Challenger dan Big Boy Union Pacific

Dua loko uap legendaris milik armada raksasa UNION PACIFIC selalu menjadi bahan perbincangan diantara penggemar kereta api dan kereta api model. Kedua loko uap tersebut siapa lagi kalau bukan the Challenger dan Big Boy, sangat legendaris karena memiliki sejarah panjang hingga saat ini.

Dimulai dengan hadirnya loko Uap Challenger Type, yang menggunakan konfigurasi roda dengan desain sistim artikulasi, menghasilkan traksi yang lebih baik dan halus saat melalui track menikung dengan curve terbatas, desain sistim konfigurasi roda artikulasi 4-6-6-4 merupakan kesuksesan pengembangan desain bagi loko uap ukuran besar.

Pihak Union Pacific yang mengoperasikan pertama Challenger ini merasa puas dengan tenaga yang dihasilkan Challenger hingga UP memesan loko Uap bongsor ini hingga lebih dari 100 units. Konon Challenger memiliki efisiensi yang tinggi jika dilihat dari tenaga yang dihasilkannya.

Hal ini diperlukan karena Challenger akan dioperasikan antara lain dimedan yang menanjak dan memiliki curve track terbatas, contohnya akan menempuh jalur Wahsatch Mountain Range didaerah Utah. Challenger sendiri dikembangkan dari hasil study sejak tahun 30′ an oleh Chief Mechanical Engineer Arthur H. Fetter dan Otto Jabelmann yang merupakan asisten Superintendent lokomotive UNION PACIFIC….hasilnya loko Challenger dibuat oleh pabrik ALCO juga BALDWIN hingga ratusan unit yang merupakan pesanan selain untuk UP juga Clinchfield; Delaware & Hudson; Denver & Rio Grande Western; Great Northern; Northern Pacific; GN and NP-controlled Spokane, Portland & Seattle; Western Maryland; and Western Pacific.

Sejarah loko Uap Raksasa seperti Challenger tidak berhenti bahkan armada UNION PACIFIC memerlukan lokomotive Uap yang lebih besar dari Challenger…maka para engineer UP terus bekerja keras hingga lahirnya sosok BIG BOY yang sangat legendaris.

BIG BOY yang pemberian namanya juga merupakan histori tersendiri…dimana di pabrik pembuat American Locomotive Worksbdi Amrik sana didapatkan bagian depan penutup silinder yang belum terpasang tertera tulisan “BIG BOY” dengan kapur yang tidak diketahui siapa penulisnya…dan inilah awal nama Big Boy yang sangat legendaris dan dikenal oleh para penggemarnya juga para Model Railroader.

Big Boy terlihat memasuki arena midi LO MbT….Big Boy yang merupakan produksi pabrik raksasa ALCO dibuat pada rentang waktu 1941 dan 1945 dengan jumlah 25 unit Big Boy yang diberi nomor #4000 hingga #4024. Loko Uap ini memiliki panjang total mencapai 40 meter dan beratnya loko ditambah tender mencapai 600 ton dengan perhitungan daya menghasilkan sekitar 7,000HP.

Dengan tenaga raksasa maka Big Boy dapat menarik rangkaian gerbong barang hingga seratus lebih menaiki bukit Sherman didaerah Wyoming, dan Big Boy dapat lari kencang dengan kecepatang hingga 120km lebih dijalan datar yang dihasilkan dari traksi roda yang memiliki konfigurasi 4-8-8-4.

Big Boy…hampir seluruh penggemar kereta model Amrik memiliki koleks Big Boy…termasuk MbT memelihara beberapa unit Big Boy. Nah sekarang ini dimana Big Boy yang sebenarnya berada…dari 25 unit BIG BOY ternyata masih  dapat diselamatkan fisiknya sebanyak 8 unit yang tersebar dibeberapa museum Kereta Api di Amrik….contohnya #4006 berada dimuseum Kansas City di Missouri, #4004 tersimpan di Cheyenne Holliday Park tidak jauh dari jalur Union Pacific…dan Big Boy #4005 ditempatkan dimuseum Transportasi di Denver, #4005 ini dapat dilihat oleh umum bahkan cab nya juga bisa dilihat yang seluruh instrumennya masih lengkap terpasang pada backhead silinder lengkap diberi label petunjuk….hebat! para railfan perlu diacungi jempol.

Yang menghebohkan adalah BIG BOY nomor #4014 yang sedang dilakukan restorasi, yang dimulai sejak persiapan tahun 2013 dan mulai ditarik dari museum tahun 4014 menuju bengkel UP di Cheyenne…RESTORASI dilakukan dengan rencana 5 tahun selesai dimulai tahun 2015 hingga 2019.

BIG BOY yang melaju dengan gagah terlihat memasuki area midi LO MbT, Big Boy #4016 merupakan model train berkualitas dan memiliki mutu prima buatan pabrik kamod MTH. Loko Uap ini brand new MbT pesan tahun 2015 dan baru sempat tahun ini dipublikasikan…yang rencananya sudah MbT publikasikan tahun 2016 lalu…#4016 tampil 2016 rencana demikian.

MTH merilis beberapa kali loko jenis Big Boy ini dan selalu laris manis…bahkan belum lama ini merilis dengan seri Signature nya yang bedanya loko Big Boy lengkap dengan weathered….juga laris manis. Harga untuk seri Signature lebih mahal USD 150…wouw.

Loko Uap BIG BOY ini memiliki detail yang sangat lengkap, body loko terbuat dari bahan metal yang berat sehingga di track midi LO MbT pun dapat menarik puluhan gerbong tanpa masalah… MbT pernah memiliki loko Big Boy buatan MTH ini sebanyak 3 unit sejak dikeluarkannya tahun 2009 dan Big Boy dengan road number #4016 ini merupakan koleksi yang masih wira wiri di midi LO MbT.

Detail yang disuguhkan oleh MTH sangat memuaskan…dan imbang dengan performance power dan electronicnya yang diwakili oleh Protosound 3.0. Fitur yang sangat lengkap termasuk percakapan antara masinis dan tower direkam dengan sangat profesional…sehingga para penggemar pasti berulangkali mendengarkan komunikasi sebelum loko start rolling.

Sesuai literatur bahwa cabin Big Boy ini dapat menampung 4 orang….membuktikan bahwa Big Boy cabin cukup luas…dan pada modelnya sudah terpasang dua figur masinis…hal ini membuat produk lebih realistis.

Pada cabin juga dilengkapi dengan kaca samping geser serta hatch diatas yang dapat dibuka tutup, kabin juga dipasang lampu yang dapat diaktifkan melalui tombol F5. Perlu diingat bahwa khas produk MTH sebelum start seluruh electronic perlu diaktifkan melalui tombol F3…sound…smoke…power akan sinkron active.

Pada midi LO MbT terlihat Big Boy melaju di jalur/track luar yang memiliki curve lebih dari 24″, sementara pada jalur dalam masih terlihat sosok Challenger yang mempesona dengan menarik rangkaian reefer box car milik Union Pacific/Southern Pacific…warna orange box car merupakan daya tarik yang tidak terlupakan.

Kedua loko uap raksasa ini berpapasan diarea station sehingga seluruh orang yang berada diperon station seolah melihat dua sosok foto model sedang lewat diatas catwalk…bentuk fisik besar mempesona memang tidak mudah dilupakan…ditambah raungan horn dari kedua loko yang bernada bass dan serak lantaran usia membuat jantung berdebar.

Secara fisik Big Boy memang lebih panjang dari Challenger termasuk tender yang berisi air  dan membawa batubara sebagai bahan bakar pemanas steam sebagai penggerak utama. Karena tenaga yang dihasilkan cukup besar mencapai 6,290 HP tentu saja ruang pembakaran harus luas dan heating surface nya mencapai 533m persegi…dan konon BIG BOY ini dapat lari kencang dengan kecepatan hingga 130 km/jam.

Namun pada model buatan MTH ini MbT berani mencoba dengan bukaan throttle hingga 80% yang menurut pembuat controller nya DIGITRAX di claim dapat ekivalen dengan speed 80mile/h. MbT mencoba pada track lurus saat loko Big Boy free running tanpa menarik beban…

Loko BIG BOY terus melaju tanpa berhenti didaerah station, dengan menarik beberapa puluh gerbong barang terlihat sangat gagah…gerbong jenis box car dan flat car yang juga milik armada UNION PACIFIC ini mengular dijalur curve saat nanjak pada elevasi tanpa kendala.

Track pada midi LO MbT ini sejak saat pembuatan memang diperuntukkan harus dapat mengakomodir laju loko bongsor BIG BOY ini…lengkap dengan curve lebar diatas 24″ dan Turn out besar #8 dan #10 sehingga Big Boy yang memiliki konvigurasi roda 4-8-8-4 dapat melaju bebas tanpa ragu.

Terlihat rangkaian loko Big Boy dan gerbong barang yang ditarik memasuki curve sebelah kanan midi LO MbT dan terus menajak yang selanjutnya akan memasuki track lurus…pada posisi ini MbT membuka throttle hingga 50% yang setara dengan 50mile/jam kecepatannya.

Loko BIG BOY memang disiapkan untuk menarik rangkaian gerbong dalam jumlah banyak menembus segala kondisi track segala musim, terlihat Big Boy melaju di midi LO MbT dengan menarik aneka gerbong barang yang memiliki ukuran sekitar 40’…beberapa flat car dan gondola memiliki panjang 50′

Sejak melintas didepan station…rangkaian BIG BOY ini sudah menjadi perhatian…termasuk aneka gerbong barang yang ditariknya juga menjadi tontonan unik…terdapat disana gerbong barang jenis box car yang sangat populer yaitu dengan warna merah dan bertuliskan semboyan2 dari UNION PACIFIC, gerbong barang jenis ini merupakan produk pabrikan kamod TRIX yang menyuguhkan kualitas nomor satu.

Terdapat pula jenis gerbong gondola yang juga milik armada UNION PACIFIC….gondola ini merupakan produk kamod Walthers yang juga merupakan pabrikan kamod terkenal dengan produk gerbong2 dengan detail dan kualitas yang baik.

Disamping jalur luar depan station sejajar terdapat jalan raya yang dilewati banyak kendaraan antara lain beberapa truk barang era tahun 40-50 an….selain truk pembawa Del Monte juga terlihat truk barang lain SECTOR yang berwarna merah…truk ini merupakan salah satu koleksi MbT terbaru buatan pabrik Mini Metal.

MbT juga merekomendasikan para penggemar kamod untuk jangan lupa mengkoleksi aneka kendaraan yang memiliki skala 1:87 dengan berbagai era sehingga cocok dengan nuansa kereta.

Pada ujung rangkaian gerbong yang ditarik loko BIG BOY an juga CHALLENGER terdapat caboose UP warna kuning…menandakan ujung akhir dari rangkaian gerbong barang yang berfungsi sebagai akomodasi dan office dari pengawal komoditi yang dibawa.

Caboose merupakan gerbong buntut yang memiliki bentuk khas…lucu dan fungsional, tidak ada salahnya kalau para kolektor dan penggemar kamod memiliki dan mengkoleksi beberapa Caboose.

Wide vision caboose merupakan jenis caboose yang sangat populer…pada era awal caboose ini dibuat dengan dinding samping terbuat dari kayu dan belakangan sudah dibuat dengan dinding metal….

Kembali mengenai BIG BOY…bahwa BB road number #4016 saat ini sudah tidak ada lagi bekasnya…dari 25 unit Big Boy yang telah dibuat…hanya 8 unit yang masih dapat diselamatkan dan sebagai penghuni museum dibeberapa negara bagian. Dengan hadirnya model #4016 pihak kamod mengejar dan memburu untuk dijadikan koleksi….MbT merekomendasikan untuk mengkoleksi BIG BOY #4016

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: