Rangkaian kereta barang sangat penting!

Moda transportasi darat yang dapat mengangkut bahan komoditi secara masiv dan cepat memang belum tertandingi yaitu menggunakan “Rangkaian kereta barang”…dengan demikian maka rangkaian kereta api barang disebut sangat penting.

Terbagi dalam beberapa jenis muatan termasuk muatan kering padat, muatan cair, muatan curah, muatan yang harus didinginkan, dan muatan khusus lain. Sehingga jenis gerbong kereta api yang digunakan untuk mengangkut barang juga harus disesuaikan dengan muatannya.

b1 b2 b3 b4

Untuk kereta model sangat banyak variasinya…bahkan juga terbagi berdasarkan era nya…karena jenis gerbong barang era sebelum perang dan kereta barang era modern memiliki fisik yangat berbeda.

Pada posting kali ini MbT menyuguhkan rangkaian kereta barang yang digunakan pada era modern dengan rentang waktu tahun 1960 hingga tahun 1980an, komoditi yang diangkut merupakan muatan dalam bentuk general cargo yang dimuat dalam box car dan beberapa jenis muatan yang dimuat dengan gerbong khusus box car yang memiliki sistim pendingin atau Reefer car.

b5 b6 b7 b8

Rangkaian kereta barang tersebut pada umumnya terdiri dari puluhan gerbong sehingga perlu ditarik oleh motive power yang kuat dan handal. Motiv power yang digunakan adalah loko Diesel yang berjalan secara consist hingga tiga lokomotiv.

Lokomotiv tersebut merupakan consist loko Diesel tentunya dengan emblem Union Pacific ….beberapa loko merupakan loko modern dengan mengusung mesin Diesel seri baru yang memiliki tenaga kuda yang besar hingga 4000hp.

b9 b10 b11 b12

Midi LO MbT yang sudah memiliki panjang track yang lumayan dapat mengakomodir beberapa belasa gerbong barang pada track lurusnya, sehingga MbT dapat melihat dan mengabadikan keindahan jajaran kereta barang tersebut….

Pada area track curve nya pun rangkaian gerbong barang box car juga dapat dilihat meliuk indah seperti ular…..beberapa track Midi LO MbT juga memiliki jalur yang meliuk seperti leter S sehingga masinis loko harus lebih waspada mengatur kecepatannya supaya tidak pusing kepala ataupun kereta tidak derail.

b13 b14 b15 b16

Terlihat dari penampilan diatas dua buah loko Diesel consist head to head…MbT menempatkan dua loko Diesel dari seri EMD SD60, loko ini memiliki power sekitar 3,800hp merupakan loko Diesel handy untuk menarik rangkaian gerbong barang di era tahun 90an.

Loko Diesel EMD SD60 dibuat oleh pabrik lokomotive raksasa Electro Motive Division pada rentang tahun 1984 hingga 1995….dan type yang dibeli oleh perusahaan raksasa Union Pacific dengan seri SD60M. Pada seri ini terlihat sedikit perbedaan pada kabin yang lebarnya full kiri kanan dengan hidung yang pendek. Jendela tegak dilengkapi dengan wind shield juga merupakan ciri khas jenis loko ini yang banyak beroperasi didaerah North America.

b20 b21 b22 b23

Loko SD60 memiliki fisik yang tidak terlalu panjang…artinya lebih pendek dibandingkan loko Diesel seri SD90 dan SD80. Namun loko ini sudah banyak menerapkan piranti dan desainnya mengacu kepada peraturan keselamatan setempat.

Dengan memilik konfigurasi roda C-C maka traksi yang dihasilkan juga sangat mumpuni, merupakan peningkatan dari seri SD50 yang masih memiliki konfigurasi roda B-B…..SD60 dengan mesin Diesel type V16 ini kelak akan ditingkatkan dengan Diesel ramah lingkungan yang cangkokkan pada seri SD70 dengan tenaga kuda menjadi hingga 4000hp – 4400hp.

b24 b27 b28 b29

Model yang tampil di midi LO MbT telah dibuat detail oleh pabrikan Athearn seri Genesis, produk Athearn ini merupakan produk lawas tahun 2006 yang saat ini cukup sulit untuk dicari barang barunya. Mujur MbT sempat mengkoleksi 2 unit type Genesis dan salah satunya dilengkapi dengan DCC sound yang sudah lengkap sejak dari pabrik.

Loko Diesel SD60M dengan nomor #2500 merupakan produk Athearn sderi Genesis yang dilengkapi DCC sound…yang pada parade kali ini terlihat menjadi leader saat consist bersama rekannya SD60 dengan road number #6284 DCC only.

b17 b18 b19 b25

Kedua loko Diesel EMD seri SD60 tersebut dengan gagah menarik rangkaian gerbong refer pengangkut buah-buahan khususnya jeruk…gerbong ini dilengkapi dengan kompresor pendingin untuk menjaga kualitas buah jeruk tersebut.

Gerbong reefer tersebut milik perusahaan Union Pacific yang khas berwarna kuning armour Yellow dan  pada dinding gerbong terpampang UPFE (Union Pacific Fruit Express ) lengkap juga ada logo UP Shield.

b34 b35b36b31

Gerbong Reefer warna kuning dengan detail yang sangat aduhai tersebut adalah produk dari pabrikan kereta model kondang Inter Mountain…produk ini belum ada yang menyaingi…salah satu pabrikan yang juga mengeluarkan kelas premium adalah Exactrail namun tidak memproduksi jenis Reefer yang sama.

Kalau kita tilik detail gerbong ini benar2 cermat pembuatannya termasuk leter dan stencil placard yang dibuat secara halus dengan warna yang akurat. Logo UP Shield yang terpampang disisi gerbong juga terlihat gagah dengan warna kombinasi biru dan setrip merah putih.

 

b41 b42 b43

Dua belas reefer box car Union Pacific Fruit Express buatan Inter Mountain ini menariknya adalah memiliki road number yang berbeda…MbT hanya sempat mengakuisisi 12 road number padahal InterMountain telah mengeluarkan hingga 24 road number yang berbeda alias unik. Memang tidak mudah untuk mendapatkan produk ini dengan memilih belasan road number yang berbeda…karena di hobby shop di Amrik sana juga sold out.

Dua belas reefer box car Union Pacific Fruit Express setelah bergabung memang terlihat lumayan panjang…dan meliuk diatas track sisi luar midi LO MbT dengan indahnya. Gerbong reefer warna kuning UP ini memilik atap corugated berwarna putih bersih..sehingga kalau dipandang dari atas seolah merupakan rangkaian gerbong berwarna putih.

b45 b46 b47 b48

Rangkaian gerbong/box car reefer telah mengitari jalur track midi LO MbT dengan lancar..wheel yang terbuat dari metal polished membuktikan bahwa produk InterMountain ini telah diproduksi secara serius untuk memuaskan penggemarnya termasuk hobbies kereta model di Indonesia ini.

Loko SD60 pun tidak merasa kesulitan menarik rangkaian reefer box car ini lantaran produk InterMountain ini juga dilengkapi dengan coupler Kadee yang sangat akurat dan presisi sehingga saat meliuk dicurve dan bahkan didaerah S curve terlihat berkelok santai.

b55 b56 b57

Produk InterMountain merupakan produk yang sangat direkomendasikan untuk dijadikan koleksi…coba saja pasti tidak akan ada kata menyesal…dan koleksi rangkaian kereta barang khususnya jenis reefer yang ditarik oleh dua loko SD60 keluaran Athearn seri Genesis…bagi penggemar UP… MbT menyebutnya item yang sangat penting!.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: