Box car UP warna Brown Sugar..

Union Pacific box car tidak selalu berwarna kuning armour yellow…tapi tampil juga dengan warna coklat. Warna khas kuning Union Pacific ternyata tidak merupakan harga mati, terbukti armada gerbong barang box car UP memiliki warna2 selain warna kuning…bahkan saat UP membeli gerbong bekas/ex perusahaan lain terkadang UP membiarkan warna asli…dan terlihat UP hanya melabur tulisan nama dan road number dari gerbongnya.

MbT kali ini menampilkan box car UP yang memiliki warna coklat BROWN SUGAR dan tampil bersama dengan Loko Diesel plus Caboose Kuning, terlihat lebih teduh dan hal ini mungkin pihak UP berpikir untuk menghindari tampak kotor apabila gerbong warna kuning belum dilakukan pembersihan.

b1 b2 b3 b4

Box car atau gerbong barang berbentuk sederhana yang menyerupai kotak panjang ini sangat populer dan sampai era sekarang jenis box car ini masih dipakai. Union Pacific yang merupakan perusahaan kereta api raksasa terbesar di Amrik sana memiliki berbagai jenis box car dengan berbagai ukuran.

Box car yang dikenal dengan perbedaannya berdasarkan panjang antara lain panjang 40′, 50′, 60′ dan seterusnya…dan UP memiliki berbagai jenis dengan panjang 50′. termasuk tinggi gerbong yang melebihi standard yang disebut High cube box car.

b5 b6 b7 b8

Box car juga memiliki nama atau sebutan berdasarkan jenis pintunya yang ada…termasuk istilah single door…double door..combine single plug door dan jenis lain sesuai dengan muatan yang akan diangkut nya.. dan box car ini dari tahun ke tahun atau dari era ke era selalu mengalami perobahan sesuai dengan kemajuan teknologi pabrik gerbong dan sesuai dengan kebutuhan sarana angkutan menggunakan kereta api.

Gerbong jenis box car ini memiliki konstruksi baja yang cukup kuat dan gerbong didesain dengan konstruksi kedap sehingga muatan tidak akan terganggu oleh cuaca luar..bentuk box memang memiliki volume muatan yang paling efisien.

b9 b10 b11 b12

Warna coklat Brown Sugar UP box car sebenarnya bukan hal yang baru karena jaman era Big Boy sudah banyak gerbong box car ukuran 40′ walau konstruksi dinding gerbong masih ada yang terbuat dari panel kayu…Big Boy menarik hingga seratus gerbong lebih menanjak track di Amerika Utara..

Selanjutnya pada era tahun 80’an muncul berbagai jenis box car dengan dibuat oleh aneka ragam pabrik/industri gerbong kereta api..modelnya terlihat berbaris hingga 10 gerbong lebih di midi LO MbT …cukup menarik perhatian.

b13 b14 b15 b16

Pada midi LO MbT iring-iringan box car Brown Sugar Union Pacific ditarik oleh loko Diesel seri GP 38-2 dengan konfigurasi roda BB warna kuning armour Yellow kombinasi abu2 harbour mist grey dengan batas warna strip merah ..ditambah motto Union Pacific WE CAN HANDLE IT dan nomor punggung #2042 merupakan paduan warna yang menjadi atraksi yang menawan….

Loko Diesel GP 38-2 buatan General Motor Diesel – Electric Motor Diesel (EMD) buatan Canada ini mengusung power hingga 2,000hp yang dihasilkan dari Diesel engine 16V type Two stroke. loko Diesel jenis ini dimiliki oleh armada Union Pacific hingga 60 unit….tercatat dari #2000 hingga #2059.

b17 b18 b19 b20

Rangkaian Gerbong warna Brown Sugar ini memiliki buntut sebuah caboose wide bay vision warna kuning yang sangat legendaris…dengan road number #400….kuning didepan (loko)  dan kuning dibelakang (caboose) merupakan paduan warna rangkaian gerbong jenis box car warna brown sugar.

Lebih detail mengenai loko yang tampil ini adalah jenis road switcher type GP 38-2 yang modelnya dibuat sempurna oleh pabrikan kamod kondang Athearn dengan class Genesis…artinya loko ini dibuat dengan detail yang aduhai berdasarkan blue print yang ada dan sekali gus dicangkok dengan DCC Sound system produknya Tsunami.

b21 b22 b23 b24

Kembali menilik gerbong box car berwarna Brown Sugar …MbT mengajak melihat dari atas versi drone..terlihat atap dari box car berwarna bromitt silver dan warna coklat. Untuk yang berwarna silver merupakan jenis cat yang tahan cuaca sehingga mengurangi potensi karat.

Konstruksi bagian atas dari box car tersebut terlihat kuat…dan untuk box car jenis modern sudah tidak lagi dilengkapi dengan fasilitas running board diatas gerbong…berbeda dengan box car untuk produk seri tahun era sebelumnya..diatas box car terlihat dilabur dengan cat warna sama dengan brown sugar dan atap gerbong terlihat terpasang sebuah running board dibagian tengah…berfungsi untuk jalan dari bagian depan kebelakang atau sebaliknya.

b25 b26 b36 b44

Atap box car warna silver ataupun warna brown sugar..keduanya sama2 menarik..untuk warna silver terlihat atap rata walaupun masih ada atap yang memiliki kemiringan kesamping kiri dan kanan, sedangkan untuk gerbong yang berwarna coklat terlihat atap memang memiliki kemiringan dengan tujuan air hujan atau salju dapat turun kesamping..sehingga dibagian tengah atap dilengkapi dengan running board tadi.

Untuk gerbong box car yang modern memiliki beberpa panjang termasuk panjang 40′, 50′ dan 60′ bahkan untuk gerbong yang panjang merupakan jenis Gunderson karena dibuat oleh pabrik gerbong kereta api Gunderson. Gerbong box car jenis Gunderson ini memilik ketinggian yng lebih dari gerbor yang lain…sehingga disebut high cube Gunderson.

b27 b28 b29 b30

Box car yang memiliki tinggi diatas gerbong standar yang lain disebut High cube box car Gunderson …berwarna brown sugar era tahun 80’an yang beroperasi hingga tahun 90’an….gerbong ini dibuat lantaran tuntutan pasar yang memerlukan space yang tinggi.

Gunderson ini juga merupakan produk pabrikan kamod Athearn…dengan detail yang sudah lengkap..termasuk double door dilengkapi dengan sistim grendel yang dibuat cukup serius..dinding gerbong ini pun memiliki konstruksi penguat stifener dibagian luar atau sering disebut rib side….sehingga para penggemar kamod merasa puas dengan produk ini.

b31 b32 b33 b34

Memang di era 70 -80 an rangkaian gerbong barang masih banyak dilengkapi sebuah gerbong office atau kalau kita perhatikan buntut rangkaian gerbong barang selalu diakhiri dengan gerbong office atau disebut caboose..seperti sudah disebutkan diatas untuk jenis ini MbT menempelkan sebuah Wide caboose Union Pacific #400 yang juga buatan Athearn.

Beberapa jenis caboose cukup populer selain wide caboose juga ada cupola caboose…caboose ini modelnya lucu dean didalamnya selain dilengkapi ruang office juga terdapat cabin, galley ataupun tungku penghangan..dengan cerobong terlihat diatas atap caboose tersebut. Warna Kuning armour Yellow dengan atap brown sugar ditambah strip dan leter merah merupakan paduan warna khas Union Pacific.

b39 b40 b42 b43

Midi LO MbT memang direncanakan pada jalur track lurus didepan station  dapat menampung hingga sepuluh gerbong box car walaupun pada bagian buntut sudah pada posisi curve namun pandangan masih dapat melihat rangkaian gerbong hingga 10-12 unit plus loko.

Demikian pula saat rangkaian gerbong yang melalui track luar saat disudut ruangan…rangkaian akan menanjak melalui elevasi sekitar 6cm dengan tujuan saat berpapasan dengan rangkaian kereta lain pada track dalam …rangkaian kereta pada jalur track luar tidak terhalang saat dipandang.

b35 b37 b45 b49

Pada midi LO MbT ini memang terinstalasi sistim loop pada jalur track dalam dikedua ujung lingkaran, sehingga rangkaian kereta pada track dalam saat berjalan beriringan dengan rangkaian pada track luar terlihat kadang seolah berpapasan dan kadang dalam posisi sejajar. Sistim loop ini dipasang dengan mencabang track menggunakan turn out ukukan besar #10 dan #8…arah track dengan adanya pengaturan polarity secara elektronik dapat berfungsi tanpa adanya short.

Loko Diesel Union Pacific ukuran road switcher type H-16 menempati jalur track dalam dam berjalan mondar mandir dengan berganti arah bolak balik…hal ini memanfaatkan loop track di midi Lo MbT yang dikontrol dengan sistim Digitrax.

b51 b52 b53 b54

Dengan ada nya jalur track loop terkadang rangkaian kereta seolah memasuki jalur yang berlawanan…itu yang selalu menjadi perhatian MbT…loko berjalan unik beriringan sejajar yang nantinya setelah melewati loop track akan berlawanan arah.

Untuk rangkaian gerbong brown sugar yang menempuh track dalam dari Midi Lo MbT…selain terdiri dari box car terdapat juga dua gerbong covered gondola yang juga milik armada Union Pacific…gerbong ini unik dan cute lantaran sebuah gondola yang pada umumnya terbuka namun yang satu ini justru diberi penutup/covered….memang tidak mudah untuk berburu gerbong ini yang juga mnerupakan produk pabrikan Athearn.

b55 b56 b57 b58

Rangkaian kereta dengan box car yang melalui jalur track dalam seolah sudah menyusul rangkaian kereta pada track luar…padahal rangkaian ini sebenarnya berjalan berlawanan arah. Rangkaian Brown sugar ini pada buntutnya juga bertengger sebuah gerbong caboose dari type cupola wide vision….caboose  ini dibagian dalam memiliki lantai bertingkat untuk dapat memandang bagian gerbong box car didepannya.

Caboose yang juga tampil berwarna kuning ini milik armada Union Pacific…selain tertulis didinding sampingnya dengan huruf besar warna merah…pada caboose jenis ini tertera semboyan atau motto dari armada UP ini…

b48 b59 b60 b65

Pada posisi track yang sejajar saat dilihat dari depan terlihat cukup jelas bahwa jalur ini akan lari kemana….berawal dari track depan station loko Diesel H-16 tepatnya FM H-16-44 yang merupakan  road switcher dibuat oleh pabrik kereta Fairbanks-Morse pada rentan waktu April 1950 – Februari 1963..loko dengan konfigurasi roda BB ini memiliki mesin Diesel delapan silinder yang tangguh dan mengeluarkan tenaga hingga 1,600HP.

Tampang loko Diesel yang sederhana tersebut melaju menuju Jembatan pada midi LO MbT…ternyata loko yang modelnya dibuat oleh Proto ini cukup unik dan bertenaga…dengan laju yang memang tidak cepat karena antara motor dan gearnya sudah disesuaikan dengan prototypenya …sehingga saat MbT memutar throttle hingga 60mile/h sesuai skala  pada sistim kontrol Digitrax..loko ini terlihat berjalan dengan santai.

b46 b47 b63 b64

Terlihat dua unit road switcher dengan berbeda era tahunnya masing2 menarik rangkaian gerbong barang jenis box car yang memiliki warna serba Brown sugar…saat tersebut nuansa pada midi Lo MbT hanya sedikit dihiasi warna kuning.

Namun tanpa warna kuning pun..kalau kita perhatikan dari berbagai sudut pandang…gerbong2 cantik box car warna Brown Sugar ini tetap terlihat cantiknya…tidak salah pihak Athearn memproduksi berbagai seri dengan warna brown sugar ini sejak tahun 2005..2006..2007..2008 dan 2009. MbT tetap merekomendasikan item tersebut dipilih sebagai item untuk koleksi para penggemar kereta model.. khususnya penggemar armada Union Pacific.

 

Note : sedang dalam proses editing text dan foto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: