Loko UP ES44AC pakai Tsunami …baguuuss!

Tak disangka-sangka…akhirnya datang juga, sebuah loko era modern jenis Diesel evolution series, buatan pabrik raksasa GE Transportation system…….loko dengan type ES44AC merupakan loko besar yang dijejali mesin Diesel generasi baru 12 cylinder….wuiih ampuh banget dengan tenaga 4,400HP!!!…

Sebuah ulasan…

21 3 4

Locomotive yang dijuluki GEVO, GE Evolution series memiliki beberapa varian dan dilengkapi dengan motor traksi AC dan DC, sehingga disebut loko seri ES44AC atau ES44DC, hal ini disesuaikan dengan permintaan dari pihak user/armada kereta api nya.

Mesin Diesel dengan tenaga 4,400 HP ini telah dibuat dengan memenuhi standar pencegahan pencemaran lingkungan karena gas buang dengan level Tier 2 yang disyaratkan di Amrik sana.

Diketahui oleh pemerhati kereta api atau penggemar KAmod bahwa type ES44AC merupakan jenis pengganti type sebelumnya AC4400CW…. jelas sudah bahwa type ES44AC atau ES44DC ini memiliki segudang perbaikan.

5 6 7 8

Perkembangan teknologi “Kereta api” ternyata tidak luput dari perkembangan produksi “Kereta Model”…dengan munculnya seri ES44AC sejak prototype tahun 2003 dan mulai beroperasi 2005…sejak itu juga produsen/pabrikan Kereta Model juga berupaya membuat modelnya semirip mungkin berdasarkan blue print yang ada.

Pada tahun 2004 mulailah lahir Kamod untuk jenis Diesel type ES44AC, pada saat itu para penggemar kereta model masih belum begitu perhatian….karena type fisik ES44AC terlihat tidak banyak beda dengan type sebelumnya AC4400CW…..namun setelah membaca histori nya ternyata seri terbaru ES44AC tersebut merupakan Lokomotiv Diesel modern dan ramah lingkungan!

9 10 1116

Tanpa menunggu lama-lama, sebuah pabrikan KAmod terkenal didunia yang selalu memproduksi kereta model dengan bahan BRASS, yaitu OMI (Overland Model and Incorporated) yang beralamat di Indiana, USA dengan bangga telah memproduksi sebuah KAmod yang memiliki detail yang sangat aduhai. Model dengan skala yang presisi diproduksi dengan sangat terbatas, produksi awal menampilkan milik armada UNION PACIFIC dan telah mengantongi ijin dari pabrik loko GE Transportation System, …..hanya para kolektor saja yang memilikinya….lantaran barang ini dijual dengan harga yang sangat mahal.

Sedangkan untuk memenuhi segmen pasar dibawahnya, OMI juga membuka devisi pabrik KAmod dengan label TOWER55…. produk pertamanya adalah loko Diesel seri ES44AC……bukan main memang pada saat itu ditahun 2006 produk ini termasuk yang memiliki detail yang belum tertandingi.

12 13 14 15

Setelah dunia model railroder lengkap dengan kereta modelnya terus berkembang, banyak pabrikan KAmod memproduksi loko kondang jenis ES44AC ini, antara lain juga tak mau ketinggalan pabrik KATO dari Jepun dan terakhir disusul oleh Athearn dengan seri Genesisnya.

Untuk produk buatan TOWER55 seri Explorer dan ATHEARN seri Genesis terlihat dapat dibandingkan dengan adil karena keduanya menggunakan cetakan/ tooling yang sama….konon tooling yang dimiliki TOWER55 dibeli oleh Athearn…..sehingga kedua loko ini dapat disebut serupa tapi tak sama.

Ketidak samaannya antara lain laburan warna kuning khas UP “Armor Yellow” sedikit berbeda ….warna yang ditampilkan Athearn lebih terang sedikit. Selain itu strip warna merah “Halilintar” yang membatasi antara warna kuning dan abu2 pada produk Athearn sedikit lebih keatas posisinya sehingga pada posisi flare radiator dibelakang….posisi garis merah terletak ditengahnya.

18 19 20 22

ATHEARN  seri Genesis dengan sangat yakin memproduksi Loko Diesel type ES44AC ini tampil dengan road number cantik #5252…. memang sudah cukup lama digembor-gemborkan dan Athearn rupanya menggandeng pabrik elektronik SoundTraxx TSUNAMI untuk mengisi elektronik dari jeroan ES44AC tersebut.

Sepintas hasilnya memang memuaskan, Tsunami generasi terbaru sudah men tune nada suaranya dengan default suara yang sudah cukup keras nada suaranya….dengan sebuah speaker yag cukup besar…raungan loko ini cukup nyata terdengan.

Hanya saja Tsunami masih merasa puas dengan cuma memberikan 12 fitur sound pada loko ES44AC tersebut…..perlu kita ketahui bahwa era saat ini DCC board sound pada KAmod sudah cukup canggih dengan mengeluarkan fitur minimal 24 nada sound. Hal ini sudah dilakukan oleh pabrikan elektronic board BLI juga MTH.

2823 2425

Loko Diesel seri ES44AC produksi Athearn Genesis terlihat tampil dengan menyaingi produk Kamod sebelumnya dari pabrikan TOWER55 yang tampil menggunakan road number  #5471. Loko Diesel buatan TOWER55 ini dilengkapi dengan elektronik board DCC Sound buatan pabrik Digitrax….karena memang diproduksinya sekitar tahun 2005 maka DCC Sound Digitrax masih tertinggal yaitu masih menggunakan fitur dengan 12 nada sound. Namun kalau kita dengarkan sound atau bunyi klakson dari kedua merk tersebut ternyata berbeda….dan MbT lebih suka suara dari produk Tsunami ..dibanding nada dari TOWER55

Namun terdapat satu kelebihan dari elektronik system TOWER55 yaitu pada loko ES44AC ini melengkapi number board yang menyala, sehingga terlihat jelas road number #5471 nya…..hal ini beda dengan produk Athearn yang tidak melengkapi number board dengan fasilitas lampu.

Selain itu ditchlight pada geladak depan juga terdapat perbedaan, pada produk TOWER55 saat horn diaktifkan maka ditchlight berkedip sedangkan produk Athearn saat horn diaktifkan lampu tidak berkedip, terlepas dari yang mana lebih sesuai prototype terlihat Tsunami belum mengembangkan inovasinya.

27 29 30 31

Selanjutnya bicara soal detail, kedua produk loko ini memiliki kesamaan…body terbuat dari plastic ABS yang kuat, bagian detail lengkap terlihat mulai dibagian depan dilengkapi snow plow dan hose yang menjulur kebawah, railing dibagian depan-samping-belakang, anak tangga dan grab pada bagian2 dinding loko.

Untuk bagian detail yng terletak dibagian atap juga memiliki detail yang sama terlihat mulai dari antena radio, air conditioned system, exhaust pipe berbentuk tidak bulat seperti pipa, horn yang bertumpuk 3 unit, dan ventilation grill yang dapat terlihat kipas ventilasinya serta radiator hood yang melebar kesamping dibagian belakang loko.

Dibagian depan bertengger double head light yang memiliki posisi tumpuk dan menyala cukup terang, number board (produk TOWER55 menyala), wiper jendela depan, sun protector disamping diatas jendela kabin dan penutup grill samping yang see through.

32 33 35 36

Bagian depan loko ES44AC buatan Athearn dan buatan TOWER55 dihiasi lambang UP wing yang membentang melintang hidung loko. Selain itu loko ini pada lambung kiri dan kanan terlihat bendera 50 bintang yang berkibar cukup kereen, ukuran bendera yang terpampang pada loko produksi Athearn berukuran sedikit lebih besar dan memiliki tekstur yang lebih halus.

Emblem “Building America” yang pada loko buatan TOWER55 terletak dibelakang bendera Amrik maka untuk loko yang dibuat pabrikan ATHEARN terlihat bahwa emblem moto “Building Amerika” dipindahkan keposisi disamping depan pada box batt, hal ini menjadi terlihat lebih jelas.

37 38 40 41

Jujur pengerjaan detail dari loko buatan Athearn ini terlihat lebih halus dan teliti dibanding produk sebelumnya oleh TOWER55…..hanya saja pada material hand rail bahan yang digunakan Athearn terlihat lebih lunak dibanding milik TOWER55…sehingga hand rail pegengan untuk naik tangga didepan dan belakang terlihat melengkung kurang rigid.

Untuk warna terlihat loko produk buatan Athearn ini lebih cemerlang, juga untuk leter tulisan, logo UP, bendera berkibar dan beberapa tulisan placard yang hanya terbaca dengan menggunakan lensa micro produk Athearn menyuguhkan lebih rapi dan crispy.

42 43 44 51

Pada bagian bawah geladak juga terlihat sekian banya detail termasuk tangki bahan bakar yang cukup besar dan panjang terpasang dibagian tengah bawah lengkap dengan lobang pengisian dan detail sounding pipe nya.

Boogie roda depan dan belakang yang mempunyai konfigurasi CC, dibuat oleh Athearn dengan sangat detail termasuk per suspensi yang terlihat dengan jelas. Sistim perpipaan hydraulic juga tidak luput dari perhatian pabrikan Athearn ini….kesan usaha untuk menyuguhkan detail lebih lengkap patut diacungi jempol.

Detail dibagian depan dan belakang sekitar tangga naik anti maling juga dipersiapkan dengan baik…dan tentunya hydraulic dan air hose didepan dan dibelakan terlihat menjuntai dengan dilengkapi detail nipple nya.

Pada bagian pintu, engsel grill, hand grip yang menempel pada lambung/body loko merupakan standard dengan detail lengkap….hanya saja Athearn absen belum melengkapi dengan figur masinisnya.

45 47 48 49

Pada mini LO MbT ini, loko GE EVO ES44AC buatan Athearn seri Genesis ini disimulasikan akan bergabung dengan loko GE EVO ES44AC buatan TOWEWR55 yang datang dengan menarik serangkaian gerbong tanki. Loko UP #5252 Athearn terpaksa harus langsir pindah jalur luar dan bergerak mundur untuk bergabung.

Lampu mundur Loko UP #5252 Athearn yang terdiri dari 2 lampu tumpuk cukup terang menyala, menerangi loko dibelakangnya UP #5471….setelah kedua loko bergabung alias gandingan maka secara beriringan alias consist bergerak maju lancar.

Sedikit menjadi catatan, kedua loko sama GE ES44AC ini karena dibuat oleh pabrikan Kamod berbeda dan dilengkapi dengan DCC Sound berbeda Tsunami dan Digitrax….maka hasil suara deruman engin ataupun horn yang terdengar juga berbeda.

50 555354

Kedua loko tersebut dilengkapi dengan coupler mc henry dengan panjang medium, ketinggian posisi coupler termasuk sesuai standard sehingga saat penggabungan tidak menimbulkan masalah…..saat ini power yang dihasilkan sudah menjadi 2 x 4400HP…wwouuww.

Dengan mengatur fitur pada controller Digitrax menjadi MU (multiple unit) maka kedua loko tersebut berjalan secara consist dengan loko UP #5471 sebagai lead loko. Consist loko berjalan dengan akurat menandakan motor yang dimiliki kedua loko tersebut tidak jauh berbeda walaupun buatan dari dua pabrikan yang berbeda.

Kemungkinan besar motor yang dimiliki Athearn memiliki spesifikasi sama dengan motor yang dimiliki loko buatan Anjin Korea milik TOWER55.

57 58 59 60

Terlihat sangat gagah kedua loko tersebut berjalan beriringan, dari jau kelihatan perbedaan bahwa loko Athearn UP #5252 number board nya tidak menyala, serta terdapat ciri lain bahwa bendera Amrik pada  Loko #5252 Athearn terlihat berkibar lebih besar.

Thanks to Digitrax Super Chief yang memiliki fitur Multiple Unit yang akurat, sehingga kedua loko tersebut dapat dikontrol sama seperti prototype….artinya cukup hanya mengontrol 1 loko termasuk apabila mengaktifkan horn pada salah satu loko maka horn loko yang satu tidak aktif, juga sistim lighting akan akti hanya untuk salah satu loko yang dikontrol diaktifkan.

Namun system control akan aktif untuk kedua loko secara seri apabila mengaktifkan  power throttle nya.

67 79 8166

Deruman kedua loko consist ini akan terdengar mengikuti putaran mesin yang diinginkan sesuai sistim kontrol…..kedua loko dengan mantap menarik rangkaian yang terdiri dari belasan gerbong tanki. Kedua loko ES44AC buatan pabrik Athearn dan Tower55 ini dengan lincah dapat bermanuver di curve 22″ secara aman.

Namun untuk melalui TO yang kecil kedua loko ini bermasalah sehingga disimpulkan apabila secara consist harus menggunakan TO #5 atau coupler harus diganti dengan ukuran panjang sehingga memiliki gerakan zigzag yang lebih leluasa.

73 74 75 76

Kombinasi kembar warna kuning khas UNION PACIFIC memang sangat cocok dengan menarik rangkaian gerbong berwarna Hitam kelam….dan power yang dimuntahkan oleh kedua loko tersebut terlihat masih lebih, apabila ditambah hingga 25 unit gerbong pun tentunya masih sanggup

Gerbong tanki yang ditarik merupakan gabungan gerbong tanki pembawa liquid minyak, ethanol, honney dan lainnya, termasuk ukuran gerbong tanki tersebut terdiri dari yang 23,000 gallon, 23,500 gallon dan ada yang 30,000 gallon.

Gerbong tanki yang MbT pilih juga merupakan produk dengan detail yang baik buatan dari pabrik Kamod kondang Atlas master series, Walthers Platinum series dan Athearn ready to roll series.

Perhatikan detailnya…tak perlu diragukan lagi untuk dijadikan item koleksi, dan sebagai gerbong buntut terlihat sebuah gerbong tanki berwarna Putih….yang ini buatan Athearn

77 78 82 83

Sebuah video clip…

One Response to Loko UP ES44AC pakai Tsunami …baguuuss!

  1. apriynug says:

    Like this a lot om… Mantaab suara dieselnya…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: