Suasana Orange passcar diantara pohon dan bukit

Setelah artikel dua bulan terakhir mengulas passcar Amtrak dan Rio Grande maka MbT melanjutkan dengan menampilkan the Daylight milik Southern Pacific…

Era tahun 1940-1950 an transportasi manusia antar kota di benua Amrik sana yang sangat digemari adalah menggunakan jasa kereta api …dan beberapa armada kereta api penumpang tercatat merupakan rangkaian kereta api yang legendaris…..seperti Rio Grande, California Zephir, UP streamliner dan juga SP Daylight……perusahaan railroad ini berlomba memikat para pengguna jasa transportasi kereta api sekaligus menyuguhkan jasa layanan yang prima yang merupakan bagian penting untuk dinilai oleh para penumpang.

Tahun 50an yang merupakan tahun emas jasa kereta api penumpang salah satunya terdapat armada kereta api Southern Pacific yang memiliki khusus kereta api penumpang bernama Daylight Southern Pacific.

d13 d30 d31 d32

Rangkaian kereta penumpang yang terdiri dari loko Uap GS4 dan beberapa gerbong berwarna Orange terlihat meluncur menghiasi midi LO MbT …warna Orange inilah yang membuat daya tarik tersendiri …dan MbT melihat dari kaca lensa kamera warna orange sangat indah diantara warna hijau pepohonan dan karang….MbT menempatkan set rangkaian ini menjadi koleksi.

Uniknya rangkaian kereta api penumpang Southern Pacific yang berwarna orange tua dan muda ini ditarik oleh loko Uap seri GS (golden state) yang juga berwarna Orange tua/muda…selain tulisan kecil bertulisan Daylight yang terpasang pada bagian samping depan loko, sebuah tulisan dengan huruf lumayan besar SOUTHERN PACIFIC terpampang pada dinding samping tender.

d1 d2 d3 d4

Loko steam tersebut modelnya dibuat oleh pabrik kondang yaitu  BLI dengan class Paragon 2 nya… memang loko ini diimport dari negeri Oom Obama sudah cukup lama dan saat ini masih beroperasi di midi LO MbT,  dengan lancar dan jalannya mulus dan ternyata dapat melibas sekian banyak tikungan curve R 24″ dan 26″ dengan indahnya.

Loko produk BLI seri Paragon2 terkenal mempunyai paket DCC  sound yang gak diragukan lagi alias nadanya gemuruh keluar dari speaker yang tertanam pada tender unit nya…….dan loko ini juga sudah dilengkapi smoke unit sejak out  of the box.

Road number yang terpampang pada loko # 4449  yang menunjukkan versi Southern Pacific Daylight yang beroperasi hilir mudik jalur San Francisco dan Los Angles Amrik belahan Barat hingga era 50an dengan menggandeng 8 unit gerbong penumpang beraneka ragam type ……….sekali lagi produk ini merupakan modeltrain penumpang seri Steam locomotive yang sangat menarik lantaran body loko juga dilabur strip grafis warna Orange dan pada tendernya bertuliskan SOUTHERN PACIFIC.

d5 d6 d7 d8

Rangkaian gerbong SP Daylight merupakan gerbong penumpang mewah dan cantik saat itu, dengan fasilitas yang lengkap termasuk tempat duduk sofa yang nyaman, restoran yang menjadi favorit, seluruh ruangan yang menyajikan interior yang sejuk serta fasilitas radio komunikasi dan radio antenna untuk fasilitas radio…dan pada rangkaian bagian buntut terdapat gerbong observasi yang mempunyai jendela untuk memandang keindahan gersang didaerah Amrik Barat sana.

Detail dan warna rangkaian SP Daylight ini merupakan  rangkaian gerbong penumpang lain dari yang lain….dengan body corrugated plate, warna orange sepanjang rangkaian kereta mulai dari loko – gerbong penumpang – observation car  memiliki  daya tarik tersediri.

Rangkaian ini disebut Kereta Daylight karena beroperasi disiang hari menyusur sepanjang pantai menempuh ratusan mile sehingga SP tidak perlu menyiapkan gerbong khusus cabin….rangkaian ini ditarik oleh loko steam GS (Golden State) nya….juga merupakan loko steam terindah era itu.

d9 d10 d11 d12

Beberapa pabrikan kereta model pernah melansir gerbong SP Daylight tersebut seperti ConCor, BLI, MTH juga Hornby.. namun yang menurut MbT merupakan produk yang memiliki detail yang baik adalah produk dari pabrikan MTH.

MTH telah mengeluarkan beberapa jenis gerbong SP Daylight ini hingga 13 jenis gerbong……dan yang memikat hati MbT adalah paket gerbong set yang terdiri dari 8 unit gerbong….dan sudah terbukti rangkaian tersebut terlihat meluncur di midi LO MbT diantara karang dan pepohonan…bahkan salah satu jenis gerbongnya yang terdiri dari gerbong cafe, restoran dan kitchen merupakan articulated 3 unit gerbong.

Gerbong2 ini sudah dilengkapi lighting system sejak dari pabrik sehingga para modelrailroader tidak perlu memikirkan lagi untuk menambah sistim lampu pada gerbong2…..lampu yang terpasang memiliki cahaya sedikit kemerahan sehingga sesuai dengan cahaya gerbong era tersebut. Khusus untuk observation car dibagian belakang dilengkapi dengan marker light warna merah yang menunjukkan bagian belakang rangkaian.

d14 d15 d16 d17

MTH menyuguhkan kualitas detail yang tidak tanggung-tanggung….dengan jepretan lensa mode macro maka terlihat lebih jelas bahwa detail serta placard yang telah dibuat sesuai proptotype…hal ini tidak lebih untuk memanjakan penggemar kereta model diseluruh planet ini.

Factory installed interior lighting system merupakan hal yang diunggulkan dari pabrikan MTH ini yang ternyata mendapat saingan gencar dari pabrikan BLI yang juga mempromosikan hal yang sama.

Midi LO MbT memang banyak terdapat curve …ternyata rangkaian gerbong ini disiapkan untuk dapat dioperasikan pada jalur curve 24″ tanpa masalah namun MbT telah membuktikan bahwa pengoperasian pada curve 26″ lebih aman karena gerbong memiliki coupler yang pendek…

Untuk jalur lurus terdapat didaerah track kombinasi jembatan jenis Arc bridge buatan Marklin…didaerah ini posisi loko dengan 5 gerbong yang dapat melaju lurus dengan sisa 3 gerbong lain tertinggal di curve track…untuk melihat full set Daylight berjalan lurus dapat dilihat saat rangkaian melaju ditepi hamparan rumput backdrop yang menghubungkan lingkaran kanan dan kiri midi LO MbT.

d19 d20 d24d66

Memang..pada midi LO MbT ini terlihat beberapa jembatan/truss bridge yang menjadi landmark dibagian sisi kiri midi LO MbT, setiap kereta yang melaju melalui jembatan ini merupakan object dan sasaran untuk diabadikan. Warna Orange terlihat sangat kontras dengan warna abu2 dari truss bridge yang berdiri kokoh…dan jembatan yang berbentuk curve Arc bridge  ini merupakan produk Marklin Germany  dan yang berbentuk trapesium merupakan jembatan khas Amrik buatan Cornerstone .

Demikian pula saat loko muncul setelah bridge juga menjadi sasaran jepretan camera…pada bagian ini MbT menempatkan vegetasi berwarna hijau yang tumbuh diantara bebatuan tebing…hal ini memang terlihat lebih segar karena warna karang diselingi hijau tumbuhan tersebut.

MbT selalu mengambil sudut camera sebaik mungkin sehingga bagian hijau segar dapat menghiasi warna Orange dari rangkaian kereta Daylight.

d22d23d21d25

Loko steam SP Daylight merupakan jenis terbaru saat itu  GS4 (Golden State) memang merupakan loko dengan model yang aero dinamis, loko ini dibuat pada tahun 40an oleh pabrik industri Lima Locomotive Work,Lima di Ohio…dan mulai beroperasi tahun 1941.

Model loko ini dibuat oleh  BLI seri Paragon2 dan juga MTH,   dengan body full metal lengkap dengan DCC Sound dan smoke…….MbT memilih dan mengkombinasikan loko buatan BLI Paragon series dengan 8 set PassCar buatan MTH.

Detail loko yang lengkap dan cukup sempurna tampak jelas mulai dari detail baut/keling, perpipaan, placard dan lainnya merupakan bagian detail yang ditonjolkan oleh pabrikan kamod ini. Body metal memang merupakan hal yang sangat penting karena dengan berat bodynya akan membuat traksi dapat menarik rangkaian gerbong tanpa masalah.

d26 d27 d28d29

Bentuk loko jenis GS ini terlihat lebih modern jika dibandingkan dengan loko lain saat itu, dengan badan yang tidak terlalu besar mengusung konfigurasi roda 4-8-4 dengan total bobot 215,000kg terlihat cantik dengan kesan bersih seolah bukan loko steam.

Strip Jingga Merah pada loko bukan hal yang biasa, arsitek grafis exterior terlihat berani menempatkan warna tersebut pada loko steam ini…namun hasilnya suatu goresan sejarah perkereta apian di Amrik yang tidak akan dilupakan orang.

BLI telah membuat loko ini hingga detail…..juga tulisan dan logo Daylight telah dibuat sempurna menyerupai prototype. BLI berhasil memikat hati MbT….saat ini memang agak sulit mendapatkan produk ini dan MbT mujur masih kebagian.

d33 d34 d35 d36

Produk loko BLI dan Passcar MTH terlihat sangat dominan di warna dan lighting system, pada loko  type GS4 ini memiliki double head light yang terpasang atas bawah dan tepat ditengah moncong steam silinder, lampu menyala cukup terang dan pada bagian kabin masinis juga dilengkapi lighting yang dapat dikontrol on-off secara digital.

Lampu kabin pada loko cukup terang yang sebenarnya bertolak belakang karena loko ini berjalan disiang hari tanpa lampu pun masinis dapat bekerja….figur masinis dan engineer juga sudah terpasang ditempat dengan wajah happy…melaju ditrack lurus midi LO MbT.

Rangkaian Daylight tidak sendirian melaju di midi LO Mbt ….pada jalur lurus terlihat  kereta steam seri Mikado #2485 milik Union Pacific menarik rangkaian gerbong barang pengangkut fruit alias jeruk….simulasi ini dibuat sengaja karena gerbong barang pengangkut fruit juga memiliki warna Orange.

d37 d38 d36d39

Rangkaian kereta Mikado UP #2485  yang diproduksi sejak tahun 20an dengan menarik gerbong pendingin yang membawa buah jeruk tersebut berjalan berlawanan arah dengan SP Daylight…sempat berpapasan saat rangkaian kereta barang berada didekat curve track yang dilalui GS 4 Daylight sebelum masuk ke station.

Didaerah ini terlihat sebuah tiang semagphore sinyal yang membolehkan kedua kereta berjalan….MbT merencanakan beberap sinyal dipasang didaerah masuk dan keluar station. Sinyal jenis semagphore ini merupakan produk Viessmann.

d80 d81 d82 d83

Sedikit mengulas loko Mikado #2485 milik Union Pacific ini…loko yang tidak terlalu besar ini merupakan loko legendaris yang diproduksi hingg 600 unit lebih…dan ternyata mempunyai tenaga yang mantab…terbukti saat melaju di track midi LO MbT loko ini dapat lari kencang menarik belasan box car.

Model train Mikado pernah diproduksi oleh beberapa pabrikan kondang seperti Marklin dan saudaranya TRIX…untuk yang melaju di midi LO MbT ini merupakan produk BLI Paragon2 dengan body terbuat dari full metal….lengkap dengan DCC sound dan smoke yang tidak diragukan lagi kualitasnya.

Kembali ke si Orange…selanjutnya rangkaian loko GS 4 Daylight terlihat pindah jalur dari jalur luar memasuki jalur siding mengarah ke platform station Union Style….dengan melalui dua buah double slip buatan Roco maka rangkaian Daylight dengan lancar sudah pindah jalur.

Banyaknya turnout di midi LO MbT ini terpaksa menuntut pengoperasian secara remote…dan tentunya MbT harus mengandalkan sistim electric motor untuk setiap turnout yang cukup jauh jangkauannya. MbT mempercayakan ke produk Tortois buatan USA yang handal dan smooth.

d40 d41 d42 d43

Lokomotif lengkap dengan rangkaian gerbongnya saat akan masuk ke jalur station membuat suasana yang cukup dramatis…..sampai saat ini kalau kita berdiri di peron station menunggu kedatangan rangkaian kereta merasakan suasana yang menegangkan…rangkaian kereta yang merupakan konstruksi baja berukuran besar melaju dihadapan kita dengan jarak hanya beberapa meter dengan suara gemuruh merupakan suasana yang sulit dilupakan.

Saat memasuki station beberapa gerbong dibelakang masih tertinggal juga didaerah curve track, hal ini karena track lurus area station tidak cukup panjang untuk menampung seluruh rangkaian. Dimulai dengan melewati sebuah crossing gate…layak seperti station2 kereta di Jakarta, rangkaian kereta memasuki station…didepan station dan di seberang rel terdapat jalan raya yang disampingnya terpasang lampu PJR dan beberapa tiang telpon.

d44 d45 d46 d47

Setelah berjalan beberapa putaran pada midi LO MbT…kereta GS4 Southern Pacific Daylight tiba distation sudah mulai sore..terlihat lampu jalan mulai menyala terang..memand tidak mudah untuk mengabadikan suasana gelap dengan hanya mengandalkan terang lampu PJR…kalau suasana ruang MbT digelapkan maka sosok kereta api tidak terlihat jelas…sehingga kompromi suasana terang namun lampu PJR menyala.

Pada jalur track distation terlihat double crossing turn out yang menarik untuk dioperasikan dan juga menjadi sasaran pemotretan. Setiap rangkaian kereta melalui double turnout buatan Shinohara ini MbT selalu memperhatikan secara teliti…suara roda saat melintas juga berbeda…perlu dipastikan bahwa pemasangannya harus benar2 datar dan rata.

d49d48 d50 d51

Tiga jalur atau track distation saat itu masih terlihat sepi..namun setelah rangkaian kereta GS4 SP Daylight berhenti di siding track…tidak lama kemudian rangkaian kereta barang Mikado #2485 Union Pacific lengkap dengan box car berpendingin Es batu yang membawa jeruk perlahan memasuki jalur station.

Operasional yang dilaksanakan oleh MbT bahwa seluruh rangkaian kereta melaju pada track sebelah kanan…namun karena rangkaian kereta Daylight akan masuk kestation maka harus berpindah jalur terlebih dahulu…dan saat akan meninggalkan station dan menuju jalur kanan maka si Daylight harus melalui jalur tengah yang merupakan jalurnya Mikado saat ini…alhasil harus menunggu Mikado liwat terlebih dahulu.

d52 d53 d54 d55

MbT menampilkan loko steam Mikado Union Pacific ini lantaran untuk menunjukkan bahwa Mikado yang juga buatan pabrikan Kamod BLI merupakan loko steam legendaris di Amrik sana…detail loko juga sangat detail, body loko dibuat dari die cast iron sehingga bobot loko kecil ini lumayan mantap dengan menghasilkan traksi yang baik mampu menarik belasan gerbong box car dan tanki.

Rangkaian loko dengan menggandeng belasan box car untuk sementara haru masuk ke jalur paling luar yang nantinya merupakan jalur milik Daylight…hal ini untuk memberikan kesempatan pada rangkaian Daylight menggunakan jalur tengah guna nantinya masuk ke jalur paling luar dengan melalui double turn out buatan Shinohara.

d56 d57 d58 d59

Terlihat pada midi LO MbT rangkaian loko GS4 Daylight menunggu jalur kosong karena si Mikado akan liwat… Loko Mikado memiliki detail yang juga tidak kalah dengan GS4…dan yang menjadi pilihan sebenarnya adalah rangkaian gerbong Fruit box car yang berwarna Orange buatan pabrik kamod Intermontain.

Sangat mulus laju rangkaian Mikado ini dengan menyeberang jalur melalui double turn out buatan Shinohara….mmm MbT memang berulang kali menyebutkan double turn out ini karena entah kenapa saat loko melalui double turn out ini MbT selalu memperhatikan secara detail pergerakan roda loko2 tersebut.

d60d61d68d69

Saat seluruh rangkaian kereta barang fruit box car telah melewati turn out untuk masuk ke track station maka rangkaian Daylight bersiap meninggalkan station.

MbT juga menampilkan beberapa koleksi mini metals berupa sebuah station wagon Ford 53 milik US Mail dengan warna kinclong merah putih biru yang Amrik banget.

d70 d71 d72 d73

Dengan sigap masinis dari rangkaian Southern Pacific GS4 Daylight langsung tancap gas untuk menempuh satu putaran midi LO MbT guna masuk kembali jalur luar melalui jalur dalam.

MbT cukup membuka throttle Digitrax hingga 50 mile perjam sudah cukup membuat GS4 lari cepat…loko aslinya sendiri yang steam nya dihasilkan dari pembakaran dengan minyak memiliki kecepatan maksimum hingga 110 mph atau sekitar 180 km perjam..

d70 d84 d85 d86

Memang tidak sederhana untuk mengatur jalur dua buah rangkaian kereta ini…karena kalau tidak sabar dua kereta dapat berhadapan dalam satu jalur…..MbT sudah mempersiapkan kondisi ini sehingga secara keseluruhan midi LO Mbt ini dibagian depan yang terjangkau tangan banyak terdapat aneka ragam Turn out…

Secara keseluruhan loko GS4 Daylight dengan nomor #4449 dan juga loko kecil MIKADO yang MbT tampilkan ini layak untuk dijadikan koleksi bagi penggemar Kamod, dengan body full metal detail yang melimpah, DCC Sound dan smoke ditambah lighting system head lamp, cabin light dan number board light kiranya cukup lengkap fitur yang dimilikinya.

Demikian juga PassCar keluaran MTH yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, detail dan interior lighting system serta dapat bernegosiasi pada curve 24″  merupakan kelebihan produk MTH…pasangan loko dan passcar dapat merupakan kolektor item yang perlu dimasukan dalam shoping list….tanya soal harga?….masih imbang dengan produknya!

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: