Union Pacific coal liner ditarik triple AC6000…

Perkembangan kereta model saat ini lebih banyak untuk meningkatkan fitur elektroniknya, sedangkan untuk model loko saat ini masih bertahan pada loko-loko kondang khususnya yang jenis Diesel. Sebagai contoh untuk armada Union Pacific yang selalu menjadi icon pabrikan kereta model belakangan tampil dengan loko Diesel jenis2 seperti SD70, ES44AC, AC4400 dan juga AC6000.

Loko AC6000 yang juga memiliki sejarah yang menarik …saat ini terlihat tampil bertiga berjalan consist di mini LO MbT…tentu saja triple AC6000 ini serupa tapi tak sama lantaran bertiga menggunakan nomor punggung #7500, #7511 dan #7513

a1 a4a2a3

Aroma Diesel AC6000 yang dibuat oleh pabrik lokomotiv GE Transportation yang mengusung hingga 6,000 HP atau 4,500KW merupakan loko dengan tenaga raksasa. Loko ini dibuat diawal tahun 90 an dan pabrik GE ini telah membuat AC6000 untuk armada Union Pacific hingga 100 unit lebih.

Loko bongsor AC6000 ini dibuat/diproduksi oleh GE hingga tahun 2001 an dan selanjutnya diganti dengan loko yang lebih canggih dan efisien seprti ES44AC dan SD70Ac….yang tentunya dengan adanya jenis baru maka langsung diborong oleh armada Union Pacific dan para armada Amrik lainnya.

a5 a6 a8 A9

Rangkaian loko Diesel Triple AC6000 consist pada mini Lo MbT ini disimulasikan dengan menarik 10 unit gerbong batu bara……

… perlu dicatat bahwa pernah terjadi record dunia yaitu di Australia sekitar tahun 2001 loko Diesel AC6000 sebanyak delapan (8) unit consist menarik 99,734 tons beban  yang terdiri dari 682 gerbong dengan jarak hingga 275 kilometres (170.9 miles) bergerak dari Yandi mine ke kota pelabuhan Port Hedland. Rangkaian kereta ini panjangnya hingga 7.3 kilometres (4.536 miles) muatannya biji besi sebanyak  82,000 tons …..dan sampai sekarang belum ada yang mengalahkan rekor ini.

a10 a11 a12a14

Kalau kita perhatikan sepintas memang loko keluaran GE type AC6000 hampir sama dengan loko2 yang lain…namun apabila sudah disandingkan dengan loko Diesel jenis lain memang terlihat bahwa AC6000 memiliki badan yang lebih bongsor.

Dibagian depan yang sangat berkarakter terlihat posisi hidung yang tidak terlalu mancung dengan potongan sedikit prismatik tegak dibagian pojok kiri dan kanannya, pintu masuk masinis terletak tepat dihidung depan dengan naik melalui kedua tangga depan kiri kanan. Pada kompartemen hidung didepan disamping jalan masuk ke kokpit terdapat kamar dan small toilet dan naik keatas tempat kemudi yang penuh dengan piranti kontrol Diesel engine, panel listrik serta peralatan radio komunikasi….kabin dapat diawaki oleh dua personel.

a15 a16 a17 a18

Loko Diesel AC6000 ini merupakan milik armada kereta api raksasa Amrik UNION PACIFIC…dan tentu saja kita menjumpai dengan sosok yang dilabur dengan warna khas UP yaitu body berwarna Kuning/Armour Yellow dikombinasikan dengan warna Abu-abu/Harbour mist Grey dibagian atas/atap dan bagian bawah deck termasuk pada bagian tanki bbm dibawah serta pada bagian traction truck.

Warna Kuning dan Abu2 tersebut dibatasi dengan strip warna merah memanjang lambung…..warna merah ini sepadan dengan warna huruf nama Union Pacific dan angka yang dipakai sebagai nomor urut loko tersebut……sehingga sepintas saja kalau melihat warna tersebut walaupun tanpa membaca tulisan sudah dapat ditebak bahwa itu warna Union Pacific.

a19 a20 a21 a23

Model train Diesel GE type AC6000 ini dibuat oleh pabrikan kereta model populer BLI dengan kelas Paragon2 nya….produk BLI ini telah mengeluarkan seri ini sudah yang kedua kalinya….pertama pada tahun 2008 yang lalu dan terakhir tahun 2013/2014 merilis ulang jenis AC6000 ini walau dengan nomor urut lambung yang berbeda.

AC6000 yang memiliki body yang cukup besar namun ternyata mempunyai kemampuan manuver yang lincah bahkan dapat bermanuver pada track dengan curve 18″…..MbT menjajal pada curve 18″ dan curve 22″ dan hasilnya lebih mantap pada curve yang lebih besar.

a24 a25 a30 a31

Jenis AC6000 yang dilengkapi dengan radiator intake yang lumayan besar terletak dibagian belakang dan ini telah ditampilkan oleh BLI dengan detail produksi yang sangat baik. BLI juga menampilkan detail dari railing dan pegangan tangga naik dengan cukup detail serta ukuran sekala yang lebih realistis.

Seperti disinggung diatas bahwa kereta model saat ini tampil dengan penambahan fitur elektronik dengan lebih lengkap. Produk BLI ini telah menggunakan sistim lighting dengan memasang jenis lampu LED warna putih terang sehingga tidak perlu ada pemeliharaan/penggantian bulb seperti model jadul. Loko dilengkapi Lampu utama double pada hidung, lampu ditchlight depan ki-ka terletak diatas deck serta number board yang dilengkapi dengan lampu. Lampu belakang juga double yang akan menyala saat loko berjalan mundur…..namun disayangkan BLI tidak melengkapi lampu pada kabin.

a26 a53 a56 a60

Loko Diesel AC6000 consist 3 unit buatan BLI tersebut menarik gerbong batu bara milik armada Union Pacific Coal liner, gerbong ini memiliki konstruksi persegi dengan penguat samping dan depan belakang berupa stiffener…..sehingga dengan penguat yang terdapat dibagian luar gerbong maka didapatkan dibagian dalam gerbong bersih dan rata tidak ada penghalang nya….yang sangat cocok untuk jenis muatan curah seperti batu bara.

Gerbong batubara ini merupakan produk dari pabrikan kamod Athearn dengan type ready to roll…paket gerbong ini dikemas dalam box berisi 5 unit dengan berbeda road number. Athear telah memproduksi 3 set box jenis gerbong ini dengan keseluruhannya total 15 unit dengan nomor lambung yang berbeda…..contoh yang tampil #31900 dan yang lainnya.

Gerbong warna hitam dan warna kuning pada setiap ujungnya terlihat bertuliskan Union Pacific warna puti dan tulisan Coal Liner berwarna kuning……gerbong jenis open gondola ini sangat cocok dimuati batu bara yang telah disiapkan oleh pihak Athearn.

a33 a34 a35 a36

Deruman dari mesin Diesel AC6000 yang dihasilkan dari ketiga loko tersebut terdengar sangat keras dalam ruangan 7 x 4m…..memang dan hal ini di klaim oleh banyak para penggemar kereta model bahwa sound produk BLI merupakan sound yang sangat keras dengan nada yang lumayan rapi….jadi kalau penggemar mencari kereta model yang memiliki suara/sound yang keras maka pilihan jatuh ke produk BLI.

Ketiga loko tersebut yang sudah dicangkok dengan board elektronik digital berjalan consist dengan dikontrol menggunakan Digital controller Digitrax super Chief yang lumayan canggih….power – sound – lighting semua dikontrol bersamaan dengan remote control.

a37 a38 a39 a40

Tetlihat rangkaian Diesel AC6000 dengan iringan gerbong batu bara melintas pada mini LO MbT yang sengaja di set bernuansa Industri…terlihat pula fasilitas coal mining segala era ….seluruh bangunan tersebut merupakan produk Cornerstone yang lumayan menarik dan lengkap pilihannya.

Consist 3 loko ini berjalan dan berlari meraung-raung hingga kecepatan 60mile/jam….sehingga saat berhenti terdengar decit bunyi brake yang juga sangat melengking…pendek kata sound produk BLI merupakan yang paling keras suaranya.

a40a63 a43 a45a46

Disudut lain……BMW putih seri3 terlihat digendong Amrik truck International Harvester….menandakan penggemar automotive Amrik sudah mulai dipengaruhi buatan Eropa…semoga penggemar kereta model Amrik tidak dipengaruhi juga oleh Kamod Eropa….qiqiqi

Truck ataupun kendaraan dengan skala HO 1:87 sangat perlu untuk melengkapi suasana LO….hal ini sangat menjadi perhatian para model railroader di Amrik…bahkan terkadang merupakan item yang menjadi daya tarik utama dalam tampilan LO nya. MbT selalu mencoba untuk menampilkan truck atau car secara bergantian untuk memberikan warna tersendiri…termasuk kendaraan yang selalu wira wiri diatas jembatan.

a48 a49 a50 a51

Untuk mendapatkan angle foto bagian sisi kanan dari loko AC6000 ini tidak mudah lantaran posisi LO MbT lebih memungkinkan untuk ambil angle sisi kiri loko kecuali arah laju AC6000 ini dibalik…alhasil harus menggunakan taktik dan tripod khusus sehingga posisi camera terletak disebelah dalam mini LO.

Keindahan model train memang sebaiknya diabadikan melalui fotography….saat ini sudah sangat mudah karena dengan tanpa memiliki camera jenis DSLR penggemar dapat menggunakan Smart Phone yang saat ini sudah dilengkapi dengan camer 16 mega piksel yang dapat menghasilkan foto sangat tajam dengan posisi close up…..bahkan langsung dapat di upload ke sosmed juga instagram.

a57 a58 a59a62

Detail loko Diesel seri AC6000 buatan pabrik kamod BLI dengan seri Paragon2 ini memang aduhai, walaupun tidak serumit loko SD70 namun detail loko Diesel seri AC6000 ini sudah lengkap….kalau kita perhatikan dibagian kepala loko terlihat lengkap dari atas cab yang bertengger disana antenna radio dan ventilasi cabin….

Pada bagian jendela terlihat sepasang wiper yang bergerak paralel disetiap jendelanya…kemudian sederet hand grip dan pijakan tangga yang dibuat oleh BLI dengan sangat rapi…pada bagian depan terlihat pula pintu masuk kabin yang terletak disamping double headlamp yang tepat dipasang ditengah hidung loko ini….memang foto2 diatas terlihat lebih detail karena diambil dengan lensa khusus close up/macro.

a54 a55 a61 a64

Rangkaian 3 unit loko Diesel AC6000 yang menarik gerbong batubara/coal liner milik armada Union Pacific ini ditutup dengan caboose type side vision….caboose dengan desain yang ramping ini merupakan produk dari pabrik kamod Athrean sama dengan pabrikan yang memproduksi gerbong batu bara tadi.

Loko Diesel type AC6000 buatan BLI dan rangkaian gerbong buatan Athearn merupakan produk kamod yang masih digemari dan merupakan item koleksi yang menarik…MbT merekomendasikan untuk mengkoleksi item2 tersebut….modelnya tahan lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: