UP SD70ACe dan ES44AC diantara vegetasi dan bebatuan

Loko Diesel dengan type SD70AC milik armada Union Pacific memang merupakan loko handal era modern ini, pesaing loko Diesel EMD SD70 ini adalah seri GE ES44AC, kedua pabrikan loko raksasa ini saling berebut pasar untuk armada kereta api raksasa USA.

GE ES44AC merupakan loko Diesel yang selalu menjadi perbincangan antar armada kereta api bahkan media massa pun selalu meliput keberadaan loko GE ES44AC ini…tak ketinggalan sebuah majalah kereta api dari Amrik menempatkan loko GE ES44AC menjadi issue utama untuk dibahas.

sd20 sd21 sd22 sd23

Armada kereta api raksasa Amrik juga sengaja membuat pabrik EMD dan GE terus bersaing ketat dengan selalu memesan dikedua pabrik Diesel EMD dan GE tersebut….Union Pacific contohnya selalu memesan loko Dieselnya dikedua pabrik EMD maupun GE dengan jumlah puluhan unit bahkan ratusan unit.

Pangsa pasar yang selalu tumbuh ini membuat pabrikan loko Diesel EMD dan GE selalu memperbaharui jenis ataupun performance loko Diesel produksinya. Loko kedua yang menjadi buah bibir perkereta apian yaitu SD70AC…yang juga selalu tampil dengan segala keunggulannya.

sd8 sd9 sd10 sd11

Kedua loko Diesel kondang tersebut GE ES44AC dan SD70ACe dimiliki oleh berbagai perusahaan kereta api….dan yang terpenting kedua jenis loko tersebut dengan sempurna sudah dibuat kereta model nya dangan berbagai skala…tentunya pada kesempatan ini MbT menampilkan sosok dengan skala 1:87.

Terlihat dua unit loko GE ES44AC dengan nomor #5252 dan #5471 sedang melenggang menuju arah station untuk selanjutnya akan membantu rangkaian dua tandem loko SD70ACe yang menggandeng rangkaian closed hopper car milik armada Union Pacific. Kedua loko seri GE ES44AC ini tentunya akan bergabung dengan mengarah kejalur lingkar dalam midi LO MbT.

sd12 sd13 sd14 sd15

Mujur midi LO MbT dilengkapi fasilitas track yang terhubung secara looping…sehingga kedua loko jenis GE ES44AC dapat dengan mudah pindah jalur ke lingkar dalam setelah sebelumnya kedua loko tersebut bergabung sesama jenis GE ES44AC. Loko dengan nomor #5252 telah lebih dulu menanti parallel di jalur luar station…yang tidak lama lagi akan consist dengan loko #5471.

Terlihat bahwa posisi station Union Pacific country style ini terletak sejajar dengan jalan raya yang membelok memotong tiga (3) lintasan track kereta api….walaupun lintasan ini dilengkapi palang/pintu crossing namun pengemudi harus ekstra hati2 karena palang crossing ini sering tidak berfungsi…

sd16 sd17 sd18 sd19

Sebuah gas station alias pompa bensin berdiri tepat disamping station UP…daerah ini cukup ramai dengan kegiatan langsir kereta api…sehingga banyak railfan yang sengaja menunggu kedatangan loko/rangkaian kereta pujaannya.

Sementara diseberang track terdapat jalan raya yang mulus dengan hot mix warna abu2 tua…jalan raya ini digelar dari produk pabrikan NOCH…dan tersambung dengan country road yang berada disekitarnya. MbT melihat didekat crossing gate dan disamping station berdiri sebuah pohon berdaun hijau ….yang terlihat sudah cukup tinggi menandakan pohon ini sudah cukup tua.

sd31 sd32 sd33 sd34

Sebelum membahas lebih lanjut kedua jenis loko kondang tersebut..MbT ingin menyinggung sedikit perihal midi LO ……yang karena sudah mulai ada hujan turun  maka mulai terlihat daun2 hijau serta vegetasi tumbuh dibukit lereng batu karang. Pepohonan pun sudah mulai mengeluarkan hijau daun…pertanda kesegaran sudah terlihat.

MbT membagi kelompok tumbuhan menjadi tiga bagian terdiri dari rerumputan, tumbuhan semak rendah dan kelompok pohon. Untuk rumput yang terlihat di midi LO menunjukkan ada rumput liar dan rumput yang terpelihara. Sedangkan tumbuhan semak memiliki dua warna hijau tua dan hijau lebih kearah muda.

sd1 sd2 sd3 sd4

Ternyata tidak sederhana untuk munumbuhkan flora dilingkungan midi LO MbT…pertama harus mengkhayal dulu kira-kira seperti apa ya lahan yang akan ditumbuhi pepohonan2 itu….kedua harus mempersiapkan bahan2 yang tidak mudah juga untuk mendapatkannya…dan ketiga adalah eksekusi menanam tumbuhan dan pohon di midi LO MbT.

Lokasi tumbuhan dan tanaman pun sangat bermacam, termasuk daerah kota, tepi track, tepi jalan, bukit, lereng tebing dan juga lokasi dekat sungai….semua memiliki karakter yang khas sesuai lokasi… MbT menanam pepohonan semaksimal mungkin supaya midi LO terlihat hijau walau didaerah padang tandus.

sd5 sd6sd30 sd7

Kehijauan disekitar track ternyata membuat pandangan mata lebih sejuk …terutama para masinis yang menjalankan kereta lebih sehat matanya memandang hijau2 diantara batu karang dan tebing tandus. Kontur bebatuan yang terhampar juga harus dipikirkan bagaimana untuk menyelipkan hijau2 dan rumput2 diantara karang dan batu…

Jalur atau track pada midi LO MbT ini beberapa daerah melintas diantara jurang2…sehingga para masinis juga harus berhati-hati …supaya loko tidak jatuh ke….lantai..

sd24 sd25 sd26 sd27

…melanjutkan ulasan terhadap loko Diesel GE ES44AC…dua perusahaan kereta api Amrik yang memesan secara besar kepada pabrik EMD dan GE adalah perusahaan BNSF dan UP, tercatat sejak tahun 2013 hingga saat ini BNSF telah menerima loko Diesel baru buatan EMD sejumlah 100 unit, dan GE sejumlah 175 unit sedangkan UP telah menerima dar EMF sejumlah 40 unit dan dari GE sejumlah 60 unit.

Kedua pabrikan loko Diesel tersebut mengunggulkan produknya SD70AC dari EMD dan ES44AC dari GE, kedua type Diesel tersebut memiliki Diesel Engine yang sudah memenuhi tier 4 emisi gas buangnya. Karena exhaust gas dari mesin yang diusung ini harus comply dengan aturan maka jenis Engine nya juga sudah menggunakan seri terbaru.

Salah satu mesin Diesel terkenal dan terbaru yang dicangkokkan EMD adalah buatan Caterpillar, engine Diesel berwarna kuning yang sudah merajai dipakai untuk alat berat tambang…sekarang sudah mulai masuk kejajaran prime mover lokomotiv menyususl engine EMD itu sendiri.

sd28 sd29 sd35 sd36

Pada awalnya mesin Diesel buatan EMD mampu menelorkan tenaga 4,300 hp, dan dengan type  SD70ACe ini EMD sudah dianggap ramah lingkungan saat menggunakan mesin EMD’s 16-cylinder model 710G3C-T2, yang juga dilengkapi dengan pembaharuan sistim komputer , peralatan electronics nya, dan pabrik juga menerapkan sistim truck yang terkenal yaitu self-steering trucks (HTCR-II)….Diesel ini juga telah meraih posisi hingga Tier III EPA compliant.

Selanjutnya saat EPA meningkatkan regulasi terkait persyaratan emisi gas buang untuk mesin Diesel termasuk untuk Diesel lokomotiv seperti SD70 harus semakin bersih….dan standar Tier IV ini sudah mulai diterapkan sejak 1 Januari 2015 ….maka para pabrikan kembali merobah produk mesin2 Dieselnya dan  Caterpillar/Progressive Rail ternyata merupakan mesin Diesel penggerak yang telah lolos uji emisi Tier IV EPA.

sd37 sd38 sd39

Secara cepat untuk membedakan yang mana ES44AC dan mana yang SD70ACe dapat dilihat pada bagian belakangnya memiliki posisi radiator yang mencolok berbeda. Pada ES44AC terlihat berbentuk flare atau melebar kesamping sedangkan pada SD70ACe posisi radiator agak kedepan sedikit dan tidak melebar.

sd40 sd42 sd43 sd44

Kedua loko ES44AC ini setelah consist…yang artinya gabungan loko ini memiliki kekuatan tenaga tarik hampir double sehingga siap untuk menarik rangkaian gerbong berat termasuk menarik rangkaian closed hooper type yang mungkin membawa beban full.

Kedua loko consist ini yang melaju pada jalur luar akan memasuki jalur lingkar dalam dengan melewati curve turn out lebar nomor #7 buatan Roco…tujuan masuk kejalur lingkar dalam guna merobah arah berlawanan yang selanjutnya nanti akan bergabung consist 4 loko dengan sepasang SD70ACe.

sd45 sd46 sd47sd48

Track looping yang terletak diujung lingkaran dalam sebelah kanan menyebabkan loko harus berputar….pintu gerbang looping berupa turn out lebar Roco sengaja switch nya beroperasi secara manual…selain masih terjangkau juga sulit memasan motor karena tepat dibawahnya terdapat track AC.

Tidak menjadi masalah buat kedua loko ES44AC ini untuk sedikit berputar sambil beberapa kali berpose menunjukkan kegagahannya menggunakan warna body kuning khas UP lengkap dengan semangat bendera Amrik yang berkibar.

sd49 sd50 sd51 sd52

Setelah pindah track dan memasuki lajur lingkar dalam….kedua loko ini langsir mundur untuk menempatkan posisinya didepan dua loko SD70AC yang menunggu didepan station.

Double slip yang terkoneksi dengan beberapa turn out lebar produk Roco ini sangat membantu manuver kedua loko ES44AC…dilanjutkan dengan langsir melintasi daerah yang memiliki sedikit vegetasi hijau dan pohon besar yang menjadi tanda akan memasuki daerah station……pohon2 tersebut merupakan produk Woodland scenis yang memang sengaja MbT datangkan dari negeri paman Obama.

sd53 sd54 sd55 sd56

Beberapa pohon besar memiliki tinggi lebih dari 20cm berwarna hijau sangat menarik perhatian dan dapat dijadikan object pengambilan gambar saat loko lewat daerah tersebut.

MbT hanya menempatkan beberapa pohon sekedar untuk mempertahankan kelestarian alam disekitar daerah station ataupun daerah industri….dengan harapan dapat menjadi percontohan bagi tata kota khususnya daerah station di Betawi…..sebuah station dikota besar umumnya memiliki sebuah pohon besar dihalaman depannya.

sd57 sd58 sd59 sd60

Setelah keempat loko bergabung dengan posisi dua lokojenis ES44AC dengan road number #5252 dan #5471 disusul posisi ketiga sebuah loko SD70AC UP road number #8622 dengan posisi aft head alias berjalan mundur  ditambah sebuah loko UP seri Heritage SP road number #1996.

Selanjutnya MbT membuat  mode controller consist untuk keempat loko tersebut…dengan menarik rangkaian hopper keempat loko tersebut berjalan kompak menyusuri track luar midi LO MbT.

sd61 sd62 sd63 sd66

Lepas dari daerah station keempat loko langsung ngabecir dengan meraung raung…karena akan memasuki daerah nanjak dengan elevasi 3cm skala pada midi LO.

sd65 sd67 sd68 sd69

Walau flora masih belum banyak namun sudah sedikit menjadi penyedap mata….kalau kita perhatikan masih banyak daerah yang harus ditanam…kelihatannya menanam sejuta pohon harus segera dilaksanakan..

Setelah penanam flora selesai nantinya MbT akan segera melanjutkan dengan gerakan menabur balas pada area track yang ternyata lumayan banyak juga kebutuhannya. Batu2 dan flora/vegetasi/tanam2an memang tidak dapat dipisahkan pemasangannya….dan batu2 yang terdapat disekitar track merupakan produk Woodland scenic juga selain beberapa merupakan keluaran NOCH.

sd70 sd72 sd73 sd74

Pada sesi pemotretan kali ini MbT berusaha untuk menampilkan suasana track layout dibagian atas saja…walaupun terkadang tidak terhindar track AC yang dibawahnya juga terekam. Keempat loko yang tampil saat ini cukup memuaskan untuk sesi pemotretan dengan menggunakan pocket camera serta pencahayaan normal ruangan dengan lampu Osram.

Loko seri ES44AC #5252 buatan pabrik Athearn dengan seri Genesis mampu memikat MbT untuk dapat disandingkan dengan loko kedua  road number #5471 buatan Tower55 yang saat ini sudah tidak diproduksi lagi. Sedangkan dua loko dibelakang adalah seri SD70AC yang merupakan produk andalan dari pabrik kamod MTH.

sd76 sd80 sd81 sd83

Rangkaian empat loko consist beserta beberapa hopper car berhasil lolos tampil disesi pemotretan dengan mencoba menonjolkan suasana flora yang masih minim. Saat melintas pada area lingkaran sebelah kiri dari midi LO yang memiliki elevasi ringan dan radius curve 26″ ternyata area ini juga menarik untuk diabadikan.

Sebuah komplek industri tempat pengolahan minyak jagung menjadi icon didaerah lingkar putaran kiri, beberapa storage tank terlihat menjulang dan didampingi beberapa gudang dan office…semua structure ini hasil produk Walthers Cornerstone.

Sudut pandang dai daerah lingkaran kiri ini menurut MbT juga bagus dengan latar belakang beberapa truss bridge yang terlihat kokoh dan sangat berkarakter.

sd75 sd82 sd84 sd85

Melanjutkan liputan kedua loko beken tersebut…konon pada pameran dagang di Minneapolis pada October 4, 2015 yang lalu pabrik loko EMD telah memproduksi sendiri jenis mesin Diesel yang juga memenuhi Tier IV yang diusung oleh lokonya SD70ACe-T4, …mendengar namanya hampir sama dengan type2 sebelumnya SD70Ace…namun EMD menyebutkan bahwa ini bener2 loko Diesel paling baru…..menggantikan type penggerak 710 sebelumnya dengan julukan baru penggerak 1010 dengan jumlah silinder tetap 12 cyl dan menghasilkan tenaga hingga 4,600hp…..mesin ini didesain oleh  Electro-Motive, Progressive Rail Services, yang merupakan induknya Caterpillar.

Kedua jenis loko diatas memiliki sosok yang sangat besar dan termasuk loko Diesel yang modern…beberapa road name dari kedua jenis loko tersebut telah dibuat model train nya…MbT hanya mengakuisisi beberapa road name saja yang terkait dengan armada UNION PACIFIC.


sd78sd79sd82sd77

Akhir dari rangkaian MbT menampilkan beberapa sosok hopper car warna abu2 dengan logo dan motto dari UNION PACIFIC..gebong hopper ini dibuat cuku detail oleh pabrikan Athearn..yang menurut MbT layak juga disandingkan dengan produk Exactrail dan Intermountain…dan gerbong hopper ini sudah dibuat oleh Athearn sejak tahun 2009.

Secara keseluruhan MbT sangat merekomendasikan rangkaian tersebut untuk dijadikan koleksi…dan satu pesan…membuat LO dengan banyak tumbuhan..pohon..dan vegetasi sangat membuat sejuk pandangan mata.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: