Katy si Merah….nongol saat Agustusan

Kalau boleh dikatakan “Piaraan Cantik” maka loko seri SD70 si Katy Merah merupakan piaraan cantik penggemar kereta model dari armada Union Pacific…loko Diesel ini memang sangat centil warnanya dan mulai wira-wiri dibenua Amerika dibagian utara di jalur Union Pacific sejak beberapa tahun lalu. Katy merah ini merupakan Heritage loko Diesel hasil akuisisi dari perusahaan MKT yang dilabur khusus oleh Armada Union Pacific.

k1 k2 k3 k4

Si Katy Merah nongol di mini LO MbT dibuntuti oleh saudaranya si Biru teduh Missouri Pacific. MbT sengaja menampilkan loko ini berjalan tandem dengan saudaranya Missouri Pacific untuk terlihat persahabantan mereka cukup akrab…hehehe…

Katy merah memang merupakan grafis yang sangat mengagumkan dengan berani loko dilabur dengan warna merah membara dikombinasikan dengan warna coklat dibagian depan yang menyambung kebelakang dengan gradasi strip hingga ketemu warna merah.

Dibagian hidung Katy ini dipasang ornamen bintang kejora alias bintang kaki lima yang cukup besar ukuranya, bintang diberi warna putih sehingga terlihat jelas dan kontras dengan warna dasarnya yang coklat.

k5 k6 k7 k8

Warna merah merona dibagian tengah kebelakang merupakan warna yang sangat menarik perhatian penggemar kereta model khusus armada Union Pacific yang umumnya selalu bernuansa Kuning. Dibagian tengah lambung kiri dan kanan pada posisi strip tertulis dengan huruf  khas amerika The Katy. Inilah yang menjadi icon Heritage MKT….dan selanjutnya MbT pun memanggilnya denga si Katy merah.

Warna merah dan coklat dibagian atas dek cukup kontras jika dibandingkan dengan warna truck dan tangki BBM yang seluruhnya dilabur dengan warna silver. Sedangkan dibagian depan dan belakang didaerah snowplow terlihat dicat warna hitam untuk mengelabuhi apabila daerah ini tidak bersih alias kotor.

k9 k10 k12 k23

Katy merah yang diikuti Saudara kembarnya juga SD70 berwarna Biru Muda/Tua nan teduh..selalu nempel membuntuti kemana saja si cantik Merah berada…kombinasi warna merah dan biru terlihat cukup serasi.

Tampak samping si Katy Merah ini tidak saja cantik tetapi juga gahar menanting terkesan sangat berkarakter ditambah warna tangki BBM yang cukup panjang berwarna silver bromit.

k11 k13 k14 k16

Dibagian belakang Missouri Pacific terlihat beberapa gerbong tanki kimia dan gas cair  dengan ukuran hingga 33,000cuft untuk tanki LPG dan ukuran kapasitas 30K untuk tanki Ethanol. Warna hitam tanki terlihat seram dan gagah sangat cocok kalo ditarik dengan loko Diesel Katy merah dan Missouri warna biru.

Kedua jenis tanki ini memiliki fisik yang lumayan panjang, diproduksi oleh pabrikan Athearn dengan menggunakan new tool sehingga memang terlihat produk Athearn ini memiliki detail yang lebih lengkap dengan dibandingkan produk2 sebelumnya. MbT hanya menemukan 2 pabrikan kereta model yang  memproduksi hingga 33K LPB tank car yaitu selain pabrik Athearn juga pabrik Atlas yang memproduksinya.

k15 k17 k18 k19

Deretan tanki kimia Ethanol dan LPG warna hitam kelam tersebut terlihat gagah digandeng loko Katy merah dan Biru Missouri Pacific …memang nyata sekali gerbong tangki warna Hitam ini yang  memiliki fisik yang cukup panjang dengan kapasitas hingga 33K tidak mudah bernegosiasi di curve tajam, minimal hanya bisa liwat di curve 22″.

Dettail yang lumayan lengkap ditambah dengan beberapa tulisan dan placard yang menjadi daya tarik tersendiri. Nama perusahaan dan nomor gerbong serta batas sekat didalam tanki tertulis dengan huruf yang jelas dan warna kuning atau putih yang kontras terhadap warna Hitam.

k20 k21 k22 k24

Sistim coupler remote digital yang diunggulkan oleh MTH merupakan coupler yang unik namun saat loko berjalan consist jangan sampai lupa saat uncoupler gandengan maka loko kedua juga akan terlepas dari loko pertama apabila addressnya sama antara kedua loko tersebut.

Kelebihan produk MTH ini juga terletak pada detail yang lengkap yang dapat dilihat mulai dari hidung depan hingga bagian pantat dibelakang. Railing pada loko ini terbuat dari bawan wire brass yang dipasang kokoh pada sisi samping kiri-kanan-depan-belakang….mutu railing merupakan petunjuk bahwa produk kamod ini terletak pada level premium.

k25 k26 k27 k28

Detail yang dimiliki gerbong tanki produk pabrikan Athearn  tersebut tidak kalah aduhai dibanding dengan detail yang dimiliki loko Diesel jenis SD70 buatan MTH, namun kalau kita perhatikan pada bagian railingnya…detail dan kehalusan patut diacugkan jempol tetapi kalau kita lihat dari materialnya Athearn masih menggunakan material plastic mutu tinggi….sehingga para penggemar harus extra hati2 kalau memegang dan handling gerbong yang satu ini…salah2 bisa putus.

k29 k30 k31 k32

Missouri Pacific warna kombinasi Biru muda/tua ini merupakan loko Diesel seri Heritage ..warna yang cerah dan detail yang lengkap merupakan sasaran object photography aliran macro….dengan menggunakan lensa macro terlihat jelas detail yang lengkap. Loko atau model train dengan ukuran skala 1:87 ini terlihat seperti life…..bayangkan saja kalau loko ini memilik panjang hingga 20m lebih…

k33 k34 k35 k36

si Katy berwarna merah merupakan Heritage series dari armada MKT yang sudah diakuisisi oleh armada Union Pacific dan loko warma biru muda/tua dengan logo grafis elang merupakan titisan dari armada Missouri Pacific

k37 k38 k39 k40

Silver truck merupakan kombinasi dari kebanyakan Heritage series yang di ciptakan oleh Union Pacific

k42 k43 k45 k46

Angka pada lambung kedua loko tersebut #1982 dan #1988 merupakan indikasi tahun saat armada tersebut diakuisisi oleh Union Pacific, dan Union Pacific membuat grafis pada loko barunya seri SD70 untuk mengenang armada MKT dan Missouri Pacific dan mengingatkan kepada para penggemarnya saat kedua armada tersebut jaya.

k47 k48 k49 k50

Kedua loko Katy merah dan Missouri biru melewati curve tajam 22″ dengan lancar

k51 k53 k54 k55

Setelah pindah dari jalur dalam ke jalur track luar pada mini LO MbT terlihat simulasi kedua kereta berjalan mundur untuk menggandeng rangkaian gerbong tanki yang sudah disebut sebelumnya.

k56 k57 k58 k59

Pada saat masing-masing loko Diesel seri SD70 ini berjalan individu, MbT sempat mengabadikan bagian roof/atas tari loko tersebut yang memang terlihat detail yang dibuat secara matang oleh MTH

k52 k60 k61 k62

Bagian atas dari gerbong tanki Ethanol dan LPG ini juga cukup menarik untuk diabadikan, anka dan huruf yang tertera pada bagian atas tanki merupakan nomor identitas gerbong yang dapat dilihat dan dipantau dari atas melalui Heli atau saat loading dan unloading mengisi didepo..

k63 k66 k67 k68 k69

Sesi foto terakhir menunjukkan dan memperlihatkan kombinasi warna Merah-Biru-Hitam yang sangat menarik ….rangkaian yang tidak terlalu pajang kelak akan dicoba untuk menambah lebih kurang 8 unit gerbong tanki supaya terlihat lebih mengular. Bunyi kedua Diesel SD70 didepan seolah terdengar berjalan tanpa gerbong karena bunyi roda gerbong tanki yang sangat halus lantaran mutu roda yang prima.

k68 k69 k70 k71 k72

Untuk produk-produk diatas MbT sangat merekomendasikan untuk dijadikan koleksi….pasti tidak menyesal walau saat ini cukup sulit mencari dipasaran diantara hobby shop di Amrik…beberapa unit masih bisa didapat melalui second seller…selamat berburu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: