Center beam…..gerbong panjang dan keren buatan Exactrail

Kalau kita menyaksikan rangkaian kereta api tentu yang paling menarik setelah loko liwat….ya gerbong mana yang paling menarik perhatian….gerbong panjang, khusus dan berbeda dari yang lain pasti merupakan pusat perhatian tersendiri…..dan hal ini terjadi pada gerbong jenis Center Beam.

c3 c4 c5 c6

Jenis gerbong ditentukan dengan jenis muatannya, mulai dari dry cargo ataupun liquid cargo….untuk dry cargo masih terbagi dengan beberapa jenis muatanya seperti container yang diangkut khusus oleh gerbong jenis well car, general cargo dapat diangkut dengan box car,muatan curah diangkut oleh gerbong jenis hopper, muatan yang tahan cuaca dapt diangkut dengan gerbong jenis gondola, dan gerbong khusus yang dapat muat dengan bak terbuka yang akan dibongkar dari kiri kanan dan mengangkut berbagai jenis muatan adalah flat car, termasuk mesin2 besar dan alat berat akan diangkut dengan gerbong jenis Flat car.

Gerbong jenis flat car kalau diperhatikan memang tidak ada sama sekali keindahan ataupun daya tariknya, namun kalau sebuah flat car yang memiliki bulkhead atau center beam…..nah ini baru beda.

c14 c15 c27 c28

Flat car yang dibagian depan dan belakangnya terdapat konstruksi dinding, gerbong semacam ini dinamakan bulkhead car. Gerbong jenis ini pada umumnya mengangkut muatan panjang yang dijaga tidak akan bergerak maju ataupun bergerak kebelakang, contohnya dapat memuat jenis pipa atau balok kayu.

Sedangkan gerbong Center beam merupakan gerbong sejenis flat car yang dibagian tengah memanjang dipasang konstruksi sekat memanjang pembatas bagian kiri dan kanan dari gerbong. Kalau kita ketahui bahwa flat car dapat membawa barang muatan tidak khusus bentuknya seperti mesin2 atau peralatan industri dan alat berat, maka gerbong jenis  center beam yang di Amrik gerbong  ini cukup populair, antara lain untuk membawa pulp, general box, multiplex, kayu yang sudah dipotong dan juga  pipa yang diikat, pada umumnya mengngkut bahan bangunan.

c2 c7 c8 c9

Di Amrik sana perusahaan kereta api yang memiliki armada Center beam seperti ini antara lain perusahaan BNSF, perusahaan TTX dan juga perusahaan kereta api raksasa UNION PACIFIC.

Center beam ini memang bermacam-macam, ada yang bulkhead tengah berupa pilar dan cross diagonal frame saja, ada juga center beam nya berupa sekat pelat dan diberi lobang peringan berbentuk oval yang dijuluki opera type. Prinsipnya sekat ditengah ini membai dua bagian kiri dan kanan, sehingga sangat disarankan untuk memuat dengan muatan yang sama kiri dan kanan supaya seimbang.

c10 c11 c13c16

Armada UNION PACIFIC memiliki armada jenis Thrall 63′ “Opera Window” Center-Beam flat car  yang sudah beroperasi sejak tahun1977 hingga saat ini. Warna kuning khas UP dengan tulisan sangat jelas pada center beam nya UNION PACIFIC warna merah merupakan warna patent UP yang sangat kondang dan legendaris.

Setelah kita ketahui bahwa prototype Thrall 63′ “Opera Window” Center-Beam flat car sangat populer maka jenis ini dibuat dalam bentuk kereta model berskala HO oleh berbagai pabrikan kondang seperti Athearn, Atlas dan yang terakhir adalah Exactrail.

c15 c17 c25 c26

Exactrail yang merupakan pabrikan kereta model yang tergolong masih baru, ditahun 2013 ini telah berani memproduksi berbagai jenis gerbong dengan details yang tidak perlu diragukan lagi, bahkan dapat diacungkan 2 jempol untuk pabrikan ini. Khusus untuk jenis Center Beam, Exactrail memproduksi untuk berbagai armada Kereta api Amrik antara lain armada UNION PACIFIC dengan type Thrall 63′ “Opera Window” Center-Beam flat car .

Walau masih jarang beredar namun MbT mujur dapat mengimpor beberapa unit yang langsung dapat menggelinding di mini LO Masinis Bintaro. Exactrail telah membuat unit ini dengan jumlah 12 unit dengan nomor “road number” yang berbeda.

Selanjutnya kita tilik bagian rodanya yang terbuat dari metal polished, Exactrail adalah pabrikan kereta model yang memproduksi roda terbaik dan terhalus polesanya. Tidak perlu disangsikan lagi bahwa Mbt telah mencoba untuk beberapa gerbong lain dan memang benar Exactrail masih teratas walaupun dibandingkan dengan produk Jepun ataupun Jerman.

Roda gerbong ini digabungkan dengan boogie roda yang siap mengangkut berat hingga 190tons tersebut dengan melabeli “ExactRail ASF 100 Ton Ride Control Trucks”…sedangkan rodanya sendiri dilabeli dengan “CNC-Machined 36” wheels”……belum ada lawannya….dan hasilnya adalah rolling yang sangat mulus tanpa cacat termasuk bernegosiasi pada curve 22″.

c17 c18 c19 c20

Kalau melihat detail dari produk Exactrail….sering disebutkan bahwa saat ini produk Exactrail merupakan produk yang memiliki detail luar biasa….bukan hanya detailnya tapi model yang diproduksi juga merupakan model yang jarang diproduksi oleh pabrikan lain.

Type Thrall 63′ “Opera Window” Center-Beam flat car mempunyai fisik yang memang panjang…sekujur tubuhnya dilabur dengan warna kuning UP armour Yellow yang kondang dan sangat mencolok mata. Tulisan Union Pacific yang tertera pada bagian center beam berwarna merah dengan huruf capital yang sangat tegas….selain nama dari armada nya terlihat sekian banyak tulisan/placard yang tertulis dengan warna hitam…..ditambah sebuah tulisan “cushioned load” yang menunjukkan bahwa gerbong ini menggunakan sistim bantalan shock absorber yang baik sehingga barang yang diangkutnya cukup aman.

c21 c22 c23 c24

Gerbong ini sangat kokoh terlihat dengan suguhan detail Exactrail berupa batang penguat/ stiffener  yang terletak pada center bear dan deck dari gerbong ini. Demikian pula pada kedua ujung bulkhead juga terpasang penguat pada bagian luarnya….dan katanya gerbong ini mampu mengangkut muatan hingga 190tons…..detail kapasitas muatan dan berat gerbong ini tertulis jelas pada bagian samping geladak…..Exactrail telah mencetak placard tersebut secara crispy.

Detail lain berupa anak tangga terlihat pada bagian dinding bulkhead, walaupun juga disebutkan sebagai perhatian bahwa gerbong ini dibagian atas tidak dilengkapi fasilitas untuk orang berjalan diatasnya…..ya bisa saja kalau mau sedikit akrobat diatas center beam namun sangat berbahaya.

c38 c37 c36 c31

….selain detail dibagian atas …..kalau kita tengok sejenak dibaliknya alias dibagian bawah geladak….wuuiihh ternyata Exactrail gak tanggung-tanggung…bagian bawah ini “dihiasi” dengan beberapa detail berupa perpipaan yang sangat detail lengkap dengan cylinder hydraulic yang terpasang dengan sangat rapi. Instalasi ini merupakan pendukung sistim rem dari gerbong ini.

Tanki dan pompa hydraulic beserta sekian macam mekanisme terpasang dibagian bawah melengkapi kehebatan Exactrail yang sudah terlihat dengan jelas pada detail dibagian atas gerbong…..semua bagian ini dilabur dengan warna kuning.

Detail yang disuguhkan oleh Exactrail dapat disandingkan dengan detail boogie atau truct dari sebuah loko seperti switcher seri MP15AC ini….bahkan pegas kelas berat juga tidak luput dari perhatian Exactrail.

c29 c30 c37 c43

Gerbong jenis center beam ini dibuat Exactrail dengan label “Platinum series” yang merupakan seri atas dari Exactrail, memang Exactrail selain memproduksi dengan label armada Union Pacific juga memproduksi untuk road name yang lain termasuk Western Pacific dan BN…..dan gerbong jenis ini yang sudah diproduksi oleh pabriknya tahun 1977 masih terlihat beroperasi sampai sekarang.

Selain itu yang patut diacungkan jempol adalah dengan ditanamkanya coupler dikedua ujungnya….yaitu dari produk Kadee nomor #58, coupler metal berwarna hitam ini merupakan produk USA yang sangat terkenal yang merupakan standard dari setiap gerbong kelas premium…..ketinggian yang presisi dan kekuatan yang baik sangat membantu saat gerbong dirangkaikan panjang melebihi 25 gerbong…..mungkin kalau menggunakan jenis yang berbahan plastic tidak sekuat ini…(sorry ya untuk Bachman EZ type…bukan berarti EZ type tidak bagus)

c44 c43 c42 c41

Walau gerbong jenis Thrall 63′ “Opera Window” Center-Beam flat car memiliki fisik yang lumayan panjang namun tetap masih dapat bernegosiasi pada curve dengan radius 22″, dan terlihat meliuk secara unik mengikuti laju ketiga loko switcher yang menariknya dengan sistim consist di mini LO MbT.

Fisik gerbong ini lumayan berat, namun karena memang jenis ini tidak memiliki dinding dan atap maka masih tergolong ringan dibanding box car atau reefer car. Untuk cargo atau muatan dari Thrall 63′ “Opera Window” Center-Beam flat car ini MbT masih berusaha untuk mencari muatan yang cocok, pengaturan muatan juga harus imbang antara beban kiri dan kanan sehingga gerbong ini tetap stabil apabila bongkar dan muat.

c47 c50 c51 c52

Rangkaian Gerbong Thrall 63′ “Opera Window” Center-Beam flat car ini disimulasikan untuk ditarik oleh loko Diesel jenis Switcher….loko ini memang wira wiri didaerah station dan pergudangan. Loko switcher buatan pabrik Athearn seri MP15AC memang cukup kondang dan terkenal memiliki jendela depan belakang sehingga jarak pandang masinisnya luas.

Loko jenis switcher yang imut ini merupakan model yang sangat populer dan untuk para penggemr kereta model loko ini dijadikan koleksi yang wajib juga. Loko ini menyandang mesin Diesel sebesar 1500HP merupakan loko buatan pabrik General Motor Electro Motive Division. Loko seri MP15AC ini dibuat di rentang waktu tahun 1975 hingga 1984.

c45 c46 c47 c48

Untuk modelnya Loko switcher seri MP15AC ini telah dibuat dengan sangat baik oleh pabrikan Athearn dengan  merupakan seri premium Genesis yang sudah dilengkapi dengan DCC sound. Walau memang tidak besar fisiknya namun tetap menarik apabila digunakan atau dioperasikan dengan consist system.

MbT telah merangkaikan consist tiga unit loko jenis MP15AC untuk mensimulasikan seolah rangkaian gerbong yang ditarik cukup berat….dan hasilnya memang mempesona dengan suara DCC sound yang sangat khas.

Secara keseluruhan gerbong jenis Center Beam buatan Exactrail dan loko switcher buatan Athearn patut dijadikan koleksi tanpa perlu harus kompromi.

4 Responses to Center beam…..gerbong panjang dan keren buatan Exactrail

  1. salam kenal pa mukti, saya ridwan aka masinisbintara, maaf kalau pemilihan nama saya hampir mirip dengan masinisbintaro selain karena rumah saya dekat dengan stasiun bintara saya juga terinspirasi dengan blog yang bapak bikin, cuma bedanya saya hanya mengkoleksi gerbong belum mampu untuk bikin LO dikarnakan keterbatasan dana dan ruang tempat dirumah saya hehehe, selain itupun saya hanya membatasi diri (biasalah pak kalau tidak dibatasi suka lupa daratan :p) dengan pemilihan gerbong dari daratan eropa khususnya negara jerman saja.
    semoga dengan hobby yang sama dapat mempererat silahturahmi kita.

    salam hangat
    ridwan

  2. Rud.G says:

    Hello Pak Masinis,
    senang sekali melihat Pak Masinis ini,
    salam kenal,
    Saya sangat menyukai modelbow treinen Ho, sejak lama sekali
    Mau tanya di Indonesia / di Jakarta / Bandung, apakah ada komunitas nya atau club nya untuk model train?.
    saya tinggal di Rotterdam, dan sering ke Indonesia,/ Bandung/ Jakarta
    Disini dan di Jakarta saya sedikit sedikit mengumpulkan model train Europe, khusus HO, AC , 3 Rail, Digital, dominan nya Marklin, dan ESU, tapi saya belum lama baru sejak th 2000 an.

    Bila ada kesempatan nanti di Jakarta ingin sekali kalau bisa mau banyak bertanya kepada Pak Masinis Bin Taro, tenatang model train,

    Mohon di reply lewat email, terima kasih banyak sebelumnya

    salam

    Rud

    • muktiwibowo9 says:

      Hallo bung Rud,

      Apa kabar..apakah masih di Rotterdam..so masih dingin ya pa, semoga Marklin nya rolling terus

      Salam
      mukti

      • ruddelft says:

        Hallo , pak Mukti Saya barusan sore terbang dari Bandung, skrng di singapore transit mau ke Amsterdam Wah gimana Marklin nya Saya dua minggu lalu bawa 2 kopor marklin, nanti saya emailkan fotonya Sekarang baru punya 56 Loco di Bandung, klw gerbong nya banyak campuran Salam untuk keluarga

        Rud

        Sent from my iPad

        >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: