Box car tipe Waffle, Insulated, High cube dan Double door.

Memperhatikan bermacam jenis box car merupakan hal yang menyenangkan saat dirangkaikan menjadi satu. Beberapa jenis gerbong tersebut ternyata banyak memiliki perbedaan dimensinya termasuk beda panjang dan tingginya…namun terlihat bahwa lebar gerbong sudah sama yang sudah distandar kan.

Waffle box car merupakan salah satu jenis gerbong barang yang penampilannya unik….hal ini lantaran dinding gerbong tersebut memiliki permukaan yang tidak rata, banyak profile dibagian permukaan luarnya sehingga secara keseluruhan dapat dikatakan seperti waffle.

w1 w2 w3 w4

Waffle box car merupakan gerbong yang populer ditahun 75an….gerbong ini dibuat oleh pabrik terkenal Pulmann Standards-didaerah Bessemer, Alabama. Diawal mula produksi pabrik ini untuk pesanan Norfolk and Western Railway. Selanjutnya pabrik P-S menerima pesanan dari berbagai perusahaan kereta api termasuk dari UNION PACIFIC…

Waffle box car yang memiliki sosok panjang dan lumayan tinggi..telah beroperasi didaerah Amrik Utara sana sejak tahun 1974 hingga saat ini…menandakan type Waffle ini sangat efisien dan memiliki sosok konstruksi yang kuat…tidak sia sia pabrik Pulmann-Standard memproduksinya.

w5 w7 w8 w6

Kali ini gerbong jenis box car waffle ditampilkan lebih dahulu daripada loko Diesel yang menariknya, hal ini merupakan hal khusus pula bahwa MbT mengulas rangkaian kereta dimulai dari gerbongnya dulu…coba kita perhatikan waffle box car ini…mulai dari atap, sisi samping dang sisi bagian depan dan belakangnya…memiliki detail yang aduhai.

Detail gerbong Waffle ini dibuat sangat akurat oleh pabrik kereta model kelas Premium EXACTRAIL, detail terlihat mulai dari perencanaan desain yang sangat akurat yang pembuatannya dilakukan di USA termasuk system tooling nya. Exactrail juga membanggaka pembuatan 100-ton ASF Ride Control trucks, dan juga coupler eksklusif dari Kadee® #58. Coupler ini dibuat sangat akurat ketinggianya dan terbuat dari bahan yang sangat kuat.

 

w9 w10 w11 w12

Detail yang dibuat oleh pabrik EXACTRAIL memang tidak tanggung-tanggung, setiap produksinya selalu diperhatikan disemua bagian termasuk pada bagian lantai terlihat dibuat dengan kehalusan seperti jarum,pegangan tangan disamping terbuat dari material kawat yang sangat halus.

Khusus untuk bagian pintu terlihat detail yang sangat menarik perhatian karena dibuat lengkap mulai dari batang2 grendel pengunci pintu, track rel pintu geser…hal ini tidak lebih karena untuk memanjakan para penggemar EXACTRAIL. Bagian atap dan dinding sampin, depan belakang juga dibuat memiliki detail permukaan yang memukau.

Gerbong ini juga dilengkapi dengan roda metal 36″ yang dibuat dengan CNC yang membuat Waffle boxcar ini dapat rolling secara halus dan lancar. Dan tentunya seluruh tulisan termasuk nama UNION PACIFIC dan aneka safety placard dibuat dengan printing yang sangat tajam sehingga mudah terbaca.

w13 w14 w15 w16

Rangkaian gerbong jenis Waffle box car ini bergandengan dengan satu unit Exactrail Beer car, Exactrail Union Pacific Greenville 60′ Double Plug box car yang juga memiliki fisik yang cukup panjang dan pada ujung depan rangkaian terlihat sebuah gerbong UNION PACIFIC  Exactrail PC&F 6033 cu.ft Hy-Cube Box car 50′

Rangkaian gerbong ini terlihat akan ditarik oleh loko Diesel seri Dash-8 yang sudah mulai lansir menghampiri posisi gerbong2 ini. Pad midi LO MbT mujur memiliki turn out yang dipasang cukup jauh sehingga dapat berfungsi sebagai siding..

w17 w18 w19 w20

Nah..loko penarik mulai nongol setelah melakukan langsir, loko yang sudah berumur ini merupakan loko buatan pabrik kereta api GE system Transportation yang diproduksi sejak tahun 1987 hingga tahun 1992. Loko ini memiliki wajah yang klasik dan dari wajahnya juga sudah terlihat tampang yang berumur. Nama aslinya GE C40-8 lantaran mesin Dieselnya memiliki horse power 4,000hp..tapi sebutan dibuat sederhana jadi Dash 8.

Loko seri ini banyak dimiliki oleh armada C&NW dan sekitar tahun 1995 diambil alih oleh Union Pacific..dan beberapa engine dinaikkan HP nya menjadi 4,100hp sehingga bisa disebut Dash C41-8. Loko ini keren walau hidungnya sedikit pesek…dengan konfigurasi roda C-C maka dipastikan memiliki traksi yang baik.

w21 w22 w23 w24

Loko Diesel GE seri Dash-8 ini hadir berdua dengan beriringan secara consist, lead loko dengan road number #9167 dan dibantu oleh loko dengan road number #2940. Kedua loko tersebut datang dari jalur dalam dan akan masuk ke jalur luar midi LO MbT terlihat keluar melalui turn out nomor 8 yang lumayan panjang…dengan tidak ada masalah kedua loko tersebut sudah memasuki track jalur luar.

Setelah langsir mundur maka kedua loko tersebut menggandeng rangkaian gerbong box car yang sudah lama menanti…untuk diketahui bahwa kedua model loko tersebut dibuat oleh pabrikan kamod Atlas dengan DCC sound Quantum yang memiliki suara deruman Diesel ciaamik.

w25 w26 w27 w28

Kedua loko Diesel Dash-8 sudah mulai mejeng di track midi LO MbT, seperti yang pernah MbT infokan pada posting bulan2 lalu bahwa pada track midi LO MbT ini memiliki beberapa daerah yang memang disiapkan untuk spot fotography…antara lain lokasi yang dapat dibidak dengan sudut dari bawah sehingga kofigurasi roda loko terlihat dengan jelas.

Selain itu lokasi foto sengaja ditanam pohon besar supaya menimbulkan kesan hijau dan teduh..supaya lengkap track didaerah ini juga melewati girder bridge sehingga wajah loko masih terlihat tidak terhalang pagar jembatan.

w29 w30 w31 w32

Consist dua loko Diesel Dash 8 yang modelnya buatan Atlas ini menggandeng beberapa unit aneka box car produk Exactrail melaju di track luar midi LO MbT dengan lancar tanpa ada hambatan. Ketinggian coupler dari loko Dash 8 ini sama persis dengan ketinggian coupler pada gerbong Exactrail…menandakan Atlas telah membuat hal yang penting mengikuti standar.

Model railroad memang memiliki berbagai aspek yang perlu diperhatikan, selain tampilan loko atau gerbong secara keseluruhan, sistim electronic termasuk sound dan lighting, MbT sangat peduli dengan coupler yang terpasang…karena hal ini merupakan bagian penting yang tidak boleh dilupakan. Bayangkan kalau kita menarik 50 unit gerbong misalnya…maka coupler gerbong yang paling depan atau coupler loko harus benar2 kuat dan presisi untuk aman dalam perjalanan.

w33 w34 w35 w36

Lokasi faforit untuk fotography adalah jembatan…Truss Bridge khas amerika ini memiliki double track dengan konstruksi baja yang disambung dengan sistim keling…dan untuk menjaga supaya roda loko tidak mengalami derail maka khusus diatas jembatan dipasang track khusus. Track ini merupakan produk Shinohara-Walthers dan Truss bridge merupakan produk Cornerstone.

MbT telah mencoba berbagai jenis loko melaju dengan kecepatan 60mile/jam diatas jembatan ini dan hasilnya memang aman. Jepretan untuk mengabadikan loko diatas jembatan dapat dilakukan dari berbagai sudut…dari depan…dari atas atau dari samping…bahkan dari bawah….semuanya menarik…dan memang sebelum dan saat membuat midi LO ini MbT sudah merancang dan menyiapkan untuk sudut2 fotography.

w37 w38 w39 w40

Rangkaian Dash 8 dengan menarik box car melewati jembatan primadona dengan aman dan sudah diabadikan dengan lengkap…entah karena apa tidak di sengaja..sambungan track sebelum masuk jembatan kurang rapat sedikit sehingga menimbulkan nada click..clack khas nada pada sambungan rel dan MbT membiarkan saja karena membuat nada khas merdu.

Jembatan/Truss bridge ini memiliki konstruksi bawah yang terbuka..sehingga kalau dilihat dari bawah …bagian kolong kereta dan roda dapat terlihat dengan jelas. Jembatan yang satu ini memang bukan jembatan membentang diatas sungai…melainkan membentang diatas jalur track lain dibawahnya.

w41 w42 w43 w44

Setelah kedua loko consist tersebut melewati jembatan…disusul beberapa unit box car warna kuning khas UNION PACIFIC armour yellow melintas secara cepat. Sebelum melaju melewati truss bridge…track juga melewati sebuah girder bridge yang dilabur bromitt silver anti karat dan terpampang logo UP Shield tepat ditengahnya.

Pada midi LO MbT terpasang 9 buah jembatan dengan berbagai jenis dan panjangnya termasuk Truss bridge, Arc bridge, girder bridge , jembatan ini tidak harus melintas diatas sungai…hanya beberapa jembatan yang memang direncanakan melintas diatas lahan basah.

w45 w46 w48 w49

Memang dalam perencanaan pemasangan jembatan tidaklah simpel…MbT memulai dengan pengadaan jembatannya terlebih dahulu kemudian dilanjutkan pembuatan track dengan penempatan jembatan yang sudah tersedia….dan untuk jenis gerbong modern juga harus berhati-hati melewati jembatan…karena untuk jenis gerbong highcube yang memiliki extra tinggi seperti gerbong Waffle ini harus dipilih jembatan yang tinggi.

Terlihat dibagian belakang waffle car satu peringatan bahwa diatas atap tidak tersedia running board karena gerbong jenis waffle cukup tinggi…secara keseluruhan produk EXACTRAIL seri Platinum tetap menempati peringkat atas .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: