Union Pacific Streamliner

Masih mengenai kereta penumpang di Amrik sana, sebuah perusahaan kereta api raksasa Union Pacific telah mengukir legenda kereta api penumpang Union Pacific Streamliner dengan nama City of San Francisco….kereta penumpang ini memiliki kelas no. 1 yang sangat diminati para penumpang yang bepergian dari Los Angeles ke San Francisco . Selain nama City of San Francisco juga populer rangkaian lain dengan nama City of Los Angles.

Rangkaian kereta api penumpang dari armada Union Pacific ini sangat menarik perhatian masyarakat karena terkenal menggunakan warna Kuning mencolok khas Union Pacific dengan dihiasi strip merah..

Seluruh legenda tersebut masih tetap terukir dihati para masyarakat Amrik karena para ahli pembuat kereta model telah membuat dengan skala 1:87 secara akurat.

1 2 3 4

Rangkaian kereta penumpang Union Pacific Streamliner ditarik oleh motive power yang sangat mumpuni yaitu loko Diesel seri E8 dari EMD terdiri dari konfigurasi ABB. Rangkaian ini menempuh perjalanan cukup jauh dari Chicago menuju San Francisco.

Sesuai dengan rute peta yang menunjukkan jalur COS (City of San Francisco) rangkaian ini terbagi menjadi 3 area yang merupakan gabungan dari tiga jalur yang dioperasikan 3 perusahaan kereta api.

Di Midi LO Mbt mencoba mempertemukan kedua rangkaian Loko ABB City of San Francisco dan loko city ABB City of Los Angles…diakhir simulasi kedua loko tersebut akan berjalan consist dengan menggunakan controller Digitrax Super Chief.

                            

Jalur dari Chicago hingga Council Bluffs dioperasikan oleh armada C&NW, dan dari Council Bluffs-Omaha-Odgen merupakan jalur milik UNION PACIFIC, dilanjutkan dari Odgen hingga San Francisco oleh Southern Pacific.

Untuk memperjelas rute perjanan rangkaian kereta COS….terlihat peta diatas yang MbT pinjam dari peta yang diposting oleh pihak UP lengkap dengan logo THe Streamliner….yang kalau kita perhatikan logo ini tertulis diatas pelampung penyelamat yang sangat bermakna.

Konon rangkaian COS ini menyuguhkan layanan prima yang diminati para penumpang menengah keatas dan menempuh jalur Chicago – San Francisco hingga 40 jam tiap trip nya.

5 6 7 8

Jenis loko Diesel dengan hidung bulat dan wajah seperti bulldog ini sangat terkenal hingga beberapa era keemasan perkereta apian di Amrik sana…loko ini wira wiri dari bentang tahun 1936 dan berakhir 1971.

Loko yang MbT tampilkan sengaja memilih jenis EMD seri E8  konfigurasi ABB, loko ini memiliki power 2,250hp dan digunakan oleh pihak UP pada era akhir tahun 1949 hingga tahun 1954 dan dilanjutkan dengan seri  E9 yang memiliki power lebih besar sedikit 2,400hp.

Loko milik Union Pacific seri E7, E8 dan E9 memeng sangat populer lantaran model skala HO diproduksi oleh beberapa pabrikan kereta model termasuk BLI Paragon series2.

9 10 11 12

Model dengan skala HO yang tampil ini lokonya merupakan produk BLI Paragon2 dan gerbongnya merupakan produk Walthers yang sengaja mengangkat legenda gerbong penumpang jenis Streamliner. Walthers dengan bangga memproduksi seri lengkap gerbong penumpang ini.

Jenis gerbong yang bermacam-macam mulai dari gerbong bagasi hingga gerbong penumpang type dome,untuk gerbong type sleeper nya juga berbagai type…termasuk gerbong restorasi yang sangat terkenal dengan masakan kelas hotel.

Rangkaian City of San Francisco dan City of Los Angles masing2 memiliki rangkaian gerbong yang sedikit berbeda, City of San Francisco terdiri dari gerbong 4-4-2 Sleeper, 44 Seat Coach, 48 Seat Dinner, Cafe Lounge, Baggage Dormitory, Baggage, 10-6 Sleeper, 6-6-4 Sleeper dan untuk City of Los Angles rangkaian terdiri dari gerbong 4-4-2 Sleeper, 11 Double bed Sleeper, 5-2-2 Sleeper 5 Double bed room Buffet Lounge,  Baggage Dormitory, Baggage, 10-6 Sleeper, Dome Dinner, Observation Dome Lounge…terlihat perbedaan yang seknifikan adalah tidak adanya gerbong Dome pada City of San Francisco.

s11 s12 s16 s17

Walthers menampilkan produknya tidak saja detail pada gerbong bagian luarnya namun juga termasuk detail bagian dalam gerbong tersebut. Produk Walthers ini juga telah disiapkan untuk pemasangan lighting yang sengaja dijual optional.

Leter yang tertulis pada setiap gerbong nya pun terlihat sangat rapi termasuk tulisan UNION PACIFIC serta warna kuning khas UP…dan pada bagian belakang box terdapat gambar grafis seluruh jenis gerbong Streamliner termasuk Lokomotiv nya.

Untuk melengkapi kehebatan produk ini Walthers telah membuat box khusus untuk seri ini, dan yang lebih eksklusiv lagi adalah dengan dikeluarkannya sertifikat keaslian untuk setiap gebongnya dengan nomor unik yang tertera pada setiap sertifikat…selain itu dilampirkan juga daftar nama Union Pacific City Streamliners lengkap dengan jenis rangkaian gerbongnya…..Walthers sudah naik peringkat dalam hal keseriusannya.

s13 s14 s15 s18

Kalau diperhatikan secara detail seluruh gerbong rangkaian City of Sanfrancisco tidak ada gerbong yang sama…ke unikan jenis gerbong inilah yang menjadi daya pikat penggemar kereta model …dan apabila penggemar sempat membaca berkas lampiran di dalam box maka terlihat jelas spesifikasi teknis yang berbeda disetiap gerbongnya…termasuk nomoe seri, tahun pembuatan, berat gerbong, sistim kelistrikannya, kapasitas muat dan kapasitas tanki air tawar nya.

Setiap gerbong UP ini juga memiliki nama yang berbeda yang terpampan pada body samping setiap gerbong. Warna kuning dan Abu2 dihiasi strip merah khas UP terlihat mewah dengan warna silver pada bagian boogie setiap gerbong…yang oleh pihak Walthers disarankan untuk melalui curve track minimum 24″.

s19 s20 s21 s37

Pada midi LO MbT memang sudah dipersiapkan dengan curve yang memiliki radius 24″ dan 26″…namun masih menjadi pertanyaan saat melintas di curve 24″ beberapa gerbong Walthers ini ada yang mengalami derail sehingga MbT lebih aman mengoperasikan rangkaian UP City Streamliner melalui curve 26″.

Terlihat boogie silver dengan roda metal menapak pada track keluaran Roco code 83, Loko seri E8 dengan konfigurasi A-B-B penarik rangkaian ini pun terlihat maju lancar melintas didepan station dengan menarik 11 gerbong UP keluaran Walthers yang lumayan berat.

Karena begitu panjangnya rangkaian ini maka MbT sempat mengabadikan gerbong jenis Dome yang terakhir dengan latar belakang terlihat bagian ujung Lokomotiv nya.

s23 s24 s25 s26

Terlihat rangkaian City of San Francisco berpapasan dengan set Lokomotiv City of Los Angles tepat didepan station…hal ini disengaja karena set loko City of Los Angles sedang mengarah pada loop track untuk berbalik arah dan pada simulasi akhir set loko City of Los Angles akan menggantikan loko City of San Francisco.

Pernah diulas sebelumnya bahwa midi LO MbT ini dilengkapi dengan loop track di kedua ujung lingkaran yang digunakan untuk berbalik arah…sangat bermanfaat.

Hal lain pada posting kali ini terlihat ada sedikit perbedaan didaerah station dan tempat lain yaitu telah tumbuhnya pohon baru sejumlah 10 pohon besar berwarna hijau…lebih teduh.

s27s28s30s29

Sebuah LO seperti Midi LO MbT ini yang mengetengahkan nuansa alam pegunungan dan industri sangatlah perlu diselingi dengan hijau vegetasi dan pohonan. MbT secara berkala terus berusaha menanam pohon besar….dan baru saja sejumlah 10 pohon ditanam diantara bangunan. Pohon ini merupakan produk kondang scenery yaitu Heki, produk Heki ini terpaksa harus diimpor dari Jerman karena banyak beredar di hobby shop Jerman menyaingi Noch.

Pohon2 tersebut dapat dijadikan tanda pada sebuah bangunan…contohnya didaerah station dan staion pompa bensin MbT telah menanam 2 buah pohon besar….lumayan saat ini di midi LO MbT sudah tertanam 20 lebih pohon besar setinggi rata2 18cm.

s31 s32 s34 s33

Pada Jalan Raya disamping track lurus didepan station pun makin ramai lalu lalang kendaraan..sebuah truck trailer Union Pacific juga sebuah pick up UP terlihat mejeng dengan warna kuning khas UP nya…model car untuk rail road ini merupakan produk Mini Metals yang terkenal sebagai pelengkap midi LO MbT..

s34 s35 s36 s38

Bird view merupakan sudut kamera yang dapat mengabadikan object lebih banyak…termasuk kereta, dan LO nya.. MbT untuk dapat mengabadikan bagian midi LO selain menggunakan camera lensa lebar MbT terkadang harus menggunakan tangga supaya mendapatkan pandangan dari atas.

Bird view dapat melihat sebagian besar rangkaian kereta ….yang apabila rangkaian tersebut cukup panjang maka alternatif bird view merupakan pilihan yang tepat. Pada pengambilan sudut ini tetap harus cerdik sehingga bagian samping kereta masih terwakili.

s37 s39 s40 s41

Terlihat rangkaian dome car yang menempati posisi 3 gerbong belakang…pengambilan gambar yang memperlihatkan ujung loko dan ujung buntut rangkaian gerbong sangat dimungkinkan saat rangkaian melingkar pada daerah curve..

Dome car merupakan gerbong penumpang yang konstruksinya dibuat terbuka diabagia atapnya dan diberi kaca jendela sehingga para penumpang yang duduk di bangku atas dapat menikmati panorama sekeliling.

Pihak Walthers telah membuat beberapa jenis Dome car sesuai dengan prototype…dan tentu saja gerbong jenis Dome car ditawarkan dengan harga diatas gerbong biasa.

s42 s43 s44 s45

Setelah rangkaian City of San Francisco melingkar curve 26″ pada jalur lingkar sebelah kanan…terlihat sejajar dengan rangkaian loko City of Los Angles yang berjalan dari jalur dalam dan menuju loop track untuk nantinya menjadi searah dengan Citi of San Francisco..

Loko ABB City of San Francisco dan loko city ABB City of Los Angles terlihat beriringan seperti rangkaian loko kembar…hanya tulisan di badan sampingnya yang membedakannya….MbT mencoba akan menggabungkan kedua loko ini berjalan secara consist.

s46 s47 s48 s49

MbT sengaja membuat beberapa jalur track hampir ketemu sehingga dapat menjadi kamuflase seolah rangkaian kereta di kedua jalur yang sebenarnya berlawanan arah itu seolah kereta berjalan searah paralel.

Jalur pada Midi LO MbT ini terlihat demikian karena pada posisi tertentu memang bertemu antara jalur yang berlawanan bahkan secara elektronik berbeda polar…hal inilah kelebihan menggunakan sistim Loop. Looping system di midi LO MbT terletak dikedua bagian putaran kiri dan bagian putaran kanan….MbT sangat puas dengan sistim looping ini.

s50 s51 s52 s53

Terlihat rangkaian UP City of Los Angles telah memasuki turn out sebagai pintu looping..track looping merupakan jalur sejajar yang terletak di putaran kiri bagian dalam dengan curve radius 24″, pada looping track ini polarity sudah disiapkan untuk dapat menampung locomotive hingga 4 unit loko….sehingga sangat memungkinkan apabila consist 4 loko akan berbalik arah melalui looping track ini.

Sampai saat ini MbT masih mempercayakan sistim kontroler termasuk looping kepada produksi kondang Digitrax buatan USA, type yang MbT gunakan adalah Super Chief yang berpasangan dengan booster dan Looping Digitrax DB 150.

s54 s55 s56 s57

Kedua loko masih terlihat berjalan searah…sambil meraung raung loko Diesel COS sedikit menanjak pada bukit lingkaran kiri dengan sedikit berat lantaran menarik 11 gerbong penumpang nya, sementara rangkaian loko COLA melaju dengan ringan tanpa beban melingkar pada jalur looping.

Kedua jalur ini tidak tampak arahnya kalau tidak dilihat dari pandangn atas..

s58 s59 s60 s61

Terlihat rangkaian City of San Francisco dan rangkaian loko City of Los Angles berjalan mengeliling area industri pabrik minyak jagung..

s62 s63 s64 s65

Daerah industri minyak jagung ini terlihat semakin hijau dengan telah ditambahkan tanaman pohon besar…5 pohon baru sudah ditanam menjulang tinggi.. Daerah industri yang banyak terdapat tanki2 timbun minyak jagung merupakan bangunan yang dengan segaja digunakan untuk mengisi lingkaran putar sebelah kiri.

Pada tepian daerah industri tersebut MbT menanam pohon besar untuk memperlihatkan bahwa daerah industri juga bernuansa hijau.

s66 s67 s68 s69

Rangkaian UP City of San Francisco yang cukup panjang terlihat hampir ketemu antara ujung loko dan ujung gerbong terakhir…MbT terpaksa harus manjat tangga lagi untuk dapat mengabadikan seluruh bagian rangkaian tersebut.

Terlihat denganjelas mentuk lingkaran dan arah track pada bagian lingkaran ini…dibagian lingkaran paling dalam terlihat track yang merupakan looping area.

s70 s71 s72 s73

Kedua rangkaian loko berlomba ingin segera sampai didaerah yard untuk proses consist..rangkaian loko City of Los Angles setelah keluar dari looping track maka saat ini sudah dalam posisi benar2 parallel dengan rangkaian UP City of San Francisco. Selanjutnya rangkaian COSF melepaskan diri dari rangkaian gerbong…dan langsir kedepan.

COLA dengan cepat memasuki jalur luar dan langsir mundur menggandeng rangkaian kereta penumpang. Setelah cukup rapi maka menunggu rangkaian COSF untuk bergabung kembali..

s74 s75 s76 s77

Kedua rangkaian loko The Streamliner telah sampai dilokasi Yard untuk proses consist, kalau diperhatikan bahwa bagian depan loko City of Los Angles sudah dipersiapkan dengan dipasang coupler untuk bergabung diposisi dibelakang rangkaian loko City of San Francisco…sedang kan rangkaian loko City of San Francisco pada loko depan tidak dilengkapi dengan sistim coupler…

Apabila suatu saat MbT akan merobah rangkaian dengan COLA diposisi depan maka tidak sulit cukup membuka penutuk coupler dang memasangnya sesuai dengan parts yang telah disediakan.

s78 s79 s80 s81

Setelah rangkaian loko COLA pindah jalur memasuki jalur luar ..terlihat persiapan consist dengan langsirnya rangkaian loko2 tersebut. Tidak sulit untuk menggabung kedua rangkaian loko ABB tersebut dikarenakan memiliki copler yang sesuai.

Double slip cross track yang terletak dijalur lurus didepan station sangat berjasa untuk proses langsir rangkaian COSF yang terlihat dengan sangat presisi melintas pada double cross buatan Wlthers/ Shinohara code 83 tersebut.

s82 s83 s84 s85

Setelah kedua rangkaian loko COS dan COLA bergabung maka terlihat semakin panjang rangkaian ini memenuhi track lurus midi LO MbT…terlihat bahwa track lurus midi LO MbT tidak mampu menampung total unit 3 + 3 + 11 unit…

Kedua jenis type dari rangkaian kereta penumpang produk BLI seri Paragon2 ini dan gerbong penumpang yang dikeluarkan khusus oleh Walthers untuk Union Pacific merupakan must have item bagi para kolektor kereta model.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: