BIG BOY sedang di restorasi…

Mendengar kata Big Boy …untuk penggemar kereta api model langsung terbayang sebuah Loko legenda jenis loko uap  yang sangat besar dengan konfigurasi roda 4 – 8 – 8 – 4….loko bongsor yang berwarna hitam gelap ini telah mengalami kejayaannya diera tahun 40an.

Mendengar kata RESTORASI…maka para pembaca yang sering naik kereta api langsung terbayang sebuah tempat diatas kereta api yang menyajikan makanan dan minuman….HAHAHAHA..bukan! restorasi yang dimaksud disini adalah upaya para penggemar kereta api bersama pemilik loko legenda Big Boy yaitu perusahaan raksasa Union Pacific untuk membangun ulang alias memperbaiki ulang sebuah loko BIG BOY nya.

Jelas sudah bahwa sebuah Big Boy tidak sedang makan didalam restoran.

bb1 bb2 bb3 bb4

Dimulai dari sejarahnya, bagi penggemar kereta model sejarah Big Boy memiliki cerita panjang yang tidak membosankan untuk dibaca ulang setiap saat. Konon pada tahun 1940 Dirut perusahaan kereta api raksasa Union Pacific yang bernama William Jeffers menginstruksikan kepada kepala Research and Mechanical Standard Department nya untuk mendesain dan membuat sebuah loko uap besar yang mampu menarik rangkaian gerbong panjang menempuh jalur mendaki di pegunungan Wasatch di daerah timur Odgen, Utah Amrik.

Orang yang bernama Otto Jabelmann ini ternyata telah memiliki reputasi sebelumnya dalam membuat kereta api milik Union Pacific jenis 4 – 8 – 4 yang merupakan kereta api penumpang cepat dikala itu. Juga telah berhasil membuat kereta api uap multi purpose yang sangat melegenda yaitu Challenger yang memiliki konfigurasi roda  4 – 6 – 6 – 4 .

bb5 bb6 bb7 bb8

Karena Big Boy sangat melegenda dan merupakan icon idola penggemar kereta api / rail fan juga para penggemar kereta model…maka sebuah majalah Kereta api Amrik pun telah mengupas tuntas perihal Big Boy yang telah direstorasi…bahkan sebuah DVD telah diproduksi dengan sangat menarik.

MbT pun telah beberapa kali menampilkan koleksi Big Boy dengan berbagai versi…dan seiring kemajuan atau berkembangnya industry kereta model maka setiap tahun selalu ada produk baru dari loko Big Boy ini…tentunya secara bergiliran pabrikan kamod menampilkan dengan segala kelebihannya.

Salah satu pabrikan kereta model yang sudah cukup tua di Amrik adalah pabrik kereta model “ATHEARN”…..brand atau merek ATHEARN ini hampir dikenal oleh seluruh penggemar kereta model di Amrik dan ternyata juga sangat dikenal di Indo ini….dan Athearn telah memproduksi kamod BIG BOY sangat banyak…hampir 10 model telah diproduksinya dengan berbagai road number berbeda… antara lain #4004, #4005, #4017, #4023

Kalau kita mundur sekitar 10 tahunan maka Athearn kelas GENESIS mencuat namanya dengan produk2 legendaris dari armada Amrik UNION PACIFIC…..yaitu dengan memproduksi loko steam jenis BIG BOY, dan CHALLENGER …..kedua loko ini sangat terkenal dari UNION PACIFIC (UP) dan termasuk menjadi koleksi MbT diawal mula. Selanjutnya MbT mengetahui bahwa masih banyak pabrikan kamod yang memproduksi loko jenis Big Boy ini termasuk Rivarossi, Precision Craft model, BLI, MTH, Marklin dan Trix…. MbT pernah mengkoleksi produk dari berbagai pabrikan tersebut kecuali dari Precision Craft model dan TRIX.

bb9 bb10 bb11 bb12

Kembali mengenai BIG BOY, karena jenis loko bongsor ini sangat disukai masyarakat Amrik sana maka setelah diadakan restorasi serta merta para penggemar ingin menyaksikan lahirnya kembali loko jenis uap BIG BOY ini.

Big Boy yang diproduksi sejak tahun 1940 dengan road number pertama #4000 dan terakhir tahun 1944 perusahaan pabrik kereta ALCO memproduksi 5 unit BIG BOY dengan road number #4020 – 4024…diantaranya terdapat loko yang banyak sejarahnya yaitu dengan road number #4014. Loko Big Boy ini yang dipilih untuk direstorasi yang menurut catatan terakhir berfungsi dan masih jalan pada tahun 1962…dan pada tahun 1989 loko Big Boy #4014 masuk museum.

bb13 bb14 bb15 bb16

Sejak munculnya berita bahwa sebuah loko jenis BIG BOY akan direstorasi dan akan dijalankan bahkan ternyata telah menempuh jarak hingga 1200 mile, maka MbT berusaha mencari kereta modelnya yang memiliki road number #4014. Dari beberapa produsen kamod yang memproduksi Big Boy dengan road number #4014 adalah Marklin Germany, Big Boy ini diproduksi oleh Marklin untuk kesekian kalinya dan Big Boy dengan road number #4014 tampil dalam kondisi weathered.

Namun saat ini pabrikan lain yaitu ATHEARN dan BLI juga berlomba menawarkan produk BIG BOY #4014 ini dengan gencar walau masih harus melalui preorder, BLI menjanjikan akan dapat dikirim pada March 2016….tentu hal ini membuat para penggemar kamod tidak sabar, bahkan BLI menyebutkan untuk yang road number #4014 merupakan excursion series.

Bahkan pada seri excursion ini  BLI membuat Big Boy dengan body full dari metal Die Cast, hal ini beda dengan pihak ATHEARN yang memproduksi berbagai road number Big Boy dengan ABS body with Die Cast Chassis. Sedangkan pihak Marklin, Trix dan MTH mereka memproduksi Big Boy konsisten dengan metal body yang lumayan berat, sebelumnya pihak group  BLI yang dikenal dengan PCM juga pernah memproduksi Big Boy dengan metal body juga.

bb17 bb18 bb19 bb20

Kalau kita perhatikan dan kita lihat secara detail, Big Boy memiliki segudang bagian yang sangat detail dan telihat sangat exclusive bila terbuat dari bahan metal. Bagian loko yang sangat panjang dengan steam cilinder raksasa merupakan penampakan Big Boy yang sangat masive. Pada cilinder ini terdapat sekian asesoris dan pernik yang sebagian besar terbuat dari metal.

Big Boy #4014 yang merupakan loko yang baru selesai direstorasi dilengkapi dengan aftercooler dan loko memiliki pembakaran pada boiler dengan menggunakan oilfired boiler …yang minyaknya tersimpan di oil tender dibelakang. Koleksi yang MbT tampilkan ini Big Boy #4014 adalah merupakan produk Marklin dengan tampilan weathered, model loko skala HO 1:87 ini merupakan produk tahun 2014 sebagai American loco series yang jumlahnya sangat terbatas. Marklin juga memproduksi beberapa jenis kereta barang sebagai rangkaian dengan Big Boy.

Kalau Big Boy yang terlihat tampil  dengan road number #4016 adalah merupakan produk dari pabrikan terkenal MTH, kedua Big Boy ini diproduksi dengan menampilkan body dan juga tendernya terbuat dari bahan die cast  metal….dan gerbong serta caboose yang ditarik adalah produk Marklin dan Trix.

bb21 bb22 bb23 bb24

Big Boy #4016 buatan MTH merupakan produk yang menjadi favorit MbT…..loko uap Big Boy ini dilengkapi dengan sound system Proto 3.0 yang menghasilkan suara yang sangat jernih….penggemar MTH sudah hafal apabila start maka fungsi F3 merupakan tombol awal yang harus diaktifkan….dan sebelum berjalan terdengan sound aktif, lampu menyala dan asap mengepul….selanjutnya loko dapa bergerak maju.

Kalau kita bandingkan antara sound yang terdengar dari produk MTH, Athearn, Marklin atau BLI maka akan terlihat sangat berbeda….sound hasil Proto sound 3.0 terdengar lebih bulat dan lengkap. Athearn mengandalkan Soundtraxx Tsunami nya namun dari volume suara masih kalah dibandingkan dengan MTH, kalau produk BLI sound nya kurang bersih sehingga saat nada loko berjalan aktif terdengar tidak jelas, sedangkan Marklin yang menggunakan ESU volume nadanya cukup keras tetapi Marklin tidak banyak memiliki nada sound..sangat standard.

bb25 bb26 bb27 bb28

Selain Big Boy loko uap bongsor….dapat terlihat rangkaian gerbong yang ditariknya, Big Boy #4016 menarik rangkaian panjang box car warna coklat/merah dengan tulisan Union Pacific menandakan bahwa rangkaian box car ini milik armada UP. Box car dengan ukuran 40 feet dilengkapi dengan single side door dan beberapa ada pula yang dilengkapi dengan double side door.

Untuk Big Boy dengan road number #4014 terlihat menggandeng babaranjang alias gerbong pengangkut batubara rangkaian panjang, gerbong ini entah kenapa menjadi favorit MbT…selain warna coklat khas UP ukurannya pun tidak terlalu panjang. Terlihat gundukan batubara yang menggunung….menandakan ini termasuk beban berat.

Kedua rangkaian Big Boy tersebut meliuk di midi LO MbT yang terlihat tampil gersang dimusim kemarau yang kelihatannya berkepanjangan.

bb29 bb30 bb31 bb32

Midi LO MbT memang sudah mulai bertambah dengan suasana deorama khas bukit tanah karang nuansa Amrik seperti daerah panas Nevada. Deorama yang bernuansa kering tersebut merupakan hasil warna gradasi dari pewarna buatan pernik kereta model kondang Noch…dibuat di negri Nazi.

MbT sengaja mengambil warna coklat muda dan kuning coklat yang memang diproduksi pabrikan Noch sangat cocok untuk melabur deorama yang perbukitan yang dibuat dengan bahan bubur koran dan compound.

Terlihat beberapa bebatuan yang mencuat dari dinding bukit yang sengaja dibuat dari real batu….bongkahan batu apung yang disulap menjadi batu bukit dengan dilabur warna tanah.

bb33 bb34 bb35 bb36

Pernah MbT sebutkan bahwa LO midi MbT ini dilengkapi fasilitas untuk memutar balik arah dengan sistim loop, pada track AC dilengkapi satu sistim looping pada bagian kiri putaran dan track DC dilengkapi dengan dua looping masing2 pada putaran kiri dan lingkaran kanan, tentu saja MbT membuat ini dikarenakan luas lahan yang terbatas yang sulit apabila membuat atau menempatkan sebuah Turn table.

Looping system dibandingkan dengan Turntable memang berbeda, kalau Turntable dapat digunakan untuk memutar arah loko saja dengan batas panjang loko terbatas satu loko, sedangkan looping merupakan jalur/track yang berputar arah balik dan memasuki jalur yang sama sehingga arah loko berbalik arah…..dan pada sistim loop loko beserta rangkaiannya dapat berbalik arah.

bb37 bb38 bb39 bb40

Terlihat pada putaran sebelah kanan rangkaian BigBoy #4016 lengkap dengan 25 gerbong melaju pada jalur luar berputar berlawanan arah jarum jam, jalur luar merupakan track dengan memiliki curve 26″ sehingga sangat leluasa untuk loko2 panjang meluncur.

Untuk sistim looping MbT menempatkan pada jalur dalam dengan memasang sebuah turn out kekiri dan menyambung ke track arah yang sama pada bagian seberangnya, hal ini secara DC akan mempengaruhi polarity sehingga dapat mengakibatkan short pada circuit systemnya.

Namun untuk menghindari short dan membuat looping berfungsi maka MbT menambahkan satu piranti looping produk Digitrax.

bb41 bb42 bb43 bb44

Terlihat loko bongsor Big Boy #4016 berpindah jalur dari jalur luar ke jalur dalam dengan melewati double crossing ampuh buatan Shinohara, seluruh rangkaian kereta melalui double crossing ini dengan aman dan berlanjut memasuki putaran jalur dalam yang memiliki curve diameter 24″.

Diujung lingkaran…Loko Big Boy #4016 sudah memasuki penggal looping track sementara rangkaian gerbong hingga ujung Caboose masih berada di jalur utama lingkaran dalam….kalau tidak dipasang piranti looping Digitrax pasti sudah terjadi short.

bb45bb47 bb50 bb46

Diujung lingkaran jalur dalam MbT memasang turn out #10 Roco dan menyambung dengan sebatang flex track yang merupakan track yang kedua ujungnya  dihubungkan dengan piranti looping Digitrax, MbT memasang sepenggal flex track karena sudah cukup panjang untuk menampung 4 buah loko diantara polarity yang dihubungkan ke piranti looping track.

Piranti looping Digitrax mensyaratkan maksimum 4 buah loko dengan 4 decoder yang dapat berada pada looping track….

bb52bb51bb54BB53Operasi looping track ini memang mengasyikan….dapat memutar arah loko tanpa harus menghentikan operasinya…dan saat MbT memperhatikan pada posisi perpindahan polarity pada track looping terlihat tidak ada jeda maupunperobahan laju loko…sangat smooth.

Pada turn out kiri #10 Roco yang merupakan ujung pintu untuk looping track memang terlihat sederhana…hanya pindah swicth dari lurus ke belok kiri….namun untuk keluar dari looping track..MbT memasang double crossing track yang agak rumit…namun sangat menarik karena loko Big Boy #4016 langsung dapat memotong 3 jalur track dan masuk jalur track luar yang nantinya rangkaian Big Boy #4016 berjalan searah jarum jam.

bb57 bb58 bb59 bb60

Saat memotong jalur MbT harus merobah beberapa wessel dan harus benar supaya tidak salah jalur…turn out dan double slip crossing ini memiliki sudut lebar #10 Roco dan mekanismenya digerakkan oleh motor Tortois buatan Amrik sana….wessel bergerak dengan sangat halus dan presisi.

Penggunaan turn out sudut lebar sangat berguna bagi loko besar panjang seperti Big Boy #4016 ini…tanpa terasa membelok loko sudah berada pada jalur luar dengan pergerakan pada putaran searah jarum jam.

bb61 bb62 bb63 bb64

Setelah berjalan setengah putaran melewati tanjakan pegunungan dan menurun melewati arc bridge dan truss bridge, memutar kembali didaerah bebatuan maka rangkaian loko Big Boy #4016 kembali melintas di station UP pada jalur luar dan menandakan bahwa rangkaian loko ini tidak ingin berhenti di statition ini.

Rangkaian Big Boy dengan 25 box car terlihat lumayan panjang…loko sudah sampai didepan station sedangkan buntut caboose masih terlihat pada posisi jauh didaerah perbukitan.

bb65 bb66 bb67 bb68

Daerah atau sekitar station merupakan daerah industri yang berdebu…terdapat pabrik semen, pabrik gandum, stone crushing dan beberapa pergudangan….merupakan daerah yang kurang sehat untuk pemukiman….debu dapat terhisap masuk paru-paru…bahkan kendaraan yang lalu lalang dan parkir didaerah tersebut akan terselimuti debu…

Namun pada midi LO MbT daerah ini justru menjadi daya tarik tersendiri….MbT memang berusaha untuk mempertahankan nuansa industri walau LO sudah berobah…bahkan beberapa structure masih tetap tidak berbeda dan ditambah ada ciri khas jembatan beton yang melintang LO.

bb69 bb70 bb71

Kembali perihal restorasi…. loko bongsor bak dinosaurus….dengan dimulai mengeluarkan dari museumnya di daerah Fairplex di Pamona, Los Angles, California…memang ini pekerjaan raksasa (dengan kata lain sedikit gila) yang diprakarsai oleh penggemar kereta api dan tim kereta uap UP….pembicaraan sudah dimulai sejak tahun 2013 yang memutuskan bahwa Big Boy road number #4014 dipilih untuk direstorasi.

Raksasa BigBoy ini akhirnya ditarik keluar dari musem untuk pertama kalinya ….Big Boy berdiam di museum ini sejak tahun 1980…. Big Boy #4014 ini akan ditarik keluar dan akan menempuh perjalanan hingga 1,200 miles menuju Cheyene,Wyoming untuk pelaksanaan restorasinya.

bb72 bb73 bb74 bb75

Tentu saja tim restorasi mempunyai persiapan yang matang untuk menarik Big Boy ini…mulai dengan meneliti kondisi detail Big Boy #2014 supaya layak untuk ditarik hingga 1,200 miles. Selain itu tim juga mempersiapkan track2 khusus dijalur jalanan, liwat area parkir hingga nyambung ke track yang sudah ada.

Luar biasa…untuk menjalankan Big Boy #4014 hingga menuju Cheyene,Wyoming….loko raksasa ini akan ditarik sebuah loko Diesel SD70 dengan road number #4884…dan dibagian belakang terdapat sebuah loko Diesel SD70 dari seri heritage Southern Pacific #1996 lengkap dengan beberapa unit hopper car dibelakangnya yang nantinya berfungsi sebagai rem/brake saat melalui area turun dan nanjak didaerah Wassat, California. Semua pekerjaan tersebut memang dikejar cepat pelaksanaannya oleh tim supaya tidak sampai terganggu musim winter.

bb76 bb77 bb78 bb79

MbT mencoba memberikan simulasi posisi rangkaian Big Boy yang akan menempuh jarak 1,200 miles untuk proyek restorasi….MbT menempatkan 1 unit loko Diesel SD70 dengan road number #8622…dan dibagian belakang terdapat sebuah loko Diesel SD70 dengan road number #1996 dari seri heritage Southern Pacific dan lengkap dengan beberapa unit hopper car dari armada Union Pacific dibelakangnya…demikian posisi yang serupa.

Secara consist ketiga loko Diesel SD70 – Big Boy – Diesel SD70 menyusuri midi LO secara perlahan….terlihat sangat unik karena loko consist dengan beda era…dan ketiga loko tersebut merupakan produk pabrikan kondang MTH.

Sebagai informasi MbT menampilkan foto dibawah ini yang merupakan hasil photography TRAINS dengan tim photographer nya Steve Sweeney, Thomas Bunce dan Joe Strapac…..menunjukka real perjalanan Big Boy #4014 menuju tempat untuk dilakukan restorasinya…..selama perjalanan selalu dikontrol kondisi rangkaian loko ini…termasuk saat malam hari.

bb81 bb85 bb86 bb87

RESTORASI DIJADWALKAN SELAMA 3 SAMPAI 5 TAHUN 2015 – 2019, wuiihhh pekerjaan yang harus dilakukan secara professional, focus, disiplin dan tentunya memerlukan biaya yang sangat besar…kita tunggu hasilnya nanti. MbT berfikir bahwa kemungkinan besar banyak sekali parts atau bagian yang akan diganti, terutama adalah ruang bakarnya dan juga steam drum/cylinder yang pasti akan diganti baru tentunya karena terkait faktor safety.

Seluruh bagian yang bergerak termasuk piston torak pasti mengalami penggantian atau minimal dilapis dengan bushing baru…..seluruh sistim kontrol pneumatic yang terdapat dikabin juga harus difungsikan…alhasil umumnya pekerjaan restorasi atau retrofit akan mencapai penggantian 60% part atau komponen.

Big Boy #4014 yang dibuat oleh pabrikan Marklin atau BLI merupakan item yang patut dikoleksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: