Rangkaian pendek kereta penumpang…lighted!

Rangkaian kereta api penumpang umumnya terdiri dari rangkaian panjang beberapa gerbong penumpang, namun kali ini MbT merangkai kereta api penumpang dengan hanya terdiri dari lima (5) gerbong penumpang saja yang ditarik oleh Loko Uap 2-8-2 dan tentu saja dari armada kondang UNION PACIFIC….loko hitam kelam dengan rangkaian gerbong penumpang warna Kuning Armour Yellow merupakan paduan warna yang kontras.

b1 b2 b3 b4

Terlihat rangkaian pendek kereta penumpang meliuk melaju keluar dari salah satu station dan langsung menuju daerah bebatuan dengan melewati beberapa jembatan yang tersebar pada sebuah midi LO yang sudah tidak asing lagi.

Jalur atau track yang dilalui merupakan jalur luar dari midi LO MbT yang memiliki curve cukup lebar terdiri dari gabungan curve 24″ dan 26″ yang telah dibuat sempurna oleh pabrikan track Roco….walau demikian MbT mencoba menampilkan nuansa Amrik dengan menambahkan beberapa jembatan dan pepohonan.

b5 b6 b7 b8

Mak Hitam yang menarik rangkaian gerbong penumpang ini merupakan loko Uap tidak besar dengan konfigurasi roda 2-8-2…berjalannya cukup lincah dan cepat..tenaga yang dihasil kannya pun cukup besar…ditunjang dengan body terbuat dari Hybrid metal maka loko uap ini memiliki traksi yang bagus.

Terlihat rangkaian melintas sebuah jembatan truss bridge yang merupakan ciri khas Amrik….posisi track cukup tinggi dari level tanah zero dengan jembatan melintas diatas jalur track lain dibawahnya. Pohon besar yang tumbuh disamping jembatan juga menunjukkan bahwa posisi jembatan cukup tinggi mencapai lima meteran.

b9 b10 b11 b12

View dari atas terlihat cukup menarik…konstruksi baja dari truss bridge merupakan pemandangan yang unik dan terkesan maco…pun saat dipandang dari view dibawah jembatan terlihat konstruksi baja yang sangat kokoh…menandakan jembatan ini telah disiapkan untuk puluhan tahun.

Rangkaian kereta penumpang yang melintas berwarna kuning Armour Yellow khas milik armada UNION PACIFIC menjadi daya tarik tersendiri. Rangkaian ini merupakan jenis Pullman Heavyweight dengan atap arch, gerbong penumpang jenis ini memang terlihat sangat kokoh karena terbuat dari metal dengan sambungan sistim keling, sebelum jenis ini diproduksi…gerbong pnumpang di Amrik sana memiliki konstruksi dinding samping dan sekat terbuat dari papankayu/wooden plank.

b13 b14 b15 b16

Memang MbT sengaja menebar beberapa jembatan didaerah alam tandus pada midi LO MbT…menandakan bahwa track power DC ini terletak diatas level zero…keluar dari jembatan/bridge langsung disambut lagi oleh jembatan lain jenis girder..

Gerbong penumpang warna kuning Armour Yellow type Pullman Heavyweight berjumlah lima (5) unit yang terdiri dari gerbong kombinasi bagasi/penumpang, gerbong coach dan pada bagian buntut terlihat gebong yang dilengkapi ruang Observasi dibagian belakangnya…dan gerbong2 ini sejak keluar dari box nya sudah dilengkapi dengan interior lighting.

b17 b18 b19 b20

Loko Uap 2-8-2 Brass Hybrid dengan road number #5053 merupakan produksi pabrikan kamod BLI, modernized loko ini memiliki type Young valve gear, Worthington 4BL Coal dangan menggandeng 15,500 gallon tender. Loko Hitam dengan moncong graphite warna silver sekilas memiliki ukuran hampir sama dengan loko uap jenis Mikado.

Pemandangan dialam tandus dengan sedikit vegetasi serta sesekali terlihat pohon hijau memang merupakan kombinasi kontras dengan adanya rangkaian kereta Uap 2-8-2 Brass Hybrid menarik gerbong penumpang type Pullman  Heavyweight warna kuning melintas diatasnya..

b21 b22 b23 b24

Rangkaian terus melaju dengan cepat memasuki daerah industri pabrik minyak jagung..jalan melingkar dan sedikit menanjak didaerah pegunungan bukan menjadi rintangan bagi loko uap 2-8-2 ini..

b25 b26 b27 b28

Dibalik pabrik minyak jagung…rangkaian ketemu jalur melingkar didaerah hutan cemara yang menjulang lebat… beberapa waktu lalu MbT menanam serumpun pohon cemara yang dapat mengaktualisasikan sebagai hutan cemara,dengan latar belakang back drop bergambar gunung karang dan padang tandus khas Amrik.

b29 b30 b31 b32

Setelah melewati padang tandus…dan menuruni pebukitan…rangkaian ini memasuki daerah perkotaan dan langsung melewati track luar  didepan station. Seluruh gerbong yang dilengkapi lampu interior telah lulus berjalan tanpa kendala melewati curve 24″ dan curve 26″.

b33 b34 b35 b36

Rangkaian kereta penumpang indah dari jenis Pullman Heavyweight ini tetap meluncur didepan station kecil pada jalur track luar..menandakan memang tidak ada penumpang untuk naik dan turun di station ini.

b37 b38 b39 b40

Rangkaian kereta penumpang yang terdiri dari lima (5) unit gerbong penumpang type Pullman Heavyweight tersebut sangat pas panjangnya pada track lurus didepan station Union type..

b41 b42 b43 b44

Dengan melanjutkan perjalanan..rangkaian kereta penumpang ini melaju dengan cepat dan kembali menyusur padang tandus daerah gunung karang midi LO MbT, sound yang dihasilkan oleh lokomotive uap 2-8-2 cukup nyaring dan kualitas suara yang baik.

MbT mencoba mengambil gambar dari berbagai sudut yang menunjukkan rangkaian ini tetap indah dipandang dari jauh ataupun dekat. Saat melewati daerah station terlihat dijalan raya beberapa kendaraan era tahun 40an yang cukup matching dengan nuansa jadul rangkaian kereta ini.

b45 b46 b47b51

Detail dari gerbong type Pullman Heavyweight ini lumayan …..penggemar dapat melihat jelas detail rivet/paku keling yang digunakan untuk sistim penyambungan konstruksinya.

Khusus untuk observation car dibuat sangat klasik…kereta Pullman Heavyweight ini pernah diproduksi sebelum tahun 1920 dan terus dioperasikan hingga tahun 60an, kalau melihat umurnya yang cukup panjang menandakan bahwa kereta penumpang ini dibuat cukup kuat. Antara lain pihak Pullman telah menyiapkan sistim boogie yang dilengkapi dengan masing2 tiga poros roda untuk menyangga beban yang lumayan heavy.

b48 b49 b50b52

Kalau para penggemar ingin mengkoleksi jenis kereta penumpang yang tidak panjang, maka pilihan jenis Pullman Heavyweight sudah cocok….ditambah bonus bahwa produk ini dilengkapi dengan sistim lampu interior.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: