…jalur KA perlu pemeliharaan dengan Tamping machine…

Disebut dengan  tamping machine atau ballast tamper lantaran loko khusus yang satu ini memang digunakan untuk memelihara jalur kereta api …yang pada umumnya untuk memadatkan batu kerikil ballast yang terletak dibawah bantalan dan rel KA sehingga jalur KA akan lebih mantap.

Kita ketahui sebelum diperkenalkannya Tamper machine…..pekerjan untuk memelihara jalur KA dilaksanakan secara manual oleh beberapa pekerja…seperti yang sering kita lihat di jalur KA kita….memang kalau untuk padat karya perlu pekerja yang banyak tapi kalau bicara kecepatan, efisiensi dan kualitas …ya harus menggunakan Tampig machine.

s3s2s1 s4

MbT pernah melihat loko Tamping machine ini saat PTKAI membuat jalur track ganda didaerah bintaro…dan hasilnya terbukti lebih cepat,  lebih akurat, lebih efisien …tidak memerlukan banyak pekerja….tamping machines kelihatannya cocok untuk digunakan pada jalur era modern dengan bantalan rel terbuat dari concrete karena bantalan tersebut sangat berat hingga 250kg…sehingga perlu ballast yang padat.

Pada mulanya Tamping machine digunakan untuk mengangkat track dan memadatkan kerikil ballast…namun pada era saat ini Tamping machine sudah dilengkapi dengan peralatan untuk meluruskan track atau membuat track dapat sejajar akurat atau mengkoreksi posisi track sehingga ketinggian kiri kanan selevel…dan peralatan ini menjadi disebut  tamper-liner dan tamping and lining machine. 

s5 s6 s7 s8

Hasil dari penggunaan tamping machine ini sangat terasa saat kereta melaju kencang ..terutama rangkaian kereta penumpang …para penumpang akan merasakan lebih nyaman, dan juga mengurangi getaran saat terjadi papasan antara dua rangkaian kereta penumpang atau rangkaian kereta barang.

Tamping machine sendiri digerakan dengan tenaga mesin Diesel ….aliran listrik yang diproduksi digunakan untuk menggerakan motor hydraulic untuk kebutuhan menggerakkan beberapa macam peralatannya.

Tamping machine yang terkenal mengusung brand Plasser & Theurer dengan Diesel penggerak Deutz kapasitas hingga 440 Kw, dan unit ini dapat melaju sendiri sehingga dapat wira wiri diarea kerja. Unit tamping machine ini memiliki dimensi panjang sekitar 29m lebar 3m dan tinggi 4m. Selain merk Somague juga terdapat beberapa merk terkenal lain diantaranya brand Strukton type 09-3X buatan Belanda.

s9 s10 s11 s12

Model Tamping machine ini terlihat sangat menarik dibuat oleh pabrikan kamod dan accessories terkenal dari Jerman Viessmann. Viessmann menampilkan ballast Tamping machine dengan brand Strukton type 09-3X. Unit ini tampil lengkap dengan sudah dilengkapi DCC sound.

Yang menarik perhatian para pecinta kamod sebetulnya adalah tamping machine nya yang dapat bergerak naik turun dan maju mundur saat diaktif kan dengan memilih fitur F4…MbT melihat gerakannya seperti mesin jahit..hi hi hi.

Warna kuning pada body dikombinasikan dengan warna pada peralatan tamping berwarn merah sangat cocok.

s13 s14 s15 s16

Viessmann sebelumnya sering dikenal karena produk peralatan listrik seperti lampu jalan, signal dan semaphore untuk kebutuhan track KA sehingga sudah tidak sulit tentunya kalau membuat DCC board untuk Tamping Machine ini dan… buatan Eropa memang lain dijamin masih asli.

Sistim lighting dari Tamping machine ini cukup meriah…didepan terdapat lampu jalan yang berwana putih terang, terletak satu dikepala dan dua kiri kanan dibawah, lampu ktanda kerja berwarna orange terdapat dua buah dikiri kanan dibawah lampu utama. Lampu kuning dapat dinonaktifkan apabila tidak diperlukan. Untuk gerakan mundur lampu menyala seperti lazimnya loko lain, dibagian blakang juga dilengkapi lampu kuning

Pada atap depan dan belakang loko ini dilengkapi dengan lampu osilasi berwarna orange yang berkedip dan dapat dinyalakan dan dimatikan dengan menggunakan F tertentu sesuai kebutuhan, umumnya dihidupkan saat operasi tamping.

s17 s18 s19 s20

Karen Loko Tamping machine ini hanya merupakan single unit maka saat beroperasi di area yard mini LO MbT terlihat  santai tanpa beban.

Sebagai tanda bahwa tamping machine nya beroperasi yaitu alat khusus tamping bergerak dengan sound khusus dan didaerah alat tamping terlihat lampu yang menyala.

Mengoperasikan loko ini memang harus perlahan dan harus diperhatikan gerakannya sehingga puas melihat kelebihan produk Viessmann ini.

s21s22s23s24

Tamping machine tersebut diatas yang merupakan sebuah loko Diesel umumnya beroperasi dengan unit lain seperti pelurus track, pengatur balas, cabin bagi pekerja dan lainnya. Viessmann memproduksi dengan code number 26095 untuk yang DC version, dan code number 26099 untuk yang AC version.

MbT sengaja pilih untuk jenis DC supaya ballast system dan track di mini LO dapat beres lancar sehingga cukup kuat dilalu segala jenis KA tanpa masalah.

s26 s27 s28 s25

Viessmann juga sudah melengkapi cabin tamping machine ini dengan figure lengkap dengan pakaian kerja, figur sangat jelas terlihat di cabin karena bagian depan bawah dari kabin dilengkapi kaca yang cukup lebar dan hal ini juga diperlukan Operasi tamping. Operator tamping machine ini tampak bekerja tenang lantaran ruang cabin dilengkapi penyejuk udara yang mumpuni (lihat detail outdoor AC unit diatas atap).

Soal detail produk Viesmann biasa-biasa saja…tidak seperti loko Amrik lainnya. Viessmann memang unggul dibidang lighting dan electroniknya. Termasuk detail yang umumnya sempurna seperti railing…terlihat skala yang diterapkan juga aga kurang presisi..terlihat batang lebih besar.

s29 s30 s31 s32

Bagaikan saus tomat diatas mie Ayam….hehehe ini bukan makanan…hanya saja untuk menimbulkan warna yang kontras sengaja MbT masih menampilkan truck Coca Cola berwarna merah menyala…sehingga kalau dikombinasikan dengan warna dari Tamping Machine berwarna kuning…seolah terdapat merah diatas kuning.

Loko Tamping machine ini memiliki boogie yang dapat beroperasi pada curve dan turn out radius kecil sehingga bisa blusukan kemana-mana.

Body yang terbuat dari plastik …disayangkan tidak menggunakan kelas ABS yang tebal…sehingga loko ini terlihat bukan kelas premium.

s34 s33 s35 s36

Menarik dan mempesona…selalu (motto coca cola) memang benar warna dan logo coca cola sangat menarik, dan sangat dikenal oleh seluruh bangsa di dunia ini…segala usia mulai anak2 hingga orang tua pernah menikmati minuman segar tersebut.

Kalau di mini LO MbT ini warna merah Coca Cola berfungsi untuk menyegarkan mata supaya tidak terlalu dominan warna kuningnya…pendamping tamping machine yang terlihat unit tools nya juga berwarna merah. Viessman mengeluarkan tamping machine warna kuning dengan pilihan warna pada tamping tools nya..dapat dipilih warna kuning – merah – hijau atau biru.

s37 s38 s39 s40

Puas rasanya memiliki tamping machine yang kalau rolling cukup maju mundur saja tidak perlu jauh-jauh. MbT juga masih menunggu produk Viessmann lainnya seperti pembersih track, catenary cable layer yang berupa unit Unimog dilengkapi reel cable untuk catenary…juga kendaraan maintenance lainnya seperti crane.

Tamping machine dengan skala HO  ini memang tidak diproduksi oleh semua pabrikan kamod, MbT mencatat yang memproduksi tamping unit selain Viessman juga Kibri dan Liliput.

s42s41 s43s44

Tidak hanya cool …namun loko khusus Tamping machine ini juga cute dengan warna yang senada dengan warna UP membuat MbT kepincut untuk mengakusisi nya……selain itu foto2 diatas dibuat MbT (sedang mencoba) dengan lensa baru 24 – 85mm bukan lensa macro …hasil nya lumayan lah.

 

One Response to …jalur KA perlu pemeliharaan dengan Tamping machine…

  1. annoncer says:

    Excellent, what a webpage it is! This web
    site presents valuable data to us, keep it up.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: