Gelar jalur baru…

Ekspansi jalur kereta tentunya merupakan obsesi semua penggemar kereta model, namun untuk mewujudkan selalu banyak kendala yang harus diselesaikan dengan bijak. Seperti halnya pembangunan2 disektor yang lain hal Pertama yang harus diselesaikan adalah “mendapatkan ijin membangun/ekspansi” karena apabila ijin sudah keluar maka pembangunan akan lancar.

Perihal kendala Kedua  yang dihadapi adalah faktor lokasi yang harus melampaui beberapa rintangan terutama “penggusuran” beberapa area dan menata kembali menjadi lokasi jalur baru yang akan dibuat.

…dan yang terberat yaitu hal ketiga adalah faktor anggaran yang harus direncanakan sebelumnya secara matang supaya tidak tersendat ditengah jalan…maklum anggaran belanja untuk membangun jalur baru harus harus dibuat multi years.

n1c49p37a48

MbT yang sudah cukup lama menggunakan jalur pada mini layout dengan bentuk L shape merencanakan untuk merobah jalur dengan menambah panjang lintasan dan memperbesar curve yang ada….dan ternyata untuk memenuhi hal ini MbT harus merobah total track layout yang ada.

Masih ingat tentunya dengan beberapa foto diatas, daerah atau lokasi dalam foto diatas merupakan daerah yang perlu dikoreksi pada gelaran jalur baru MbT, dimulai dari track putaran (MbT menyebut sebelah kanan) yang merupakan track berputar nya rangkaian kereta harus melalui curve maksimum 22″ …walaupun loko steam seri Big Boy dapat melaluinya dengan hati2..MbT akan mengkoreksi jalur ini menjadi curve 24″ dan curve 26″

Ternyata untuk memulainya juga tidak mudah …dengan membuat track plan terlebih dulu maka terlihat bahwa kebutuhan track lengkap dengan segala jenis aksesorinya cukup banyak.

Sebelumnya MbT sudah terbiasa menggunakan track dengan code 83 maka jalur DC yang baru nanti tetap mempertahankan code 83 juga….tentu dengan menginfentaris track lama mana yang masih dapat digunakan….yang pasti utuk curve 18″ dan Turn Out yang lama harus ditinggalkan dan diganti dengan yang #lebih besar.

1t t8 t23

Para pengunjung blog Masinis Bintaro pasti bertanya-tanya karena foto2 yang ditampilkan saat ini bukan merupakan jalur track untuk loko aliran DC yang selama ini terlihat mondar-mandir armada Union Pacific diatasnya.

……ya sebelum menggelar track DC…terpikir bahwa kenapa tidak sekalian menggabung Layout untuk DC juga dengan AC….hal sulit mulai muncul lagi, setelah diputuskan bahwa jalur track AC akan mendominan dibagian bawah dan jalur track DC akan terletak diatas maka konsekwensinya MbT harus menggelar track AC terlebih dulu.

…..terlihat track AC lingkaran/curve sebelah kanan ini merupakan juga putaran balik semua rangkaian kereta dari kedua arah. Lokasi awal memang terbatas sehingga hanya mampu dibuat dengan curve 22″.

Untuk rencana saat ini daerah putar sebelah kanan ini dibuat sehingga mampu untuk digelar dengan curve hingga 26″..pada bagian ini MbT melebarkan meja track plan beberapa puluh cm.

Daerah kedua yang selalu merupakan object yang menarik merupakan jalur didepan station kecil merupakan jalur yang akan menuju daerah yard dan side pada jalur berikutnya…MbT akan mengkoreksi jalur ini dengan menggunakan curve 24″ dilanjutkan dengan track lurus ganda yang bersambung ke daerah station baru.

Jalur lurus ganda dengan beberapa track yard yang terlihat pada foto berikutnya juga akan dikoreksi dengan jalur yang lebih panjang. Untuk mendapatkan tingkat kesulitan yang menantang maka pada lingkaran sebelah kanan MbT hanya menggelar satu jalur saja sehingga rangkaian kereta masuk dan keluar ke jalur ganda akan diatur dengan menggunakan turn out.

3t 4t 5tt6

Alasan utama MbT kenapa track DC diletakkan diatas karena supaya rangkaian DC dapat terlihat langsung sedangkan jalur AC dapat blusukan dibawah jalur track DC.

Dua jalur ganda tersebut terus mengelilingi mini Lay out MbT yang kalau dihitung panjang track berjalan mengeliling Lay Out dapat mencapai 24m…tentu saja MbT juga memperpanjang meja track yang sudah ada sepanjang dua setengah kali panjang meja awal…..dan membentuk formasi capit kepiting.

Jalur masuk ke station dari lingkaran kanan langsung disambut oleh double slip dengan melalui dua buah Turn out yang tepecah masuk ke double slip atau berjalan lurus saja.

2t t7t9t10

MbT merupakan hal pertama kali untuk mencoba menggelar jalur AC, walaupun ada beberapa pilihan type track namun MbT memilih track type C Track produk Marklin hal ini lantaran lebih mudah mendapatkannya….MbT mencicil mengkumpulkan C Track ini sejak beberapa tahun lalu…sehingga track plan nya sudah terlihat sebelumnya…hanya saja beberapa material masih harus ditunggu keberadaannya walau cuma beberapa keping track lurus pendek.

Mungkin tamu blog MbT ini sedikit heran kenapa MbT pindah aliran….oh tidak juga MbT justru menambah aliran supaya para penggemar kereta model dapat tetap semangat …terutama para hobby shop khusus kereta model dapat bertambah terus di Indonesia ini.

t11 t12 t13 t22

Konsep utama MbT adalah membuat kedua jalur AC dan DC tersebut tanpa ada elevasi artinya masing-masih jalur AC dan DC terletak di bidang datar yang rata, sehingga pada jalur  kalau ketemu jurang atau sungai dipasang jembatan dan kalau ketemu bukit ya dipasang tunnel/terowongan.

MbT membuat track plan berdasarkan beberapa referensi dan tentunya penyesuaian dengan area lokasi yang tersedia ditambah dengan material yang sudah ada.

t8 t14 t15 t20

Dengan mengacu pada track plan yang baru ternyata masih banyak dibutuhkan material track dari mulai yang lurus dan yang curve….terpaksa MbT harus sedikit blusukan mencari keberadaan kekurangan track tersebut.

Hal yang menurut MbT perlu mendapat perhatian dalam pembuatan jalur AC ini ada beberapa : 1. Track satu bidang, 2. Penggunaan double slip dan cross track, 3. Penggunaan curve R4 dan R5, 4. Pemasangan jembatan, 5. Pemasangan crossing gate, 6. Penggunaan control system Mobile station 2 dengan meminimalis wiring system dan ke 7. Penggabungan dengan jalur track DC diatasnya.

Setelah menggelar beberapa bagian terutama pada area putaran balik timbul masalah utama yaitu R4 dan R5 memiliki radius yang lumayan besar (melebihi lebar ukuran triplex) maka MbT terpaksa menambah lebar papan meja dibagian tertentu.

Dengan kesabaran maka nyambunglah seluruh track AC tersebut dengan jalur menggunakan minimum curve R4 dan maksimum R5.

t16 t17 t18 t19

Salah satu keuntungan pada Lay out AC …..pada bagian lingkar balik sebelah kiri MbT dapat membuat loop dengan menyeberang dari track dalam ke track dalam dihadapan…sehingga arah rangkaian kereta dapat berputar arah…dan dapat lebih cepat masuk ke station.

MbT tidak ingin bicara terlalu teknis namun terlihat bahwa pihak Marklin telah mempersiapkan beberapa ukuran track maupun turn out yang sesuai dengan keinginan para rail road modeller, mulai dari ukuran panjang keping track, lighting and signal system hingga baut untuk track.

C track yang sudah dilengkapi dengan road bed plastik berbeda jika dibandingkan dengan type K Track yang tanpa road bed, untuk K track memang lebih realistic namun untuk C track dengan dipasang sedikit alas sudah lumayan mengurangi suara khas kereta jalan diatas meja. Hal ini terjadi karena MbT memasang/menggelar track diatas meja dari rak (sebagai store) yang terbuat dari triplex.

t20 t21 t24 t28

Dengan mempersiapkan skenario jalur station, dibuat 4 jalur dengan masing-masing dua arah, kereta masuk station dari sebelah kanan pada jalur kanan yang terbagi dengan manggunakan double slip track Marklin 24624 yang sangat ampuh dengan sebelumnya masuk menggunakan Turnout landai 24711. Sebaliknya jalur keluar station juga melewati double slip track, dua jalur keluar bergabung melalui turn out menjadi satu jalur track.

Demikian pula pada jalur lingkar balik berikutnya (MbT menyebut lingkar balik kiri) akan dikoreksi dari curve 22″ menjadi curve lebih besar 24″…double track masih tetap dipertahankan.

Untuk dua jalur masuk dari sebelah kiri station terbagi dengan melalui cross track sudut lebar Marklin 24740 setelah melalui turnout landai 24712, untuk masuk station dari sebelah kiri berbeda karena menggunakan cross track, sehingga satu jalur masuk langsung menuju kestation tanpa belok kiri kanan atau ke side…

t22 t25 t26 t27

Dengan tetap semangat akhirnya track plan/ layout AC sudah terwujud dengan menggunakan track C type dan dikontrol nantinya dengan Mobile station 2.

Setelah selesai menggelar track ternyata masih harus memikirkan asesories untuk track yang terdiri dari antara lain sistim mekanisme untuk penggerak Turn out dan juga lampu pa da Turn out.

Keuntungan MbT menggunakan sistim kontrol Marklin seri Mobile Station 2 antara lain kontrol ini sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengatur dan menggerakkan Turn Out. Namun MbT harus melengkapi standard Turn Out dengan asesoriesnya.

t32 t33 t34Untuk menggerakkan Torn Out diperlukan mekanisme berupa motor penggerak, mekanisme turn out ini merupakan mekanisme yang akan bekerja dengan memerlukan arus listrik yang nantinya akan dikontrol secara terpisah.

Mekanisme Turn Out berbentuk pipih diletakkan dibagian bawah dari Turn Out dan pada bagian tuas Turn Out dikaitkan pada kaitan yang sudah tersedia. Mekanisme ini bekerja sangat akurat dan cepat.

Kalau didalam satu Lay Out terdapat belasan atau puluhan Turn Out dan akan dioperasikan secara elektronik seluruhnya maka diperlukan pula belasan atau puluhan Mekanisme Turn Out Marklin 74490 seperti ini.

t29 t30 t31

Dikarenakan sistim kontrol Mobile Station 2 sudah dilengkapi dengan fitur kontrol Turn Out maka MbT akan memanfaatkannya….dan karena sistim ini harus bekerja dengan menggunakan sinyal digital maka pada Turn Out tadi untuk mengaktifkan mekanisme Turn Out dibutuhkan Turn Out Decoder dengan code Marklin 74460.

Turn Out decoder memang merupakan pasangan dari motor/Turn Out mechanism Marklin 74490 diatas. Turn Out decoder yang merupakan kumpulan circuit dan chip berbentuk pipih dengan fisik segitiga disesuaikan dengan space yang terdapat pada bagian bawah Turn Out.

Pada Turn Out decoder ini terdapat tuas mini yang digunakan untuk menentukan code number dari decoder ini….kombinasi angka dari 0 – 9 (10 nomor) dapat dikombinasikan hingga 500 code number. MbT hanya membutuhkan hingga belasan saja dan ini sangat memudahkan pengoperasian Turn Out yang posisinya jauh terjangkau.

t35 t36 t38 t39

Untuk asesoris Turn Out juga dilengkapi dengan sebuah lampu Turn Out berbentuk mini yang khusus dibuat Marklin dengan code 74470. Lampu Turn Out ini dipasang diposisi sebelah tuas Turn Out dan akan menyala dengan arus listrik dari track.

Lampu Turn Out sangat membantu menunjukkan arah posisi Turn Out…terlihat posisi Turn Out dalam posisi arah lurus atau posisi belok. Arah yang ditunjukkan lampu tersebut bergerak berbarengan dengan perobahan arah Turn Out yang tadi dioperasikan dengan bantuan mekanisme dan decoder.

Memang merupakan pasangan yang ideal antara Motor/mekanisme Turn Out 74460, Lampu 74470 dan decoder Marklin 74490…..ketiga asesoris ini dipasang sekali jalan…dan lampu Turn Out ini dikemas oleh Marklin pada setiap box kecil terdapat 2 unit lampu…sehingga kalau kita memiliki 10 Turn Out cukup mengadakan 5 box 74470 saja.

t40 t41 t42

Merupakan asesoris track terakhir yaitu bumper untuk penahan kereta berhenti yang dipasang pada track akhir pada jalur yard. Bumper ini terpasang sangat kokoh pada end track khusus bumper dengan bentuk mendekati asli….posisi bumper ini tepat sama tinggi dengan posisi bumper pada kereta/loko dan gerbong.

Bumper ditawarkan oleh Marklin dengan dua type yang dibedakan salah satunya dilengkapi dengan lampu tanda bumper supaya dapat terlihat dari jauh disaat cahaya kurang….nah lengkap sudah ulasan khusus track …selanjutnya masih lama menunggu gelaran track plan jalur DC.

 

3 Responses to Gelar jalur baru…

  1. akbary says:

    salam kenal mas masinis bintaro, ulasan tentang pembuatan tracknya menarik sekali, kapan kapan mau dong main ke LO nya,🙂

  2. muktiwibowo9 says:

    Salam kenal juga mas Akbary …terima kasih telah mengunjungi posting saya dan sempat memberikan komen, rencana saya pada episode bulan yang akan datang saya masih akan meneruskan ulasan mengenai “gelar jalur baru”…semoga berkenan

  3. Moa says:

    Sangat mantap pak, sdh ekspansi ke Marklin. Dari dulu stalking koleksi bapak UP DC. Sangat menginspirasi sekali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: