Gerbong tanki panjang mulai berkeliaran di midi LO

Gerbong tanki panjang atau gerbong barang lain yang memiliki ukuran fisik lebih panjang dari ukuran normal apabila rolling pada daerah yang banyak perputarannya maka harus dipikirkan curve yang lumayan lebar dengan curve radius minimum  26″.

Pada midi LO MbT sejak awal sudah mulai dipikirkan penggunaan curve dengan radius 24″ dan 26″ dan tentunya juga memikirkan turn out dan double turn out yang sleek alias sudut lebar.

Gerbong tanki panjang ataupun gerbong barang pada era modern ini banyak dibuat oleh para industri dengan ukuran-ukuran yang extra panjang yang tentunya diikuti oleh pabrikan kereta model tentunya.

s9 s10 s11 s12

Diawali dengan tampilnya gerbong tanki Ethanol…..terlihat panjang memenuhi LO MbT, kalau pada LO MbT awal …gerbong ini pasti derail saat melalui curve ataupun TO…tapi saat ini dengan persiapan yang sesuai…syukurlah  gerbong tanki tersebut dapat melaju dimanapun berada.

Tank car yang dibuat hingga kapasitas 33K gallon ini ada yang dilengkapi dengan sistim insulation sehingga dapat memuat LPG. LPG merupakan bahan bakar gas cair (Liquid Petrolium Gas) yang sangat dibutuhkan oleh beberapa power plant atau untuk bahan bakar kendaraan.

Tank car pembawa LPG ini tentu saja memiliki tingkat keselamatan yang tinggi termasuk sistim valve yang dilengkapi katup pengaman yang dapat di buka saat keadaan darurat.

s17 s18 s20 s21

Gerbong tanki ethanol, ethyl alcohol dan lequid lain merupakan pembawa muatan cair dari daerah industri yang dipindahkan dari satu kota kekota lain melalui jalur kereta. Gerbong tanki yang memiliki kapasitas muat minimal 30,000 gallon ini merupakan gerbong yang membawa beban Ethanol cukup berat …sehingga rangkaiannya perlu ditarik oleh consist beberapa loko.

Ternyata setelah diletakkan diatas track Layout memang termasuk gerbong panjang juga, dan perlu diperhatikan bahwa boogie dari gerbong ini menuntut curve lebar dengan radius minimum 26″….kurang sedikit maka akan terjadi derail.

s19 s23s24s26

Gerbong/ tank car yang dimiliki oleh armada ULTX merupakan tank car terbesar saat ini…selain warna hitm tank car ada juga yang berwarna putih juga warna biru.

Sedangkan model dari Gerbong tanki panjang era modern ini banyak dibuat oleh para industri pabrikan kereta model kondang seperti Atlas….dan untuk yang tampil di midi LO MbT ini diwakili dari buatan Athearn.

Hal detail yang menarik adalah running board tempat jalan orang yang dibuat oleh pabrikan kereta model dengan sangat detail menggunakan laser cutting system. Juga pemasangan coupler yang tepat dengan type proteksi tidak lepas saat gerbong naik dan turun beda tinggi.

s13 s14 s15 s16

Gerbong tanki besar2 ini beroperasi dibeberapa negara bagian di Amrik sana, dimulai dari kebutuhan sebagai additive bahan bakar akan digunakan minyak jagung (didukung oleh peraturan pemerintah untuk mengurangi polusi sejak tahun 2004) maka bertumbuhan lah pabrik2 pengolah jagung menjadi minyak jagung.

Permasalahannya tidak semua negara bagian di Amrik sana memiliki ladang jagung yang luas sehingga jagung yang diolah menjadi minyak tersebut perlu didistribusikan kedaerah lain dalam jumlah yang sangat besar….dan sistim transportasi yang digunakan adalah menggunakan jalur kereta api…maka timbulah tank2 berukuran besar.

s22 s25 s27 s28

Tanki yang lebih besar lagi berukuran 33.9K Gallon pembawa LPG juga telah dibuat oleh pabrikan kereta model dan sangat unik melintas di midi LO MbT…gerbong tanki ini sangat panjang sehingga tidak mungkin dapat beroperasi pada curve dibawah 26″….seperti disebutkan diatas bahwa boogie nya tidak ada kompromi.

Namun apabila terjadi kondisi yang memaksa harus melewati curve  lebih kecil dari 26″ dikarenakan saat menggelar track dengan menggunakan flex track terjadi ketidak akuratan, maka dapat disiasati menambah spacer pada boogie sehingga posisi gerbong terangkat sekitar 1 mm yang mengakibatkan boogie dapat bernegosiasi lebih luwes.

s1 s2 s3 s4

Loko consist merupakan gabungan loko jenis SD40-2 yang merupakan jenis loko terpopuler saat itu lantaran memiliki kemampuan tarik yang luar biasa walaupun fisiknya tidak besar……dan tentu saja loko ini milik armada raksasa Union Pacific tampil dengan warna Kuning cerah khas Union Pacific.

Dengan sangat gagahnya kedua loko ini menarik rangkaian gerbong jenis tanki ukuran besar.

MbT memilih loko jenis SD40-2 lantaran loko ini merupakan kuda kerja yang selalu wira wiri didaerah industri dengan sesekali melaksanakan tugas sebagai switcher. ..karena loko ini populasinya sangat banyak maka tidak sulit mencari keberadaannya pada setiap area industri.

s5 s6 s7 s8

Kalau diperhatikan lebih seksama sebetulnya loko jenis SD40-2 tergolong loko dengan frame body yang panjang….dengan deck yang lebar pada bagian depan dan belakang sehingga petugas yang mengawasi kerja sebagai road switcher dapat berdiri pada platform ini.

Rangkaian loko consist dan gerbong tanki Pada midi LO MbT ini mencoba menempati jalur tengah…..sehingga perlu bergeser dari posisi siding dengan lansir sejenak. Penggunaan turn out panjang dari produk Roco dan penggunaan curve dengan radius 26″  sangat tepat untuk operasi ini…..digabung dengan turn out dan double turn out yang memilik sudut lebar pula.

s29s30s31s33

Gerbong tanki panjang ataupun gerbong barang pada era modern ini memiliki warna hitam kelam…sehingga dalam tahapan fotography harus memikirkan pencahayaan yang cukup. Hasil foto yang cukup terang dengan banjir cahaya harus kompromi antara memperjelas tampak gerbong tanki hitam dengan sedikit lebih terang pada bagian object lain tentunya.

Warna hitam pada gerbong tanki sangat cocok dipadukan dengan loko warna Kuning milik armada Union Pacific, dengan beberapa gerbong melaju terlihat cukup sexy meliuk pada setiap turn out yang dilalui nya.

Roda metal yang terpasang pun merupakan produk dengan kualitas prima, tanpa ada hambatan dan tanpa suara…roda menggelinding lancar pada track.

s32 s34 s35s36

Saat melalui double cross juga cukup aman tanpa kendala, dilanjutkan menyusur layout MbT menempuh curve 26″ yang terdapat pada 7 sudut midi LO termasuk melalui beberapa girder bridge Union Pacific.

Gerbong tanki ini memang pantas dijadikan object fotography disegala posisi…termasuk sudut pengambilan gambar yang beragam menghasilkan tampak yang gagah gelap gahar.

s37 s38 s40 s41

Walau deorama midi Lo MbT belum tuntas pengerjaannya terutama pada bagian pembuatan perbukitan, tanaman dan tentunya beberapa lampu dan sinyal…namun track nya sudah lancar maju bareng sehingga percobaan rolling dengan berbagai jenis gerbong dan loko dapat dilaksanakan.

Karena belum tuntasnya detail deorama …terlihat banyak foto2 yang sudut pengambilannya mengarah kepada object gerbong atau lokonya…dan ini merupakan kesempatan untuk meneliti keakuratan track yang sudah digelar.

Benar saja pada daerah looping ternyata sepotong track yang terpasang kurang panjang…hanya cukup untuk looping dengan 2 loko consist…padahal kapasitas looping track untuk controller produk Digitrax ini mampu digunakan hingga 4 loko masuk didalam looping track. Alhasil dilakukan modifikasi terlebih dulu terhadan looping track dengan menambah 1 flex track produk Roco sepanjang 90cm

s38 s42 s43 s44

Untuk track lainnya termasuk sudah bagus termasuk didaerah jembatan, turn out dan curve area…hanya saja sudut2 pengambilan foto masih sangat terbatas karena saat ini Mbt sengaja mengambil pemotretan dengan berusaha menyembunyikan bagian deorama yang belum terselesaikan.

Tahapan yang sedang dikerjakan untuk menyelesaikan LO adalah menutup bagian tebing dan bukit, setelah pada awal dipasang kawat kasa/ram alumunium dilanjutkan dengan melapis menggunakan kompon warna putih sebagai dasar kontur. Setelah kering dilanjutkan dengan menyiapkan lapisan terbuat dari bubur koran.

Nantinya setelah bubur koran kering MbT akan memasang beberapa batu tebing sebagai aksen kesan khas Amrik…dan pada posisi vertikal akan dilabur dengan warna coklat dan pada bagian lereng atas akan ditanam beberapa vegetasi.

s45 s46s49s48

Akhir ulasan ini menyimpulkan bahwa gerbong tanki ukuran besar alias panjang perlu persiapan LO dengan curve minimum 26″ termasuk turn out sudut lebar…tanpa memperhatikan dan menyiapkan hal ini…maka akan terjadi derail.

Rangkaian loko consist dengan gerbong tanki ini terlihat berpapasan dengan road switcher SD-38 yang memiliki tugas menarik beberapa hopper car. Secara umum MbT merasa puas terhadap pagelaran track AC dan DC yang dibuat ahli-ahli muda dan dibuat terletak dalam satu meja…MbT juga merekomendasikan untuk  membuat double level seperti diatas….selain menghemat tempat juga memberikan kenikmatan dapat mengoperasikan dua system dengan pengawasan bersamaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: