Loko steam kecil Union Pacific…

Kalau mendengar loko steam milik Union Pacific…selalu mempunyai konotasi sebuah loko besar legendaris “BIG BOY 4-8-8-4” atau loko uap “CHALLENGER 4-6-6-4” …memang hal ini tidak dapat dipungkiri lantaran kedua loko tersebut berukuran besar dan sangat legendaris …sempat mengangkat nama UNION PACIFIC pada jaman keemasan transportasi kereta api di negri Amrik.

Namun sebenarnya masih banyak lokomotif bertenaga uap lainnya milik Union Pacific (UP) yang sempat menjadi kuda kerja yang terkenal…memang loko uap tersebut muncul lebih awal pada era sebelumnya …contohnya “FEF Norththearn 4-8-4” dan lainnya yang memiliki ukuran lebih kecil tentunya….. Siapakah dia? tak lain adalah loko uap seri 9000 4-12-2.

u9a

Hal yang menarik adalah loko uap walau memiliki ukuran fisik dan tenaga yang lebih kecil tersebut…dapat dinikmati versi model train nya dan model train dari loko uap ini dibuat dengan sangat serius oleh pabrikan2 kereta model terkenal, sehingg para penggemar kereta model dapat dengan puas menikmati dan mengkoleksinya.

Sebelum melihat lebih detail seperti apa model train kereen yang diproduksi pabrikan kondang tersebut …kita dapat melongok seperti apa gambar asli dari loko UP yang memiliki konfigurasi roda 4-12-2 ini. (ijin ..foto di copy dari dunia maya milik R&LHS hanya sebagai referensi)

Loko uap milik UP ini terkenal dengan nama seri 9000 dan kalau kita perhatikan maka loko ini memiliki road number dengan seri #9000, walaupun loko ini lebih kecil dari jenis Challenger atau Big Boy namun loko seri 9000 ini merupakan loko steam terbesar yang menggunakan frame rigid yang pernah diproduksi oleh pabrik ALCO Brook works (pabrik yang membuat seri Big Boy). Loko yang memiliki panjang total 30m an dan telah beroperasi menempuh kilometer hingga 1,6 juta lebih ini dibuat dan beroperasi pada tahun 1926.

Loko uap seri 9000 milik UP ini telah dibuat modelnya dengan sangat akurat menggunakan blue print original, sehingga hasilnya ….bukan main!….dan pabrikan kamod yang memproduksi loko seri 9000 ini adalah pabrikan kondang MTH

u1 u2 u3 u4

Dapat dibandingkan antara lokomotif asli skala 1:1 dan lokomotif berupa model train skala 1:87….terlihat detailnya cukup sama dan lengkap. Model train produk pabrikan MTH ini telah dibuat dengan material metal full termasuk tender batu bara nya.

Loko seri 9000 ini telah dilansir beberapa tahun lalu dengan sukses dan karena produksinya terbatas maka banyak penggemar Kamod tidak kebagian alias sold out diseluruh hobby shop di Amrik sana, berdasarkan hal tersebut maka tahun ini MTH merilis kembali produk seri UP 9000 ini dengan sangat yakin terhadap pasar saat ini.

u5 u6 u7 u8

Loko seri 9000 ini memiliki konfigurasi roda 4-12-2 dengan frame rigid, hal inilah yang merupakan hal utama bagi pabrikan kereta model karena harus mendesain sedemikian rupa bahwa kamod nya harus dapat menyerupai aslinya tidak saja dari hal penampilan namun juga dari segi performance…hasilnya MTH dapat menciptakan rigid body yang mampu beroperasi pada LO dengan curve yang terbatas (22″) dengan lancar.

Terlihat seram juga melihat roda yang berbaris hampir 10 roda (tepatnya 9 roda) pada satu sisi, bagai serangga berkaki banyak merangkak pada track….dan saat bermanufer ditikungan memperlihatkan pemandangan yang unik….roda sudah menikung tapi body bagian silinder depan masih berjalan lurus.

u10u11 u22 u23

Demikianlah karakteristik body yang menggunakan frame rigid…selanjutnya engineer UP telah mengembangkan seri loko steam selanjutnya menggunakan sistim body frame articulated …contohnya pada Challenger dan Big Boy.

Kalau kita perhatikan sebenarnya teorinya loko model train UP  seri 9000 dengan roda 4-12-2 ini akan mengalami derail saat bermanuver di curve ….namun berkat keahlian pihak MTH didaerah roda 12 dibuat space untuk toleransi bergesernya roda kekiri dan kanan…cukup cerdik!

Sehingga saat nikung rodaloko yang 12 unit tersebut bergerak mengikuti track dari curve 22″….hebatnya engkol yang terdapat pada keenam roda disetiap sisi juga sudah di desain dengan sempurna….hasilnya tetap jusss!

u9 u12 u13 u14

Biasanya MBT mengulas loko dari bagian depan loko, kali ini sedikit penasaran untuk mengulas dimulai dari bagian tender lokonya. Kalau kita perhatikan tender loko steam yang membawa air dan juga batu bara memiliki bentuk gabungan silinder yang merupakan tanki air dan persegi untuk membawa batu bara.

Tidak tanggung2 pihak MTH membuatnya berdasarkan blue print…dan hasilnya terlihat sangat menyerupai prototype nya, dengan terbuat dari material full metal maka detail yang disuguhkanpun lebih terlihat realistis.

Tender dari seri 9000 ini enak dipandang lantaran dilengkapi lima buah lampu, meliputi lampu mundur yang berwarna warm terang yang aktif saat operasi mundur, lampu belakang berwarna merah terletak dibawah lampu mundur menyala sebagai lampu bulitan yang terlihat saat loko berjalan tanpa menarik gerbong ….dan pada bagian tengah dekat box batubara terpasang marker laight pada posisi kiri dan kanan….lampu pada posisi ini sangat unik dan jarang dijumpai pada loko jenis lain.

Selain itu MTH telah memasang elektronik board dan juga speaker nya didalam tender yang memang memiliki cukup ruang.

u16 u17 u18 u19

Bagian tender yang memiliki detail lengkap termasuk anak tangga, railing dan realistic coal, running board diatas tanki silinder juga dilengkapi coupler yang kuat dan akurat, pada bagian samping tender tertera tulisan UNION PACIFIC dan pada bagian belakang tanki tertulis UP dan road number 9000.

Kalau unit tendernya saja digarap dengan sangat detail oleh pihak MTH…apalagi bagian loko nya …pasti penuh dengan segudang detail yang sangat mempesona. Kalau kita perhatikan pada bagian depan loko seri 9000 ini…mungkin merupakan model train yang memiliki detail yang sangat banyak. MTH sekali lagi menunjukkan keseriusan dan kepakarannya dalam membuat detail pada Loko steam.

Tidak saja pada bagian silinder yang lengkap dengan sistim pipa dan asesories, bagian pompa steam pendorong torak lengkap dengan engkol terbuat dari bahan stainless steel yang kekar merupakan detail yang tidak dapat dilupakan begitu saja….loko ini satu2 nya yang memiliki roda berbaris 6 unit digerakan dengan engkol secara bersamaan.

u20 u21 u25u26

Loko seri 9000 ini yang secara simulasi berjalan di track no.2 terlihat sudah nyebrang ke jalur track no.1 dan terlihat langsir pada track no. 1 yang selanjutnya akan mengganding sekian belas gerbong jenis box car dan refrigerator pembawa jeruk dan juga sebuah express car.

Saat langsir terlihat seluruh lighting pada loko steam seri 9000 dengan road number juga #9000 menyala, pada cabinnya pun cukup terang bagi seorang masinis dan stoke man untuk bekerja. Pada cabin yang memiliki jendela tertutup dan berkaca merupakan pandangan detail yang menarik. Thanks juga kepada MTH yang telah memberikan bonus berupa dua figur dalam kabin.

u29 u30 u28 u27

Dengan menarik rangkaian gerbong pembawa “fruit” menandakan bahwa loko ini dapat lari kencang untuk men deliver muatan dengan lebih cepat tanpa mengalami kerusakan. MbT sengaja menggabungkan beberapa gerbong pembawa “orange” milik perusahaan Pacific Friut Express…yang merupakan group dari Union Pacific dan Southern Pacific…

Loko seri 9000 ini dengan menggunakan batubara dapat menghasilkan tenaga kuda hingga setara 4,750HP dan kecepatannya mencapai 50 mile/jam.…dan Union Pacific telah memiliki 88 unit dengan road number mulai #9000 hingga #9087. Beberapa sisa loko jenis ini masih dapat dilihat dibeberapa museum kereta api di Amrik sana.

u29 u32 u35 u36

Dengan kecepatan hingga 50 mile per jam membuat cargo/muatan buah2an dapat tahan sampe tujuan…maklum sistim pendinginan era tersebut masih menggunakan es balok. Gerbong khusus untuk barang2 yang perlu pendinginan umumnya diberi isolasi supaya tidak terpengaruh udara panas diluar….dan kalo kita perhatikan pada bagian atap gerbong terlihat bukaan dikedua diujung atap depan belakang, bukaan atau hatch digunakan untuk mengisi/memasukkan es balok sebagai pendingin.

Untuk bongkar muatan menggunakan pintu samping yang masih menggunakan sistim engsel….untuk versi era IV gerbong seperti ini dikenal dengan sebutan refrigerator car yang dilengkapi dengan sistim kompresor pendingin dan pintu geser.

u37 u38 u40 u42

Gerbong untuk pembawa fruit ini dilabur dengan warna orange yang segar merupakan daya tarik tersendiri setelah berjalan mengelilingi mini LO MbT, pada gerbong tertera logo Union Pacific shield biru merah berdampingan dengan logo Southern Pacific hitam putih…..memang kali ini MbT sengaja tidak menampilkan close up dari bagian detail termasuk placard pada loco dan gerbong, juga tidak meng close up logo2 tersebut.

Perlu diketahui untuk close up photography diperlukan lensa macro yang baik minimal 60mm micro, kali ini MbT hanya mengandalkan lensa sapu jagad 28-300mm dengan bukaan f4.5-5.6, namun hasilnya sudah cukup close dan memuaskan.

u41 u43 u44 u45

Rangkaian kereta yang di tarik loko 4-12-2 merupakan gabungang dari gerbong jenis fruit express car dan dibagian belakang juga ngikut nempel box car lengkap dengan cabooseUP  warna coklat.

Box car dengan penguat frame diluar atau istilahnya rib type sudah terbuat dari pelat baja, bagian dalam box car type ini rata sehingga tidak menggangu muatan didalamnya. Pintu loading unloading juga sudah menggunakan type geser.

Gerbong type fruit car dan juga box car yang tampil ini merupakan produk kamod dari pabrik Intermountain, yang juga terkenal dengan memproduksi gerbong2 yang jarang diproduksi merek lain, Intermountain selalu memproduksi dengan jumlah road number yang berbeda hingga 6 unit atau bahkan 12 unit.

u47 u49 u50 u51

Dari beberapa kali jepret terhadap loko seri 9000 4-12-2 yang berwarna hitam legam itu, dapat diambil kesimpulan bahwa sesi potret loko warna hitam jauh lebih sulit dibanding dengn warna kuning atau yang lainnya. Sehingga perlu ada yang dikorbankan dari segi pencahayaannya. Kalau loko hitamnya terang maka sekelilingnya akan makin terang.

Beda dengan sesi pemotretan untuk loko Union Pacific yang berwarna kuning….hasilnya lebih seimbang antara pencahayaan pada loko dan pada area sekitarnya.

u52 u54 u55 u57

Secara keseluruhan loko jenis steam seri 9000 dengan konfigurasi roda 4-12-2 merupakan loko yang menjadi incaran kolektor penggemar Kamod Amrik khususnya penggemar UP, body metal yang menjadi incaran pertama, yang kedua jenis loko yan langka, yang ketiga adalah kehebatan fitur elektroniknya yang khas MTH.

Loko ini sudah dilengkapi dengan DCC onboard plus sound yang tidak perlu diragukan lagi, MTH juga sudah selalu melengkapi produk loko steamnya dengan fasilitas life smoke.Aba2 dari  Station  dan komunikasi dengan masinis merupakan hiburan sound tersendiri…..dan jangan lupa start stop engine lengkap dengan sound dan smoke harus dimulai dengan tombol F3…itulah MTH!

u58 u60 u65 u66

Loko seri 4-12-2 ini memang agak sulit untuk dicari, kehebatan model train jenis ini sudah tidak perlu diragukan lagi dari segi model, pabrikan pembuat, kemampuan manuver dan daya tarik, sound-smoke dan lighting yang lengkap. Walaupun MTH sudah merilis ulang tapi entah kenapa jenis ini laris manis.

Termasuk gerbong2 cantik warna orange juga merupakan item untuk berburu yang menarik, selain merek Intermountain pihak MTH juga memproduksi gerbong jenis fruit express ini dengan set terdiri dari 6 unit per box.

u59 u61 u62 u63

 

Video clip merupakan referensin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: