Deorama berdasarkan selera… (1)

Selain kerumitan dan keanekaan jalur atau track serta berbagai jenis lokomotive termasuk jenis Loko Uap, loko Gas, loko Listrik juga loko Diesel dan bermacam gerbong/wagon mulai jenis flat car, gondola, box car, tank car, pascar atau jenis lain….para penggemar kereta model juga menyukai beberapa nuansa sekitar jalur kereta.

Beberapa penggemar kereta model Amrik, Eropa, Japan ataupun Indonesia telah membuat layout dengan menerapkan deorama berdasarkan cuplikan lokasi sebenarnya dikarenakan daerah tersebut memang memiliki cerita tersendiri.

Selain itu tidak sedikit penggemar kereta model yang membuat deorama secara bebas dengan hanya memberi nuansa tertentu seperti daerah pemukiman/urban, daerah alam pegunungan atau daerah industri.

Seluruh nuansa deorama tersebut diatas yang tetap tidak terlupakan adalah station kereta api didaerah tersebut mulai dari bangunan kecil sederhana hingga daerah ramai dengan station kereta yang cukup besar.

dd1 dd2 dd3 dd13

Deorama yang dibangun MbT sedikit unik karena dasar pemikirannya sangat beda dengan yang diatas….pertama adalah luas lokasi ruang untuk membuat deorama yang sangat terbatas, kedua menggabungkan nuansa alam dan perkotaan era III dengan maksud deorama dapat berlaku untuk lalu lalang kereta jenis locomotive uap juga jenis locomotive Diesel, ketiga MbT telah memiliki beberapa bangunan yang pernah digunakan pada LO sebelumnya serta beberapa bangunan baru yang juga sudah tersedia lebih dahulu….nah tentunya harus dimanfaatkan alias dipasang pada midi LO yang sekarang ini.

Keempat yang merupakan yang paling sulit adalah bahwa deorama atau bangunan yang akan dipasang harus menggabungkan suasana jalur Amrik dan jalur Eropa…. Kelima MbT membangun atau menempatkan bangunan di midi LO tidak secara permanen…artinya setiap saat dapat diangkat dipindah-pindah untuk merobah posisi bangunan2 yang ada.

Dengan kelima dasar pemikiran tersebut maka terciptalah deorama yang sangat flexible ….suasana dapat berobah-obah sesuai dengan kenginan…yang merupakan deorama tetap tidak berobah hanya pegunungan, konstruksi jembatan dan jalan kendaraan.

dd4 dd5 dd10 dd11

MbT memulai dari station yang memiliki jalur DC terletak pada posisi jalur lurus. Pada area station dengan 3 jalur ini, MbT menempatkan sebuah station era lama Union Pacific style dengan genteng warna hijau…station tidak besar namun cukup berkarakter produk dari Walthers cornerstone. Deorama tidak sulit…..denganrencana  cukup memasang lampu jalan disekitar station dan menempatkan beberapa bangunan. Pada seberang station akan dibangun jalan mobil aspal dengan menggunakan produk Noch… Station ini diapit oleh bangunan pompa bensin dan crossing gate yang akan dipasang segera …..pompa bensin merupakan produk Woodland scenics.

Disamping track distation terdapat jalan raya yang cukup ramai dan jalan ini berhubungan langsung dengan track…sehingga para rail fan atau masyarakat dapat dengan senang melihat dan menikmati lalu lalang kereta api dengan cukup dekat dan jelas. Perlu diperhatikan juga saat memilih jenis jalan raya yang akan dipasang…mulai dari lebar jalan raya dan juga jenisnya aspal atau concrete …aspal yang berwarna hitam dan concrete abu2….

dd6 dd7 dd8 dd9

Tidak jauh dari station pada lintasan jalan yang memotong 3 jalur kereta akan dipasang crossing gate….bagian ini juga merupakan daya tarik tersendiri dari deorama secara keseluruhan.

Diarea station MbT menempatkan beberapa puluh figur yang bertujuan untuk menambah kehidupan distation. Figur terdiri dari calon penumpang kereta api termasuk pengantarnya, beberapa person pekerja dan petugas station. Disekitar station MbT perlu menanam beberapa pohon besar dan tentunya tanah terbuka juga diberi tanaman rumput.

Di area station nantinya akan dipasang  juga beberapa lampu jalan….lampu ini produk dari Viessmann ..namun tetap cocok untuk nuansa Amrik.

dd12 dd14 dd15dd25

Masih didekat station…terlihat sebuah tanki air era III yang digunakan untuk mengisi air Steam locomotive. Pada phase selanjutnya MbT akan melengkapi beberapa tanda/signal untuk kereta api masuk dan keluar station, sinyal yang MbT pilih adalah jenis semaphore yang membuat kenangan tersendiri karena jenis ini dulu sering kita lihat juga didaerah station milik PJKA atau DKA barangkali.

Semaphore sangat antik karena pergerakan lengannya memilik arti stop dan jalan, MbT memilih semaphore juga produk dari Viessmann…..perlu MbT infokan bahwa power supply untuk lampu2 dan sinyal dibuat terpisah dengan menggunakan power supply 18VA buatan Marklin…dan sistim ckontrol nya juga menggunakan tombol on off buatan Marklin yang cukup sederhana.

dd16 dd17 dd18 dd19

Deorama dan asesori untuk Lay Out memang sangat beragam dan kalau kita tidak pikirkan atau menyiapkan dengan seksama bisa kejadian asesori yang sudah tersedia tidak terpakai..terutama untuk menyiapkan bangunan2 ataupun figur2 ternyata tidak mudah karena kedua jenis tersebut sangat beragam pilihannya….kalau mengenai pepohonan dan tanaman …hampir sebagian besar dapat cocok untuk segala suasana…alias pasti terpakai.

Pada midi LO MbT lebih banyak menyiapkan bangunan2 kearah industri termasuk beberapa pabrik dan perkantoran pergudangan. MbT memilih bangunan dari produk Walthers cornerstone dan juga produk Faller….untuk bangunan didaerah jalur DC terlihat 95% merupakan gaya Amrik produk dari Walthers Cornerstone.

dd20 dd21 dd23 dd32

Kalau diperhatikan bangunan station memang merupakan objek yang tidak membosankan, sehingga dalam satu lajur MbT telah menempatkan dua buah station yang berbeda gaya arsitek nya, sebuah bangunan station bergaya Mexico merupakan pilihan yang menarik.

Dengan memanfaatkan teknik photography… MbT mencoba mengabadikan bangunan tersebut dengan khusus tanpa terpengaruh lingkungan ..yang kalau kita lihat secara wide angle sebenarnya terdapat dua station yang berdekatan jaraknya.

dd22 dd24 dd31 dd32

Untuk daerah Station Union Pacific style terlihat lahan parkir yang cukup luas menandakan bahwa station ini sering disinggahi kereta api penumpang….dan model taxi kuning chevi keluaran tahun 70an membuktikan bahwa jenis bangunan tersebut masih awet gaya arsiteknya yang dibangun sejak tahun 50an.

Bangunan khas dengan cerobong asap dari pemanas ruangan sangat dibutuhkan untuk daerah yang mengalami empat musim. Area station yang memiliki tiga jalur kereta api digunakan untuk jalur kereta penumpang juga barang. Untuk mengamankan jalur ini terdapat rumah sinyal mungil yang dibangun dekat crossing gate.

dd27 dd28 dd29 dd30

Masih didaerah lingkaran sebelah kanan, MbT menempatkan beberapa bangunan yang mengidentifikasikan daerah industri. Sebuah bangunan factory tepung terigu terletak dilantai track dasar, bangunan ini sebetulnya bukan barang langka karena bangunan-bangunan tersebut merupakan koleksi lama MbT produksi Cornerstone Walthers.

Bangunan tersebut berdiri dilahan yang sangat terbatas, bahkan karena sudah tidak ada lagi tempat di deck atas daerah lajur DC maka MbT menempatkan bangunan tersebut dideck bawah didaerah lajur Marklin AC..terlihat berdiri kokoh disekitar tunnel. Ternyata masih dapat juga membentuk nuansa sesuai keinginan tanpa rencana sebelumnya.

Bagian seksi layout yang lain masih dalam proses pengerjaan yang ternyata memerlukan waktu yang tidak sebentar…termasuk tahapan melengkapi deorama dengan lighting serta pepohonan.

Tips: Luangkan waktu untuk selalu me refresh layout supaya tetap semangat.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: