Loko Gas Turbine dan U50 menarik rangkaian box dan cattle car

Mendengar istilah Gas Turbine maka para penggemar kereta model pasti teringat dengan kondangnya loko Veranda yang  merupakan loko menggunakan tenaga penggerak Gas Turbine. Pada era kejayaan dan keemasan kereta api di negri Paman Sam khususnya didaerah Amerika Utara, pabrik kereta api dan perusahaan kereta api dikala itu saling berlomba untuk menampilkan kereta api atau lokomotif terbaru keluarannya.

Veranda hadir di midi LO MbT dengan road number #64, loko ini sangat kondang lantaran bentuk unik adanya teras/beranda/Veranda yang terletak memanjang disisi samping kanan dan kiri yang digunakan untuk lalunya masinis saat mengecek instalasi mesin turbin nya.

44 43 42 41

MbT tidak ada bosannya kalu mengulas loko keren ini, Veranda yang memiliki konsumsi bahan bakar yang boros terpaksa harus menggandeng sebuat tender tank berisi bahan bakar untuk kebutuhan turbinnya.

Selanjutnya kalau kita tilik saat masa peralihan dari era lokomotif dari menggunakan tenaga Uap ke era lokomotif menggunakan tenaga penggerak Diesel ataupun tenaga yang lain adalah merupakan era yang menarik karena banyak bermunculan jenis lokomotif baru. Termasuk diantaranya loko Diesel seri U50 yang merupakan loko kondang unik milik Union Pacific juga.

9 10 11 12

Sepintas loko type U50 ini mirip dengan Veranda karena memiliki panjang hampir sama dan memiliki beranda disamping kiri dan kanannya…hal ini karena U50 menggunakan frame dan konfigurasi truck/roda B+B+B+B milik Veranda yang dimodifikasi untuk penggerak traksi menggunakan 2 unit Diesel pengganti Gas Turbin.

Union Pacific merupakan armada raksasa yang mengoperasikan armada loko-loko tersebut dengan jenis terlengkap dari jaman ke jaman termasuk jenis gas turbine-electric locomotives (GTELs). Loko ini diawal mula memang disebut Gas Turbine GTEL, karena menggunakan sistim turbin terbukti memiliki power yang besar namun secara ekonomi lebih jelek jika dibandingkan dengan menggunakan mesin Diesel….bahan bakar yang dibutuhkan oleh Turbin hampir dua kali lipat jika dibanding kebutuhan bahan bakar untuk mesin Diesel.

1 2 3 4

Tidak kurang akal  pihak engineer UP memiliki pemikiran untuk penyelesaiannya yaitu dengan menggunakan bahan bakar Heavy Oil yang harganya murah…tapi memang tidak mudah menghandle nya…. masalah lain timbul saat winter bahan bakar jenis kental ini setengah beku alias menjadi emulsi. Alhasil harus dibuat sistim pemanas untuk bahan bahan bakar ini yang ditempatkan didalam tanki bahan bakar …yang belakangan sudah ditempatkan di Tanki gandeng tambahan yang selalu ditarik kemana-mana…..bahan bakar kental ini dipanaskan hingga 93 derajat C…sebelum dialirkan ke Turbin.

6 7 13 14

Prototype Gas turbin dengan nomor #UP 50 pertama kali dibuat oleh General Electric dan dipasarkan oleh Alco-GE…loko ini diperkenalkan sekitar tahun 1948…loko ini secara fisik panjang nya 20M dengan menghasilkan tenaga 4,500 HP yang memang memiliki kemampuan tenaga tiga kali dari jenis Diesel biasa.

17 18 19 20

Pihak Union Pacific telah memesan 10 unit loko Gas Turbine ini dan….. loko pesanan pertama dengan nomor #51 yang merupakan bagian dari pesanan yang sepuluh itu telah tiba di pangkalan UP di Omaha pada Januari 1952 dan pada akhir tahun 1952…. UP hanya menerima 6 unit dari pesanan 10 unit…yang empat terakhir sedikit ada modifikasi pada sistim udara masuk nya.

Selanjutnya UP menambah lagi 15 unit pesanan baru dengan nomor urut #61 hingga #75…loko ini memiliki modifikasi pada sistim udara masuk sehingga pada bagian samping dapat diberi gangway tempat lalu orang yang selanjutnya terkenal dengan nama VERANDA.

2422 23 21

Masih seperti loko GTEL sebelumnya..loko VERANDA ini juga membawa bahan bakar yang cukup banyak sekitar 7,200 gallons bbm dan 1,000 galons minyak Diesel untuk kebutuhan mesin Diesel yang 250HP…Diesel kecil yang sering disebut Pony Diesel  ini hannya digunakan untuk pergerakan disekitar yard dan station, untuk tambahan daya listrik dan untuk sistim start awal Turbin nya.

Veranda populer ditahun 1955 yang diawali dengan kapasitas turbin 4,500HP dan Veranda ini memiliki tender BBM dengan kapasitas 22,000 gallon. Veranda memang terlihat besar dan panjang…berat nya saja mencapai sekitar 275 tons dengan panjang body mencapay 24M an …dan memiliki konfigurasi roda yang sama dengan type GTEL yaitu B+B+B+B…dan konon loko ini dapat lari hingga 65 miles per jam.

Rute yang dilalui yaitu rute terkenal jalur UNION PACIFIC Ogden, Utah ke Cheyene, Wyoming….Veranda pertama beroperasi hingga Agustus 1963 dan sisanya 5 unit masih beroperasi hingga Juni 1964.

25 26 2730

Selanjutnya kita longok ke loko type Diesel Electric yang dibuat oleh General Electrik tersebut diberi nama U50 dan dibuat pada rentang waktu 1963 dan 1965…GE telah memproduksi hingga 26 unit. Loko dengan konfigurasi roda B+B+B+B tersebut terdiri dari 4 truck atau bisa disebut juga BB + BB. Fisik lokomotif U5o ini cukup panjang hingga 25m dengan prime mover Diesel Dual GE FDL-16.  Diesel yang meneruskan tenaganya ke traksi dengan kemampuan Diesel hingga 5,000 hp (3,700 kW) tersebut beroperasi didaerah Amerika belahan Utara…dan tentu saja dimiliki oleh armada raksasa UNION PACIFIC.

3231 33 34

Loko U50 yang merupakan loko yang berjalan menggunakan empat buah sistim traksi/truck dengan masing2 memiliki dua poros roda, yang selanjutnya disebut B+B+B+B tersebut.

Unit Truck tersebut sebenarnya merupakan barang bekas yang diambil dari loko yang sudah di scrap yaitu dari loko UP jenis Gas Turbin yang telah dibuat sebelumnya juga oleh GE pada era tahun 1950 an.

3536 37 38

Sebenarnya pembuatan loko Diesel U50 ini merupakan permintaan pihak Union Pacific untuk menggantikan loko Gas Turbin yang terkenal boros. Kalau kita cermati dan memang benar bahwa U50 merupakan pengembangan dari loko medium seri U25B yang hanya memiliki konfigurasi truck dua (2) unit BB…jadi loko U50 sama seperti 2 unit loko U25B yang ditempatkan di satu frame lokomotif. Perusahaan yang mengoperasikan loko U50 ini adalah Union Pacific dan Southern Pacific pada era sekitar tahun 1964.

Pihak Southern Pacific telah memiliki 3 (tiga) unit dan memang tidak menambah lagi…loko milik SP ini sedikit memiliki perbedaan dengan milik UP yaitu dengan menambahkan pintu diruang masinis pada bagian depan nya termasuk posisi lampu depan dibawah jendela depan.

Sepintas kita sudah mengenal sejarah loko jenis Gas Turbine GTEL, VERANDA dan juga U50..ketiga jenis loko tersebut sangat terkenal hingga modelnya pun sangat diminati penggemar kereta model dunia…termasuk di Indonesia.

Catatan : Halaman ini masih dalam editing foto dan tulisannya

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: