Loko Gas Turbine dan U50 menarik rangkaian box dan cattle car

Mendengar istilah Gas Turbine maka para penggemar kereta model pasti teringat dengan kondangnya loko Veranda yang  merupakan loko menggunakan tenaga penggerak Gas Turbine. Pada era kejayaan dan keemasan kereta api di negri Paman Sam khususnya didaerah Amerika Utara, pabrik kereta api dan perusahaan kereta api dikala itu saling berlomba untuk menampilkan kereta api atau lokomotif terbaru keluarannya.

Veranda hadir di midi LO MbT dengan road number #64, loko ini sangat kondang lantaran bentuk unik adanya teras/beranda/Veranda yang terletak memanjang disisi samping kanan dan kiri yang digunakan untuk lalunya masinis saat mengecek instalasi mesin turbin nya.

44 43 42 41

MbT tidak ada bosannya kalau mengulas loko keren ini, Veranda yang memiliki konsumsi bahan bakar yang boros terpaksa harus menggandeng sebuat tender tank berisi bahan bakar untuk kebutuhan turbinnya.

Selanjutnya kalau kita tilik saat masa peralihan dari era lokomotif dari menggunakan tenaga Uap ke era lokomotif menggunakan tenaga penggerak Diesel ataupun tenaga yang lain adalah merupakan era yang menarik karena banyak bermunculan jenis lokomotif baru. Termasuk diantaranya loko Diesel seri U50 yang merupakan loko kondang unik milik UNION PACIFIC juga.

9 10 11 12

Sepintas loko type U50 ini mirip dengan Veranda karena memiliki panjang hampir sama dan memiliki beranda disamping kiri dan kanannya…hal ini karena U50 menggunakan frame dan konfigurasi truck/roda B+B+B+B milik Veranda yang dimodifikasi untuk penggerak traksi menggunakan 2 unit Diesel pengganti Gas Turbin.

Union Pacific merupakan armada raksasa yang mengoperasikan armada loko-loko tersebut dengan jenis terlengkap dari jaman ke jaman termasuk jenis gas turbine-electric locomotives (GTELs). Loko ini diawal mula memang disebut Gas Turbine GTEL, karena menggunakan sistim turbin terbukti memiliki power yang besar namun secara ekonomi lebih jelek jika dibandingkan dengan menggunakan mesin Diesel….bahan bakar yang dibutuhkan oleh Turbin hampir dua kali lipat jika dibanding kebutuhan bahan bakar untuk mesin Diesel.

1 2 3 4

Pada midi LO MbT terlihat rangkaian panjang gerbong barang atau box car yang ditarik oleh loko Diesel U50 tersebut…dan diujung buntut rangkaian gerbong barang terlihat sebuah caboose Union Pacific warna kuning yang kondang dan sexy. Loko Diesel ini menggantikan dan melanjutkan loko Gas Turbin yang sangat boros tersebut.

Memang masalah boros loko Gas Turbin menjadi pemikiran utama….tidak kurang akal  pihak engineer UP memiliki pemikiran untuk penyelesaiannya yaitu dengan menggunakan bahan bakar Heavy Oil yang harganya murah…tapi memang tidak mudah menghandle nya…. masalah lain timbul saat winter bahan bakar jenis kental ini setengah beku alias menjadi emulsi. Alhasil harus dibuat sistim pemanas untuk bahan bahan bakar ini yang ditempatkan didalam tanki bahan bakar …yang belakangan sudah ditempatkan di Tanki gandeng tambahan yang selalu ditarik kemana-mana…..bahan bakar kental ini dipanaskan hingga 93 derajat C…sebelum dialirkan ke Turbin.

6 7 13 14

Sebelum menampilkan loko gas turbin dengan menarik rangkaian gerbong pembawa ternak….MbT masih terpesona dengan rangkaian box car 24 unit UNION PACIFIC warna coklat buatan pabrik kamod terkenal  dari negri Germany TRIX yang ditarik loko type U50 dengan road number #36

Gerbong barang buatan TRIX ini memiliki bobot yang tidak terlalu berat sehingga jumlah 24 unit plus caboose bukan hal yang berarti untuk si U50…ditambah gerbong ini dilengkapi coupler metal yang kuat dan dengan sistim berpegas.

Loko yang menarik dengan jenis U50 memang sedikit rancu pemberian namanya kalau kita mendengar prototype Gas turbin dengan nomor #UP 50 yang pertama kali dibuat oleh General Electric dan dipasarkan oleh Alco-GE…loko ini diperkenalkan sekitar tahun 1948…loko ini secara fisik panjang nya 20M dengan menghasilkan tenaga 4,500 HP yang memang memiliki kemampuan tenaga tiga kali dari jenis Diesel biasa.

17 18 19 20

Pihak Union Pacific telah memesan 10 unit loko Gas Turbine ini dan….. loko pesanan pertama dengan nomor #51 yang merupakan bagian dari pesanan yang sepuluh itu telah tiba di pangkalan UP di Omaha pada Januari 1952 dan pada akhir tahun 1952…. UP hanya menerima 6 unit dari pesanan 10 unit…yang empat terakhir sedikit ada modifikasi pada sistim udara masuk nya.

Selanjutnya UP menambah lagi 15 unit pesanan baru dengan nomor urut #61 hingga #75…loko ini memiliki modifikasi pada sistim udara masuk sehingga pada bagian samping dapat diberi gangway tempat lalu orang yang selanjutnya terkenal dengan nama VERANDA.

2422 23 21

Masih seperti loko GTEL sebelumnya..loko VERANDA ini juga membawa bahan bakar yang cukup banyak sekitar 7,200 gallons bbm dan 1,000 galons minyak Diesel untuk kebutuhan mesin Diesel yang 250HP…Diesel kecil yang sering disebut Pony Diesel  ini hannya digunakan untuk pergerakan disekitar yard dan station, untuk tambahan daya listrik dan untuk sistim start awal Turbin nya.

Veranda populer ditahun 1955 yang diawali dengan kapasitas turbin 4,500HP dan Veranda ini memiliki tender BBM dengan kapasitas 22,000 gallon. Veranda memang terlihat besar dan panjang…berat nya saja mencapai sekitar 275 tons dengan panjang body mencapay 24M an …dan memiliki konfigurasi roda yang sama dengan type GTEL yaitu B+B+B+B…dan konon loko ini dapat lari hingga 65 miles per jam.

Rute yang dilalui yaitu rute terkenal jalur UNION PACIFIC Ogden, Utah ke Cheyene, Wyoming….Veranda pertama beroperasi hingga Agustus 1963 dan sisanya 5 unit masih beroperasi hingga Juni 1964…..dan pada Midi LO MbT rute yang dilalui juga sangat cocok dengan beberapa curve besar serta jalur lurus yang dapat menampung lengkap loko plus 24 unit gerbong barang dan caboose.

25 26 2730

Kita longok kembali loko type Diesel Electric yang dibuat oleh General Electrik tersebut diberi nama U50 dan dibuat pada rentang waktu 1963 dan 1965…GE telah memproduksi hingga 26 unit. Loko dengan konfigurasi roda B+B+B+B tersebut terdiri dari 4 truck atau bisa disebut juga BB + BB. Fisik lokomotif U5o ini cukup panjang hingga 25m dengan prime mover Diesel Dual GE FDL-16.  Diesel yang meneruskan tenaganya ke traksi dengan kemampuan Diesel hingga 5,000 hp (3,700 kW) tersebut beroperasi didaerah Amerika belahan Utara…dan tentu saja dimiliki oleh armada raksasa UNION PACIFIC.

Loko U50 ini ternyata walau memiliki konfigurasi roda yang cukup ribet terlihat bermanuver sangat lincah di midi LO MbT. Terlihat saat melibas curve dan turn out U50 melaluinya dengan lancar tanpa hambatan. Jalur luar dan dalam pada midi LO MbT memang pada posisi tertentu terlihat unik seolah rangkaian kereta terlihat berjalan sejajar padahal rangkaian tersebut berjalan berlawanan arah. Hal ini memang MbT rancang sejak awal dan hasilnya memang tidak mengecewakan.

3231 33 34

Loko U50 yang merupakan loko yang berjalan menggunakan empat buah sistim traksi/truck dengan masing2 memiliki dua poros roda, yang selanjutnya disebut B+B+B+B tersebut terlihat berjalan sejajar dengan loko VERANDA….kedua loko berjalan dengan sangat gagah menarik rangkaian gerbong barang UNION PACIFIC

Sudah kita ketahui Unit Truck milik kedua loko tersebut sebenarnya merupakan barang bekas yang diambil dari loko yang sudah di scrap yaitu dari loko UP jenis Gas Turbin GTEL generasi yang telah dibuat sebelumnya juga oleh GE pada era tahun 1950 an…ternyata pihak Engineer UP memang tidak salah pilihan.

3536 37 38

Sebenarnya pembuatan loko Diesel U50 ini merupakan permintaan pihak Union Pacific unt uk menggantikan loko Gas Turbin yang terkenal boros. Kalau kita cermati dan memang benar bahwa U50 merupakan pengembangan dari loko medium seri U25B yang hanya memiliki konfigurasi truck dua (2) unit BB…jadi loko U50 sama seperti 2 unit loko U25B yang ditempatkan di satu frame lokomotif. Perusahaan yang mengoperasikan loko U50 ini adalah Union Pacific dan Southern Pacific pada era sekitar tahun 1964.

Pihak Southern Pacific telah memiliki 3 (tiga) unit dan memang tidak menambah lagi…loko milik SP ini sedikit memiliki perbedaan dengan milik UP yaitu dengan menambahkan pintu diruang masinis pada bagian depan nya termasuk posisi lampu depan dibawah jendela depan. Apapun yang terpenting saat melaju diatas track midi LO MbT khususnya saat melintas jembatan truss bridge terlihat sangat romantis.

46453947

Sepintas kita sudah mengenal sejarah loko jenis Gas Turbine GTEL, VERANDA dan juga U50..ketiga jenis loko tersebut sangat terkenal hingga modelnya pun sangat diminati penggemar kereta model dunia…termasuk di Indonesia. Veranda yang tampil di midi LO MbT ini merupakan produksi pabrik LIONEL dan sesuai label loko ini sudah dibuat di negeri Gingseng KOREA.

Kehebatan loko Veranda buatan pabrik kamod LIONEL adalah material yang digunakan untuk loko maupun tender BBM nya adalah full metal. Sehingga loko lengkap dengan tender BBM memiliki bobot yang lumayan berat…..dan electronic yang dicangkokkan walaupun merupakan generasi lama namun DCC Sound nya sangat dahsyat…hal ini mengangkat nama Quantum pembuatnya. Satu hal yang bagus namun tidak realistis menurut MbT adalah lampu/head light dan lampu mundur…lampu berwarna putih dan sangat terang.

48 49 5040

Sedikit membahas kembali U50..loko ini karena cukup panjang maka konfigurasi roda yang B+B+B+B saat diaplikasikan pada model trainnya terlihat bagian depan sedikit membuang kesamping…namun demikian seperti yang disebutkan diatas bahwa loko ini tanpa kendala dapat melewati dengan lancar.

Model loko U50 dibuat oleh pabrik kereta model Athearn, detail yang disuguhkan cukup bagus dengan menggunakan dua unit motor loko ini mampu menarik puluhan gerbong dengan lancar walau harus menaikitrack dengan sudut elevasi 12cm…namun demikian produk ini masih belum masuk kelas Genesis nya Athearn.

51 5253 54

Loko Veranda berpapasan dengan U50…merupakan atraksi yang ditunggu…dan suasana papasan ini akan lebih dramatis apabila terjadi diatas jembatan double track truss bridge. Pada midi LO MbT menempatkan posisi double track bridge ini tepat setelah jalur yang menikung alias sebuah curve.

Perlu dipersiapkan bahwa saat dua rangkaian berpapasan sebuah loko panjang atau sebuah gerbong penumpang akan memiliki posisi jarak yang sangat dekat antar kedua loko/gerbong tersebut…khusus hal ini MbT mencoba beberapa kali sebelum membuat daerah curve ini fixed….dan yang lebih penting lagi apabila sebuah bridge terletak tidak dijalur lurus maka bagian ujung bridge juga sering menjadi kendala saat rangkaian memasuki bridge.

55 57 5856

Panjang fisik loko Veranda sama dengan panjang fisik loko U50.…termasuk berat dari kedua loko ini juga lumayan…sehingga MbT juga sudah memilih panjang truss bridge dan konstruksi yang memenuhi. Truss bridge yang terpasang ini sengaja diposisikan untuk menjadi sasaran tembak kamera. Sudut pengambilan foto juga harus memungkinkan dari atas, samping, depan, belakang dan juga dari bawah jembatan. Perhatikan saja difoto awal yang memposisikan Veranda tampak depan diatas bridge dengan lampu depan yang menyala terang…cukup dramatis.

Area bridge dalam sebuah LO memang merupakan jalur track terpenting, karena memiliki panjang yang tetap…sehingga MbT memulai menggelar track dari daerah penempatan bridge.

59 60 61 62

Hasil foto saat dua rangkaian VERANDA  dan U50 lengkap dengan gerbong berpapasan diatas jembatan merupakan momen yang paling ditunggu..dan pada umumnya kedua loko selalu membunyikan horn saat bersamaan sehingga sangat mengesankan. MbT mencoba mempraktekkan kedua loko berpapasan dengan kecepatan 50% pada throttle control unit yang identik dengan kecepatan 50 mile/jam…terasa mendebarkan jantung khawatir terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan…hasilnya bravo…ternyata jalur double track diatas jembatan sempurna.

Setelah kedua loko melewatinya..tinggal sisa rangkaian gerbong yang meluncur dengan bunyi khas click clack lantaran bunyi roda pada sambungan track….rangkaian gerbong pembawa ternak yang memang jumlahnya tidak banyak telah meninggalkan bridge terlebih dulu…tersisa rangkaian box car yang 24 unit.

63 64 65 66

Perlu dijadikan koleksi…Loko type U50 dan Veranda merupakan must have item bagi penggemar kereta model khususnya penggemar armada kondang Union Pacific. Kedua loko ini selain memiliki fisik yang panjang…loko Veranda dan U50 memiliki bentuk dan detail yang unik. Produk buatan LIONEL dan buatan ATHERAN ini perlu diacungin jempol.

Demikian juga gerbong barang dan gerbong ternak yang ditarik kedua loko tersebut terlihat tidak ada cacat untuk dikoleksi…gerbong buatan TRIX dan ATHEARN ini sudah cukup langka dipasaran untuk diburu….ditambah Caboose exclusive milik MARKLIN dapat dikoleksi dengan harus merobah roda menjadi DC wheel.

6972 70 71

Akhir sebuah rangkaian gerbong barang pada era ’60an selalu diakhiri  dengan sebuah gerbong lucu yaitu Caboose, kali ini caboose yang tampil merupakan produk eropa siapa lagi kalau bukan produk MARKLIN….terkait hal ini MbT sudah menyebutkan apabila mengkoleksi perlu memodifikasi dengan mengganti roda AC menjadi DC dengan tipe RP 24.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: