SD 70 menarik gerbong barang Insulated PC&F

Sebagai penerus SD60 maka pabrik raksasa EMD memproduksi loko seri SD70 yang laris manis seperti kacang goreng, pabrik Electro Motive division ini memproduksi seri SD70 mulai tahun 1992…yang terus masih diproduksi hingga sekarang dengan peningkatan pada Mesin penggeraknya yang makin ramah lingkungan…hal ini bersaing dengan rivalnya pabri GE dengan ES44AC nya.

Yang lebih menarik lagi bahwa seri SD70 ini telah memperkuat armada Union Pacific hingga 2,000 units lebih…dan beberapa unit ditampilkan khusus terkenal dengan seri Heritage.

sd1 sd2 sd3 sd4

Pada penampilan kali ini di midi LO MbT muncul 3 unit seri SD70 milik Union Pacific dan dua diantara tampil dengan warna Heritage yaitu untuk mengenang armada Southern Pacific dan Rio Grande yang telah diakuisisi beberapa tahun lalu.

Kedua loko ini tampil bersama SD70 yang tampil original dengan warna khas Union Pacific, Southern Pacific tampil dengan nuansa warna Jingga dan Hitam sedangkan Rio Grande tampil dengan grafis bergambar Pegunungan kombinasi warna Abu2 dan Kuning.

sd5 sd6 sd7 sd8

Diketahui bahwa Union Pacific telah mengakusisi beberapa perusahaan kereta api legendaris di Amrik sana termasuk Southern Pacific, Rio Grande, Katy, Misouri Pacific, CN&W dan Westen Pacific…loko2 tersebut diberi road number berdasarkan tahun saat diakusisi.

Kehebatan loko SD70 sudah tidak dipertanyakan lagi, dan para penggemar kereta model nya pun sudah  dapat menikmati dengan skala HO atau skala yang lain, berbagai pabrikan juga telah berebut untuk memproduksinya…namun MbT tetap fokus pada produk dari pabrikan MTH.

sd9 sd10 sd11 sd12

Ketiga loko SD70 tersebut berjalan consist dengan dua loko berjalan maju dan satu loko consist head to head jalan mundur seperti undur-undur, urutan ketiga loko tersebut sebagai leader dipercaya loko UP seri heritage RIO GRANDE dengan road number #1989, kemudian loko UP seri Heritage SOUTHERN PACIFIC dengan road number #1996 dan head tohead consist loko UNION PACIFIC dengan road number #8321.

Consist 3 loko keluaran pabrik kereta model MTH ini berjalan sangat kompak dengan menggunakan DCC controller Digitrax. Loko dengan lighting lampu double depan terpasang dibagian atas kepala terlihat warna putih daylight nya yang terang..ditambah lampu Ditchlight kiri kanan yang aktif kedap kedip saat horn dibunyikan.

sd22 sd23 sd25 sd26

Dibagian cabin juga memiliki lampu yang dapat diaktifkan bersamaan dengan nyala number board diatas disamping headlamp. Pada cabin juga terlihat dua buah figur masinis dan navigatornya..sesekali terdengar nada komunikasinya antara masinis dengan pihak tower.

Selain lighting system yang lengkap DCC system osund nya juga cukup ramai hingga lebih dari 20 fitur fungsi yang lumayan nyaring terdengar dalam ruangan midi LO MbT…terutama bunyi deruman mesin Diesel dari 3 loko cukup membuat suasana berisik dalam ruangan.

sd30 sd32 sd33 sd41

Untuk detailnya…loko buatan MTH ini cukup berlimpah terlihat dari mulai hidung depan hingga buntut belakang…pada bagian depan dan belakang platform terdapat railing, hose, snow plow (untuk Rio Grande MbT sengaja belum memasang). Pada bagian samping terdapat railing yang terbuat dari metal juga sekian banyak detail ruang mesin. Untuk bagian atap terlihat terdapat fan yang dapat free bergerak, beberapa antena radio,horn dan GPS selain mesin AC untuk ruang cabin.

Untuk bawah deck terlihat konstruksi tanki BBM memanjang lengkap dengan filling pipenya, truck atau boogie yang dilabur warna silver juga terlihat detail termasuk terlihat pegas shock braker dan asesoris brake lainnya.

sd34 sd36 sd37 sd39

Memandang tiga loko berjalan consist beriringan memang tidak membosankan..apalagi saat memasuki daerah curve sehingga bagian depan atau bagian belakang untuk yang berjalan mundur terlihat head lamp nya nyala terang…

Pengaturan motor pada produk MTH ini juga handal sehingga dapat menyesuaikan putarannya saat berjalan menurun sehingga laju loko tidak meluncur lebih deras. Hal ini dibuktikan di track turunan midi LO MbT yang memiliki dua elevasi naik dan turun yang tidak terlalu tajam.

sd29 sd33 sd37 sd38

Dapat dibayangkan berapa besar HP tiga loko SD70 ini saat digabung consist….kurang lebih total mencapai 13,500HP. Hal ini apabila digunakan menarik rangkaian gerbong yang hanya berjumlah belasan sangatlah tidak berarti. MbT mensimulasikan menarik gerbong hingga 15 unit saja.

Pada kesempatan ini jenis gerbong yang dipasangkan adalah jenis Insulation cushion car buatan PC&F Amrik (Pacific Car and Foundry company) yang merupakan pabrik gerbong kereta api terkenal di Amrik, pabrik gerbong kereta ini cukup populer sekitar tahun 1977 dengan memproduksi gerbong untuk doublestack car. Gerbong yang tampil di Midi LO MbT ini belakangan dikenal dengan Beer Car karena banyak dan sering digunakan untuk mengangkut krat penuh dengan botol Beer.

sd15 sd17 sd18sd21

Dengan 15 gerbong Insulated cushion ditambah 3 loko consist ternyata sudah lumayan panjang, MbT sengaja memasang gerbong dengan road name Union Pacific, Rio Grande dan Southern Pacific dengan alasan supaya sesuai dengan tiga loko yang consist dari seri heritage Rio Grande, Southern Pacific dan Union Pacific.

Tiga loko ini memiliki warna yang cemerlang..demikian juga warna gerbong PC&F yang juga memiliki warna yang kinclong terdiri warna dominan kuning milik UNION PACIFIC sebanyak 7 gerbong, orange milik RIO GRANDE sebanyak 5 gerbong dan warna kalem coklat milik SOUTHERN PACIFIC sejumlah 3 gerbong.

sd16 sd19 sd20sd44

MbT memasang rangkaian gerbong ini sengaja secara ganjil dengan 7 – 5 – 3 total 15 unit gerbong Insulated cushion. Hal ini dikarenakan MbT awalnya hanya mendapatkan stock 3 unit saja untuk road name Southern Pacific. Kalau diperhatikan seluruh gerbong tersebut memiliki road number yang berbeda dan ternyata tidak mudah untuk mendapatkan beberapa unit yang berbeda road number nya.

Model Gerbong mewah tersebut tidak lain merupakan produk dari pabrikan EXACTRAIL dengan seri Premium yang memiliki detail yang patut diacungkan jempol. Sebenarnya pihak Exactrail telah memproduksi setiap road name dari seri Insulated PC&F ini masing2 hingga 12 unit yang memiliki road number yang unik alis berbeda.

sd39 sd40 sd41 SD42

Produk Exactrail dengan menampilkan gerbong box car modern Insulated PC&F sangat cocok untuk digabungkan dengan produk MTH dengan loko seri SD70 ACe nya ini. Gerbong PC&F (Pacific Car & Foundry) memang terkenal lantaran inovasinya membuat sistim insulation sehingga dapat mempertahankan suhu didalam box car tersebut. Memang dengan gerbong type ini lebih hemat dibanding reefer box car type.

Gerbong Insulation PC&F ini juga dilengkapi denga sistim sorb absorber  untuk mempertahankan muatan supaya tidak terguncang sehingga muatan seperti minuman dalam botol dapat bertahan.

sd46 sd47 sd48SD43

Setelah menyusuri midi LO MbT…rangkaian consist 3 loko SD70 ini akan memasuki area station dengan mengambil jalur tengah dan ternyata saat masuk station hari sudah mulai senja…disambut dengan lampu2 mercuri ditepian jalan dan lampu station.

Ketiga loko warna warni dominan kuning dan orange juga termasuk rangkaian gerbong PC&F (Pacific Car & Foundry) insulated box car merupakan gerbong panjang namun tidak terlau tinggi..berwarna kuning..orange..coklat terlihat tetap cemerlang disuasana  senja.

sd50 sd51 sd52 sd54

Melihat midi LO MbT yang memiliki banyak curve maka rangkaian consist 3 loko dengan 15 gerbong PC&F terlihat seperti ular belang meliuk..dan pada posisi lingkaran sebelah kiri saat loko tengah Southern Pacific diabadikan terlihat dibagian ujung 3 gerbong warna coklat calm dengan posisi sebagai buntut rangkaian.

Rangkaian ini akan memasuki area station dengan pindah jalur tengah ….dengan sigap masinis SD70 ini tetap memacu lokonya sambil mempertahankan kecepatan konstan 30mile perjam sesuai skala pada throttle controller Digitrax.

sd55 sd56 sd57 sd58

Tiga loko consist memasuki station dengan disambut nuansa lampu…sementara kalau kita melihat gerbongnya masih berada diatas truss bridge yang menjadi sudut pilihan untuk jepretan camera, jembatan ini tidak panjang namun memiliki nilai yang cukup unik bagi MbT.

Track didepan station ini diapit oleh dua jalan raya yang merupakan catwalk bagi beberapa kendaraan mulai dari jenis sedan, pick up, truck, trailer dan bus. MbT memang mengkoleksi beberapa jenis kendaraan yang memang cocok untuk nuansa Amrik….antara lain yang menjadi primadona adalah truck molen semen dan truck box FeDex.

sd59 sd60 sd62 sd63

Jalan sekitar station masih terlihat cukup meriah dengan lalu lalang nya beberapa kendaraan jenis sedan juga bus, model ini merupakan produk pelengkap deorama dan cukup kondang ..siapa lagi kalau bukan produk miniMetals….lampu mercuri yang menerangi jalan sangat membantu untuk pencahayaan photography.

Midi LO MbT sampai dengan saat ini memang masih dalam proses penyelesaian…never ending project…begitu para model railroader menyebutnya. Bagian yang masih banyak harus dikerjakan adalah pemasangan batu balast disepanjang sisi track yang lumayan panjang, juga daerah sungai masih belum tersentuh….yang penting track sudah mulus rahayu.

sd64 sd65 sd66 sd67

Di akhir perjalanan ternyata memang terbukti bahwa loko produk MTH dan rangkaian gerbong produk Exactrail tidak akan rugi untuk dijadikan item koleksi. Kedua brand tersebut juga menjadi incaran para penggemar kereta model di Amrik sana…sehingga stock sering habis di hobby shop online…tetap semangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: