AMTRAK seri Celebrates 40 years

Beberapa kali diulas perihal kereta api penumpang (PassCar) termasuk dari armada Union Pacific, California Zephyr, Southern Pacific Daylight, City of Sanfrancisco juga Amtrak dan Rio Grande dari berbagai era yang berbeda…sangat menarik dan masing masing memiliki keunikan sendiri.

1 2 4 20

Armada kereta api dinegeri Amrik ini sudah malang melintang ratusan tahun, dan pada keemasan jayanya transportasi kereta api sekitar tahun 50an berbagai armada dan pabrikan kereta api berlomba mencari peminat.

Setelah mulai populernya transportasi udara maka kereta api penumpang mulai berkurang….hanya kereta api pengangkut barang yang masih merajai jalur-jalu barat ke timur dan diutara Amrik sana hingga Canada…..tetapi karena jarak tempuh darat masih diminati karena lebih ekonomis dan memiliki rasa tersendiri …..”kereta api penumpang” saat ini tetap masih ada yang beroperasi untuk jarak-jarak tertentu dan yang sangat terkenal adalah armada AMTRAK…..dan masyarakat Indonesia atau pelajar Indonesia yang di Amrik kalau ingin menggunakan kereta ini mereka mengistilahkan dengan kata ngAMTRAK…..(yang menyebut ini pasti orang jawa)

3 5 6 7

AMTRAK sendiri terus berkembang dari jaman ke jaman dan mereka membagi beberapa Phase mulai phase I, II, III, IV dan phase V, konon beberapa tahun lalu yaitu tepatnya pada tahun 2011 AMTRAK  telah berusia 40 tahun. AMTRAK phase III sangat terkenal dengan gerbong berwarna silver dengan strip memanjang badan berwarna merah dan biru.

Merupakan gaya dan kebiasaan Amrik sana bahwa untuk kereta api yang sukses maka diberi suatu penghormatan atau kenangan, yaitu dalam hal 40 tahun AMTRAK …..beberapa loko AMTRAK model terbaru dilabur dengan warna persis menyerupai era AMTRAK sejak phase I, II dan phase III yang lahir 40 tahun lalu, peringatan ini disebut sebagai  AMTRAK celebrates 40 years, terhitung dari 1971 hingga 2011.

Koleksi yang MbT dapatkan adalah untuk AMTRAK phase III yang kebetulan memang cocok dengan koleksi lain berupa gerbong penumpang BiLevel Phase III buatan KATO. Pada lambung kiri dan kanan dari loko seri P42 tersebut selain dilabur warna Phase III juga tertulis tahun 1971 – 2011 yang menandakan perjalanan panjang mereka sudah 40 tahun dengan perubahan hingga phase V saat ini.

8 10 12 15

Untuk penggemar Kereta Model tentu saja setiap ada hadir produk baru yang selalu dapat diikuti melalui majalah terkenal Model Railroader selalu ingin mengetahui pabrikan apa ya yang unggul, bahkan ulasan loko atau wagon baru selalu ditunggu-tunggu…..dan MasinisBinTaro juga tak mau ketinggalan ingin selalu mengulas dengan versi sendiri.

Kehadiran loko Diesel penarik rangkaian AMTRAK dengan type P42 memang ditunggu para penggemar kereta model, apalagi pada saat celebrates 40 tahun….telah hadir prototype P42 yang dilabur dengan warna Merah Puti Biru  strip memanjang persis seperti Phase 3 Superliner….pada kesempatan ini yang tampil adalah loko dengan road number #822.

MbT sangat mujur sempat kebagian 1 unit Type P42 ini yang konon hanya terbit dengan sangat terbatas….inipun tidak mudah mendapatkanya…karena kebanyakan sudah dimiliki oleh para kolektor Amrik sana….dengan sedikit meray akhirnya tuh P42 dapat hadir di catwalk MbT.

13 16 17 21

Loko Diesel seri P42 buatan pabrik GE yang dijuluki seri GENERAL ELECTRIC GENESIS ini merupakan loko khusus untuk rangkaian kereta penumpang, memiliki wajah yang sudah futuristic, terlihat galak seperti wajah “Angry Bird” …bagian hidung yang bersudut miring pada posisi yang agak tinggi dilengkapi dengan dua buah kaca depan memang sangat galak namun indah dipandang….lampu utama sepasang horizontal seolah lobang hidung yang terpasang tepat dibagian tengah….ditambah dua buah lampu ditchlight dikiri dan kanan.

Setelah sukses dengan type loko sebelumnya P40DC maka dilanjutkan dengan Loko Diesel P42DC yang  mengusung mesin Diesel 16 silinder dengan tenaga kuda 4,250 HP menghasilkan listrik DC yang akan digunakan sebagai penggerak motor traksi DC.

18 19 22 29

Loko Diesel seri P42DC atau P42AC yang dibuat pabrik raksasa GE di kurun waktu antara 1992 hingga 2001 ini memiliki sosok yang lebih panjang jika dibandingkan dengan loko AMTRAK seri PH40 dan sosok loko Diesel P42 ini juga memiliki fisik yang lebih tinggi….namun ukuran yang lebih panjang dan tinggi sangat cocok apabila dipadu padankan dengan rangkaian gerbong yang ditarik jenis double deck….panjang loko ini mencapai 21m dengan lebar 3m dan tinggi hampir 4,5m dan bobotnya mencapai 121 tons.

Wagon rangkaian kereta api penumpang tersebut diatas modelnya dibuat oleh pabrikan yang berbeda-beda dengan sangat detail dan teliti antara lain keluaran pabrik Walthers dan KATO yang masing-masing menyuguhkan keunggulannya.

MbT sengaja memilih wagon double deck buatan KATO yang memang terbukti memiliki beberapa keunggulan. Hal yang paling penting adalah bahwa gerbong buatan KATO ini sangat cocok warnanya dengan loko P42 GE Genesis seri 40 tahun yang dibuat secara khusus oleh pabrikan Athearn seri Ready to roll.

23 24 26 27

Diketahui oleh banyak pecinta AMTRAK bahwa produk KATO ini melansir hampir seluruh jenis wagon yang ada mulai dari jenis Coach, Coach Baggage, Sleeping Car, Lounge car dan Box car pembawa material lain.

Gerbong penumpang cantik ini di Amrik dibuat oleh pabrik PULLMAN STANDARD yang selanjutnya setelah tahun 90 an dibuat oleh pabrik Bombardier Transportation yang merupakan pabrik sangat berpengalaman dalam pembuatan gerbong penumpang untuk seri Superliner atau Bilevel-car.

Khusus untuk Phase III Superliner series ini …..terlihat sangat menarik dari strip warna Merah – Putih – Biru nya, dan pada loko dikombinasikan dengan warna pada bagian roof Hitam menerus sampai warna Hitam pada Wajah bagian atas

26 27 28 30

Detail gerbong buatan KATO yang sudah tidak diragukan lagi mutunya ini ternyata banyak sekali penggemarnya….alhasil produk tahun 2006 ini dirilis ulang pada tahun 2012 bahkan KATO menambah jenis gerbong yaitu jenis “LOUNGE” yang pada gerbong ini memiliki  jendela panoramic dibagian samping atas.

KATO juga mengutamakan segi mekanisme boogie, KATO menyuguhkan sistim bahwa semua gerbongnya yang memiliki fisik cukup panjang mampu bernegosiasi pada track curve 18″, hal ini merupakan poin positif….sehingga waktu rangkaian KATO dibawa lari oleh P42 melalui curve 18″ tetap terlihat lincah mengesankan.

33 34 35 36

Loko Diesel P42 dengan single fighter mampu menarik 9 unit gerbong seri BiLevel dengan tanpa masalah. Loko yang dibuat oleh Athearn dengan cukup sederhana ini soalah tidak merasakan beban saat menarik 8 unit gerbong tersebut.

Loko Diesel AMTRAK P42 buatan Athearn seri Ready to roll untuk 40 tahun celebrate dilansir dengan tanpa DCC Sound, sehingga MbT rolling loko ini dengan mode DC only…..mujur bahwa sistim kontrol Digitrax Super Chief dilengkapi dengan fitur untuk DC power yaitu pada address “0”….loko dapat berjalan dengan kecepatan penuh dengan fitur power dan lighting saja.

Kenapa tidak dipasang decoder supaya dapat rolling dengan DCC mode….nah itu dia…untuk membuka body shell dari P42 buatan KATO ini tidak lah mudah….

37 38 40 44

Loko seri P42 buatan Athearn ini dengan DC mode ternyata memiliki tenaga yang powerfull menyerupai prototypenya…..8 unit gerbong seri BiLevel meluncur dengan deras mengikuti larinya sang Loko. Loko yang memiliki fisik cukup panjang jika dibandingkan dengan seri sebelumnya F40H sebenarnya sangat cocok dan merupakan pasangan ideal dengan gerbong BiLevel.

Seperti layak kepala ular loko seri Amtrak P42 untuk mengenang 40 tahun Amtrak ini memang keren meliuk mantab di mini LO MbT, prototypenya telah dibuat beberapa unit dan beroperasi bergabung dengan loko Amtrak Genesis seri warna Amtrak saat ini.

39 41 42 46

Karena sangat kondangnya loko AMTRAK Genesis ini maka sebuah production house telah membuat software animasi khusus untuk AMTRAK seri GENESIS P42 ini dan sebuah game 3D Train Simulator dengan menyajikan tampak AMTRAK Genesis secara real.

Dengan kita memasuki ruang cockpit Genesis ini maka para pemain Train Simulator ini serasa sebagai masinis yang mengoperasikan langsung loko AMTRAK Genesis ini, dengan dilengkapi console yang modern para masinis dapat menyusur track di Amrik sana dalam segala musim baik panas maupun musim winter yang penuh dengan nuansa salju.

Loko AMTRAK Genesis ini beroperasi menarik rangkaian gerbong biLevel secara consist head to head sehingga pada saat di end tujuan tidakmperlu berputar arah lagi cukup masinisnya yang pindah loko….AMTRAK Genesis tidak perlu turntable…

43 45 47 48

Kegagahan AMTRAK phase III ini memang terbukti dengan hadirnya loko seri Celebrates 40 tahun. Namun ternyata pabrikan kereta model KATO yang selalu memproduksi AMTRAK sejak seri Superliner phase III telah didahului oleh Athearn untuk memproduksi sekaligus mengantongi ijin memproduksinya….KATO ketinggalan.

Balas dendam KATO dibuktikan dengan mengeluarkan loko seri AMTRAK Genesis terbaru yaitu phase V……sekali keluar KATO menggebrak dengan mengeluarkan beberapa nomor road yang berbeda…..ditambah lagi KATO menggandeng pabrikan elektronik untuk keperluan DCC Soundnya.

Juga tidak tanggung2 KATO dalam memproduksi seri skala HO nya ini sekaligus menggandeng dua (2) perusahaan besar Soundtraxx Tsunami dan ESU Loksound, sehingga para penggemar dapat dengan suka memilihnya.

49 50 51 52

Prototype Rangkaian Superliner phase III ini melayani rute  California, loko pertama yang digunakan AMTRAK sebenarnya adalah seri EMD F40PH yang merupakan loko legendaris AMTRAK phase III…loko yang tidak terlalu panjang fisiknya itu bernomor #145 yang beroperasi awal pada tahun 1971.

Pada tahun 2011 lalu dengan bangga AMTRAK melaburkan warna khas AMTRAK phase III, namun banyak yang mengkritik bahwa laburan warna phase III pada loko seri baru jenis P42 tidak sama persis….antara lain katanya strip warna Merah-Putih-Biru nya terlalu rendah posisinya, kemudian bagian warna atap HITAM menerus hingga kewajah bagian tengah, ada lagi yang mengkritik bahwa huruf atau tulisan AMTRAK dibagian hidung juga berbeda….dsb….begitulah fanatisme railfan di Amrik sana.

53 54 55 56

KATO memang membuktikan keseriusanya dalam pembuatan gerbong AMTRAK ini, terbukti saat melewati Turn Out kecil buatan Roco dengan mudah dapat dilewati rangkaian AMTRAK ini. KATO menerapkan sistim kinematika pada posisi coupler yang digabung dengan gerakan boogie roda gerbong seri BiLevel KATO ini.

Tanpa perlu merobah ataupun mengganti coupler dengan lebih panjang, zigzag rangkaian gerbong buatan KATO ini menjadikan pemandangan gerakan indah bagaikan goyang pinggul penari salsa.

57 58 59 60

Detail dari KATO wagon Amtrak phase III bilevel terlihat tidak terlalu rumit, namun tetap menjadi perhatian publik karena menggunakan warna body silver yang menjadikannya lebih mewah.

Nomor lambung gerbong seri bilevel inimemang cukup panjang….AMTRAK menggunakan nomor hingga 5 digit….apakah jumlah gerbong sampai segitu…..tidak masalah karena hal ini merupakan code number tersendiri dari AMTRAK dan telah dibuat oleh KATO dengan sesuai prototype, bahkan untuk seri gerbong yang baru diluncurkan KATO hanya menyediakan decal dari road number supaya para penggemar kereta AMTRAK ini dapat membuat nomor gerbong sesukanya.

Rangkain AMTRAK phase III juga dikenal dengan adanya sebuah box car ukuran panjang yang dijuluki Material Hendling car. KATO juga telah membuatnya dengan detail yang bagus dan mekanisme roda dan boogie yang presisi.

61 65 66 67

Para penggemar AMTRAK series memang sangat terobati dengan munculnya rilis baru dari KATO untuk seri gerbong BiLevel AMTRAK phase III, dan juga dengan munculnya produk Athearn untuk seri celebrates 40th years…dilanjutkan dengan diproduksinya secara lengkap AMTRAK seri V untuk loko Genesis P42 oleh KATO.

Loko AMTRAK Genesis P42 phase III dapat disebutkan merupakan collector item yang jangan sampe dilewatkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: