Loko Diesel UP yang kinclong dan yang bluwek…

Istilah “kinclong” dan “bluwek” bahasanya memang sedikit murahan…..namun kalau kita lihat loko Diesel UNION PACIFIC yang tampil bukan merupakan produk yang murahan..

Para penggemar kereta model bermacam-macam seleranya…ada yang selalu memelihara koleksinya supaya selalu terlihat kinclong dan bersih, namun ada pula yang sengaja membuat nuansa koleksinya seolah sudah berumur…tentunya dengan membuat penampilannya lebih realistis alias sedikit kesan bluwek dan kotor yang dikenal dengan istilah weathered.

Aliran weathered diawali oleh para kolektor yang memberikan kesan weathered pada loko koleksinya dengan cat pewarna khusus….dan karena proses ini memerlukan waktu dan keahlian khusus maka hasilnya akan bernilai mahal. Berawal dari sini beberapa produsen atau pabrikan kereta model Amrik juga Eropa memproduksi loko atau gerbong dengan hasil akhir sudah bluwek (weathered out of the box) .

q1 q2 q3 q4

Kuning kinclong dari warna khas Union Pacific Armour Yellow memang sangat menarik, kinclong disini menunjukkan bahwa warna asli dari loko ini tidak diganggu oleh kotoran/debu/usang ataupun worn out dari warna itu sendiri karena cuaca.

Loko Diesel yang terpampang ini merupakan loko Diesel seri SD70 milik armada Union Pacific, loko era sekarang yang merupakan kuda kerja yang berjalan dan menempuh jarak hingga ribuan kilometer perhari….dan rasanya tidak bosan kalau selalu mengulas kisah SD70 ini…apalagi melihat wajahnya yang terlihat gagah berani . Electro Motive Diesel yang merupakan kebanggaan produk Amrik ini hampir dimiliki oleh seluruh perusahaan perkereta apian di negeri paman Obama.

q5 q6 q7 q8

Tidak perlu diragukan lagi bahwa model EMD SD70 ini apabila diproduksi model trainnya oleh pabrikan kamod pasti akan laris manis tanjung kimpul….dan terbukti.

Loko Diesel SD70 yang tampil kinclong dan bluwek ini merupakan produk unggulan dari pabrikan kamod MTH, sudah hampir 5 tahun pabrikan ini memproduksi model SD70 dengan skala HO 1:87. Dimulai dengan memproduksi Diesel kinclong dari armada Union Pacific yang berlanjut dengan menggelegar memproduksi seri Heritage UP yang telah mengganding beberapa armada kereta api yang lain seperti Southern Pacific, Missouri Pacific, Western Pacific dan lainnya.

Karena keberhasilan dengan produk tersebut maka perusahaan pabrikan kamod lain menyusul juga memproduksi type SD70 ini…contohnya pabrikan Athearn dengan seri Genesis nya.

q9 q10 q11 q12

Supaya SD70 kinclong tidak merasa tampil sendirian maka terlihat hadir pula serangkaian gerbong jenis hopper yang merupakan produk kelas Evolution dari Exactrail. Produk ini sengaja ditampilkan karena layak menjadi pasangan loko produk MTH. Kedua brand ini menjanjikan produk dengan kualitas yang prima, termasuk detail produk serta piranti elektroniknya.

Hopper produk Exactrail ini merupakan gerbong pembawa muatan curah seperti gandum dan biji2an yang lainnya. Terlihat lebih dari 20 gerbong meliwati daerah industri di mini LO MbT….gerbong hopper merupakan armada milik UP dan beberapa merupakan milik pabrik tepung ADM.

Selain itu MbT sengaja memajang beberapa railroad vehicle atau kendaraan untuk pelengkap LO seperti truck, bus, sedan, sedan yang digendong, mobil box Fedex, Ambulance, police truck dan tentu saja truck khas Amrik yang terkenal besar dan gahar menarik container system…dan tak lupa sebuah VW kodok mungil mobil segala jaman.

q13 q14 q15 q16

Si Kinclong dengan yakin mengitari komplek pabrik gandum ADM yang terlihat menjulang dengan silo tempat tandon biji gandum yang menunggu pengolahan menjadi tepong sebagai bahan roti…..kalau di Jakarta juga sebagai tepung martabak.

Union Pacific melabur gerbongnya dengan warna abu-abu dan tentu saja lengkap dengan lambang UP shield yang hampir semua penggemar kamod sudah hafal, selain itu gerbong lain yang merupakan milik ADM ditengarai dengan logo ADM lama dan ADM baru. Gerbong ADM lama berwarna Kuning juga ada yang berwarna biru, sedangkan untuk logo ADM baru terlihat gerbong dilabur dengan warna abu2.

Gerbong hopper type Evans 4870 cu ft yang diproduksi sejak tahun 60an ini masih beroperasi hingga sekarang.

q17 q18 q19 q20

Sosok SD70 Union Pacific produk MTH dengan warna kuning kinclong ini dilihat dari beberapa sudut pandang memang sangat mempesona….lensa macro selalu tidak diam mengabadikan dari berbagai sisi.

Wajah SD70 yang berkarakter dilengkapi dengan double headlamp dibagian keningnya menyala putih daylight serasi dengan ditch lamp yang juga menyala berwarna putih, selain itu dibagian depan terlihat number board yang juga dilengkapi lampu…..juga dibagian cabin tak luput dari penerangan yang telah disiapkan oleh pihak MTH.

Lighting pada bagian depan ini merupakan daya tarik utama, namun jangan lupa MTH menyiapkan sistim kontrol awal yaitu sebelum mulai operasi pehobby harus menekan tombol F3 untuk mengaktifkan fungsi lighting dan sound.

q21 q22 q23 q24

Close up dan tampak dari jauh tetap menawan si Kuning Kinclong ini….dengan detail yang segudang sesuai dengan blue print prototype dapat dilihat keseriusan pihak MTH untuk memproduksi loko Diesel seri SD70 ini. Dapat diperhatikan terlihat detail yang lengkap seperti bagian jendela depan yang tegak rata, sepasang wiper disetiap kaca depan, sun visor disebelah jendela kiri dan kanan type geser.

Detail railing merupakan standard dari MTH dengan dibuat menggunakan material wire, juga terlihat anak tangga serta snow plow yang menunjukkan bahwa loko SD70 ini akan beroperasi disegala musim.

Bagian depan SD70 Kuning kinclong ini tak lupa telah dihiasi dengan logo UP berbentuk UP shield dengan bentangan sayap berwarna biru hampir selebar fisik loko SD70 ini.

q25 q26 q27 q28

Loko Diesel SD70 Union Pacific ini menarik gerbong jenis hopper dari satu pabrik ke pabrik lain atau dari satu pabrik ke pelabuhan atau menuju negara bagian yang lain. Union Pacific memang mendominasi jalur di daerah Amerika Utara. Pada saat operasi umumnya loko berjalan consist atau tandem dengan beberapa unit loko untuk menambah tenaga saat menarik puluhan gerbong.

Loko dan gerbong sangat bersahabat berjalan di mini LO MbT…saat melewati curve 22″ terlihat berjalan tanpa masalah, tinggi couplernya pun ok antara loko dan gerbong. Khusus loko Diesel SD70 produk MTH ini menggunakan remote digital uncoupler yang belum dibuat untuk loko produk lain. Untuk gerbong produk Exactrail ini menggunakan Kadee® #58 “scale” couplers.

q29 q30 q31 q32

Kembali ke gerbong jenis hopper dengan rib side sebagai penguat samping diluar merupakan ornamen yang juga sebagai detail gerbong. Gerbong buatan Exactrail ini merupakan class evolution dengan detail sangat menjanjikan, Exactrail saat ini memiliki kelas tersendiri…terkenal detail walau harga sedikit diatas rata2 produk lainnya. Gerbong ini memiliki berjalan mulus denga roda machined metal wheel set yang bertumpu pada 100 tons ASF truck.

Hopper dengan kapasitas  4870 cubic feet ini merupakan produk pabrik baja/gerbong terkenal di Amrik Pullman Standard, maka gerbong jenis side covered hopper ini diberi nama Evans 4870 cu feet. Gerbong ini sangat terkenal dan melegenda yang merupakan era transisi gerbong pembawa muatan curah dari jenis Box car menjadi Hopper.

Para perusahaan perkereta apian dan juga perusahaan expedisi termasuk pabrik dari cargo yang dimuat beramai-ramai mengorder produk ini….dan yang sangat menarik mereka menggunakan aneka warna untuk melabur gerbongnya…..wrna merah putih kuning hijau biru coklat hitam orange dan lain2 terlihat menghiasi jalur kereta dari ujung dan sudut-sudut jalur North America, gerbong-gerbong ini mengangkut komoditi kering termasuk biji gandum, jagung, tepung dan muatan  jenis curah lainnya.

q33 q34 q35 q37

Dari LO terlihat para rail fan sangat senang melihat laju loko UP Kinclong ini bahkan tidak melupakan momen untuk mengabadikan dengan kamera….dan di rumah wessel pun terlihat wessel man sampai garuk2 kepala melihat si Kuning kinclong lalu didepan tempat kerjanya.

Warna Kuning kinclong dari Union Pacific yang sangat khas memang tidak dimiliki atau tidak ada yang menyamai komposisi warna kuning Armour Yellow ini. Kalau kita perhatikan dengan membandingkan warna kuning dari warmada lain terlihat pasti beda…..menurut MbT warna kuning yang paling mendekati adalah warna kuning gerbong milik Milwaukee …tapi tetap saja beda.

q38 q39 q40 q41

Nah ini dia yang ditunggu…loko SD70 dengan warna Kuning bluwek…alias weathered, benar kuning kinclong UP sudah tidak nampak lagi lantaran tertutup oleh kotoran atau jelaga dari ruang mesin Diesel juga karena dimakan usia alias sudah cukup lama loko ini tidak dibersihkan maka kotoran yang menempel menjadikan kuning kinclong jadi Bluwek.

Kalau dari jenis loko nya sama persis EMD SD70 keluaran MTH, type dan grafisnyapun sama termasuk warna, strip, asesories dan juga bendera Amrik untuk semboyan Building America…semuanya sama….yang membedakan hanya faktor kinclong dan bluwek saja.

q42 q44 q45 q46

Loko weathered memang sengaja dibuat dengan jumlah terbatas oleh pihak pabrikan MTH, hal ini menunjukkan adanya penghargaan terhadap jenis loko ini karena dijadikan produk unggulan dengan launching menggunakan kelas SIGNATURE.

MTH telah mengeluarkan seri Signature ini sudah dua kali, nomor badan #8622 merupakan produk yang terakhir, kelas Signatur ini dibuat sangat terbatas…sehingga kalau tidak sempat memburu mungkin agak sulit mencari nya saat ini.

MbT sangat menyukai produk ini dan makin dilihat detai maka sistim weatheringnya sangat detail…bagian mana yang harus terlihat kotor maka bagian tersebut diberi weathering yang sesuai.

q47 q48 q49 q50

Loko UP SD70 dengan warna kuning bluwek ini sengaja tampil dan ingin bersanding dengan saudaranya si Kuning Kinclong #8321. Setelah mereka berdua terletak dalam satu jalur/track maka si bluwer #8622 bermanuver mundur untuk menggabungkan diri dengan saudaranya untuk selanjutnya berjalan consist.

Saat berjalan/langsir mundur terlihat lampu belakang menyala terang, hebatnya pihak MTH yang membuat bluwek loko SD70 ini masih mensisakan pada bagian lampu tidak disentuh untuk diberi weathering sehingga warna lampu depan dan belakan terlihat tetap menyala terang.

q51 q52 q54 q56

Setelah mereka berdua consist…dengan dibantu sistim control produk Digitrax dan dengan mengaktifkan tombol MU (multiple unit) maka kedua loko ini sudah dapat berjalan dengan hanya mengontrol lead loco …dalam hal ini SD70 bluwek merupakan lead loko.

Berbeda antara consist dengan operasi dua loko menggunakan address yang sama, kalau menggunakan address yang sama kedua loko dikontrol oleh sistim dengan parallel…contoh apabila tombol horn ditekan maka horn kedua loko berbunyi, hal ini tidak terjadi dengan sistim consist, saat tombol horn ditekan maka yang aktif hanya horn loko leadnya saja…Persis! seperti consist prototype….cukup loko depan yang menyalakan hornnya.

Dalam consist yang dikontrol secara parallel adalah hanya powernya saja termasuk arah gerak kedua lokonya. Catatan penting kalau kita mengoperasikan loko secara consist dan sudah selesai maka jangan lupa untuk meng non aktifkan konsis sebelum loko dimasukkan kedalam box nya.

q57 q58 q59 q60

Terlihat gagah dan mantab kedua loko si kinclong dan si bluwek berjalan berurutan, kalau kita lihat bagian atas dari loko tersebut sangat terlihat bedanya antara yang kinclong dan yang bluwek. Bahkan unit antenna dan sistim GPS yang terletak diatas kabin yang berwarna putih pada si kinclong tidak terlihat lagi pada si bluwek.

Demikian pula pada bagian exhaust gas pipe atau knalpot…si bluwek terlihat dekil banget gak pernah dibersihkan menandakan sang masinis sedikit malas untuk memelihara loko nya…..semoga loko PT KAI gak demikian.

q61 q62 q63 q64

Weathering juga dilakukan pihak MTH hingga kebagian tractor/boogie dan rodanya…terlihat begitu rapi dan sempurna menandakan pembuatan weathering mengikuti prosedur yang benar dengan melihat contoh serta pengaplikasiannya pasti bertahap dan melepas perbagian dari loko SD70 ini.

Pekerjaan weathering memang tidak mudah …perlu pengalaman khusus dibidangnya…artinya belum tentu orang yang biasa bekerja weathering untuk pesawat terbang akan dapat berhasil baik melakukan weathering pada loko.

Weathering scale nya pun berbeda, untuk kereta dapat kita katagorikan light weathering, medium dan heavy weathering…khusus untuk si bluwek ini terlihat masih medium scale weathering.

q67 q66 q65q65

Consist kedua loko SD70 Union Pacific kinclong #8321 dan bluwek #8622 ini merupakan pasangan yang serasi, dengan power yang mantab dan sangat bertenaga mampu menarik rangkaian gerbong hingga puluhan, dilaporkan satu loko saja mampu menarik gerbong hingga 40 unit tanpa masalah.

MbT hanya mencoba untuk menarik gerbong hingga 20 unit…tentu saja hal ini merupakan hal yang ringan buat kedua loko yang consist tersebut.

Loko SD70 bluwek #8622 yang sengaja mengambil posisi dibagian depan yang merupakan loko lead…sangat cocok dengan wajah yang sangar lantaran bluweknya.

q67 q69 q72 q73

Untuk rekan2 pehobby kerata model tidak perlu ragu lagi untuk mengkoleksi loko Diesel SD70 buatan MTH…terserah yang kinclong ataupun yang bluwek….keduanya mak nyuss.

Kalau untuk gerbong hopper rib side buatan Exactrail type Evans 4870 cu ft mungkin agak sulit memburunya karena pihak pabrikan sangat terbatas memproduksinya. Secara keseluruhan baik loko dan gerbong merupakan kolektor item yang menarik.

Video clip dibawah ini memberikan penjelasan tersendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: