UP COS vs UP COLA…

..apa sih sebenarnya COS ataupun COLA……kelihatanya seperti minuman ringan…namun sebenarnya merupakan kependekan dari City of San Fransisco (COS) dan City of Los Angeles (COLA)….nama rangkaian loko penumpang yang sangat tenar di Amrik sana yang wira-wiri dari Chicago,Illinois ke Los Angeles, California diera tahun ’50 an yang meluncur melalui Omaha,Nebraska dan Ogden, Utah.

c4 c6 c12 c18

City of Los Angeles  adalah sebuah rangkaian kereta penumpang  elite di Amrik …..yang sangat terkenal dengan kemewahan dan jalannya mulus seperti bulu terbang….era 50 itu memang masa keemasan perkereta apian di Amrik…dan termasuk mencuatnya nama UNION PACIFIC  Streamlined passenger train seperti City of Los Angeles dan City of San Francisco.

Rangkaian kereta penumpang City of Los Angeles (COLA) ini memiliki bermacam jenis gerbong dan yang sangat terkenal adalah jenis vista Dome…..gerbong memiliki double deck yang berfungsi sebagai tempat menikmati panorama Amrik.

Selain itu pada bagian gerbong belakang juga terdapat gerbong dengan tavern/cafe yang tepat terletak di bagian buntut dengan kaca menghadap kebelakang.

c1 c2 c3 c10

Yang menarik dan yang ingin MbT beberkan disini adalah konfigurasi lokonya yang terdiri dari loko Diesel EMD seri E-7 dengan susunan A-B-B artinya loko A dengan dilengkapi cabin masinis sedangkan 2 loko B lainya hanya merupakan loko generator penggerak traksi.

Untuk loko seri EMD E7 dijejali dengan mesin Diesel raksasa 2,000hp dan untuk type E8 sudah diperbesar hingga 2,250HP…..bayangkan saja kalau 3 unit ABB maka sudah mengusung total power traksi hingga 6,000HP lebih…..pantesan mampu menarik gerbong hingga belasan unit.

Bagian depan loko yang memiliki wajah sangat berkarakter seperti wajah bulldog membuat para railfan menyukainya, loko ini memiliki ukuran fisik yang cukup panjang lantaran untuk tempat menampung mesin Diesel 12 cylinder inline…panjangnya mencapai 21,5m…..wah lebih panjang dari halaman rumah neh….tingginyapun mencapai 3m lebih.

c5 c7 c8 c9

Begitu legendarisnya seri COLA ini…. maka dengan sangat terbatas dibuatlah model trainnya oleh beberapa pabrikan kereta model dan ditahun 2003 pabrikan BLI dengan bangga merilis seri COLA dan juga seri City of San Francisco (COS)…waktu tahun 2006 mujur MbT dapat mengkoleksi yang COS itupun didapat dari negeri Kangguru….sejak itu perburuan mencari COLA terus dilakukan namun ternyata tidak mudah apalagi kalau pihak seller mendengar untuk dikirim ke Indo.

Ternyata ditahun 2012 BLI mengabarkan berita yang ditunggu-tunggu yaitu akan merilis seri terbaru COLA dan COS dalam waktu dekat…..tahun 2013 BLI dengan bangga mengiklankan bahwa COLA dan seri Diesel EMD E diproduksi dengan kualitas dan fitur terakhir dengan label PARAGON2…….

Tanpa pikir lama…dan memang MbT sudah preorder sebelumnya maka loko seri EMD E7 COLA tersebut diboyong ke Indo….langsung rolling test dan hasilnya mantab su mantabh.

 

c11 c13 c14 c15

Berbeda dengan rilisan sebelumnya, kalau yang lama dirilis oleh BLI menggunakan label Paragon dengan mempaket satu box sudah terdiri dari set loko ABB dengan AB powered dan B unpowered. Untuk yang baru ini BLI membagi 2 box yaitu terdiri dari set loko AB saja A saja dan B saja, loko paket AB yang satu powered dan B unpowered….sehingga MbT harus mengambil juga 1 unit B yang lain Powered.

Kali ini BLI mengemas dengan label Paragon2 yang syarat dengan berbagai fitur DCC sound, produk BLI Paragon2 merupakan produk laris dengan kelebihan DCC Sound yang sangat lengkap, termasuk back EMF sehingga loko dapat berjalan lambat pada speed step 128.

c16 c17 c22 c23

Loko Diesel EMD seri E7 City of Los Angeles memiliki bentuk hidung khas yang sederhana namun berkarakter, lengkap dengan headlamp tandem bundar yang menyala cukup terang, head lamp bagian bawah menyala secara osilasi. Lighting lain yaitu number board yang menyala yang menunjukkan road number secara jelas. Memang tidak banyak lighting system pada loko jenis ini.

Soal sound Paragon2 memang memiliki banyak kelebihan termasuk bunyi horn yang dapat memiliki efek dopler, horn seri E7 cukup nyaring…apalagi loko tandem/consist ABB ini karena 2 unitnya powered maka kedua unit tersebut memiliki fungsi sound yang sama. Sound yang lain merupakan standard yang dengan jernih memukau telinga para model railroader.

 

c19 c20 c28 c29

Detail corak dari COLA merupakan hal yang menarik perhatian, sama dengan loko seri COS…loko warna kuning armour yellow UNION PACIFIC ini memiliki selendang /strip warna merah memanjang body pada separo panjangnya lwngkap dengan tulisan  CITY OF LOS ANGELES warna putih dengan huruf khas era tahun ’50 an.

Hal yang menarik perhatian yaitu road number loko yang dimulai dengan angka 9 ini yaitu loko A dengan #927A memiliki kesamaan angka dengan produk sebelumnya yang diterapkan pada loko City of San Francisco…..hanya saja jenis leter yang digunakan berbeda. Untuk loko dibelakangnya yaitu E7B pertama dan kedua menggunakan road number 928B dan 929B.

c21 c24 c26 c27

Pada loko seri EMB E7 ini dibagian depannya terlihat selendang melintang warna silver yang terdapat logo UP Shield disebelah kanan dan logo CNW disebelah kiri….keren. Pada loko COLA ini berbeda dengan keluaran sebelumnya yaitu pada bagian coupler depan sudah terbuka dan coupler depan sudah terpasang rapi….kalau yang sebelumnya bagian ini tertutup rapi warna silver sehingga terkesan aerodinamis.

Dua buah jendela depan juga sudah dilengkapi dengan wiper yang sangat detail terpasang rapi…sementara jendela samping yang tidak terlalu besar memperlihatkan masinis loko sudah siap didalam cabin….ini merupakan komplemen figur dari BLI.

Tangga naik samping dan sepasang horn diatas merupakan detail sederhana dari loko seri E7 ini…bagian atap loko yang panjang juga penuh lobang peranginan dan fan serta lobang exhaust gas/knalpot.

c25 c30 c31 c32

Produk BLI Paragon2 ini walaupun merupakan rilis ulang lantaran banyak penggemarnya ternyata masih kurang juga jumlahnya terbukti dengan cepat habisnya produk ini dipasaran modeltrrain Amrik….MbT yakin kelak pasti akan dirilis lagi dan memang terbukti beberapa agen penjualan telah memasang iklan preorder untuk jenis ini.

Rangkaian COLA E7 ABB memang mempesona dengan close coupler diantara loko2 nya rangkaian consist ini tetap dapat bermanuver lincah pada curve 22″ tanpa masalah, diantara loko ABB juga terdapat diafragma yang menempel rapat seolah prototype.

Rangkaian loko COLA ini menjadi panjang dengan consist ABB, sehingga untuk para model railroader harus menyiapkan track di station yang cukup panjang untuk pemberhentiannya.

c34 c35 c36 c37

Konstruksi lambung loko E7 ini terlihat masih menggunakan sambungan keling, yang menandakan era jaman sebelum populer pengelasan, terlihat dengan jelas detail sambungan disekujur body E7 COLA ini. Pada bagian tengan lambung terdapat beberapa pasang jendela berbentuk kotak persegi untuk peranginan ataupun cahaya ruang Diesel didalamnya. Jendela kotak tersebut belakangan berganti menjadi bentuk circle/bulat seperti yang terdapat pada seri E terakhir yaitu pada seri E9.

Kalau kita lihat bagian kepala loko yang memiliki bentuk bulat merupakan hasil press khas Amrik seperti juga model mobil2 keluaran Detroit pada era itu….dan pada bagian pelat datar diatas hidung diberi warna hijau anti silau sinar matahari.

c33 c38 c39 c40

Pada rilis terbaru BLI Paragon2 ini terlihat mutu plastik ABS sudah ditingkatkan, selain lebih tebal terlihat padat dan solid sehingga cahaya lampu didalam tidak mengganggu menembus ke body….beda dengan produk sebelumnya bahan terlihat kurang solid walau sudah cukup tebal…terlihat pada bagian lampu disekitar number board. Bisa dilihat pada loko lain dibawah COS.

Selain mutu material body juga warna dasar kuning Armour Yellow Union Pacific tampil lebih solid dan lebih tua sedikit dibanding keluaran sebelumnya, terbukti bahwa BLI meningkatkan terus mutu produksinya.

 

c42 c43c67c69

Sengaja MbT mendapingkan loko COLA produk anyar BLI Paragon2 dengan COS produk lawas dari BLI Paragon series, kedua loko nyaris serupa…selain emblim samping yang membedakanya. Namun apabila dilihat lebih detail maka terlihat beberpa perbedaan terutama dari kualitas materialnya.

Seperti disebutkan diatas Warna Kuning yang digunakan sebagai warna dasar juga sedikit berbeda, untuk loko rilis baru terlihat warna lebih gelap sedikit…yang menurut MbT terlihat lebih menyerupai prototypenya…..walau sekilas tidak nampak bedanya. Sedangkan untuk detail lain relatif sama tidak ada perubahan.

c46 c47 c45 c44

Kedua loko COLA dan COS apabila dilihat dari atas terlihat sangat panjang dengan warna abu2 harbour mist grey yang sama. Memang seperti ular meliuk saat melintas di daerah tikungan….itu baru rangkaian lokonya saja…konon belakangan consist hingga lebih dari 4 loko ABBB ataupun ABBA.

Lighting atau lampu yang sangat sederhana tidak mengalami perobahan, namun kalau soal electronic boardnya….wuih seri BLI Paragon2 terbaru memiliki banyak kelebihan dan fitur antara lain suara komunikasi antara masinis dan tower….dan derum suara Dieselnyapun terdengar lebih halus.

c48 c49 c50 c51

City of San francisco  and City of Los Angeles saat papasan terlihat sangat menarik…bagaikan saudara kembar berpapasan …kedua model BLI ini beroperasi diera yang sama, walau rilisannya berbeda. Perlu dipertanyakan juga pada BLI Paragon2 seri baru tidak terlihat seri COS nya…hal ini justru menjadi kebetulan karena MbT memang menunggu yang seri COLA saja.

Saat keluarnya rilis baru BLI Paragon2 ini…..juga nongol bersamaan seri EMD E6 dan juga EMD E9 yang memiliki jendela samping bulat….dan semua seri ternyata laris manis tanjung kimpul.

c52 c53 c54 c55

City of San Francisco  and City of Los Angeles merupakan pasangan kereta penumpang UNION PACIFIC yang juga sangat menarik menjadi sasaran object fotography…dan type EMD E7 ABB COS dan COLA ternyata sangat fotogenic.

Namun karena rangkaian E7 ABB memilik sosok yang cukup panjang maka harus memiliki siasat sehingga sosok ABB nya dapat terlihat lengkap.

Apabila pengambilan foto dengan menggunakan DSLR dapat diatur kedalaman ketajamanya, sehingga kita dapat lebih memfokuskan bagian tertentu, namun apabila pengambilan foto dengan camera pocket atau dengan camera milik mobile phone maka secara autofocus ketajaman dapat merata.

c61 c62 c64 c66

City of San Francisco  and City of Los Angles yang merupakan rangkaian loko kembar dari seri EMD E7 ABB memiliki detail dibagian bawah geladak yang lumayan rame, mulai dari tanki bahan bakar yang cukup panjang terpasang dibagian tengah bawah loko.

Sedangkan detail disekitar roda konfigurasi CC juga dibuat cukup lengkap oleh BLI, terlihat mulai brake system, komponen hydraulic cylinder juga terlihat system pegas yang merupakan daya tarik tersendiri.

Detail pada bagian bawah geladak ini seluruhnya dilabur dengan warna abu-abu yang memang sangat serasi dengan kombinasi kuning dan merah khas Union Pacific.

c57 c58 c59 c60

City of San Francisco  and City of Los Angles yang menarik rangkaian kereta penumpang…sangat cocok apabila dipasangkan dengan gerbong penumpang UNION PACIFIC produk dari pabrikan Walthers…hal ini telah dicoba oleh MbT ternyata memang sangat matching.

Pada beberapa tampilan foto diatas terlihat beberapa jenis gerbong penumpang yang diantaranya terdapat type dome merupakan gerbong penumpang yang memiliki dua deck dimana bagian atas merupakan panorama area. Gerbong ini juga dikenal dengan istilah Vista dome yang merupakan favorite para penumpang….ada beberapa gerbong yang bagian ini merupakan restoran. Juga gerbong post yang digandeng tepat dibelakang loko mempunyai ukuran panjang yang lebih pendek…merupakan daya tarik tersendiri.

c65 c68 c70 c71

Memang pantas kalau koleksi buatan BLI Paragon series dan Paragon2 ini menjadi melegenda diantara para penggemar kereta Model, MbT sangat merekomendasikan untuk mengkoleksi kedua jenis loko tersebut…dan jangan lupa juga untuk melelengkapi dengan koleksi gerbong penumpang keluaran Walthers dengan type Budd, bahkan belakangan Walthers juga merilis gerbong2 baru seperti UNION PACIFIC HERITAGE SERIES BUDD 10-6 Sleeper dengan nama Willie James dan yang lainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: