Walthers Platinum Line vs Gold Line

Persaingan antara pabrikan kereta model dengan cara meningkatkan kualitas masing2 merupakan suatu persaingan yang sangat sehat. Walthers merupakan pabrikan Kamod yang sudah berumur puluhan tahun merupakan pabrikan yang selalu exist dengan produk2 detailnya.

Walthers Platinum Line dan Gold Line merupakan dua level kelas yang memiliki kualitas yang baik, namun sebenarnya dimakah perbedaannya yang terlihat.

g1 g2 g3 g4

Sosok Platinum Line dan Gold Line buatan Walthers diwakili oleh gerbong jenis gondola yang ditarik oleh loko Diesel buatan Atlas Gold Series Dash 8-40C dan berdampingan dengan loko Diesel juga buatan Atlas namun dari Silver Series…..untuk produk Atlas ini juga membedakan antara dua kualitas yang berbeda dengan label Gold dan Silver.

Perbedaan kelas menandakan perbedaan yang disuguhkan alias kita sebut beda kualitas dan lebih jelas adalah beda detail atau terkadang beda spesifikasi…hampir semua pabrikan mengeluarkan  jenis produkny dengan beberapa beda kelas, contohnya untuk produk Walthers mereka mengeluarkan kelas Train man, Gold Line dan Platinum Line, contoh line Exactrail misalnya mengeluarkan kelas Express, Evolution, Platinum dan Signature…dsb.

g5 g6 g7 g13

MbT memilih jenis Drop end Mill Gondola AAR (Association of American Railroads ) 52 ft dari Walthers Platinum Line dan untuk yang seri Gold Line dipilih jenis 53 ft Thrall Gondola dan tentu saja keduanya merupakan milik armada UNION PACIFIC dengan laburan warna merah/coklat.

Sepintas kedua jenis Gondola yang berbeda kelas tidak nampak perbedaannya, memang terlihat huruf UNION PACIFIC pada Gold Line ditulis lebih besar, namun sebenarnya bukan hanya itu yang membedakan….yang seknifikan adalah beda detail yang disuguhkan a/l aksesori pada pintu, detail bagian dalam dari bak Gondola, detail bagian bawah gerbong dan juga jenis/kualitas coupler yang berbed

g8 g9 g10 g12

Rangkaian Gondola tersebut ditarik manis oleh sebuah loko Diesel menengah dengan nomor #9167, loko ini merupakan jenis Diesel dengan konfigurasi roda CC jenis Dash 8-40C terlihat cukup tangguh untuk berfungsi sebagai road switcer atau beroperasi di trayek pendek.

Loko buatan pabrik Atlas ini merupakan seri Gold yang tergolong premium lantaran sudah lengkap dengan sound card keluaran Quantum yang cukup kesohor dengan kualitas suara tidak mengecewakan. Detail loko ini juga lengkap dengan skala yang lebih akurat dibanding kelas Silver dibawahnya.

Figur masinis pun sudah termasuk komplemen yang memuaskan, sehingga loko dapat langsung berjalan/rolling dengan suara yang menggelegar.

g11 g14 g15 g16 g17

Terlihat keren perpaduan kombinasai warna kuning yang merupakan laburan loko UNION PACIFIC jenis Dash 8-40C dengan strip warna kuning pula pada geladak warna abu2 …. dan warna coklat kemerahan yang merupakan warna khas era tersebut untuk Gondola milik UNION PACIFIC merupakan warna favorite MbT untuk segala gerbong karena menimbulkan kesan sebelum era III

Memang benar bahwa Gondolasudah populer sejak jaman bahelak, dan jenis ini sudah diproduksi sejak sebelum WWII atau sekitar tahun ’40 an.

Loko Dash 8 ini terlihat dilengkapi dengan lampu utama dikepalanya berwarna puti daylight maintenance free yang terlihat sangat terang mempesona.

g18 g19 g20 g66

Gondola jenis Drop end Mill Gondola AAR 52 ft dari Walthers Platinum Line dan untuk yang seri Gold Line  jenis 53 ft Thrall Gondola terlihat memiliki tinggi sideboard yang berbeda, pada Drop end Mill Gondola AAR 52 ft dari Walthers Platinum Line memiliki tinggi side board lebih rendah dan untuk yang seri Gold Line jenis 53 ft Thrall Gondola memiliki sideboard lebih tinggi.

Pada Gondola seri Platinum Line yang memiliki sideboard rendah dilengkapi denga tulisan UNION PACIFIC yang ukuranya lebih kecil namun cukup jelas dan sangat rapi…termasuk beberapa placard data dimensi gondola juga kapasitas muat gondola yang tertulis dengan sangat crispy.

g36 g37 g38 g41

Selanjutnya kita mulai membahas detail dari kedua produk dengan level berbeda, jelas detail yang dimiliki Platinum Line jauh lebih baik dan lebih lengkap dibanding dengan detail yang dimiliki Gold Line.

Sebagai contuh pada kedua Gondola tersebut terlihat konstruksi penyambungan dengan menggunakan keling, terlihat pada Platinum line lebih detail dan lebih lengkap, begitu juga untuk konstruksi tangga samping…detail yang dimiliki Platinum Line jauh lebih detail dan bagus.

Pada sideboar end juga memiliki detail yang berbeda ditambah detail bagian dalam dari gondola untuk yang Platinum Line terlihat profil bagian deck dan sideboard bagian dalam yang disiapkan oleh Walthers dengan akurat.

g42 g43 g44 g45

Demikian juga detail pada sideboard belakang berbeda…namun yang paling menarik adalah jenis coupling yang dipasang pada kedua level Gondola tersebut juga berbeda, untuk Platinum Line menggunakan jenis coupling dengan paten Protomax warna hitam lengkap dengan spring dan untuk jenis Gold Line menggunakan jenis knuckle coupler biasa warna coklat tanpa spring diluar…namun coupler ini sangat baik dan cukup kuat.

Tetapi setelah disandingkan dan digabung dengan Gondola seri Platinum Line yang memiliki coupler Protomax sedikit terlihat perbedaan tingginya…hal tidak masalah karena dengan beberapa rolling maju mundur tinggi coupler sudah dapat menyesuaikan.

g47 g48 g49 g50

Sejenak kembali ke loko Diesel Dash 8-40C yang diproduksi oleh Atlas master dengan motto Realistic Sound forPrototypical Locomotive memang tidak mengecewakan…seri ini kelihatanya tidak banyak diproduksi…MbT menunggu produk2 baru dari Atlas ini namun tidak kunjung datang…..entah kenapa pihak Atlas kurang gencar memproduksi seri “Gold”…padahal seri ini banyak dicari penggemar.

Detail yang disuguhkan sangat lengkap dari atas kebawah mulai horn, antenna raido, lobang exhaust gas, kisi2 ventilasi hingga bagian bawah berupa tangki bahan bakar, tanki udara, hydraulic system untuk brake, juga bagian depan yang lengkap dengan mu hose dan coupler serta railing yang lumayan detail.

Tak lupa bagian samping loko juga sudah terlihat detail bagian pintu, jendela, anak tangga dan yang terlihat juga sempurna adalah bahan ABS berkualitas lengkap dengan warna Armour Yellow dan harbour mist Grey khas UNION PACIFIC.

g51 g53 g54 g55

Memang sangat cocok detail dari loko Diesel Dash 8-40 C keluaran Atlas Master gold series apabila dipadu padankan dengan Walthers Platinum Line product, perhatikan mulai dengan coupler yang klop baik tinggi dan genggamanya…coupler pada loko warna coklat karat sedangkan pada Gondola Platinum line berwarna hitam Protomax.

Detail bagian bawah dari gondola disekitar roda termasuk boogie yang lengkap terlihat per nya cukup kuat menandakan bahwa gondola ini memang benar mampu mengangkut muatan hingga kapasitas 100 tons.

Gondola yang konstruksinya diperkuat dengan rib/tulangan dibagian luar juga membuktikan bahwa sideboardnya cukup kuat mengangkut steel product yang berkembang sangat pesat diera tahun ’30an…pada foto diatas terlihat detail lantai yang dilapis dengan wooden plank melintang dan juga fasilitas lashing/pengikat yang terletak pada sideboard bagian dalam….hal ini disiapkan apabila Gondola digunakan untuk mengangkut rool sheet baja.

g63 g64 g65 g66

Gondola yang dibuat diawal abad 20 ini seiring dengan berkembangnya industri baja di negeri paman Obama…terus diproduksi hingga tahun 40an dan tahun 60an dengan menambah panjang dan menambah tinggi sideboardnya sesuai kebutuhan…Gondola jenis ini masih terlihat beroperasi hingga tahun 80an…makanya sempat ketemu dengan loko Diesel Dash 8-40C…

Pada simulasi operasi di mini LO MbT…rangkaian Gondola akan digabung dengan sebuah Chip Mill Hopper yang juga produk Walthers dari Gold Line

g98 g99 g101 g102

Chip Mill Hopper yang terletak di track sebelahnya memang terlihat gagah saat bergerak perlahan…Chip Mill Hopper dengan ukuran jumbo tinggi hampir tiga kalinya…disini MbT menunjukkan bahwa Chip Mill Hopper yang digunakan untuk mengangkut chip potongan/serpihan kayu juga merupakan produk Walthers Gold Line memiliki detail yang lumayan.

 

g95 g96

Pada kesempatan ini MbT mencoba menunjukkan bagian bawah dari Chip Mill Hopper…dan ternyata Gold Line memiliki detail lumayan…..terlihat bagian bawah hopper yang dilengkapi 6 buah bukaan.

Untuk bagian samping Hopper ini memiliki penguat konstruksi berbentuk Rib dan pelat lambungnya memiliki konstruksi seperti waffle.

g26 g27 g28 g29

Karena gondola ini dari samping terlihat seperti hopper dan dilengkapi dengan sistim bongkar muatan dari bawah maka diberi nama Wood Chip Hopper buatan pabrik gerbong Greenville dengan kapasitas 7,000 cubic feet. Open hopper yang dimiliki juga oleh UNION PACIFIC berada di track sebelah yang akan ditarik gabung bersama rangkaian gondola.

Open Hopper produk Walthers Gold Line ini memiliki detail yang lumayan… sayangnya Walthers hanya memproduksi satu road number saja….memang bedanya Walthers dengan Exactrail atau Intermountain adalah jumlah road number yang diproduksinya sedikit, Exactrail atau Intermountain kalau memproduksi satu road name dapat mencapai 12 road number yang berbeda sehingga para penggemar kamod dimanjakan dapat memilih beberapa unit dengan road number yang berbeda.

g67 g68 g69 g71

…sesuai foto diatas memang kali ini untuk pertama kalinya MbT sengaja membalik gerbong hanya untuk menunjukkan detail dari sebuah gondola produk Walthers Platinum Line dan juga Gold Line….terlihat dengan jelas beda detail yang dibuat kedua level Platinum dan Gold Line.

Diatas ini merupakan bagian bawah dari Gondola AAR Drop End 52′ produk Platinum Line yang sangat detail terlihat dari mulai bagian balah lantai Gondola yang terbuat dari papan/wooden plank yang menumpu pada konstruksi baja memanjan, perlengkapan brake lengkap dengansistim hydraulic cilindernya dan batang penggerak rem untuk keempat bagian roda.

Selain itu Walthers juga menunjukkan keseriusannya dalam menggarap bagian boogie roda depan dan belakang serta pocket dari coupler Proto Max nya.

g72 g73 g74 g75

Nah yang diatas ini merupakan produk Walthers Gold Line…..terlihat dengan jelas beda detailnya….seolah para modeller tidak perlu melihat bagian bawahnya padahal setiap penggemar kamod baru mendapatkan barang baru otomatis juga akan melihat bagian bawah dari produk tersebut.

Untuk seri Gold Line terlihat sederhana bagian lantai bawah cukup rata saja tidak terlihat detail, juga bagian belakang sideboard juga kurang akurat terutama bagian tangga dan konstruksi keling, begitu juga perlengkapan brake tidak selengkap yang dimiliki Platinum Line..termasuk pocket coupler juga sederhana.

Memang terlihat beda antara Platinum Line dan Gold Line …tentu saja harganyapun pasti berbeda…namun MbT tetap menyukai keduanya.

g84 g85 g100 g99

Diakhir cerita Wood Chip Hopper bergabung dengan rangkaian Gondola…yang selanjutnya akan ditarik oleh Diesel Dash 8-40C mengitari mini LO MbT…sangat mengesankan.

MbT merekomendasikan produk-produk diatas untuk dijadikan koleksi…memang harus sabar untuk mencari dan memburu barang koleksi tersebut…sebagai informasi MbT mendapatkan item tersebut diatas dari salah satu hobby shop dijakarta yang sering mendatangkan produk Walthers.

g103 g104

Sebagai pengenal atau untuk membedakan antara Walthers Platinum Line dan Gold Line dapat dilihat juga dari perbedaan namanya…selamat berburu

2 Responses to Walthers Platinum Line vs Gold Line

  1. Eko says:

    Platinum line = gold line yg ditutupin stiker…🙂
    Platinum jauh lebih bagus detail dibanding produk walther sebelumnya… sayangnya harga jg jadi naik mencolok.

    sebenarnya ditunggu platinum line yg satu set isi banyak jadi nggak bikin nanggung rangkaian

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks atas komen ya, saya setuju mas Eko, memang box Walther yang Gold kelihatanya buatnya kebanyakan…jadi begitu untuk Platinum ya ditempel stiker saja, hal ini sama juga untuk yang WlthersProto
      Kalau minat yang satu set atau mas Eko perlu jumlah unit yang banyak dengan road number yang berbeda saya usul ambil saja produk Tangen Scale pasti puas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: