“switcher” dan “3 bay open hopper” produk BLI…

BLI yang merupakan pabrikan kereta model telah memproduksi beraneka Lokomotif jenis Diesel, Steam ataupun Electric…namun rupanya pabrikan ini tidak dapat menahan diri …dan akhirnya memproduksi juga beberapa jenis gerbong.

a1 a2 a3 a4

Diawal mula BLI telah memproduksi gerbong jenis pembawa ternak, wooden reefer car dan dilanjutkan dengan memproduksi gerbong “open Hopper” pembawa Batubara….sekali produksi langsung memproduksi 6 set dengan road number unik berbeda. Pada batch pertama kira2 sekitar 3 tahun lalu BLI telah memproduksi  “3 bay open hopper” dengan road name UNION PACIFIC…6 gerbong dilengkapi dengan road number yang berbeda….dan tahun ini pada batch kedua ternyata dengan keyakinan BLI telah memproduksi kembali 6 set “3 bay open hopper” dan road # nya juga berbeda….nah sekarang UNION PACIFIC 3 bay open hopper telah berjumlah selusin dengan road number yang unik berbeda.

a5 a6 a7 a8

Mbt gembira karena ternyata BLI tidak saja memproduksi loko tetapi juga melengkapi dengan memproduksi beberapa jenis dari gerbong milik perusahaan armada Kereta Api Amrik yang populer…..sehingga dapat dipasangkan dengan loko BLI dan terlihat satu rangkaian yang full produk BLI.

BLI pun cukup cermat mengincar pasarnya lantaran gerbong “3 bay open hopper” tersebut memang belum pernah di produksi oleh pabrikan lain…sehingga pada batch pertama dengan sangat cepat produk ini sudah menghilang dari pasaran alias sold out….berdasarkan inilah diawal tahun 2013 BLI telah memproduksi kembali “3 bay open hopper’ tersebut

a9 a10 a11 a12

Dimulai dengan sedikit merobah layout posisi structure…koleksi lama berupa bangunan untuk loading batu bara kedalam open hopper atau disebut juga “coal mining factory” terpaksa harus muncul lagi dengan menempatkan pada jalur lintasan ditengah LO, nama perusahaan batu bara memang tidak terpampang disana namun semua penggemar Kamod pasti mengetahui bahwa bangunan/structure tersebut merupakan produk dari “Cornerstone” yang cukup melegendaris.

Bangunan dengan warna khas warna “zink” merupakan daya tarik tersendiri, dengan memiliki 3 jalur kereta api dibawahnya dan sebuah jalur untuk loading trucking maka dimensi coal mining factory cukup lebar dan panjang…dan sampai saat ini masih merupakan produk unggula Cornerstone yang sudah langka untuk dicari.

a13 a14 a15 a16

Dikarenakan gerbong “3 bay open hopper” ini akan wira-wiri alias mondar-mandir di area ini maka MbT memilih motive power penariknya yaitu sepasang switcher produk BLI type SW7…loko mungil buatan BLI yang memang sudah terlihat tampil sejak tadi merupakan switcher handal milik armada UNION PACIFIC

Kedua loko Diesel berpasangan dengan menggunakan system consist yang merupakan fitur dari control system Digitrax Super chief yang sangat simple penggunaannya….dengan menempatkan kedua loko tersebut pada posisi loko #1 dan #2 dengan hanya sekali klik maka consist sudah berfungsi.

a17 a18 a19 a20

Rangkaian loko switcher dan gerbong 3 bay open hopper menunjukkan pasangan serasi full produk BLI….dan produk BLI ini masih belum tertandingi oleh produk pabrikan Kamod lain dari segi performance ataupun dari segi tampilan yang terlihat bahwa BLI sangat serius memproduksi kedua jenis ini.

Loko jenis switcher SW7 ini memang sangat banyak peminatnya, pihak BLI sudah merilis hingga tiga kali, dan yang ketiga baru ditawarkan secara preorder…hal ini membuktikan bahwa BLI sangat memperhatikan pasar dan akan memproduksi secara terbatas berdasarkan pesanan.

a25 a26 a27 a28

Switcher SW7 produk BLI dengan warna kuning Armour Yellow dan kombinasi abu-abu harbour mist grey dengan strip warna merah pada bagian deck dan juga merah pada tulisan Union Pacific terlihat sangat menarik.

Switcher SW7 produk BLI dilengkapi dengan sekian pernik yang merupakan perangkat loko sesuai prototype original termasuk railing/grab dibagian depan dan belakang, bell kuningan yang terpasang dibagian tengah dan dua buah exhaust gas pipe/knalpot yang mencuat paralel ditengah.

a21 a22 a23 a24

Loko Switcher SW7 produk BLI terlihat lansir untuk menarik rangkaian gerbong 3 bay open hopper yang sudah terisi full dengan curahan batu bara, rangkaian gerbong “3 bay open hopper” tersebut yang berjumlah 12 unit merupakan gabungan produk BLI batch pertama dan kedua.

Kedua set “3 bay open hopper” memiliki road number unik dimulai dengan angka 90 000, dan BLI memproduksi dengan nomor yang acak namun beberapa road number terlihat menarik seperti 90 001 atau 90 099 dan lainya….set pertama sebanyak 6 unit BLI memberi code #1610 dan untuk set kedua #1743

a25 a26 a27 a28

Dua unit switcher SW7 menarik dua set 3 bay open hopper memang mantap dan sangat keren….laju SW7 yang memang tidak cepat layak putri ayu sangat cocok beroperasi sebagai switcher, MbT mencoba membuka throttle hingga 50% terdengar deruman 2 unit mesin Diesel yang sangat dahsyat…rasanya seperti mendengar deru mesin Diesel disamping kita.

Nada bell dan horn nya pun sangat keras…merupakan hasil jerih payah pihak team BLI sendiri dengan menjejalkan kedalam body SW7 yang oleh BLI memberikan label Paragon2 DCC sound.

a29 a30 a31 a32

Switcher SW7 produk BLI terbuat dari ABS dengan frame metal yang kokoh dan bobotnya pun lumayan berat dan mantab cukup mengimbangi dengan menarik rangkaian gerbong hingga 12 unit. Pada bagian kabin yang dikelilingi kaca terlihat didalamnya figur engineer dan masinis yang merupakan komplemen pada setiap produk loko BLI

Selain itu bagian truck atau detail dibawah deck juga lumayan…dan dilengkapi dengan tanki bahan bakar yang terposisi di tengah2 berbentuk silinder.

a33 a34 a35 a36

Selain detail dari switcher SW7 yang aduhai….gerbong open hopper juga memiliki detail yang sangat mengagumkan, body gerbong buatan jadul terlihat sistim kelingnya dengan jelas menandakan BLI telah memproduksi gerbong ini dengan cukup serius.

Tangga, airbrake wheel,stiffener, dan seluruh pernik pada bodi terlihat sangat detail…dan satu hal lagi yaitu muatanya yang berupa batu bara bener2 menyerupai real batu bara, gundukan batu baranya juga dibuat sangat realistis…dan pada beberapa gerbong terlihat gundukan batu bara yang berbeda….ada yang satu gunung, dua gunung dan tiga gunung….sekali lagi hal ini terlihat keren..

Material ABS yang cukup kuat merupakan bahan yang digunakan untuk produk BLI ini…dan satu hal lagi bahwa BLI membuat produknya lebih mewah dikarenakan box nya terbuat dari plastik bening tembus pandang.

a37 a38 a39 a40

Detail pada muatan batu-bara ternyata sangat berpengaruh pada nilai “3 bay open hopper” ini, selain armada UNION PACIFIC BLI juga memproduksi untuk armada Amrik yang lain dan produk ini sangat laris manis sold out dikebanyakan seller terkenal Kamod di Amrik.

MbT tidak melewatkan kesempatan ini dan ada rumor bahwa BLI akan memproduksi kembali batch yang ketiga dan tentunya dengan road number yang berbeda pila.

a41 a42 a43 a44

Loko produk BLI merupakan pilihan para penggemar Kamod dan juga para kolektor, namun banyak juga yang mengkritik bahwa BLI disayangkan hanya memproduksi loko jenis switcher seperti SW7 ini menggunakan DCC Sound.

Saat ini masih banyak para penggemar Kamod yang sengaja mencari loko versi DC non sound, sehingga dengan BLI mengeluarkan hanya versi DCC sound dengan Paragon2 DCC sound nya yang cukup canggih otomatis harga jual BLI menjadi tinggi…..kesempatan ini diambil oleh Athearn Genesis dengan memproduksi loko2 dengan detail lengkap versi DC dan dengan harga hampir setengah harga BLI DCC sound….untuk ini BLI kehilangan pasarnya.

a45 a46 a47 a48

DCC sound Paragon2 yang dicangkokan didalam SW7 ini memang mantab, loko kecil namun nada soundnya mengagumkan…..dan khusus untuk switcher series ini pergerakan loko juga disesuaikan dengan prototypenya sehingga jangan mengharapkan loko kecil ini lari kencang ibarat SD40-2 dan lainnya.

Gerbong batu-bara “3 bay open hopper” dibuat oleh BLI juga dilengkapi dengan knucle coupler metal yang tingginya sangat akurat plus roda metal yang di polis putih mengkilap. Roda “3 bay open hopper” ini menggelinding sangat halusnya sehingga tanpa suara terdengar kecuali hanya raungan Diesel SW7.

a50 a51 a52 a53

Oh oh so sorry…tanpa diduga ternyata pada saat langsir ada yang numpng liwat….yang ini asli bukan produk BLI melainkan si bongsor kuno dari armada UP yaitu loko steam kawakan dengan konfigurasi roda 4-6-6-4….siapa lagi kalau bukan the Challenger hitam dengan road number #3989

Loko steam ini berpapasan dengan rangkaian “3 bay open hopper” didaerah langsir dekat coal mining….loko Challenger ini merupakan loko legendaris yang modelnya masih banyak diincar oleh para kolektor…dan sampai dengan saat ini pula pabrikan Kamod seperti MTH dan Athearn masih memproduksinya.

a54 a55 a56 a58

Era jayanya loko steam memang perlahan digantikan oleh loko Diesel, dan khusus untuk kegiatan switcher keberadaan loko Diesel sangat efektif dan kerjanya cepat….contohnya dengan kehadiran loko2 Diesel seri kecil seperti jenis EMD SW7 ini.

Dengan sopan loko steam Challenger menunggu dengan sabar hingga seluruh rangkaian “3 bay open hopper” liwat didepanya….dan tanpa minder karena size nya yang mungil loko SW7 bersama rangkaiannya berjalan dengan sangat pede nya.

a59 a60 a62 a66

Challenger yang numpang liwat dengan road number #3989 ini ternyata buatan pabrikan Kamod terkenal Lionel…..tentu saja full body terbuat dari metal yang total dengan tendernya memiliki berat hingga 2kg.

Diketahui oleh banyak pecinta Kamod bahwa Lionel merupakan pabrikan yang sangat terkenal di Amrik yang belakangan memproduksi Challenger di negeri gingseng Korea…walaupun ada beberapa type loko yang dibuat di China.

Lionel untuk elektroniknya menggunakan produk Quantum yang menghasilkan nada suara yang jernih dan cukup keras.

a57 a63 a64 a65

Diakhir ulasan MbT sangat merekomendasikan bahwa produk BLI bukan saja layak untuk rolling diatas LO namun juga dapat dijadikan item koleksi didalam lemari kaca karena detailnya yang mantab!….tunggu juga kehadiran terbaru produk BLI Paragon2 yaitu type SW1500.

2 Responses to “switcher” dan “3 bay open hopper” produk BLI…

  1. jokjaicon says:

    waah, amazing banget postingannya om,… koeksinya jg mantap mantap🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: