GP 38-2 Union Pacific produk Athearn Genesis memukau!

Locomotive Diesel type EMD GP 38-2 merupakan loko kuda kerja dengan konfigurasi roda B-B empat axle…loko ini dipakai sebagai road switcher yang handal. Loko yang merupakan turunan dari EMD Dash 2 dan pengembangan dari seri GP 38 memiliki tenaga cukup besar yaitu 2,000HP.

g32

Loko dengan tubuh yang relatif kecil ini mampu menarik rangkaian gerbong hingga puluhan unit wira wiri diarea industri ataupun antar station jarak pendek..dan konon loko ini masih beroperasi dan masih terlihat hingga tahun 2013..hal ini lantaran merupakan loko yang mudah pemeliharaanya

Loko yang dibuat di Amrik oleh pabrikan EMD pada rentan waktu 19972 hingga 1986 mampu menembus angka produksi 2,200 lebih…dan beberapa unit ada juga yang diproduksi di Canada.

g1 g2 g3 g4

Road switcher ini dipesan oleh armada Union Pacific sebanyak 60 unit yang pada akhirnyaarmada  Union Pacific memiliki lebih dari 100 units lantaran hasil akuisisi terhadap perusahaan perkereta apian lain seperti CNW ataupun Southern Pacific.

Bentuknya memang cukup menarik..dengan badan yang tidak besar namun mampu menarik rangkaian gerbong dengan mantab. GP 38-2 memiliki beberapa asesori khusus yang dibuat berdasarkan keperluan sesuai armada perusahaan kereta api yang memesannya …contoh untuk armada Union Pacific memiliki kekhususan dengan melengkapi Beacon light warna orange diatas cabin cab nya.

Tidak lupa armada UP ini melengkapi semboyan khas Union Pacific “We can handle it” yang terpampang pada sisi samping cabin sekaligus merupakan daya tarik tersendiri dari loko GP 38-2 milik armada Union Pacific ini.

g8 g7 g6 g5

Dengan ketenaran loko Diesel tersebut maka pabrikan “kereta model” berlomba memproduksinya berdasarkan blue print…sebagai contoh road name Union Pacific dengan road number #2042, merupakan produk mutakhir dari pabrikan kereta model kondang Athearn Genesis…..  dan pabrikan ini terlihat sangat percaya diri terhadap produknya…. sejak keluar dari box warna biru bersetrip warna gold sudah terlihat kehebohannya.

Model Loko Diesel seri EMD GP38-2  Union Pacific ini dibuat oleh Athearn Genesis dengan sangat teliti dan detail…dan MbT mujur karena saat menerima terlihat box luar paket posnya tidak besar dan sederhana kurang meyakinkan…namun saat dibuka tidak ada bagian detail yang terganggu atau rusak…menandakan Athearn juga memikirkan kemasan indah yang aman berwarna biru khas Genesis.

Tanpa menunggu hari esok loko Diesel GP 38-2 ini langsung dijajal diatas mini track MbT untuk meyakinkan fungsi elektroniknya seperti apa…..

g9 g10 g11 g12

Ternyata electronic system Athearn Genesis yang dipercayakan kepada Soundtraxx Tsunami seluruhnya berfungsi dengan baik dan memuaskan. Power loko ini cukup garang dengan mencoba menggerakkan throttle pada sistim kontrol Digitrax terlihat reaksinya cukup baik dan akurat. Jalan arah kedepan maju atau jalan kebelakang mundur merupakan test awal untuk power loko ini….hasilnya perfect.

Selanjutnya percobaan terhadap lighting…oh ternyata lampu utama depan maju dan lampu belakang mundur menyala dengan warna panas sedikit kemerahan, warna ini sangat realistis menunjukkan loko beroperasi pada era tahun ’70an. Awalnya MbT berpikir kenapa tidak warna putih terang ya…aagghh kalau warna putih terang tidak cocok dengan jamannya.

Selanjutnya MbT mencoba mencari tombol untuk mengaktifkan fitur lampu beacon yang diatas cabin cab berwarna orange tersebut….dan ketemu di F6, lampu ini dikenal dengan nama Operating Western-Cullen beacon… puas sudah pengetesan lighting walau loko ini tidak dilengkapi dengan lampu cabin ataupun lampu ditchlight.

g17 g18 g16 g15

Gerakan GP 38-2 memang sangat lincah… dengan konfigurasi roda B-B tentunya sangat lincah melibas tikungan pada turnout kecil tanpa ada modifikasi pada panjang coupler. MbT sengaja memasangkan dengan gerbong pendek jenis hopper supaya seimbang alias matching….tentu saja hopper juga milik armada Union Pacific dan buatan Athearn.

Cengkeraman roda lumayan baik walau bobot loko ini tidak seberapa, tinggi couplernya pun sangat akurat disambungkan dengan gerbong produk Athearn juga… yang kelak MbT akan mencoba melakukan test pada gerbong produk lain yang panjangnya melebihi lokonya…loko yang memiliki panjang sekitar 18m ini berjalan mantab dan halus.

g22 g21 g19 g20

Loko seri GP 38-2 ini memiliki tenaga yang dihasilkan oleh Mesin Diesel EMD seri 16-645E merupakan mesin Diesel  konfigurasi 16 silinder V16 dengan sistim pembakaran Diesel Two Stroke, yang pada kereta modelnya digantikan oleh motor Genesis driveline  dengan 5-pole skew wound motor yang memiliki suara sangat halus hampir tak terdengar suaranya.

Diesel buatan EMD memang terkenal handal dan pada seri baru sudah sampai dengan Tier III artinya mesin Diesel ini memiliki emisi gas buang yang sangat rendah nilai Nox dan Sox nya sehingga sangat ramah lingkungan.

g30 g31

We can Handle it, memang merupakan motto dari Armada Union Pacific yang sangat terkenal.  Tulisan ini dipasang pada sisi samping cabin…namun sayang seri GP 38-2 ini pihak Union Pacific tidak memasang logo UP shield merah biru yang beken itu.

Warna Kuning armour Yellow dan harbour mist Grey ditambah setrip merah memanjang merupakan kombinasi warna yang tidak mudah dilupakan.

Selain itu penggunaan warna silver pada boogie truck B-B adalah merupakan pilihan tepat seolah loko tersebut menggunakan sepatu jogging warna silver…dan sedikit unik bahwa pada sun visor jendela samping menggunakan warna kuning gading.

g23 g24 g25 g27

Roda loko metal yang dibuat sangat presisi dengan polesan sangat rapi terlihat mengkilap…sistim roda menganut penggerak multi-link sehingga tidak ada masalah saat operasi. Seluruh roda memiliki electrical pickup sehingga pergerakkannya pada tiap roda sangat merata. Roda yang memiliki kontur RP25 di klaim dapat dioperasikan pada track Code 70, 83, dan 100 tanpa masalah.

Memang terbukti bahwa performa loko produksi Athearn Genesis tidak perlu diragukan lagi, dan tentunya para penggemar kereta model termasuk MbT juga dimanjakan dengan detail yang sangat lengkap.

g34g36 g37 g38

Soal detail yang disuguhkan ….wwffuiihh belum ada tandingannya, untuk kelas loko ini terlihat Athearn Genesis terus meningkatkan kualitas detail dan mutu materialnya…hal ini sangat berbeda kalau kita bandingkan dengan Athearn Genesis produk tahun 2010 misalnya.

Perhatikan saja mulai dari bagian atas seperti antenna GPS , pemasangan lampu Beacon yang sudah dapat menyala berkedip. Sedikit kebelakang terlihat lobang ventilasi lengkap denga kipas fan radiator yang bergerak free dan sekian banyak detail diatap belakang termasuk Horn….keseluruhannya dibuat oleh Athearn secara serius.

Selain itu terlihat sekian banyak anak tangga yang menempel pada bagian tubuh GP 38-2 dengan sangat presisi terbuat dari metal termasuk juga penyangga side sun visor berwarna broken white….yang pada umumnya diberi warna grey.

g35 g39 g40 g41

Pada bagian kaca depan dilengkapi wiper yang terpasang sangat rapi berwarna silver merupakan ornamen yang sangat menarik. MbT juga harus berhati-hati saat pegang loko ini lantaran railing yang dibuat oleh Athearn Genesis sangat detail halus dan rentan bermasalah apabila handling tidak hati-hati

Pada bagian depan loko terpasang snowplow tegak berdekatan denganposisi MU hoses yang menjulur kedepan juga pada bagian belakang.

Pada bagian bawah disekitar boogie terlihat sangat lengkap piranti traction termasuk detail boogie, anak tangga, silinder untuk brake lengkap dengan perpipaannya..yang dilabur dengan warna silver.

Tanki BBM berbentuk panjang merupakan bagian bawah yang berwarna Harbour mist Grey yang terlihat pada sisi kiri dan kanan menunjukkan betapa besar kapasitas tanki BBM nya. Tanki BBM ini lengkap terlihat dengan detail lobang pengisian dan sounding pipe indicator.

g42 g43 g44 g45

Pada percobaan perjalanan singkat GP 38-2 ini meraung-raung menunjukkan keampuhan Soundtraxx Tsunami yang dilengkapi dengan speaker oval yang terpasang didalam perut GP 38-2 bersamaan dengan circuit board…..nada mesin Diesel yang terdengar sedikit berbeda yaitu pada saat throttle dinaikkan maka revolusi putaran tiba2 tinggi dan merendah lagi…hal ini sangat unik seperti pada umumnya suara Diesel di bejeg gas nya.

Soundtraxx Tsunami pada loko ini tidak banyak menyajikan macam sound…MbT menyebutnya masih standar dengan fungsi 12 fitur…tidak ada nada komunikasi radio oleh masinis atau nada announcement pihak station….dan pada tombol F6 nya pun digunakan untuk mengaktifkan lampu Beacon.

g50 g51 g52 g53

Loko buatan Athearn Genesis ini saat rolling tanpa sengaja ketemu dengan loko lain seri SD 24 high nose buatan rivalnya Atlas Gold series yang sedang menarik rangkaian tanki  …dan ternyata terlihat produk Athearn Genesis jauh lebih gagah dan detail.

Bagian atas dari loko Diesel GP 38-2 ini juga menjadi perhatian pihak Athearn terbukti dengan membuat detail yang sangat menarik pada ventilasi radiator yang berbentuk kipas yang dapat bergerak bebas….dan karena dibagian atap cabin tedapat lampu beacon maka posisi triple horn dipindahkan pada posisi belakang.

g55 g56 g57 g59

Diketahui juga bahwa Atlas juga mengeluarkan 2 kelas produknya yaitu kelas Silver dan Gold, namun kelihatanya Atlas masih biasa saja belum ada perkembangan untuk peningkatan produknya…padahal produk Atlas Gold patut diperhitungkan juga, Gold series adalah kelas yang sudah dilengkapi dengan DCC sound dan tidak tanggung2 board circuit electronic ini keluaran Quantum.

Loko Diesel GP 38-2 Athearn Genesis dengan tanpa menghiraukan rivalnya terus melaju dengan raunagn Diesel two stroke 16 silinder. Dilihat dari atas, dari samping dan tentunya dari depan Diesel GP 38-2 Athearn Genesis memang lebih keren dan detailnya yang lengkap menambah realistis penampakannya.

g46 g47 g48 g49

Kesimpulannya loko road Switcher GP 38-2 dengan konfigurasi roda B-B memang sangat menarik dan pantas dijadikan koleksi…lampu utama berwarna sedikit candel menunjukkan kerealistisan sesuai era…….produk Genesis ini terbukti belum ada tandinganya dari merek lain. Patut kita acungkan jempol kepada Athearn Genesis series yang telah dengan yakinnya memproduksi jenis ini. Selamat mencoba!

2 Responses to GP 38-2 Union Pacific produk Athearn Genesis memukau!

  1. yabyaban says:

    Wah makin ciamik aja nih blog om MbT
    hasil jepretan makronya keren, ditambah lg fitur video.. Mungkin krn HD buffer video nya agak lama Om..

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks mas Budiyanto sudah sempat mampir dan memberikan komen, mengenai video akan saya coba untuk upload yang filenya kecil…btw kalau wifi nya kenceng mungkin ga masalah ya mas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: