Rumput hijau sudah mulai tumbuh…

Setelah menunggu beberapa bulan…rerumputan hijau sudah mulai tumbuh dipinggir jalur kereta. Masih dengan suasana kering beberapa daerah yang tersiram hujan mengakibatkan rumput dan beberapa vegitasi mulai tumbuh menghias midi LO MbT  sehingga sedikit terlihat lebih segar.

Rumput yang tumbuh pada midi LO ini merupakan bukti bahwa beberapa area didaerah track masih menyimpan cadangan air walau kondisi cuaca tergolong panas. Diantara bebatuan balas tepi rel terlihat rumput yang menghiasi midi LO…diselingi dengan beberapa pohon yang dapat digunakan untuk berteduh.

Rumput, tanaman rendah dan pohon memang merupakan hal yang tidak boleh dilupakan pada saat kita akan membangun sebuah layout, bahkan merupakan hal wajib selain perlu menciptakan bukit2 bebatuan yang berfungsi untuk mencerminkan karakter Layout itu sendiri.

r2 r3 r4r5

MbT telah mempersiapkan rumput artificial ini sudah cukup lama….namun karena rumput produk NOCH ini termasuk asesoreis dengan kualitas prima sehingga disimpan lama tidak berubah warna. Rumput produk Noch ini tersedia dalam bentuk lembaran kecil dan ada yang besar. Noch memproduksi jenis rumput ini dalam tiga warna pilihan sesuai musim….warna hijau segar, warna hijau sedikit kering dan warna coklat kering.

Pemasangan rumput sangat sederhana, dipotong dengan gunting sesuai keperluar dan ditempel dengan menggunakan perekan/lem putih seperti produk FOX.

Gelaran rumput langsung membuat LO berbeda terlihat lebih segar…apalagi ditambah dengan taburan balas disekeliling track….walaupun hanya rumput liar.

r6 r8 r9 r10

Tidaklah menarik kalau yang tampil hanya rumput2 liar disepanjang track…tentu saja rangkaian kereta akan passing pada track yang merupakan bintang yang selalu ditunggu oleh para rail fan ataupun penggemar kereta model.

Sebagai bintang yang tampil di midi LO kali ini adalah rangkaian box car Union Pacific, rangkaian box car ini ditarik oleh loko consist ALCO C630 yang sering tampil karena memang top markotop di era tahun 70an. Box car Union Pacific yang menampilkan color serba kuning khas Armour Yellow merupakan rangkaian box car pertama rolling di midi LO ini…

Dengan memanfaatkan jalur track yang cukup panjang meliuk maka rangkaian box car dapat berbaris hingga 18 gerbong ditambah 1 unit caboose yang dapat sekaligus dijepret pada satu sisi.

r11 r12 r13 r14

Track didepan station dengan tiga jalur termasuk satu jalur siding merupakan daerah yang digunakan loko-loko majang untuk diambil gambarnya alias sebagai catwalk. Daerah ini memang memudahkan pengambilan gambar dari berbagai sisi…..MbT sengaja mempersiapkan lokasi ini.

Kalau diperhatikan …daerah station ini terdapat beberapa bangunan yang sifatnya tidak permanen…alias ijinnya setara HGB saja…sehingga kalau MbT bosan dapat merobah dengan nuansa yang lain.

Saat ini terlihat dua unit loko sedang consist dengan lead loko Alco C630…sedangkan satu unit loko lain seri U pada posisi dijalur siding sedang bersiap akan bergabung secara consist untuk melengkapi menjadi 3 unit.

 

r15 r16 r17 r18

Rumput-rumput hijau disepanjang jalur memang sangat membantu penampilan layout…selanjutnya MbT juga akan melengkapi sepanjang jalur dengan batu ballast yang berfungsi untuk memperkuat posisi track ditempatnya. Pekerjaan pemasangan alias menanam rumput dan pohon merupakan pekerjaan pertamanan yang tidak sederhana.

Saat ini tersedia bahan untuk pertamanan dari beberapa produk terkenal dari eropa dan amrik, seperti produk Bush, Noch dan produk Woodlandscenic. Produk-produk ini sudah terkenal dikalangan penggemar kereta model….hanya saja tidak mudah mencarinya….selain impor melalui belanja online, di Jakarta sudah ada toko yang menjual khusus perlengkapan pertamanan dan pernik ballast yang sangat cocok untuk LO skala HO.

r19 r20 r21 r22

Keuntungan track/jalur panjang adalah penggemar kereta model dapat menampilkan koleksinya dengan dapat dilihat sekaligus berbaris pada track…termasuk curve dengan radius besar 26″ merupakan tuntutan para penggemar kereta model kalau akan rolling kereta/gerbong jenis panjang.

Diatas terlihat rangkaian loko seri SD40-2 dan SD38  sedang passing didaerah curve 26″ yang sudah ditumbuhi rerumputan disekitarnya. Rangkaian loko consist 3 unit ini menemani rangkaian consist lain 3 unit loko seri Alco C630.

r23 r24 r25 r26

Terlihat consist loco seri Alco yang terdiri dari 2 unit loko akan bertambah consist 3 unit loko…selanjutnya ketiga loko consist tersebut akan mengganding belasan gerbong jenis box car yang dimiliki armada Union Pacific.

r28 r29 r30r47

 

Sejak awal sudah terpikir bagaimana untuk dapat memandang rangkaian loko consist – belasan gerbong – caboose pada satu jalu terlihat semua…jalan keluarnya adalah memang harus membuat track panjang lurus ataupun melingkar pada satu sisi.

MbT telah menyiapkan track lurus dengan panjang hingga 4 meter…juga track yang melingkar dengan bentangan kurang lebih juga 4 meter untuk mengantisipasi rangkaian panjang.

Track lurus yang terletak dekat dengan dinding dengan elevasi 3cm merupakan track yang dapat menampilkan rangkaian rangkaian loko consist – belasan gerbong – caboose secara bersamaan.

r31 r32 r33 r34

Melanjutkan membahas soal rumput…tepatnya rumput liar yang tumbuh disekitar track, MbT sengaja selalu menempatkan atau membiarkan rumput liar tersebut tumbuh disepanjang jalur ….dan apabila pengambilan atau sudut foto memungkinkan, MbT selalu mengkombinasikan antara loko atau gerbong yang umumnya berwarna kuning atau abu-abu dengan warna rumput liar yang masih hijau.

Kombinasi warna dan hasil foto macro menunjukkan rumput terlihat tumbuh sehat. Pada artikel/posting kali ini MbT memang sengaja mengangkat tema rumput disekitar jalur/track….yang dapat dijadikan object yang menarik.

Tentu saja rumput pun memiliki type yang beraneka macam termasuk ukuran rumputnya pun bermacam…dan rumput liar selalu terkait dengan daerah sekitar atau bukit bebatuan.

r35 r36 r37 r38

 

Midi LO MbT yang memiliki double deck track merupakan LO yang ternyata tidak sederhana untuk menyelesaikan pemasangan diorama..khususnya untuk menyelesaikan unsur pegunungan..bukit..daerah hijau..ataupun daerah kering, hal ini dikarenakan lahan atau tempat datar untuk tumbuh hamparan rumput tidak banyak. Praktis deck yang diatas telah dipenuhi dengan track dan bangunan…sehingga hanya tersisa beberapa luasan yang dapat ditumbuhi oleh rumput.

Sebenarnya MbT menilai ini merupakan keuntungan…karena dengan lahan yang terbatas maka tidak banyak material khususnya terkait dengan pemasangan area hijau…alias mengurangi budget.

r39 r40 r41 r42

Rumput pada umumnya selalu tumbuh didaerah yang rendah karena disana kandungan airnya cukup…termasuk pada pinggiran track yang memiliki posisi rendah umumnya akan ditumbuhi rumput liar. Selain itu pada daerah yang jarang dilalui atau diinjak maka dapat tumbuh rumput liar.

Pada midi LO dapat diperhatikan bahwa daerah yang rata dan rendah ditumbuhi ruput, juga tentunya pada halaman atau taman disekitar bangunan… Pada perbukitan juga terlihat rumput liar tumbuh diantara batu karang.

Jangan lupa pemasangan backdrop juga merupakan tambahan yang sangat membantu jarak pandang dan nuansa latar belakang LO…dan ternyata backdrop nuansa padang rumput dan langit biru sangat mempesona…MbT memanfaatkan produk Faller.

r43 r44 r45 r46

Untuk loko yang sedang consist…khususnya untuk para masinis juga memerlukan view yang menyejukkan…dan rerumputan dan pepohonan hijau sebenarnya sangat penting untuk mengurangi kelelahan mata.

Itu salah satu alasannya kenapa pada hidung loko pada bagian datar dicat warna hijau doff yang selain menghindarkan silau mata juga membuat pandangan teduh..

…yang pasti hamparan rumput membuat MbT mempunyai view yang teduh.. Pada awalnya midi LO MbT ini akan dirancang dengan 10% luasannya berwarna hijau, 20% diisi bukit dan bebatuan, 20% untuk bangunan dan sisanya 50% merupakan track area. Dari pembagian tersebut yang 10% untuk warna hijau ternyata sulit ditrapkan.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menggabungkan nuansa double decker layout dengan membagi deck atas DC rail dan deck bawah AC rail…perlu sekian banyak kompromi.

r48 r49 r50 r51 r52

Menyinggung rangkaian kereta consist dengan menarik belasan gerbong jenis box car…MbT merangkaikan dengan box car warna kuning khas Union Pacific. Box car terdiri dari box car dengan panjang 50′ yang memiliki berbagai jenis pintu samping yang digunakan untuk memasukkan dan mengeluarkan muatan.

Pintu merupakan jenis sliding door dengan sistim mekanis manual, gerbong dilengkapi dengan single door atau double door sliding, beberapa gerbong dilengkapi dengan cushion door yang tentunya dapat menutup sevara rapat kedap cuaca. Box car ini masih beredar hingga tahun 70an… Kalau dilihat dari slogan dan tulisan yang terpampang pada sisi samping…terbaca bahwa Union Pacific memang serius untuk mempersiapkan sarana transportasi kereta barang.

Terakhir sedikit rekomendasi bahwa box car buatan Athearn tersebut yang merupakan produksi tahun 2005, 2006 dan 2008 sangat layak untuk dijadikan koleksi. Athearn memproduksi dengan dilengkapi steel wheel yang sangat presisi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: