Union Pacific CHALLENGER #3989

Penggemar model Kereta Api USA pasti mengenal dan mengkoleksi loko Uap era tahun ’40 an yang dikenal dengan Challenger, loko ini sangat menjadi viral kala itu dikarenakan menggunakan konfigurasi Roda  artikulasi 4-6-6-4, roda depan 4 unit merupakan pilot disusul 2×6 masing2 boogie 6 roda yang merupakan penghasil traksi utama dan 4 roda terakhir untuk menahan beban Cabin loko ini.

c1 c2 c3 c4

Loko steam ukuran besar ini dibuat oleh pabrik raksasa American Locomotive Company  untuk dan order dari perusahaan perkereta apian Union Pacific. Loko uap Challenger ini telah diproduksi hingga 105 unit oleh pabrik ALCO mulai tahun 1936 hingga 1943……dapat dibayangkan loko uap ini memiliki panjang fisik sekitar 37m dengan bobot mencapai 300ton lebih.

Loko Challenger yang dibuat untuk memperkuat armada Union Pacific ini di desain untuk menarik rangkaian gerbong barang…walaupun ada beberapa unit yang digunakan untuk menarik gerbong penumpang yang beroperasi didaerah pegunangan di California dan Oregon.

c5 c6 c7 c8

Challenger yang merupakan loko uap maka selamanya dia harus masak air untuk menghasilkan uap bertekanan yang digunakan untuk penggerak piston yang dengan menggunakan poros engkol menggerak Roda traksi 2×6 yang merupakan ciri khas Challenger. Loko uap saat itu menggunaka bahan bakar Batu Bara untuk memanaskan air sehingga menjadi uap bertekanan…terlihat dengan sangat masive loko selalu menggandeng sebuah tender yang membawa Batu bara dan cadangan air.

Tampak Challenger memang gahar namun banyak disukai orang dengan kemampuan menarik rangkaian gerbong barang puluhan unit…merupakan atraksi tersendiri bagi penduduk setempat yang daerahnya dilalui rangkaian kereta Challenger.

c9 c10 c11 c12

Konfigurasi roda 4-6-6-4 yang menjadi ciri khas Challenger tidak akan dilupakan orang terutma para Rail fan dan Model Railroader, boogi 6 roda x2 merupakan sistim artikulasi yang sangat membantu sehingga loko bongsor Challenger dapat bernegosiasi pada curve yang tajam…hal ini termasuk mendjadi acuan pihak ALCO terus mengembangkan hingga memproduksi loko uap yang lebih besar Big Boy…

Loko Challenger merupakan produk sukses sehingga pada era modern ini para Railfan dengan susah payah dan menghabiskan dana yang cukup banyak telah merestorasi sebuah Challenger dengan road number UP  #3985 yang digunakan untuk ekskursi para penggemarnya…loko tersebut menarik beberapa gerbong penumpang Union Pacific.

Terlihat Challenger pindah jalur dari jalur keluar ke jalur dalam…dengan langsir mundur melalui double cross turn out terlihat Challenger dengan lincah memfungsikan boogie artikulasi 6-6 nya membuktikan bahwa tidak ada kesalahan dalam produk ini saat bernegosiasi pada turn out.

Kehebatan insinyur mekanikal saat itu harus diacungi jempol lantaran menghasilkan produk yang sangat bermanfaat yaitu bagaimana membuat kereta api uap dengan tenaga raksasa dan dapat melalui jalan menanjak pegunungan lengkap dengan curve yang lumayan sempit…sistim roda artikulasi jawabnya.

Midi LO MbT memang banyak dilengkapi dengan Turn Out extra besar untuk mengantisipasi loko Uap Amrik besar, tidak mudah untuk membuat track plan nya dikarenakan TO besar harus digelar pada lahan yang terbatas. Puas rasanya melihat Challenger langsir didepan station tanpa kendala…lampu belakang pada tender juga menjadi perhatian tersendiri. Challenger ini sengaja langsir dikarenakan akan menjemput beberapa gerbong barang dengan berbagai jenis muatannya.

Untuk selalu mengenang Challenger dan kita sebagai penggemar kereta model juga dapat menyaksikan kehebatan sosok Challenger melalui model 1:87 alias dalam skala HO. Para pabrikan kereta model berusaha memikat penggemarnya dengan menampilkan model skala HO ini sedemikian rupa dengan detail yang selengkap mungkin.

MbT kali ini menampilkan sosok Challenger  skala HO yang merupakan produk pabrikan kereta model yang legendaris yaitu produksi pabrikan LIONEL, pabrikan ini diawali dengan memproduksi skala yang lebih besar yaitu skala O. Pada Challenger skala HO ini terlihat detail yang sangat lengkap yang dapat dilihat dari mulai ujung depan hingga bagian tender dibelakang.

LIONEL telah memproduksi Challenger ini dengan material full metal yang tentunya menghasilkan model yang sangat antik dan menarik, yang memikat siapapun yang akan melihat apalagi memegang dan menggendongnya….cukuit berat bobotnya! LIONEL telah membuat beberapa road number dari Challenger ini antara lain road number #3985 dan #3989…kenapa MbT menyebutkan kedua road number ini karena MbT mengalami pengalaman yang unik yaitu box LIONEL tertera #3985 namun didalamnya ternyata Challenger #3989!

Kualitas model loko Challenger buatan LIONEL ini memang tidak perlu diragukan lagi, dibuat tahun 2005 sehingga cukup sulit kalau saat ini kita mencari lagi…out of the box terlihat baru tanpa cacat..hanya saja pihak seller tidak teliti saat menutup box nya dengan tutup yang tertukar…

Loko Challenger buatan LIONEL ini sudah lengkap dengan DCC sound yang merupakan cangkokkan dari produk Quantum. Quantum merupakan pabrikan electronic board terkenal saat itu dengan hasil sound speaker cukup menggelegar. Nada Challenger tyerdengar sangat mantab termasuk suara steam, Bell, Horn dan nada lainnya. Electronic board juga mengatur power management serta lighting system dari Challenger…memang untuk lighting nya masih tergolong sederhana hanya lampu depan, lampu pada tender, lampu number board dan lampu cabin. Selain itu loko juga dilengkapi dengan smoke double stake.

Pada perjalanan Challenger di midi LO MbT terlihat rangkaian terdiri dari beberapa gerbong barang…diantaranya beberapa flatcar membawa muatan khusus…gerbong barang jenis flat car seperti ini sangat menarik karena keunikannya…antara lain mengangkut pelat baja, box, batang besi, trafo listrik dll.

MbT memburu item ini ternyata tidak mudah karena harus mencari flatcar pengangkutnya dengan road name paporit Union Pacific. Flatcar Union Pacific ini merupakan produk pabrikan yang sudah tidak asing lagi di Indo yaitu Bachman. Bachman memang terkenal dengan memproduksi beberapa jenis gerbong yang pabrikan lain tidak memproduksinya.

Rangkaian gerbong barang yang ditarik Challenger ini diakhiri dibagian buntut berupa Caboose yang merupakan produk Marklin Germany. MbT pada artikal dan foto2 diatas membuktikan bahwa koleksi lama yang sudah 10 tahunan masih sangat menarik untuk dioperasikan di midi LO MbT…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: