Rangkaian TankTrain dan Loko Diesel GENESIS…

TankTrain merupakan gerbong tanki yang memuat cairan dan karena sistim loading dan unloadingnya dapat dilakukan hanya pada satu inlet dan outlet maka TankTrain menjadi sistim angkut cairan dengan cara yang efisien dan unik.

TankTrain sebetulnya merupakan konsep untuk mengatasi operasi bongkar muat yang selama ini dirasakan memakan waktu yang cukup lama dari sebuah pengiriman cargo cair seperti contohnya minyak mentah atau crude oil.

Hal ini karena setiap operasi bongkar muat selalu membutuhkan waktu untuk memasang sistim pipa yang diperlukan dan beberapa perlengkapan serta mengkoneksikan ke sistim penampungan atau fasilitas muat…dan ini harus dilakukan pada setiap gerbong minyak tersebut….dan diketahui pula setelah selesai pengisian atau pembongkaran muatan juga masih diperlukan waktu untuk melepas sistim pipa pada setiap gerbong“….demikian yang diungkapkan oleh pihak operator TankTrain.

t3t24 t25 t26

MbT mengetahui TankTrain ini saat sebuah pabrikan kereta model kondang ATHEARN telah merilis dan menawarkan produksinya secara gencar berupa TankTrain dengan kelas GENESIS. Sudah lebih dari 2 tahun lalu kamod TankTrain ini diproduksi secara terbatas oleh Athearn dan MbT mujur mendapatkan produk  ini saat diluncurkan saat pertama dan dilanjutkan Athearn memproduksi kembali untuk langsiran yang kedua awal tahun ini.

TankTrain yang didesain untuk mempercepat waktu proses bongkar muat muatan cair memiliki sistim dengan menghubungkan antar Tanki dengan menggunakan pipa flexible dengan diameter cukup besar. Pipa flexible ini terpasang pada ujung gerbong bagian atas diantara gerbong2 tersebut. TankTrain umumnya dapat dioperasikan mulai dari dua (2) gerbong tanki hingga belasan gerbong tangki yang terhubung secara keseluruhan dengan pipa flexible.

t2 t4 t5 t6

Karena seluruh Tanki ini terhubung satu dengan lainnya maka proses pembongkaran muatan  cukup menggunakan inlet system pada ujung gerbong tanki dengan metoda menekan muatan dengan inert gas Nitrogen…sehingga muatan akan keluar pada outlet  diujung gerbong tanki….demikian sebaliknya saat proses pengisian.

Dengan menggunakan sistim ini rankaian TankTrain dapat memuat dan membongkar muatan konon dengan rate hingga -/+ 3,000 gallons per menit…..artinya kalau dihitung rangkaian gerbong berjumlah 45 gerbong dengan kapasitas 23,000 gallon dapat dibongkar atau muat kurang dari waktu 3 jam saja. TankTrain terbukti merupakan cara untuk menghemat waktu dan termasuk mengurangi biaya tenaga kerja…..

Apabila dalam satu pengiriman terdapat jenis cargo minyak yang berbeda maka rangkaian TankTrain akan terpisah dengan ditandai bagian depan dan belakan gerbong tidak tersambung dengan Pipa flexible.

t7 t8 t9 t15

Armada gerbong tanki memiliki kapasitas muat yang berbeda-beda, termasuk kapasitas 20,000 gallon, 30,000 gal, 35,000 gal. dan untuk TankTrain milik GATX yang modelnya dibuat Athearn GENESIS ini telah didesain dengan kapasitas tiap gerbong 23,000 Gallon.

Pada umumnya gerbong tanki  tidak banyak dimiliki oleh perusahaan perkereta apian namun lebih banyak dikelola oleh perusahaan khusus yang menangani kereta barang dan untuk armada gerbong tanki yang cukup terkenal antara lain adalah GATX. Perusahaan ini telah mendesain berbagai jenis gerbong tanki yang merupakan pantent nya dan diantaranya yang terkenal yaitu TankTrain

t10 t11 t12 t13

TankTrain yang dibahas diatas merupakan produksi dalam bentuk kereta model berskala 1:87 diproduksi oleh pabrikan kondang Athearn dengan kelas Genesis…..tentu saja ini menandakan produk tersebut memiliki kualitas dan detail yang tidak perlu diragukan lagi.
Produk Athearn Genesis ini merupakan model dari TankTrain milik GATX perusahaan yang mengelola armada gerbong tanki, sesuai data GATX memiliki gerbong hingga 100 ribu lebih. TankTrain dengan gerbong tanki warna hitam dan bertuliskan TankTrain huruf lumayan besar berwarna Orange dan Putih menjadi daya tarik tersendiri.
 t16 t17 t18 t19
Prototypenya TankTrain yang  beroperasi didaerah California sana pernah sukses pada tahun 80 an mengangkut muatan minyak mentah  milik Shell dibawa ke tempat pemrosesan nya (refinery plant) ….rangkaian gerbong hingga belasan gerbongdisambung dengan flexible hose….dan total rangkaian pernah mencapai hingga 75 unit.
Nah kalau di midi LO MbT terlihat hanya beberapa unit tanki TankTrain tepatnya 10 gerbong…memang tidak mudah untuk mendapatkan unit nya dipasaran….pembeliannya pun harus melalui proses preorder.
Genesis untuk jenis TankTrain dengan leter besar hanya mengeluarkan 12 gerbong dengan beda road number, beberapa gerbong TankTrain lain juga diproduksi dengan hanya menampilkan huruf GATX.
t20 t21 t22 t24

TankTrain yang disuguhkan Athearn GENESIS memang benar memiliki kelebihan2 yang sangat memanjakan penggemar kereta model…..gerbong sudah Fully-assembled dan ready-to-run sejak out of the box ( Box Genesis warna biru tua lengkap dengan Window sehingga dapat terlihat dengan mudah). Gerbong berwarna hitam ini memiliki cat dan print dari tulisan2 yang sangat akurat sama seperti prototype nya.

Detail yang disuguhkan merupakan hasil dari new tools..proses injection-molded body yang digabung dengan grab irons, etched metal coupler platform yang dibuat dengan terpisah, detail pada coupler lengkap denga Coupler lift bars, sambungan  perpipaan antar gerbong, brake hoses lengkap dengan perlengkapannya.

t27 t28 t29 t30

Athearn seri Genesis juga menampilkan detail pada bagian bawah gerbong meliputi tanki udara untuk rem angin, katup2 kontrol, cylinder untuk sistim pengereman lengkap dengan perpipaan dan tuas/batang2 sistim rem. Roda metal dengan kontur RP25 dapat dioperasikan pada rel code 70, 83 dan 100 tanpa masalah….apalagi gerbong ini memiliki berat yang mantap. MbT menggunakan code 83 pada midi LO nya.

Pada midi LO MbT terlihat  TankTrain melaju dengan mencoba beberapa kecepatan mulai 20mile/h hingga 60mile/h hasilnya sangat memuaskan dan sekali dicoba dengan kecepatan yang tidak realistis yaitu 80mile/h ternyata TankTrain juga masih aman…dan memang Athearn Genesis menyebutkan bahwa produknya ini memiliki bobot yang proporsional, stabilitas yang baik termasuk jenis roda yang presisi.

Saat rangkaian TankTrain melaju kencang terbukti juga bahwa flexible hose yang terpasang diantara gerbong dibagian diatas tetap terpasang kokoh tanpa masalah yang menyerupai prototype nya.

t39 t40 t41 t42

Karena TankTrain dirancang untuk loading dan unloading dengan satu inlet maka terlihat pada end car memiliki pipa sambungan yang tanpa flexible hose…namun pada box Athearn Genesis yang terdiri dari jenis box single satu gerbong dan yang twin pack berisi dua gerbong selalu tersedia unit flexible nya untuk siap dipasang antar gerbong.

Genesis memproduksi lengkap set TankTrain ini hingga belasan unit dengan varian gerbong memiliki nomor/road number yang berbeda dan memproduksi juga gerbong yang tanpa road number. Saat ini MbT sempat mengkoleksi 10 unit gerbong saja. MbT mengingatkan kembali bahwa dalam rangkaian terdapat end car, sehingga perlu diperhatikan kalau akan membeli produk ini pastikan juga membeli 2 gerbong yang merupakan unit end car yang nantinya diposisikan pada ujung2 rangkaian.

t31t32t33t34

Rangkaian TankTrain memiliki cooupler khusus yang tidak mudh lepas posisi atas dan bawah sehingga apabila melewati track yang tidak rata naik turun maka rangkaian TankTrain ini tetap tersambung cukup erat antar gerbong.

Saat disambungkan dengan loko Diesel produk Athearn Genesis coupler TankTrain ini memiliki tinggi yang sama sehingga dijamin tidak menimbulkan masalah. Yang harus diperhatikan adalah detail railing diatas gerbong sepanjang running board yang sangat halus, sangat rentan apabila tertekan oleh jari2 tangan.

t35 t36 t37 t38

Simulasi rangkaian TankTrain ini memasuki area station dengan ditarik oleh tiga unit switcher (tidak tanggung2) jenis MP15AC milik armada kondang Union Pacific. MP15AC memiliki power masing2 1,500HP sehingga total tiga loko switcher mencapai 4,500HP…..Setelah tiba didepan station maka 3 unit switcher tersebut langsir melepaskan diri dan… sebuah loko jenis ES44AC dari armada Union Pacific menerima estafet untuk shipment selanjutnya.

Switcher jenis MP15AC dan loko Diesel ES44AC milik armada Union Pacific ini merupakan model skala HO yang juga dibuat oleh pabrikan Athearn Genesis. Tenaga loko buatan Athearn ini memang tidak diragukan lagi, loko Diesel ES44AC memiliki tenaga hingga 4,400HP….10 unit gerbong TankTrain memang bukan menjadi beban berat untuk Switcher jenis MP15AC dan loko Diesel ES44AC

t43 t44 t45 t32

Detail loko MP15AC sudah tidak diragukan lagi…loko switcher ini merupakan favorite MbT lantaran selain bentuk dan detail yang lengkap, pihak Athearn Genesis telah mencangkokkan motor penggerak yang berkualitas, sehingga suara motor terdengar sangat halus…namun sayang karena bobot switcher ini memang tidak berat maka perlu dirangkaikan beberapa switcher secara consist untuk mendapatkan traksi yang lebih baik.

Loko MP15AC produksi Athearn Genesis
ini merupakan produk kamod yang sangat detail pembuatannya…bahkan pihak Athearn benar2 menyesuaikan dengan road number prototypenya. Kalau diperhatikan secara teliti maka terlihat bahwa ketiga loko tersebut serupa tapi tak sama..alias terdapat bagian2 tertentu yang berbeda.. antara lain posisi atau bentuk dua buah Exhaust gas pipe yang terletak diatas ruang Diesel, bentuk antenna radio diatas kabin juga berbeda…

t47t46

Loko MP15AC memperlihatkan bagian belakang yang merupakan kabin memiliki jendela kaca yang lumayan lebar..cukup untuk memperhatikan aneka gerbong yang akan ditarik. MbT lebih tertarik desain bagian kabin belakang loko switcher ini…karena bagian depan switcer ini sangat sederhana.

Berbeda dengan loko besar seri ES44AC yang memiliki tampak bagian depan yang gagah dan bagian belakang yang sederhana….terlihat flare diatas yang merupakan air intake/radiator untuk pendingin mesin Diesel.

t48 t49 t50 t51

Tidak lama kemudian loko Diesel ES44AC memasuki jalur station pada track luar…dengan berjalan perlahan terus menyusur track luar hingga memasuki double track area untuk selanjutnya langsir dan akan menarik rangkaian TankTrain menuju lokasi unloading pada arah berlawanan.

Loko Diesel ES44AC yang juga merupakan produk unggulan Athearn seri Genesis ini termasuk produk terbaru…hingga saat ini pihak Athearn belum melansir produk Loko dari armada Union Pacific jenis lain. MbT sangat menyukai loko ini lantaran memiliki road number #5252 yang mudah diingat.

t52 t53 t67 t68

Setelah langsir maka Diesel buatan GM seri ES44AC yang modelnya telah dibuat oleh beberapa pabrikan kamod ini menggandeng rangkaian gerbong TankTrain dan menarik nya dengan laju tancap gas tanpa perlu injak rem lagi. Lighting depan yang dilengkapi dengan Ditchlight terlihat nyala terang dengan warna warm.

Loko produk Athearn seri Genesis ini memiliki DCC Sound yang dipercayakan kepada Soundtraxx Tsunami, hasil sound yang terdengar sangat khas..MbT merasakan perlu ditambahkan nada rendah bass supaya raungan mesin Diesel 4,400HP terdengar lebih merdu.

t54 t66 t55 t66

Loko Diesel ES44AC Union Pacific dengan menarik gerbong TankTrain merupakan pemandangan yang mengesankan diatas track midi LO MbT…khususnya saat melintas diatas truss bridge khas yang mewakili nuansa Amrik diatas midi LO MbT…dengan sedikit tergesa gesa loko dan rangkaian Tank Train ini melaju melalui beberapa jembatan termasuk jembatan girder milik Union Pacific.

MbT pernah mengulas sebelumnya bahwa midi LO MbT memiliki sekian banyak curve dan pada daerah tertentu membentu S track. Saat rangkaian kereta melalui daerah S track ini meka merupakan memon terbaik untuk mengabadikan seluruh rangkaian mulai dari kepala loko hingga buntut gerbong.

t56 t58 t59 t65

Girder bridge yang dilengkapi simbul UP shield menandakan bahwa jalur tersebut milik armada raksasa UNION PACIFIC, jembatan yang dicat warna silver memang merupakan pemandangan tersendiri dan mengundang paparazzi untuk mengabadikannya.

Loko dan gerbong TankTrain mengular melalui curve 24″ dan 26″ dengan aman, roda type RP 24 juga sangat cocok di track code 83 buatan Roco yang bertebar di midi LO MbT.

t60 t61 t62 t63

Ternyata produk Athearn khususnya seri Genesis sampai saat ini masih memiliki daya tarik yang ciamik…dilihat dari kejauhan ataupun dilihat secara detail, couplernya pun telah dipasang sangat akurat sehingga ketinggiannya standar antara loko dan gerbong. Termasuk warna dan print leter yang digunakan juga sangat crispy…warna kuning UP produk Athearn tidak tersaingi walaupun oleh produk kondang lainnya.

MbT sangat merekomendasikan bahwa produk Athearn layak dijadikan koleksi, dan model2 loko dan gerbongnya diproduksi dalam beberapa road number yang berbeda.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: