Rangkaian gerbong pembawa beban berat

Sistim moda transportasi darat yang dapat membawa muatan ataupun komoditi dalam jumlah besar adalah dengan menggunakan rangkaian gerbong kereta api..dan untuk antar pulau dan benua menggunakan moda transportasi Laut.

Rangkaian kereta api dapat membawa beban berat dalam bentuk muatan cair, muatan curah ataupun general cargo yang diangkut dengan sistim peti kemas/containers.

Termasuk pada modelrailroad/ kereta model rangkaian kereta api dengan puluhan gerbong jenis tanki, curah ataupun peti kemas juga menjadi daya tarik tersendiri….hal ini lantaran puluhan gerbong tersebut sangat indah dilihat dan menarik untuk dikoleksi……dan yang perlu diperhatikan adalah bahwa rangkaian panjang dengan membawa beban berat tentu butuh motivepower yang mampu yaitu beberapa loko yang berjalan secara consist.

c1 c2 c3 c4

MbT menampilkan rangkaian gerbong pembawa beban berat dengan menggunakan sistim peti kemas/containers yang diangkut dengan gerbong khusus yaitu jenis well car. Gerbong jenis wellcar dapat memuat peti kemas dengan ukuran standar berdasarkan panjang peti kemas dan dapat dibawa secara tumpuk/susun dua tier/dua stack.

Pada simulasi di midi LO ini MbT menampilkan rangkaian well car yang terdiri dari 18 gerbong yang ditarik oleh 2 unit loko Diesel secara consist….prototype ataupun real dari moda transportasi ini ditarik oleh 4 loko atau lebih dan dapat menarik puluhan hingga seratus lebih well car .

c5 c6 c7 c8

Well car yang tampak berwarna kuning menyerupai armada UP ini sebenarnya milik perusahaan transportasi TTX (sebelumnya bernama Trailer Train) yang sangat terkenal di Amrik sana berdiri sejak Desember 1955 berpusat di Chicago, USA. Kalau diperhatikan sistim well car ini mempunyai penyambungan boogi gabungan setiap 3 gerbong well car disebut sistim articulated…walaupun ada juga yang merupakan single car. Gerbong well car ini juga sering disebut double stack well car karena konti ditumpuk dua.

Well car atau double-stack car ini sengaja dibuat dengan desain untuk mengangkut peti kemas….gerbong ini dibuat bagian tumpuan muatannya turun kebawah mendekati rel/track kereta dengan posisi diantara kedua roda depan/wheel truck danroda  belakang tiap gerbong/well car tersebut.

c26c27c25c20

Rangkaian well car saat ini merupakan pilihan utama untuk mengangkut konteiner, sistim articulated juga terus dikembangkan dan yang populer sistim artikulated terdiri dari 3 gerbong dan 5 gerbong, hal ini membuat rangkaian wellcar lebih efisien karena pada setiap sistim sambungan hanya diperlukan satu truck sebagai roda penumpu wellcar, untuk sistim 3 gerbong articulated terdapat 2 truck saja diantaranya.

Perancang wellcar dengan sistim articulated telah memberikan nama atau code sendiri terhadap wellcar tersebut. Pada setiap ujung rangkaian articulated well car diberi code dengan huruf A dan B artinya bagian wellcar inilah yang dilengkapi dengan coupler. Sedangkan wellcar yang teletak ditengah diberi code C untuk sistim 3 wellcar articulated yang merupakan wellcar yang menumpu pada sebuah truck articulataed atau code C, D, E untuk rangkaian articulated yang terdiri dari 5 wellcar.

c18 c17 c19c33

Desain Wellcar memungkinkan penempatan peti kemas posisinya lebih rendah jika dibandingkan penempatan peti kemas diatas flat car biasa, sehingga memungkinkan apabila ditumpuk dua masih memiliki ketinggian yang cukup untuk meliwati jalur yang ada yang memiliki tunnel ataupun bridge/jembatan.

Peti kemas yang diatas ditumpuk diatas petikemas yang dibawah tepat pada tumpuan yang dilengkapi sistim pengunci sehingga aman dalam transportasi. Sedangkan peti kemas yang dibawah menumpu tepat pada peti kemas pad yang standar lengkap dengan pengunci. Hal posistif lain dari sistim well car ini adalah menambah satabilitas wellcar karena titik berat muatan posisinya lebih rendah.

c13 c14 c15 c16

Loko Diesel EMD SD90 dari armada UNION PACIFIC oleh MbT dipercaya sebagai motivepower untuk menarik rangkaian wellcar sebanyak 18 unit….tentu saja hal ini sangat ringan bagi kedua loko EMD SD90 yang berjalan secara consist. Kedua loko ini terlihat sangat gagah karena memiliki tubuh yang bongsor dan panjang.

Loko Diesel SD90 merupakan produk kebanggaan dari pabrikan kereta model KATO dari Japan yang masih diproduksi sampai saat ini yang dipasarkan oleh KATO USA, demikian pula untuk wellcar type articulated 3 gerbong juga merupakan produk KATO. Sesuai pengamatan Mbt Wellcar ini diproduksi KATO setiap 2 tahun, artinya para kolektor dapat menunggu dan membeli wellcar produk KATO ini setiap 2 tahun dengan road number yang berbeda.

c9c10c11c12

Model dari well car tersebut dibuat dengan sangat akurat oleh para pabrikan kereta model terkenal antara lain oleh pabrikan KATO, ATHEARN juga INTERMOUNTAIN. Ketiga pabrikan tersebut ternyata membuat model well car ini berbeda dari jenis dan ukurannya…antara lain dibedakan sistim articulated, sistim single car dan ukuran panjang sesuai ukuran peti kemas nya.

Untuk produk KATO dibuat khusus dengan desain mampu membawa konteiner ukuran panjang hingga 53′ yang merupakan kontainer panjangnya melebihi standar yaitu yang sering kita kenal dengan panjang 40′, sedangkan Athearn membuat wellcar jenis single dengan mampu mengangkut konti hingga panjang 5′.

c30 c31 c32 c34

Membahas jalur yang dilalui oleh rangkaian well car….rangkaian wellcar ini banyak wira wiri di Amerika Utara …termasuk ke Canada sampai ke Mexico. Sedangkan modelnya cukup mondar mandir di midi LO MbT yang kalau diambil track lurusnya mampu hingga 24 gerbong wellcar dengan 2 loko consist.

Sengaja saat ini jalur MbT ditest habis2an dengan berbagai macam loko dan gerbong untuk mencari kekurangan2 nya demi perbaikan kedepan….sampai saat ini masih aman….namun di daerah curve atau tikungan harus berjalan agak perlahan karena gaya centrifugal dapat mengakibatkan gerbong terbalik.

c35 c36 c37 c38

Untuk jalur yang melewati jembatan sudah dipersiapkan dapat diliwati oleh wellcar double stack, beberapa jembatan/bridge yang dipasang memiliki ketinggian yang dirancang cukup untuk dilalui rangkaian gerbong wellcar dengan double stack. Jembatan buatan Marklin Germany dan Cornerstone dari Walthers sangat cocok untuk jalur wellcar double stack.

Seperti pernah disebutkan bahwa track yang digunakan pada bridge merupakan track khusus untuk bridge dengan code 83. Rangkaian gerbong apabila melalui bridge maka merupakan object untuk diperhatikan dan perlu diabadikan. Hasilnya memang sangat menarik…..apalagi kalau pada bridge dengan dua jalur terlihat dua rangkaian kereta saling berpapasan…sangat ditunggu bahkan MbT mengatur laju kedua kereta supaya dapat berpapasan pada jembatan.

c39 c40 c41 c42

Rangkaian wellcar yang ditarik oleh dua loko EMD SD90 ini terlihat berpapasan dengan rangkaian loko consist head to head dengan menarik beberapa belas hopper car, loko yang terdiri dari jenis SD50 ini juga menarik beban yang cukup berat. Kedua loko SD50 milik armada UNION PACIFIC ini merupakan produk dari Athearn seri Genesis yang detailnya lumayan baik.

Saat berpapasan didepan station terlihat loko SD90 berhenti diarea siding track hal ini memberikan kebebasan kepada loko lain yang akan melalui jalur 1 bagian dalam ataupun jalur 2 bagian luar. Didaerah dekat station MbT sengaja selalu mengabadikan wujut double crossing track yang menunjukkan bahwa rangkaian kereta yang liwat dapat berpindah antara jalur 1 dan jalur 2.

c43 c44 c45 c46

Seperti disebutkan diatas saat Loko SD50 dari armada Union Pacific dengan road number #2500 berpapasan dengan rangkaian wellcar tepat didepan station…..terlihat double crossing track yang sangat menarik untuk diabadikan…..double cross turn out ini merupakan icon dari midi LO MbT yang mekanisme penggeraknya menggunakan motor listrik produk Tortoise yang sangat presisi itu.

Selanjutnya saat SD90 sudah bergerak dan sampai pada jalur track lurus dan juga SD50 melanjutkan perjalanannya keluar dari area station maka akan terlihat berada pada area track lurus dijalur luar yang posisinya sedikit naik pada elevasi 3cm an.

c47 c48 c49 c50

Loko consist SD90 saat memasuki track lurus dapat melaju dengat kecepatan penuh 70mile perjam, walau rangkaian gerbong wellcar masih berada pada daerah curve dibelakangnya namun karena curve tersebut memiliki diameter besar 24″ maka rangkaian ini dapat melaju cukup aman.

c51 c52 c53 c54

Secara keseluruhan jalur atau track pada midi LO MbT dapat dinilai bagus dan aman termasuk jalur pada bridge, turn out, track lurus dan track curve nya. Pekerjaan rumah yang masih banyak adalah menyelesaikan pemasangan detail dan deorama meliputi pasir balas, perbukitan, tanaman, tiang telpon dan jalan mobil.

Saat kedua rangkaian tersebut berada pada track lurus yang memiliki elevasi yang berbeda….rangkaian kereta yang menarik beban berat dalam hopper masih tampak tidak terhalang oleh rangkaian kereta penarik beban berat dalam kontainer walaupun kontainer tumpuk/stack pada well car.

c28 c55 c56 c57

Akhir dari perjalanan rangkaian kereta yang terdiri dari dua loko consist SD90 dari armada UNION PACIFIC yang menarik 18 gerbong containers jenis wellcar menghasilkan beberapa rekomendasi dan catatan yaitu pertama gerbong jenis wellcar merupakan jenis yang wajib dikoleksi para penggemar kereta model, kedua diperlukan track lurus cukup panjang supaya rangkaian wellcar dapat terlihat hingga 20an gerbong.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: