Gerbong pengangkut batu-bara masih diperlukan…ditarik SD90/43MAC

Dengan tumbuhnya pembangkit Listrik tenaga Uap atau dikenal dengan PLTU maka sebagai bahan bakar untuk memanaskan air yang akan menghasilkan uap melalui boiler adalah  dengan menggunakan batu-bara. Uap yang dihasilkan oleh ketel digunakan untuk menggerakkan Turbin yang dikopel dengan GENERATOR. Dari sinilah dihasilkannya listrik untuk kebutuhan sehari-hari ataupun untuk kebutuhan industri.

Bahan bakar fosil ini memang termasuk murah harganya dibanding minyak dan gas, namun volume yang dibutuhkan cukup besar sehingga sistim transportasinya juga harus massal/besar…dan untuk transportasi darat memang menggunakan kereta api terbukti yang paling sesuai.

1 2 3 4

Dinegara penghasil batu bara atau yang memilik tambang batu bara seperti Indonesia..Australia..Amrik akan meng ekspor batubara dalam jumlah besar..dan negara tersebut akan mentransport batu-bara dari tambang menggunakan conveyor atau kereta api sebelum masuk kedalam kapal.

Di Indonesia khususnya di Sumatra kita mengenal tambang batu bara yang batu baranya ditranspor menggunakan rangkaian kereta api Babaranjang (KA batu bara rangkaian panjang )…di Amrik rangkaian kereta api pembawa batu bara sangat banyak diantara nya diangkut oleh rangkaian gerbong milik armada UNION PACIFIC.

Gerbong pengangkut batu bara sudah ada sejak jaman sebelum perang hingga jaman modern..beraneka ragam bentuk dan jenis gerbong pengangkut batubara ini..yang umumnya berwarna gelap untuk menutupi warna kotor..warna gerbong antara hitam atau merah coklat.

5 6 7 8

Rangkaian yang melintas di midi LO MbT menunjukkan gerbong terlihat bersih dan berwarna cerah silver mengkilap. Prototype gerbong kereta api ini masih berkeliaran dibenua Amrik dengan membawa jutaan ton pertahun dari tambang batu-bara didaerah Utah, Colorado yang dibawa menuju pembangkit listrik atau daerah Industri di daerah West coast juga daerah Ohio Rivers dan Great Lakes.

Gerbong pengangkut batu bara ini terkenal dengan jenis Bethgon Coalporter. Model nya telah diproduksi oleh pabrikan kamod terkenal Athearn…dan saat ini Athearn melansir dua set Bethgon Coalporter dalam box masing2 berisi lima gerbong lengkap dengan load dan memiliki road number yang berbeda.

9 10 11 12

Gerbong pengangkut batu bara type Bethgon Coalprter ini terbuat dari bahan alumunium yang terbukti kuat tahan karat, bersih dan ringan. Dengan menggunakan material alumunium apabila dibandingkan dengan menggunakan pelat baja ternyata dapat mengurangi berat hingga 21 tons..artinya dapat mengangkut muatan lebih besar dengan tekanan gandar yang sama…dan Bethgon coalporter memiliki tambahan semacam bak memanjang diantara roda depan dan belakang. Hal ini menambah muatan hingga 18 tons dan membuat stabilitas gerbong lebih baik.

Gerbong Bethgon Coalporter dibuat oleh pabrik gerbong kereta api ternama di Amrik sana yaitu Freightcar America yang telah membuat desain yang sangat efisien, gerbong terbuka dengan sistim muat dari atas dan gerbong ini memiliki sistim bongkar secara rotary.

13141516

Sistim rotary dump merupakan sistim pembongkaran muatan dalam hal ini batu bara dengan cara memutar gerbong sehingga seluruh muatan ditumpahkan . Fasilitas pembongkaran dengan sistim rotary dump disediakan diarea unloading, saat gerbong tiba maka gerbong akan digulingkan untuk menumpahkan isinya. Dengan sistim ini maka gerbong dilengkapi dengan coupler rotary sehingga gerbong satu persatu dapat digulingkan untuk unloading.

Bethgon Coalporter memiliki keuntungan dengan bobot jauh lebih ringan karena menggunakan konstruksi alumunium…yang telah dibuat sempurna modelnya oleh Athear. Sebetulnya sistim fasilitas rotary dump juga dibuat oleh pabrik terkenal Walthers Cornerstone..namun MbT hingga saat ini belum sempat mewujutkan dalam midi LO ini.

17 18 19 20

Athearn telah memproduksi seri Bethgon Coalporter ini dalam jumlah yang cukup banyak..MbT pernah mengkoleksi sejak 10 tahun lalu dan pada saat itu Athearn mengeluarkan seri dengan 5 unit saja. Ternyata peminat jenis gerbong pengangkut batu bara ini sangat banyak sehingga selang 2 tahun pihak Athearn melansir kembali 2 set dengan masing2 box terdiri dari 2 unit.

Gerbong pengangkut batu bara ini sebenarnya sederhana saja bentuk dan detailnya, namun yang menarik adalah warna yang disuguhkan berupa bromitt silver persis seperti warna asli alumunium dan berjumlah beberapa unit yang memiliki road number yang berbeda.

21 22 23 24

Setelah puas menilik detail dari Bethgon coalporter buatan Athearn yang memang merupakan unit menarik dan patut dijadikan koleksi, MbT mencoba rolling dimidi LO MbT yang memiliki banyak curve dan turn out.

Ternyata produk ini memiliki performa yang mumpuni..selain stabil jalannya setiap gerbong Coalporter ini juga dilengkapi coupler yang cukup kuat dan presisi…dikombinasikan dengan polished metal wheel yang menggelinding sangat mulus meliuk disetiap tikungan tanpa ada masalah.

25 26 27 28

Detail yang disuguhkan Athearn termasuk muatan batubara yang dibuat sangat realistik cukup menarik perhatian modeler, dinding gerbong terbuat dari alumunium mengkilap membuat pantulan dari object didepannya, kalau dibandingkan dengan produk lain seperti Walthers misalnya….coal load belum termasuk sehingga harus mengadakan sendiri dengan part no. tersendiri, walaupun pihak Walthers menjual produk gerbongnya dalam satu box berisi 6 unit.

Yang lebih penting Athearn telah memasang Kadee coupler pada gerbong ini yang memiliki tinggi yang tepat dengan loko penariknya walaupun beda brand. MbT memilih loko penariknya buatan jepang yang sudah terkenal..KATO!

29 30 31 32

Sedikit mengulas kembali track midi LO MbT yang memiliki lebih dari 60% jalur lingkar dan curve..keuntungan antara lain dapat melihat rangkaian kereta meliuk seperti ular saat dilihat…apalagi dilihat dengan pandangan dari atas alias bird view…dengan membuat posisi track melingkar dan membentuk S maka dapat mengurangi panjang meja track namun harus memperlebar.

Midi LO MbT yang didominan dengan bukit bebatuan dan beberapa pohon dan vegetasi membuat nuansa lebih alami dengan warna coklat dan hijau. Bahkan didaerah industripun terlihat cukup sejuk…MbT sedang mencari warna aksen yang mungkin dapat ditempatkan didaerah industri atau daerah station.

33 34 35 36

Seperti disebutkan diatas bahwa rangkaian kereta pengangkut batu bara ini ditarik oleh sebuah loko Diesel jenis EMD SD90/43MAC, loko buatan Electro Motive Division ini sangat terkenal sejak era 1995 yang diawal mula telah diproduksi dengan nama SD90 dan pabriknya mencangkokkan tenaga Diesel hingga 6,000HP. Selanjutnya karena alasan emisi gas buang terjadi beberapa modifikasi dan yang paling seknifikan yaitu sekitar tahun 2006 dengan merobah Diesel engine nya menjadi lebih kecil 4,300HP sehingga keluarlah istilah type SD90/43MAC phase II.

Model dari loko ini dengan bangga telah diproduksi oleh pabrikan jepun KATO, dimulai dengan melansir seri SD90MAC. KATO selalu melansir produk loko Diesel HO scale dengan kondisi DCC ready serta memberi kesempatan kpada penggemarnya untuk menyelesaikan perakitanya. Railing depan dan samping, grab, snow plow dan juga horn termasuk decoder apabila diingikan harus dipasang sendiri oleh modeller.

38 39 4041

Kali ini KATO menyuguhkan produknya sedikit berbeda….MbT mendapatkannya dari KATO USA dengan perbedaan bahwa loko Diesel SD90/43MAC telah dirakit full dengan detailnya asli out off the box. Railing samping, railing depan, snow plow MU hoses dan juga horn telah dipasang sempurna. Selain itu loko Diesel SD90/43MAC keluaran KATO ini sudah dilengkapi dengan DCC sound keluaran digitrax yang merupakan paket combo.

Lighting system nya pun mengalami perobahan, head light dan lampu mundur memiliki warna yang lebih kuning dengan mendekati ke realistik dibandingkan dengan lansiran sebelumnya berwarna putih. Juga KATO telah melengkapi ditch light depan yang aktif saat horn dihidupkan.

42 43 44 45

Diawal mula MbT tidak memperhatikan perbedaan KATO keluaran baru yang dirilis tahun lalu 2015 ini karena KATO justru menggunakan cangkang loko yang sama yaitu UNION PACIFIC #8038…dengan logo semboyan “we will deliver” yang sama persis dengan lansiran KATO 10 tahun sebelumnya sekitar tahun 2005.

Perbedaan adalah pada box nya yang dulu hanya tertulis SD90MAC dan yang sekarang tertulis SD90/43MAC phase II hal ini sesuai dengan prototypenya yang telah menggunakan Diesel engine 4,300HP.

46 47 48 49

Setelah berjalan mengelilingi track Midi LO MbT..loko SD90/43MAC ini tepat didepan station UP style berpapasan dengan sebuah loko dengan type yang sama juga buatan KATO yang tampil dengan road number #8242. Perbedaan nya loko KATO #8242 belum dilengkapi sound dan saat keluar dari box MbT harus memasang sendiri detail seperti railing dsb.

Dengan gagah nya loko SD90/43MAC menderu kencang tanpa mengerem melewati track luar midi LO MbT yang terus berjalan menuju lingkar sebelah kanan dari midi LO MbT.

50 51 52 54

Tidak ragu lagi MbT merekomendasikan loko buatan KATO tersebut yang Combo ataupun yang DCC ready untuk dijadikan koleksi bersama set rangkaian gerbong pengangkut batu bara yang telah dirilis ulang oleh Athearn melalui Horizon hobby pada awal hingga akhir tahun ini.

MbT tidak banyak mengulas detail loko SD90/43MAC ini…yang pasti MbT menyarankan untuk segera mengkoleksinya supaya dapat memegang dan merasakan loko buatan KATO yang cukup panjang dan lumayan berat.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: