Rindu dengan C&NW warna Hijau Kuning

C&NW dengan khas warna kombinasi hijau kuning memang membuat rindu penggemar Kereta Model …termasuk pecinta armada Union Pacific sekalipun…..hal ini karena sejak tahun 1995 C&NW sudah diakuisisi oleh pihak Union Pacific. Sebetulnya jujur yang membuat rindu adalah kombinasi warna ataupun warna armada ini cukup unik…yaitu Hijaunya yang Tua dan Kuningnya yang Terang.

Beberapa kali C&NW melansir loko dengan warna yang berbeda-beda, termasuk warna gerbong yang juga verveda-beda, pernah ada gerbong warna hitam dengan logo C&NW putih, gerbong warna merah/ciklat dengan logo C&NW Hitam Putih juga pernah ada gerbong jenis box car warna kuning dengan logo C&NW warna Hitam/Putih….namun secara umum yang dikenal pecinta kereta model tetap warna Dark Green dan Yellow/Neon…

c2 c3 c4 c9

Sejarah panjang C&NW mulai dikenang kembali dan justru mencuat tatkala perusahaan Union Pacific mengambil alir perusahaan ini dan sebagai penghargaan terhadap ketenaran C&NW maka munculah loko seri UP-C&NW Heritage pada tahung 2005 an.

Union Pacific Railroad yang dikenal dengan tanda UP berkantor pusat di Omaha, Nebraska, perusahaan ini merupakan perusahaan kereta api yang memiliki jaringan terbesar di Amrika (United States), dengan CEO dan Chairman nya Sdr. James R. Young. Peta dan rute armada kereta api UP mencakup daerah Tengah dan Barat United States diarea Chicago dan New Orleans.  Konon pada tahun 2005 saja, UP sudah mengoperasikan jalur kereta api hingga 52,185 km….hal ini karena UP membeli jalur kereta api milik perusahaan kereta api lain dalam jumlah besar termasuk milik Chicago and North Western.

c1 c5 c6 c7

Union Pacific melanjutkan ketenaran armada C&NW dan untuk mengenang sejarah itu UP mengeluarkan loko dengan seri “Heritage” dengan menampilkan loko berwarna sesuai dengan warna C&NW – UP.  Dengan selesainya pengecatan loko dengan warna khas tersebut yang dikerjakan di workshop Wisconsin and Southern Railroad‘s Horicon, Wisconsin shop, maka lahirlah loko Diesel baru dengan label nomor punggung  UP 1995, loko Diesel seri  EMD SD70ACe yang dilabur dengan seri warna “Heritage” C&NW mulai beroperasi pada July 15, 2006, dimulai dari station  North Western Station di Chicago, Illinois. North Western….loko ini sengaja dioperasikan dijalur CNW untuk mengenang para penggemarnya …….yang sesekali berjalan secara consist dengan loko C&NW lain #8646 dan nomor# 8701.

MbT yang awal mulanya tidak mengkoleksi loko dari armada C&NW dengan warna terkenal Dark Green/Neon Yellow..karena terbit seri Heritage dari UP yang sangat memikat tersebut..langsung saja melengkapinya dengan beberapa wagon dan Caboose dari armada C&NW.

c8 c10 c11 c12

Loko Diesel yang dilabur dengan versi Heritage ini adalah jenis SD70, yang mirip juga dengan loko Diesel seri SD70MAC; Loko jenis ini mulai diproduksi pada tahun 2004 dilengkapi dengan mesin Diesel mutakhir EMD’s 16-710G3C-T2 yang merupakan penggerak dari loko ini….tenaga yang dihasilkannya juga cukup besar hingga 4,300 horsepower.
EMD SD70 merupakan seri Diesel-electric locomotives yang diproduksi pabrik Electro-Motive Division of General Motors, yang aslinya telah memproduksi loko Diesel serinini sejak tahun 1992 dan hingga sekarang sudah mencapai angka lebih dari 4000 unit.

Modelnya nya pun ternyata tidak kalah perkasanya…dengan menarik belasan gerbong, loko Diesel jenis SD70 ini tetap maju lancar dengan tanpa hambatan….bahkan terasa ringan kalau cuma menarik belasan gerbong, jenis loko yang sama sudah pernah dicoba dan menarik gerbong hampir 30 unit tetap stabil.

c13 c14 c15 c16

Untuk model trainnya ini….wah dari segi penampilan sudah diakui tidak kalah cantiknya dengan prototype yang sebenarnya, model dengan skala HO 1:87 ini telah dibuat sempurna oleh pabrikan kereta model kawakan MTH. Tidak ada yang meragukan lagi kalau sudah ditangan MTH maka produknya yang terkenal akurat dan penuh dengan fitur elektronik yang menjadi kesukaan penggemar model railroader…termasuk MbT tentunya.

Loko seri Heritage C&NW ini keluar bersama dengan beberapa seri Heritage lain yang merupakan ungkapan dari UP terhadap beberapa perusahaan kereta api yang diakuisisinya sepert Missouri Pacific, Southern Pacific dan lainnya.

c17 c18 c19 c24

Pada saat pabrikan kereta model MTH merilis serie UP “Heritage” yang diantaranya adalah seri C&NW dengan road number #1995 dipastikan hampir seluruh penggemar berlomba mengejar produk ini.

Warna dari C&NW ini memang sangat menarik dan mudah diingat karena tidak ada kembarannya. Warna hijau gelap atau Dark Green merupakan warna yang sangat maskulin dan intelek yang melabur sebagian besar body terutama pada bagian atas loko, ditambah kombinasi warna kuning yang menyerupai warna armada UP, namun awalnya C&NW menggunakan warna kuning lebih menyala cenderumg ke arah neon green….kombinasi kedua warna ini sangat legendaris dan sudah terpatri dibenak para penggemarnya.

Pihak UP telah membuat grafis warna Dark Green dengan bentuk arah tajam kedepan..yang melambangkan maju cepat seperti anak panah..sementara logo C&NW lingkarang warna merah dan bar warna Hitam/Putih  terpampang tepat ditengah lambung kiri dan kanan.

c20 c21 c22 c23

Selain warna loko seri UP Heritage ini memang keren…MbT juga mencari produk untuk gerbongnya yang juga sesuai dan serasi dengan warna lokonya….dan secara tidak sengaja MbT menemukan beberapa unit gerbong type hopper dari armada C&NW dengan warna “Dark Green” yang sangat cantik.

Gerbong jenis hopper tertutup ini ternyata merupakan produk terbatas (jumlah produksinya tidak banyak) dari pabrikan kereta model senior “Athearn”….dan produknya tidak mengecewakan alias memuaskan saat dibuka dari box nya…gerbong jenis hopper ini memang benar2 memiliki warna tubuh yang sesuai dengan warna loko dan gerbong juga memilik detail yang patut diperhitungkan oleh pabrikan senior lain seperti Walthers dan Atlas.

Gerbong Jenis Hopper warna Hijau gelap tersebut dibagian tengahnya dihiasi dengan logo C&NW berwarna Kuning/Hitam yang terlihat sangat khas…logo C&NW yang berbentuk kombinasi lingkaran dan bar miring merupakan hasil desain grafis yang sempurna melegenda…sangat sederhana hanya merupakan tulisan Chicago  (pada lingkaran bagian atas) dan and North Western (pada batang melintang miring lingkaran) serta kata System  (pada lingkaran bagian bawah).

c25 c26 c29 c30

Ternyata Athearn tidak tanggung2 memproduksi gerbong seri C&NW ini, selain warna Hijau gelap yang khas juga diproduksi gerbong Hopper yang sama dengan warna “electri green” dan rangkaian gerbong yang dikoleksi MbT ini dilengkapi dengan sebuah gerbong warna “electric neon green)…tentunya juga tidak ketinggalan Side window Caboose juga buatan pabrikan Atheran.

Khusus caboose…pihak C&NW menambahkan beberapa tulisan motto dan sebuah bendera negeri paman Sam yang sedang berkibar…mereka sangat bangga mengkibarkan bendera Bintang dan stip merah putih tersebut…semoga kelak pihak armada Kereta api Indonesia juga terinspirasi untuk mengkibarkan bendera Merah Putih disalah satu gerbongnya…

c27 c28 c31 c35

Gerbong2 jenis hopper buatan Athern ini ternyata dibuat dengan sangat akurat, selain warna dan tulisan pada body yang memikat, juga detail yang sesuai. Mekanismenyapun juga dibuat dengan presisi…terlihat dari metal wheel nya yang polished dan penempatan coupler yang presisi ketinggiannya.

Detail yang dibuat Athearn menunjukkan keseriusan pabrikan ini dari tahun ketahun…dan belakangan memang detail yang disuguhkan Athearn sangat memuaskan penggemarnya…walaupun bukan kelas Genesis Athearn tetap konsisten dalam pembuatan detail, mekanis roda dan coupler hingga box yang cukup aman.

Bahkan pada produk closed hopper ini pihak Athearn membuat running board diatas dengan kesan stainless steel yang dibuat dengan sistim laser cutting.

c36 c37 c38 c28

Caboose jenis wide vision side window produk Athearn ini juga termasuk sulit untuk mendapatkannya….maklum gerbong atau loko Diesel dari armada C&NW ini memang diburu oleh penggemar seluruh dunia lantaran armada ini memiliki nilai sejarah yang panjang hingga diakuisisi oleh UP. Warna Caboose dipilih dengan melabur seluruh body dengan neon Green dan atap caboose diberi warna gelap Dark Green.

C&NW memasang motto pada caboose tersebut bertuliskan SINCE 1848 PULLING TOGETHER FOR SAFETY AND SERVICES, hal ini membuktikan bahwa armada ini telah beroperasi sekian lama dan mengutamakan keselamatan dan jasa yang baik.

c40 c41 c42 c43

Memang benar bahwa warna kombinasi Dark Green dan Neon green/yellow membuat rindu para penggemarnya, dan C&NW telah berhasil mempatri kenangan tersebut…hingga perusahaan Union Pacific yang telah mengakuisisinya membuat loko Diesel seri Heritage dengan warna C&NW tersebut dengan sedikit mengoplos warna kuningnya menyerupai warna “kuning” UP.

Tidak salah pilihan warna dan grafis yang diterapkan pihak UP pada loko seri SD70 ini…dan warna tersebut membuat rindu sekaligus mengobati penggemarnya untuk dapat melihat kembali warna C&NW yang kondang.

c48 c46 c47 c49

Selain warna khas C&NW Dark Green dan Neon Green/Yellow…pernah juga C&NW melabur body gerbongnya dengan warna Merah/coklat ditambah dengan logo warna Hitam/Putih…..Logo C&NW dibuat dengan beberapa warna grafis yang berlainan disesuaikan dengan warna gerbongnya. Terlihat ada beberapa warna logo C&NW sepert Hitam/Putih, Kuning/Hitam dan juga warna circle Merah dengan kombinasi bar Hitam.

Logo C&NW ini sangat melegenda sehingga banyak penggemarnya sampai sekarang mengkoleksi poster ataupun pernik2 berlogo C&NW.

…dan di salah sato wide vision caboose nya C&NW memasang motto bertuliskan SINCE 1848 PULLING TOGETHER FOR SAFETY AND SERVICES

MbT merekomendasikan untuk  rekan2 pembaca dan penggemar kereta model mengkoleksi item tersebut…dijamin tidak mengecewakan..

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: