UP ES44AC tarik Center beam car lengkap dengan load

Loko Diesel legendaris diera modern yaitu jenis loko seri EvoES44AC  yang dikeluarkan oleh pabrik raksasa GE EMD di Amrik sana, loko jenis ini sudah diproduksi ratusan unit dan dipesan oleh perusahaan kereta api Amrik Union Pacific guna menambah jumlah armadanya.

Pada kesempatan ini loko tersebut menarik beberapa gerbong jenis Center Beam yang lengkap dengan cargo diatasnya, load atau cargo merupakan daya tarik tersendiri dalam detail MODEL RAILROAD.

l1 l3 l9 l10

Gerbong jenis Center Beam dari armada Union Pacific ini memiliki fisik yang sangat panjang, dan karena bentuk fisik yang panjang inilah menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar kereta model.

Keunikan gerbong jenis center beam adalah terpisahnya area muat disebelah kiri dan kanan, dan jenis muatannya pun juga khusus alias tertentu. Jenis muatan antara lain berupa box yang ukurannya pun disesuaikan dengan ukuran center beam.

l2 l4 l6 l7

Terdapat dua jenis Center beam car yang memiliki panjang yang berbeda, terlihat Center beam car warna kuning yang terletak pada track sebelah memiliki panjang fisik yang lebih pendek. Merupakan Centerbeam produk dari pabrikan ternama saat ini Exactrail.

Untuk gerbong yang dilengkapi dengan cargo adalah Jenis center beam dengan panjang 72″ merupakan gerbong buatan Walthers…makanya gerbong ini sangat sesuai dengan “dummy load”  yang memang diproduksi oleh pabrikan “Walthers” untuk gebong untuk center beam car 72″ ini.

l5 l8 l11 l12

Pada umumnya jenis gerbong yang panjang seperti Center beam car ini selalu menimbulkan masalah pada saat operasi di curve yang terbatas, gerbong sering sekali derail atau anjlok. Tapi ternyata berbeda dengan produk Walthers ini…selain boogie memiliki gerakan yang lebih lebar juga dilengkapi dengan coupler lebih panjang….alhasil mantab terkendali.

Load yang dibuat oleh Walthers memang hanya cocok untuk center beam produk Walthers juga, karena “load” ini dibuat sangat presisi dan pas dengan panjang centerbeam. Sistim kenop antara load sebelah sisi kiri dan kanan sangat kuat shingga saat melepas dari gerbong pun juga harus ekstra hati2.

l13 l14 l15 l16

Seperti MbT sebutkan bahwa Load untuk Center beam car memang harus khusus lantaran space yang terbatas antara ruang muat sebelah kiri dan sebelah kanan. Pada prototype dalam pemuatannya pun harus memperhatikan keseimbangan antara kiri dan kanan sehingga bebanya berimbang…hal ini juga diingatkan dalam bentuk tulisan pada placard di gerbong2 tersebut.

Centerbeam car memang terlihat lebih lengkap saat ditambah load!….namun ternyata tidak mudah mencari load yang khusus untuk Centerbeam car ini…MbT sedang memikirkan untuk membuat sendiri terutama untuk centerbeam car buatan Exactrail.

l17 l18 l19 l20

Perhatikan pada Center beam kosong tanpa beban, terlihat ruang muat dibatasi dengan sekat ditengah secara memanjang dan terlihat luasan ruang muat tidak besar…hal ini tentu saja mempunyai maksud khusus kenapa diciptakan gerbong seperti ini…yang pasti jenis muatan tidak bisa besar dan lebar…umumnya hanya dalam bentuk box saja dan yang pasti gerbong centerbeam ini harus memiliki dock khusus untuk bongkar muat karena harus dari kedua sisinya.

Sehingga untuk mendapatkan kesan yang realistis pada Layout, para model railroader juga harus mempersiapkan loading-unloading dock khusus untuk centerbeam car, yaitu membuat area yang terhubung dengan fasilitas jalan untuk kebutuhan trucking antara sisi kiri dan kanan

l21 l22 l23 l24

Center beam yang kokoh memang dibuat untuk memisahkan ruang muat secara memanjang, sehingga titik grafitasi terbagi menjadi dua dengan sekat pemisah tersebut. Hal ini sangat menguntungkan apabila memuat muatan yang terdiri dari box yang tersusun maka separo susunan box akan tertahan secara memanjang oleh center beam.

Sehingga apabila kereta melalui track dengan curve dan dengan kecepatan tertentu maka beban gravitasi sebagian/separo box tertahan center beam dan tidak mendorong susunan box yang lain…hal ini untuk menghindari rolling muatan dan geseran yang kemungkinan dapat mengakibatkan gerbong terbalik.

l25 l26 l27 l50

MbT mencoba mengoperasikan rangkaian gerbong jenis Center Beam ini yang ditarik  oleh loko Diesel UP ES44AC dengan kecepatan hingga 40m/h melalui curve 22″ dan terlihat rangkaian tersebut tetap laju lancar tanpa hambatan.

Memang pada kereta model ini beban terikat rapi dengan sistim snap on yang presisi dan sempurna, sehingga tidak mungkin terlepas dari gerbong. Load buatan Walthers ini dijual tiap satu set untuk satu centerbeam car…untuk saat ini masih belum banyak pilihannya.

l29 l30 l31 l32

Terlihat load yang berbentuk  box tertata rapi di setiap Centerbeam car yang memiliki panjang 72 feet ini. Tidak terlalu jelas jenis muatan apa yang dikemas dalam box tersebut. Load yang terbuat dari bahan plastik ini memiliki bobot yang cukup ringan sehingga tidak bermasalah untuk loko penariknya.

Produk Walthers ini agak sulit untuk mendapatkannya karena tidak semua toko hobby menyediakan produk yang satu ini. Perburuan melalui dunia maya harus dilakukan dengan sabar dan rajin, karena terkadang satu seller hanya tersedia beberapa set bahkan cuma satu set, sehingga kalau kita hanya beli satu set maka harganya jadi mahal lantaran ongkos kirim.

l33 l34 l35 l36

Gerbong centerbeam memiliki beberapa jenis sekat pemisah tengahnya, dan yang populer adalah centerbeam yang memiliki lobang2 peringan berbentuk bulat lonjong seperti jendela opera? lantaran tersebut gerbong ini dinamakan juga opera centerbeam.

Saat gerbong ini kosong terlihat beberapa tulisan antara lain tulisan peringatan sistim pemuatan dan juga logo dari perusahaan seperti Union Pacific field…namun sayang penempatan logo UP shield tersebut menjadi terhalang saat Centerbeam car ini dimuati…tinggal letter UP yang terlihat disisi samping deck bawah.

l37 l38 l39 l40

Memang terlihat gagah dan cocok sosok loko Diesel ES44AC yang memang memiliki postur tubuh yang panjang menarik rangkaian gerbong centerbeam 72′ panjang….pada simulasi kali ini hanya 4 gerbong yang ditarik. Loko Diesel ES44AC ini merupakan produk andalan dari pabrikan kereta model Athearn seri GENESIS .

Saat ini Athearn Genesis memang sedang naik daun lantaran sudah majunya jantung pacu yang dicangkokkan yaitu Elektronik board Soundtraxx Tsunami….tentunya sukses loko seri Genesis ini harus diikuti dengan produk2 gerbongnya yang masih terasa kurang.

l55 l56 l57 l58

Load yang dibawa oleh centerbeam car ini terlihat khusus, MbT mencoba mengambil gambar secara Macro namun masih tidak terlihat secara jelas muatan apa sebenarnya yang dibawa, karena terletak digerbong yang terbuka sehingga kesimpulan muatannya bukan merupakan muatan yang bernilai mahal.

Pernah didapatkan info dari salah satu terbitan yang mengulas gerbong jenis ini, muatannya adalah bahan baku pembuat kertas, namun bukan dalam bentuk cairan. Selain itu juga ada muatan raw material lain sebangsa jerami yang telah dipadatkan dalam bentuk box.

l41 l42 l62 l64

Ukuran load untuk Centerbeam car 72′ yang dikeluarkan oleh pabrikan Walthers memang terlihat khusus diperuntukan untuk gerbong Center beam juga buatan Walthers. MbT mencoba untuk menempatkan load pada center beam buatan Exactrail memang tidak sesuai dan agak sulit juga untuk memodifikasinya.

Sementara ini terpaksa MbT harus terus berburu supaya mendapatkan load yang sesuai untuk gerbong centerbeam buatan Exactrail tersebut.

l44 l45 l46 l48

Perjalan Loko Diesel Union Pacific ES44AC dengan menarik rangkaian gerbong Centerbeam merupakan uji coba pertama meliwati curve 22″ di mini LO MbT dan hasilnya ternyata maju lancar.

Pada awalnya MbT ragu saat melewati curve 22″ karena fisik Centerbeam terlihat panjang…ternyata pihak Walthers sudah mengantisipasi dengan baik dengan memasang coupler long…hasilnya liukan ular yang sangat menarik.

l48 l49 l51 l53

Kalau sudah mengoperasikan gerbong2 panjang seperti jenis centerbeam 72′ tersebut maka mulai terasa (sebetulnya sudah dari dulu) bahwa mini LO MbT harus segera diperpanjang jalur tracknya dan curvenya harus ditingkatkan menjadi curve 24″ dan 26″.

Gerbong jenis Centerbeam, jenis well car, jenis Auto car, passenger car ataupun flat car yang panjang memerlukan jalur track yang panjang, namun untuk MbT sebenarnya tidak sulit karena dapat disiasati dengan trik photo saja.

l52 l43 l49 l54

Secara keseluruhan memang load untuk centerbeam/gerbong barang buatan Walthers ini sangat mengesankan dan tidak ada ruginya kalau mengkoleksi gerbong2 tersebut lengkap dengan load nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: