MTH tampil dengan loko Geep’s 35

Memang sedikit berbeda dari biasanya bahwa MTH memproduksi model loko dengan ukuran tidak besar, loko Diesel ini merupakan model dari seri GP 35 produksi pabrik kondang General Motors  dan Electro-Motive Division atau banyak yang nyebut EMD.

1 2 3 4

EMD GP35 yang dibuat oleh EMD tersebut memiliki konfigurasi roda BB dengan 4-axle dengan penggerak  diesel-electric locomotive …Loko ini dibuat pada kurun waktu antara July 1963 dan December 1965 dan yang dibuat oleh GM antara May 1964 dan January 1966. Tenaga dari loko Diesel ini disediakan olehMesin Diesel EMD 567D3A  dengan jumlah silinder16-cylinder dan mesin menghasilkan tenaga sebesar 2,500 horsepower (1,860 kW).

Loko seri GP 35 cukup populer di era tahun tersebut dan beberapa perusahaan perkeretaapian di Amrik sana banyak yang menukar loko lama mereka buatan Alco dan seri F dengan GP35s, dan uniknya mereka menggunakan kembali trucks dan traction motornya. …contohnya perusahaan seperti Gulf, Mobile dan Ohio Railroad, Southern Railway, dan juga Ann Arbor Railroad….mereka ini menggunakan truck lama dari loko Alco mereka.

5 6 7 8

Untuk model trainnya  semoga tidak menggunakan ulang truck dari loko lama seperti Alco. Tentu tidak karena pabrikan kereta model MTH dengan bangga menampilkan produk barunya ini dengan menggunakan new tooling…..dan hasilnya memang luar biasa….sebuah loko seri GP yang dibuat sangat lengkap dengan detailnya dari mulai atas sampai bawah dan dari depan hingga belakang.

Sepintas saja waktu produk loko ini beberapa bulan lalu mulai diiklankan dalam majalah Model Railroader terlihat sudah cukup menjanjikan…dan ternyata memang benar setelah MbT menerima paket berisi loko ini…serasa tidak sabar untuk membukanya…sebuah loko GP seri35 telah dibuat sangat detail dan lengkap, bahkan melebihi perkiraan setelah loko diletakkan diatas track untuk uji coba….segudang kelebihan dapat dinikmati oleh para penggemar kereta Model.

9 10 11 13

Populasi loko seri GP35 ini lumayan banyak ….dari jumlah lokomotive 1251 units telah diproduksi oleh pabrik locomotive untuk perusahaan perkereta apian Amerika  26 units dibuat untuk permintaan perusahaan perkereta apian Canadian dan sekitar 57 units diproduksi untuk memenuhi permintaan dari perusahaan Mexican.

Untuk perusahaan Amerika yang menggunakan seri GP 35 ini terbanyak termasuk perusahaan Southern Pacific dan Union Pacific, kedua perusahaan ini belakangan bergabung dibawah satu bendera Union Pacific. EMD GP 35 telah diproduksi oleh pabrikan kereta api terbesar di Amrik dengan memenuhi permintaan pihak perusahaan kereta api sesuai dengan ciri khas masing-masing, yang pasti warna laburan body khas warna armada dan juga beberapa peralatan khusus seperti bell diatas cab atau lampu beacon diatas cab.

Union Pacific juga memiliki kekhususan antara lain menempatkan marker light pada hidung loko tersebut…uniknya loko seri GP 35 ini menempatkan posisi horn nya didaerah dibelakang.

12 14 15 22

Model train dengan skala HO ternyata tidak kalah istimewanya dengan loko yang sebenarnya, MTH yang merupakan pabrikan kondang kereta model , telah meluncurkan produknya GP 35 dengan sangat spectacular lantaran produk sangat detail dengan skala yang akurat ….dan DCC Sound nya membuat para penggemar kereta model kepincut.

Belum 1 bulan model kereta GP 35 ini diluncurkan sudah hampir sulit untuk mendapatkan produknya dipasaran untuk armada tertentu khususnya Union Pacific…MbT pun mujur masih mendapatkan 1 unit dengan warna kuning khas armada Union Pacific dari produk MTH.

Setelah berhasilnya MTH meluncurkan loko Diesel modern seri SD70 ternyata memberikan semangat untuk memproduksi loko lebih kecil kelas road switcher Diesel GP35….diketahui bahwa MTH umumnya memproduksi loko jenis klasik seperti Big Boy, Challenger, Veranda ataupun loko jenis steam lainya.

18 19 20 21

Satu hal yang tidak terlupakan oleh pihak MTH yaitu dengan mencangkokan sistim digital uncoupler…hal ini membuat MTH memiliki ciri khas untuk produknya. MbT menilai bahwa sistim digital uncoupler ini adalah yang paling cocok diterapkan di seri GP35, karena secara operational lebih sering dapat dimanfaatkan dan berfungsi. Hal ini dibandingkan pada digital uncoupler yang terpasang pada loko jenis Veranda atau Gas Turbine…digital uncoupler terpasang pada loko…padahal dibelakang loko masih terdapat fuel tank car yang yang merupakan pasangan dari loko tersebut, alhasil apabila digital uncoupler diaktifkan maka tank car akan terlepas (bukan gerbong yang ditarik).

Loko Diesel seri GP35 memang cocok kalau dioperasikan sebagai road switcher, loko dapat wira-wiri secara lincah dengan selalu mendemonstrasikan digital uncouplernya.

Pada kesempatan ini MbT mensimulasikan GP35 menarik serangkaian hopper 2 bays yang kemudian menambah rangkaian dengan 2 unit box car dengan high type.

16 17 18 23

Hopper car yang ditarik oleh loko Diesel GP35 ini adalah merupakan produk lawas dari Athearn ready to roll, perlu dicatat bahwa produk Athearn tahun 2005 dan 2008 ini tergolong gerbong yang memiliki kualitas istimewa. Bentuk phisik dengan ukuran panjang sekitar 40 feet merupakan bentuk unik bagi sebuah hopper car.

Hopper car buatan Athearn tersebut merupakan jenis PS 2600 TWO BAY COVERED HOPPER yang berwarna abu2 dengan penguat vertical rib pada bagian luarnya, type ini merupakan jenis hopper yang diproduksi lebih awal dan selanjutnya dengan mengikuti kemajuan technology pembuatan gerbong maka munculah jenis ACF 2970 COVERED HOPPER, hopper ini memiliki konstruksi seperti tanki yaitu dengan membentuk dindingnya dengan sistim bending, gerbong terlihat sedikit membulat yang memiliki kesan aerodinamic dan lebih modern.

Detail dari jenis hopper ini disuguhkan oleh Athearn secara lengkap termasuk bagian Roofwalk dan hatch yang dibuat dengan potongan laser see through, pada bagian depan dan belakang terlihat detail berupa anak tangga dan grab iron, dan air reservoir dan end platform, brake wheel dan housingnya, pada bagian bawah terlihat detail brake line, outlet hatch lengkap dengan frame nya….dan tentunya detail truck lengkap dengan metal wheel yang menggelinding lancar.

24 25 27 28

Rangkaian hopper dari armada UP tersebut secara simulasi akan digabung dengan 2 unit gerbong jenis HIGH CUBE BOX CAR dari armada yang sama Union Pacific. Gebong pendek dengan panjan 40 feet ini memiliki betuk sedikit lucu karena memiliki tinggi yang lebih dibandingkan dengan ukuran tinggi standard. Gerbong armada Union Pacific ini berwarna kuning khas Yellow armour dengan dilengkapi logo UP shield.

High cube box car ini juga merupakan gerbong produk pabrikan kereta model Athearn seri ready to roll….produk ini rollingnya sangat mantab dan stabil plus seluruh produk Athearn dilengkapi dengan coupler yang memiliki posisi yang akurat dangan sangat cocok digabungkan dengan digial uncoupler nya loko MTH.

39 40 41 42

Loko Diesel road switcher GP35 dari armada Union Pacific tampak menggandeng high cube box car, dari sosok tubuhnya saja GP35 terlihat gagah mempesona, ukuran GP35 yang tidak besar memang sangat cocok bila dipadu padankan dengan gerbong ukuran 40 feet.

Diesel GP35 memiliki tenaga yang sangat mumpuni sebesar 2,500HP, termasuk pada model trainnya…MTH telah mencangkokkan sebuah motor 5 skew yang dikombinasikan dengan gearbox yang menghasilkan traksi yang baik. Terbukti bahwa loko ini sangat powerfull untuk menarik belasan gerbong, motornyapun sangat halus sehingga loko GP35 mampu berjalan perlahan diarea switching…dan default setingnya sudah diatur delay start dan stopnya.

34 .33 31 29

Athearn ready to roll class yang memiliki motto “Trains in miniatur” memang dapat dibuktikan dengan skala yang akurat karena memang diproduksi berdasarkan blue print ditambah laburan warna yang sangat mendekati sebenarnya. Khusus untuk ini MbT memang tertarik karena hopper dilabur dengan warna armada Union Pacific lengkap dengan logo UP shield yang perkasa.

Warna abu-abu/grey  yang dilaburkan oleh armada Union Pacific tidak selalu sama pada setiap jenis gerbongnya, perhatikan saja bahwa dari ketiga jenis gerbong hopper 2 bays tersebut abu2 nya pun berbeda…hal ini menunjukkan dinamika dari armada tersebut yang selalu meningkatkan bukan saja dari segi service, kualitas tetapi juga dari segi penampilan yang disesuaikan dengan era kemajuan.

…..aha terlihat juga sebuah Panoramic Bus….sebuah bus antar kota yang sangat terkenal yaitu “Greyhound” merupakan bus dengan posisi duduk agak tinggi dilengkapi dengan kaca jendela besar2 untuk menikmati panorama Amrik yang sebetulnya kebanyakan terdiri dari gunung karang, jurang, gurun….dan jalur kereta api. Bus ini merupakan produk anyar berskala 1:87 keluaran pabrikan Mini Metals, cukup berkualitas dan akurat.

24 43 44 45 46

Pembahasan detail GP35 sudah hafal tentunya, karena detail yang disuguhkan MTH dari model ke model selalu lengkap sesuai dengan prototype lokonya, dimulai dari bagian roof GP35 dilengkapi sederet fan yang terpasang dibagian atap belakang dengan detail see through, terlihat juga lobang yang merupakan exhaust gas pipe.

Horn yang berjumlah 3 unit terompet terpasang dibagian belakang didekat fan ruang mesin..roof loko rata datar hingga kebagian depan/cabin. Selanjutnya untuk bagian kabin, detail kaca cukup lengkap….wiper dan sun protector disamping terlihat terpasang secara rapi dan kokoh, cabin dibuat melebar kesamping dan pada bagian kabin menghadap belakang juga terpasang kaca untuk kepentingan navigasi kebelakang. Bagian depan, samping dan belakang dikelilingi dengan railing yang terbuat dari kawat baja, termasuk anak tangga yang terpasang pada bagian belakang loko juga telah dibuat sangat detail dan akurat.

47 48 49 50

Loko GP35 yang memiliki konfigurasi roda BB ini terlihat sangat jelas dengan warna truck silver , bagian ini juga dilengkapi detail brake system dan pegas suspensi. Dikarenakan konfigurasi roda BB inilah maka GP35 dapat dengan lincah bermanuver didaerah curve sempit dan Turn OUt kecil.

Untuk bagian dibawah deck terlihat sebuah tanki bahan bakar yang cukup panjang, dilengkapi dengan filling pipe dan sounding glass…..yakin dengan tanki sebesar itu loko GP35 dalam operasional tidak perlu sering mengisi bahan bakar.

….dan pada bagian depan dan belakang loko terdapat coupler khas produk MTH digital uncoupler, jenis ini sangat membantu untuk operasi switcher pada LO…selain jenis digital MTH juga memberikan spare coupler normal.

51 52 53 54

Lighting system yang disuguhkan oleh MTH juga memiliki beberapa tambahan daya tarik,  head lamp double tumpuk nyala dengan terang dan dilengkapi fasilitas sesuai rules 17 perkereta apian Amrik dimana saat loko GP35 ini berhenti maka nyala lampu akan meredup automatic.

Bagian cabin juga sudah dilengkapi dengan lampu cabin yang dapat on/off dengan fungsi F5, terlihat dengan jelas kesibukan masinis didalam kabin saat lampu dinyalakan….karena dua figur sudah merupakan komplemen dari MTH.

Number board pada bagian depan loko dan juga bagian belakang dapat menyala sehingga dengan jelas terlihat road number #750 dari loko ini (pada umumnya untuk loko ukuran GP35 lampu number board belakang tidak nyala)….dan yang paling unik loko GP35 buatan MTH ini dilengkapi dengan sepasang “marker light”  dibagian depan hidung loko dan sepasang berwarna merah terletak dibagian buritan yang terletak dibawah number board.

60

Kita ketahui…yang paling unik pada produk MTH adalah perihal elektroniknya yaitu dengan dicankokkannya Proto sound 3.0, DCC Sound ini memiliki banyak sekali fitur, sehingga kalau penggemar kereda hanya mengoperasikan dengan sistim kontrol 12 fungsi maka sangat disayangkan karena sejumlah 17 fungsi lainya tidak dapat dinikmatinya.

Segala macam jenis sound mulai dari nada horn, bell, deruman mesin Diesel dan brake terdengar secra jelas. MTH untuk start awal sedikit menambah langkah yaitu mengaktifkan terlebih dulu fitur fungsi no.3…dan power,sounddan lighting dalam keadaan on siap untuk dioperasikan.

Selain nada sound standard tersebut MTH juga melengkapi dengan sound nada komunikasi antara masinis dengan tower station, percakapan ini juga merupakan ciri khas MTH, karena sebelum selesai komunikasi loko tidak dapat dijalankan.

61 63 64 65

Rangkaian panjang GP35 dan beberapa gerbong hopper serta 2 unit high cube box car terlihat diakhiri dengan gerbong jenis caboose yang juga merupakan produksi pabrikan Athearn. Rangkaian tersebut dengan lincah dapat melibas seluruh curva yang terdapat pada mini LO Mbt dengan lancar.

Seluruh fungsi sound sudah dicoba dengan hasil yang memuaskan, traksi GP35 buatan MTH memang tidak perlu diragukan lagi termasuk sistim brake yang sangat pakem. MbT juga mencoba simulasi langsir dari GP35 ini, didapatkan saat digital uncoupler diaktifkan …gandengan dapat segera ditinggalkan..namun saat ingin menggandeng kembali maka coupler gandengan harus sedikit didorong agak keras supaya uncoupler digital dapat mengunci otomatis. Digital uncoupler pada bagian depan loko terlihat belum difungsikan.

66 67 68 69

Operasional loko MTH seri GP35 dari armada Union Pacific memang tidak membosankan…para penggemar kereta model kalau saat ini ada rencana menambah koleksinya…loko tersebut diatas adalah merupakan alternatif item koleksi yang perlu dipertimbangkan.

5 Responses to MTH tampil dengan loko Geep’s 35

  1. Yudo Inanto says:

    Alo Oom Mukti, apa kabar?

    Wah benar-2 kolektor sejati Oom Mukti ini, sepertinya tidak ada yg terlewatkan kalau soal UP…🙂

    Tau-2 GP35 MTH sdh langsir di depo Bintaro, mantabh.

    Saya sependapat dg uraian Oom Mukti kalau loko model tipe ini lebih pas dioperasikan sebagai switcher, terlebih jika kita menganut prototype operational pd LO kita, wah makin seru. Bisa juga GP35 dg hidung merah (SP) untuk UP toh sdh merger jadi si SP menjadi loko langka yg msh beroperasi dlm armada UP.

    Bagaimana dg NS Heritage yg akan dirilis MTH? Eh…bukan UP yah…?

    Cakep Oom untuk GP35-nya.

    Go sepur…,

    Yudo

    • muktiwibowo9 says:

      Bung Yudo sorry baru sempat balas, thanks atas komen Nya…GP35 hiding merah juga keren…untuk NS Heritage sudah mulai ditulis oleh pabrikan Athearn….
      Salam

  2. Ferry says:

    Pak Mukti..

    lagi2 loko yang mantap….

    MTH memang menarik sekali modelnya…
    tinggal tambah accesories (AC, Remote Control unit dan Antenna) pasti tambah ciamik pak… bener2 jadi prototype locomotive…

    btw MTH yang sekarang masih tetap pakai ditch light pakai kotak besar ya pak?? jadi janggal ngeliatnya…

    salam Kamod

  3. maba says:

    Sudah lama tidak baca liputan Om MbT ini, koleksinya udah nambah lagi, mantab…

    Sukses terus buat Om MbT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: