LIONEL….koleksi lawas nongol diakhir tahun

c10 c11 c12 c76

Kereta Model atau Model Train…… lebih dari 50% merupakan model train yang mengaktualisasikan Kereta Api prototype yang beroperasi beberapa decade atau Era yang lalu. Penggemar /pehobby model train pun merupakan person yang pada umumnya berusaha bernostalgia dengan Kereta Api yang pernah dialami sejak masa anak2 atau remaja atau karena memang sangat berkesan terhadap salah satu model atau Armada dari perusahaan kereta api tertentu.

Beberapa penggemar kereta model bahkan merupakan seorang veteran dari masinis atau awak kereta api…..sehingga merasakan rohnya saat mengoperasikan kereta model tersebut. Penggemar kereta model ada juga yang hanya mengoperasikan jenis kereta yang digemari dan ada juga yang fanatic terhadap pabrikan kereta model tertentu saja.

c5 c6 c7 c15

Salah satu pabrikan kereta model yang sudah cukup tua di Amrik adalah pabrik kereta model “LIONEL” yang berdiri sejak tahun 1900…..brand atau merek LIONEL ini hampir dikenal oleh seluruh penggemar kereta model di Amrik dan ternyata juga sangat dikenal di Indo ini.

Kalau kita mundur sekitar 10 tahunan lalu maka LIONEL mencuat kembali namanya dengan produk2 legendaris dari armada Amrik UNION PACIFIC…..yaitu dengan memproduksi loko steam jenis CHALLENGER dan loko gas turbine jenis VERANDA…..kedua loko ini sangat terkenal dari UNION PACIFIC (UP) disamping jenis steam lain the BIG BOY.

   c17c16c8c13

LIONEL memulai debut produknya di Amrik dan pada era globalisasi LIONEL memindahkan pabriknya ke KOREA dan belakangan terlihat lebih nyaman di CHINA. Tentu saja produk ini tetap dijaga mutunya dengan supervisi  yang ketat karena harus diterima oleh pasar Amrik….walaupun demikian masih ada beberapa parts yang tetap diproduksi di Amrik seperti elektronik board nya.

Mujur bahwa kedua produk LIONEL kawakan tersebut sudah dapat dinikmati di mini LO MbT via jepretan menggunakan lensa wide-normal-panjang dan macro…dengan hasil cukup jelas …tidak salah rupanya MbT memilih skala 1:87 milik LIONEL

 c45 c46 c67c9

Tampilan yang sudah kita lihat ini adalah loko steam jenis CHALLENGER dan  loko gas turbine jenis VERANDA….keren! kan…..berdiskusi tentang prototype kedua loko ini pasti sama saja cerita sejarah panjang jaman emas Railroading di Amrik sana.

Sedikit kita  singgung bahwa sebelum tampilnya CHALLENGER….loko untuk menarik gerbong penumpang diwakili jenis FEF yang terkenal dengan konfigurasi roda 4-8-4….loko ini dilabur oleh UP dengan warna Abu-abu selain yang warna hitam. Memang armada UNION PACIFIC sejak awal memiliki beberapa warna gerbong antara Grey dan Kuning….operasi loko didaerah Northern Amrik….konon didaerah tersebut jalur yang dilalui banyak elevasi nanjak dan banyak curve yang relative tajam…..

  c49c24 c50c52

Untuk memenuhi kebutuhan peningkatan power tentu harus menambah traksi roda dalam kata lain jumlah roda harus ditambah…engineer UP belajar dari loko kecil yang menggunakan konfigurasi roda 2-12-2 namun ternyata tidak mudah untuk bermanuver…apalagi kalau sirkel diameter roda diperbesar….

Berangkat dari sini maka terpikirlah dan tercetus sistim articulate yaitu dengan memisahkan kelompok roda penggerak menjadi 2 bagian boogie….tentunya mekanisme torak juga harus dibuat duterpisah….disinilah dipraktekkan ….di CHALLENGER dengan membuat konfigurasi roda 4-6-6-4.

Loko yang dikonstruksi dengan menggunakan sistim sambung dengan keling dan warna hitam kelam kombinasi warna graphit dibagian hidungnya dapat terlihat secara jelas dengan menggunakan macro lens….bahka test tekanan pada silinder dan sisitim perpipaan air loko tersebut pernah dilaksanakan berupa “hydro test” dengan tekanan hingga 210 LBS yang dilakukan tanggal 6 Desember 1943.

  c48c26c27 c47

Hasilnya ternyata sangat bermanfaat dan workable ….loko menjadi besar dan berat karena cylinder steam yang besar dan lingkaran roda juga diperbesar…..akhirnya didapat sebuah loko steam yang dapat lari kencang. CHALLENGER digunakan untuk menarik kereta/gerbong penumpang.  Saat ini beberapa CHALLENGER hanya dapat dijumpai di museum bahkan ada yang sudah mengalami retrofit dan dapat dioperasikan untuk kepentingan wisata.

LIONEL merupakan salah satu pabrikan yang memproduksi model CHALLENGER dengan baik….produk tahun 2003 ini menggelinding lancar di mini LO MbT. Banyak kehebatan yang ditemukan dari produk LIONEL ini terutama sistim articulate dari prototype sangat terasa pada kereta modelnya yaitu dengan dapat dioperasikannya pada jalur dengan curve hanya 18”.

c18 c19 c21 c31

Hal lain yang menjadi keunggulan LIONEL adalah dengan membuat body loko berbahan die cast metal, hal ini membuat bobot loko lebih mantab sehingga dapat menarik rangkaian gerbong penumpang/passcar hingga 7 unit dengan aman dan lancar.

LIONEL  juga menggunakan sistim elektronik top di era 2003 yaitu DCC sound produk Quantum QSI, sistim ini memang sangat handal memukau….walau relative masih sederhana namun dengan adanya 12 fungsi atau Fitur terasa sudah cukup menggelegarkan ruangan walaupun nada horn seperti orang sakit tenggorokkan…aga serak. LIONEL juga menyiapkan smoke stake double yang dapat dipasang dua unit smoke generator Seuthe nomor #9.

c68 c74 c75 c51

Loko Challenger yang rolling di mini LO MbT memiliki road number #3989 yang terpampang jelas pada sisi cabin dengan warna putih dan angka yang cukup besar, selain itu #3989 juga dapat dilihat pada number board didepan atas yang dapat terang menyala.

Dibelakang loko terdapat tender yang merupakan kekhasan sebuah loko steam dengan bahan bakar minyak atau batu bara, pada Challenger ini tender merupakan pembawa batu bara dan air. Road number #3989 juga tertulis didinding belakang tender yang terbuat dari metel ini.

c33 c34 c35 c36

Selanjutnya LIONEL meneruskan dengan memproduksi loko jenis Gas Turbine VERANDA pada tahun 2004, alhasil loko ini menjadi buronan para kolektor sampai dengan sekarang….Veranda memang sangat menarik karena disamping kiri dan kanan loko terdapat “Beranda” yang diberi pagar/railing…..hal ini dikarenakan apabila crew berjalan di dalam Engine compartment sangat tidak nyaman…selain panas temperatur juga bising dari turbin gas nya.

Belakangan disadari bahwa Loko Jenis Turbin Gas memang sangat boros dalam hal penggunaan bahan bakarnya, sehingga dalam setiap perjalanan Veranda selalu menggandeng sebuah tender tanki bahan bakar….hal ini juga menjadikan kereta model Veranda sangat unik….namun beberapa tahun kemudian loko bermesin Turbin Gas ini tidak ekonomis dan selain UNION PACIFIC masih  menggunakan  loko steam jenis BIG BOY maka secara bertahap bermunculanlah loko dengan mesin Diesel.

c53 c54 c55 c56

Kembali ke LIONEL….kedua loko CHALLENGER dan VERANDA  merupakan produk andalan dengan body menggunakan material metal die cast….sehingga dengan bobot yang berat maka dengan mudah kedua jenis loko tersebut dapat menarik rangkaian gerbong puluhan unit.

Loko Veranda yang berwarna Kuning khas Armour Yellow memiliki phisik yang panjang ditambah sebuah tender tanki yang selalu “tak gendong kemana-mana”…..alhasil kalau akan berhenti di layout musti sedia tempat yang agak panjang.

c57 c58 c59 c60

Detail “VERANDA” memang jujur membuat kesengsem semua penggemar kereta model…apalagi kalau mereka pengkoleksi armada UNION PACIFIC….rasanya belum lengkap kalau di lemari belum ada box produk LIONEL ini.

Mulai dari bagian atap loko yang penuh dengan sekian detail pernik Veranda termasuk exhaust gas outlet yang berbentuk kotak2 juga bagian lain didepan termasuk horn kembar. Pada bagian samping detail dari beranda dibuat sangat meyakinkan oleh pihak LIONEL, mulai pagar/railing, bagian2 handel dan kisi-kisi ruang turbin terlihat lengkap.

Pada simulasi di mini LO MbT, terlihat loko Veranda menarik belasan gerbong jenis box car. Box car dipilih dari koleksi armada Union Pacific, dengan ukuran box car 50′ yang diproduksi oleh beberapa pabrik industri gerbong.

c1 c2 c3 c4

Terlihat ada beberapa jenis box car dengan double door type, box car dengan panjang 50′ ini ternyata bermacam-macam jenisnya, ada yang memiliki pintu dorong sliding double, plug door type ada juga yang kombinasi antara pintu geser dan plug door type…..jenis inipun masih bermcam-macam namanya seseuai pabrik pembuatnya seperti Youngstone, PC&F dan lain sebagainya.

Untuk loko ukuran VERANDA yang memiliki konfigurasi roda 4-4-4-4 yang terbagi dalam empat boogie traction memang sangat ringan menarik hanya beberapa belas gerbong tersebut, dan jangan lupa bahwa Electronic Veranda buatan QSI ini dapat diset antara power Diesel yang digunakan diarea station dan power dari Gas Turbine yang digunakan saat perlu berlari kencang….bunyi desingannya pun cukup melengking berisik.

c61 c62 c63 c64

Seluruh gerbong yang dipilih memiliki warna kuning khas UP, dengan beberapa perbedaan pada semboyan ataupun grafis tulisan UNION PACIFIC pada gerbong tersebut…..warna tulisan UNION PACIFIC pun berbeda ada yang berwarna huruf Merah dan ada yang berwarna Hitam. Gerbong tersebut dilengkapi pintu geser, baik yang single ataupun yang double door terlihat dapat digeser buka tutup, hal ini merupakan nilai plus dari pabrikan kamod kondang.

Seluruh rangkaian gerbong tersebut digandengkan bukan pada buntut loko namun pada buntut tender tanki bahan bakar….dan lihat! LIONEL telah menyiapkan sebuah lampu kerja pada tender yang menyala terang daylight sama seperti pada lampu bagian belakang loko Veranda.

c65 c66 c72 c77

Aneka gerbong jenis box car tersebut merupakan produk pabrikan terkenal Athern, gerbong2 yang diproduksi dari tahun 2004 hingga 2009 tersebut dengan kelas ready to roll, termasuk pada akhir rangkaian terdapat Caboose merupakan icon setiap rangkaian gerbong barang di era tersebut yang juga produk Athearn.Produk gerbong ini ternyata sudah tidak diproduksi lagi oleh Athearn….sayang karena masih banyak penggemar yang tertarik.

….dan gerbong tersebut sangat cocok dipasangkan dengan “Veranda” nya LIONEL…yang ternyata belakanga Athearn juga kepincut melansir “Veranda” namun kurang menarik karena hanya DCC ready.

c41 c44 c42c69

Seluruh produk diatas “CHALLENGER” dan “VERANDA” merupakan item yang wajib dikoleksi….bukan karena terbuat dari metal die cast saja namun memang kedua loko tersebut sangat legendaris.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: