New Year 2014 bersama New MTH Big Boy

New Year 2014 ….bersama new MTH Big Boy…ya memang pada 2013 MTH telah merilis kembali loko steam raksasa the Big Boy…membuat penasaran para penggemar Kereta Model.

b63b2 b3 b4

Loko jenis Big Boy ini berulang kali dirilis ulang oleh pabrikan kereta model seperti Marklin, Trix, MTH, Rivarossi dan juga Athearn…ada beberapa pabrikan yang belum merilis ulang seperti Precission Craft Model dan BLI…..entah kenapa kedua pabrikan terakhir tidak merilis ulang produknya yang sangat dicari penggemarnya…alhasil para kolektor selalu menyimpan dengan apik dilemari kacanya.

MTH dengan Big Boy nya memang berbeda dengan pabrikan yang lain, MTH telah melengkapi Big Boy dengan Smoke systemnya…sehingga memiliki daya tarik tersendiri khususnya dari segi marketingnya. MTH sudah mengenalkan diri dengan Big Boy sejak tahun 2006 (?) dan ternyata produk ini laris manis tanjung kimpul ludes habis.

b6 b7 b8 b48b58

Sejak tahun 2011 MTH sudah mulai publikasi bahwa akan merilis lagi the new Big Boy…bravo! bukan main dan ucapan itu terwujud pada kwartal akhir 2013 …lahirlah new Big Boy! apa yang baru sebetulnya? karena diketahui Big Boy ya Big Boy dari nomor lambung/road number #4000 sampai #4023.

Bukan MTH kalau tidak mengeluarkan yang baru walau cangkangnya lama…pertama pada label box tertera tahun pembuatan 2013…dan saat buka box terdapat sebuah lipatan kertas kecil sederhana yang menunjukkan petunjuk bagaimana memulai start loko produknya tersebut….namun setelah dibaca ternyata harus mengacu pada complete owner manual yang dapat di download melalui website MTH….bravo!

b9 b10 b14b15

Selanjutnya loko Big Boy dan tendernya terletak terpisah pada busa foam warna hitam yang sangat aman sehingga tidak akan celaka walaupun box terjatuh…..saat mau menyambung antara loko dan tender ternyata sudah ada perbedaan yaitu terdapat sebuat batang pelat yang diujungnya terdapat koneksi fix ke bagian bawah tender.

Pada edisi 2013 ini hebatnya MTH memproduksi Big Boy yang dilengkapi fasilitas untuk dapat dioperasikan pada 2 rail dan 3 rail…namun MbT memilih yang 2 rail system saja karena jujur harga yang ditawarkan juga berbeda.

b18b61b23b25

Hal lain yang membedakan adalah road number yang dilansir saat ini banyak road number yang sebelumnya tidak pernah dilansir termasuk oleh pabrikan Kamod yang lain. Road number yang dilansir saat ini oleh MTH antara lain #4005, #4007, #4013, #4016 dan #4018…Selebihnya secara kasat mata sama….

Sistim elektronik yang dicangkokkan oleh MTH merupakan produk yang sudah teruji keunggulanya, sound board dan speaker ditempatkan di bagian tender yang terbuat dari metal sehingga cukup kokoh penampung speaker yang cukup keras tapi lembut nadanya.

Pada bagian tanki air diatas terdapat lobang pengisian….dan pada bagian tersebut kalau dibuka dapat dilihat tombol/switch pengaturan on/off untuk smoke dan volume dari sound.

b5b16 b24 b26b59

 

Lighting system dari Big Boy MTH ini juga keren….pada bagian depan terdapat lampu utama yang menyala terang saat bergerak maju dan automatic redup sesuai dengan rule saat loko berhenti. Number board bagian depan juga dapat menyala sehingga terlihat dengan jelas road number Big Boy ini.

Fitur no. 5 juga tersedia untuk mengatur on/off lampu pada number board sekaligus marking light warna merah yang terletak dibagian atas belakang tender juga sekaligus lampu penerangan di cabin.

Saat loko bergerak mundur juga dilengkapi lampu belakang warna putih yang terletak pada tender tepat dibawah marking light, lampu mundur ini berwarna warm white yang sangat terang.

b39 b41 b42 b43

Pada kesempatan rolling di mini LO MbT ini, the new Big Boy maju lancar dengan menarik serangkaian gerbong hopper terbuka yang mengangkut batu-bara warna merah dan pada buntut rangkaian tersebut ditempatkan sebuah cabose Union Pacific warna merah.

Lay out yang dilalui memiliki circle dengan curve 22″….tentu saja tidak bermasalah karena MTH telah mengclaim bahwa loko Big Boy ini dapat beroperasi di curve 18″

Para gerbong hopper terbuka pembawa batu bara ini merupakan produk Marklin Germani dengan mengkonversi sedikit couplernya dan mengganti seluruh rodanya dengan DC wheel, hasilnya memang ok.

b12 b17 b11b13

Sedikit cerita soal photography, loko Big Boy yang berwarna hitam kelam dan hanya pada bagian depan silinder berwarna graphit, merupakan warna yang sulit difoto terutama warna hitamnya.

Apabila kita menggunakan sistim meter yang standar pada camera atau menggunakan multi metering sensor maka foto yang dihasilkan akan terlihat gelap pada object Big Boy. Sehingga untuk mendapatkan hasil yang jelas dan detail Big Boy supaya kelihatan maka harus menggunakan sistim meter over exposure atau dengan spot meter, Hasilnya loko cukup jelas tapi sekeliling terlihat over alias teraang. Hal lain karena loko Big Boy ini cukup panjang maka kalau ingin foto secara keseluruhan dari depan hingga ujung tender….maka perlu lensa wide angle atau posisi pemotret harus mundur agak jauh.

b20 b21 b22 b30b47b50

Loko Big Boy memang dirancang khusus untuk menarik rangkaian kereta/gerbong barang…dan produk MTH ini sangat mampu menarik rangkaian gerbong hingga 50 unit tanpa ada masalah di posisi rata horizontal, namun perlu diperhatikan bahwa coupler gerbong harus sama tinggi untuk seluruh gerbong dan mutu yang baik sehingga tidak sering lepas.

Gerbong buatan Marklin ini termasuk sangat sederhana couplernya (Nem) namun harus dimodifikasi menjadi type Amrik perlu sedikit akal karena tidak dapat hanya diganti seperti type snap on…alhasil dengan bantuan double tape jadilah fondasi coupler yang sama tinggi.

b27 b29 b31 b32

Dengan ciri khas produk MTH, setelah mengaktifkan fitur F3 maka lighting dan sound termasuk smoke sudah dapat diaktifkan. Sound dari Big Boy ini tidak berobah dibanding dengan produk sebelumnya……MbT sering mengaktifkan fitur F10 yang merupakan nada horn di crossing gate berturut-turut menggaung.

Selain nada horn…bunyi  decit  rem juga sangat menyenangkan mendengarkan bunyi panjang sebelum kereta berhenti…..dan yang sangat menarik adalah nada komunikasi masinis dengan pihak tower, sound system dari MTH ini mendapat saingan berat dari produk BLI>

b33 b34 b35 b37

Big Boy yang meliuk pada curve 22″ dengan menggandeng belasan hopper pembawa batu bara buatan Marklin terlihat seperti ular berkepala hitam…coupler yang terpasang pada tender memiliki tinggi yang akurat. Sedangkan untuk coupler pada bagian depat loko belum terpasang ….walau sudah tersedia kebanyakan Kamod enggan memasangnya…kecuali kalau ada rencana untuk berjalan consist dua Big Boy.

Dengan konfigurasi roda 4-8-8-4 Big Boy memiliki traksi yang sangat mantab, dan khusus untuk roda yang 8 – 8 merupakan objek yang minta perhatian tersendiri…..rasanya tidak puas kalau tidak melihat gerakan torak dan putaran roda dari jarak sejengkal. MTH pada box nya juga menyediakan spare roda penggerak tanpa traction tire lengkap dengan tool nya.

b38b40 b44 b45

Tetap sebagai andalan MTH adalah detail produk yang sangat mempesona, sebuah Big Boy kalau dilihat dan diperhatikan mulai ujung moncong depan hingga belakang tender penuh dengan detail yang dapat menjadi object foto.

Misalnya saja pipa condensor yang terletak pada bagian platform depan terlihat seperti sebuah pagar pipa, belum lagi detail pipa steam ataupun pipa air yang sangat banyak simpang siur disekujur tubuh gambot ini terlihat .

Bagian lampu depan yang sangat klasik juga merupakan object yang menarik lengkap dengan name plate UP shield dan road number Big Boy itu senditri.

b46 b51 b52 b54b55

Big Boy yang memiliki dua buah cerobong asap memang terlihat gagah, bagian atap dari silinder steam juga penuh dengan pernik-pernik termasuk valve2, steam safety valve, peluit dan horn dari kereta Big Boy sendiri.

Pada sisi kanan dan juga diatas depan terdapat pemutrar kran/valve wheel berwarna merah yang merupakan aksesoris kecil yang menjadi unggulan detail MTH juga.

Pada cabin bagian atas terdapat hatch yang dapat dibuka, jendela cabin sebelah kanan juga dalam kondisi terbuka yang melihatkan dengan jelas kedua figur masinis dan stoker didalamnya.

b49 b53 b57b56b60

Diakhir ulasan MbT merekomendasikan produk yang satu ini, selain Big Boy memang sangat legendaris untuk armada UP khususnya dan juga merupakan loko steam terbesar di Amrik sana….dan yang terpenting MTH memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: