wajah EMD E6 UP tampil sederhana

…wajah loko Diesel era ’50 an didominan oleh tampilnya loko produk EMD seri E dan F, hidung bulat tanpa lekukan sudut…dan wajah EMD seri E6 terlihat tampil sederhana….hidung loko ini hanya dihiasi sebuah head lamp besar yang nyala terang dan ornamen logo UP Shield lengkap dengan bentangan sayapnya.

1 2 3 4

Kesederhanaan desain bagian depan loko EMD seri E6 bukan asal saja namun desainer memikirkan sebuah loko yang memiliki tampak depan yang aero dinamis….dan pada tahun 50an tersebut hal ini mengundang decak para Railfan dan penggemar pengguna Kereta api….

Loko seri E6 ini memang dibuat untuk menarik rangkaian kereta penumpang, dengan tenaga 2,000HP loko kereta penumpang ini dibuat oleh pabrik raksasa Electro Motive Corporation di daerah La Grange, Illinois dalam beberapa puluh unit…type yang dilengkapi cabin dengan seri E6A telah dibuat hingga tahun ’42 sebanyak 91 unit…dan ternyata didalam operasi masih diperlukan tambahan daya…maka diproduksilah seri E6B (merupakan booster)  yang merupakan loko tanpa dilengkapi cabin, loko E6B ini selalu nempel pada loko seri E6A dengan setia.

…dan Dua unit dari seri E6 tersebut masih dapat beroperasi hingga kini salah satu dioperasikan oleh perusahaan Midland Railway di Baldwin City, Kansas. …namun kelihatanya sudah dijual dan di rencanakan akan dipajang disalah satu museum kereta Manly, Iowa di Amrik sana….yang aslinya memiliki #630.

Seri E6 yang satulagi ditempatkan disalah satu museum Kereta Api di Kentucky…namun sayang beberapa parts dibagian dalam unit ini sudah tiada.

5 6 7 8

Sejarah panjang loko dengan wajah sederhana EMD E6 memang dimulai dari kebutuhan transportasi penumpang di benua Amrik malang melintang dari Barat hingga Timur…dan tentunya dijalur Utara. Pada saat itu yang merupakan alat transportasi utama yang prestisius.

Loko Diesel bertenaga 2,000HP ini sebetulnya terdiri dari dua unit Diesel Engine yang bertenaga 1,000HP yang masing2 dilengkapi alternator untuk menggerakkan traksi roda disetiap loko baik seri A ataupun B nya.

Seri E6 ini sebetulnya merupakan seri ketujuh dari E series, dan seri E6 ini hidungnya kalau dilihat dari samping masih mirip dengan saudaranya E3, E4 dan E5…bentuk hidung yang demikian  berkesan mirip “sekop” maka ada yang mengistilahkan “Shovel nose” dan belakangan seri E ini menyerupai hidung Bulldog maka ada yang memberi nama “Bulldog nose”…juga ada kritikus yang memberi nama si “slant nose” …lantaran hidung yang terkesan miring tersebut…

10 11 129

Saat ini kenangan indah loko EMD seri E6A dan E6B masih dapat dinikmati dari dekat…masih terdapat 2 Unit sisa E6 yang pertama masih dapat beroperasi dan terletak di Midland Railway, di  Baldwin City, Kansas namun terlihat sudah dijual dan kelihatanya sudah disiapkan untuk mengisi museum di Manly, Iowa …..loko ini juga pernah dioperasikan oleh Rock Island & Pacific Railroad dengan seri E6A dan road number #630. Sisa yang satu lagi terletak di museum kereta Api Kentucky namun sayang parts interiornya tidak lengkap.

Namun para penggemar merasa puas karena dengan melalui Kereta Model yang telah dibuat oleh pabrikan Kereta Model dengan sangat teliti dan telah menggunakan new tooling dapat mengobati kerinduan terhadap seri E6 yang kondang tersebut..

BLI Paragon2 merupakan brand yang kesohor dilingkungan para Model Railroader, lantaran belum lama ini pabrikan BLI merilis ulang seri EMD E6A dan E6B dengan kelas Paragon2. Tentu saja hal ini tidak dilewatkan oleh para penggemar seri E6 khususnya dan para penggemar KAMOD umumnya termasuk tentunya MbT… BLI memang pernah beberapa belas tahun lalu memproduksi seri E6 ini namun masih menggunakan teknologi lawas termasuk electroniknya masih kuno.

Produk anyar BLI Paragon2 ini sangat beda baik dari segi eksterior body yang telah menggunakan new tooling, dan yang lebih utama lagi motornya yang sudah dilengkapi sistim back EMF (ElectroMotiveForce) sehingga gerakan loko dapat dioperasikan secara perlahan.

13 14 15 16

Setelah mendapatkan loko seri E6AB buatan BLI Paragon2 ini dan menggelar di mini LO MbT maka terlihatlah beda produk baru ini. DCC sound yang ditanamkan ditubuh seri E6AB ini bukan sembarangan, sekian banyak fitur telah berkumpul didalam board DCC Sound yang mengagumkan ini.

Sesuai dengan instruction manualnya terdapat 29 fungsi yang dapat diaktifkan mulai dari F0 hingga F28, tentu saja untuk dapat menikmati keseluruhan fitur tersebut….modeller harus menggunakan controller yang memiliki kemampuan dapat mengoperasikan hingga F28…contohnya dapat menggunakan Digitrax seri baru yang berlogo Extra.

Fitur yang terbagi dalam 29 fungsi pengaturan tersebut terdapat beberapa fungsi yang sangat menarik yaitu fungsi F14 hingga F21 antara lain suara Passenger Announcements, Freight announcement, Maintenance sound, Radio Sound, City background, Industrial background, Farm Background juga Lumber Background….seluruhnya merupakan hasil recording dari suara prototype

17 18 20 28

uh uh. .uh…uf uf uf setelah meng close up detail dari si hidung miring sosor bebek ini….memang unik dan sederhana…dan BLI berhasil membuatnya mirip dan yang pasti membuat para penggemarnya kepincut…yang dengan sabar telah menunggu kedatangan produk ini dengan melalui preorder lebih 1 tahun dari agen penjual pabrikan BLI.

Bagian hidung ini memiliki beberapa detail termasuk kaca depan yang dilengkapi wiper, diatas atap bertengger dua buah klakson type terompet, pada bagian samping terlihat detail tangga dan grap rail, lampu utama/head lamp sebuah namun besar dan dapat menyala secara osilasi, pada bagian snow plow tepatnya dibagian coupler disediakan penutup…sehingga kalau coupler dilepas dapat ditutup dengan rapi.

Number board terlihat rapi pada bagian kiri dan kanan lengkap dengan lampu didalamnya….bicara soal lampu cabin MbT sempat dibuat pusing mencari tombol on/off nya..alhasil harus membaca secara teliti manual Fungsi2 nya dan ternyata jauh benar saklarnya yaitu di F24. Dibagian cabin tersebut juga sudah duduk manis dua buah figur masinis yang selalu siap mengoperasikannya.

26 22 23 24

diketahui Union Pacific yang merupakan armada KA Raksasa di Amrik sana memiliki warna yang sangat indah dan menarik….siapapun tidak akan lupa dengan laburan warna Kuning Armour Yellow kombinasi Abu2 Harbour mist Grey dengan strip warna Merah…dan loko seri E6 ini tertulis UNION PACIFIC disepanjang bodynya dengan warna Merah senada dengan warna angka road numbernya….yang khusus untuk seri E6 ini Union Pacific memberikan road number yang diawali dengan angka “9”…dan pada koleksi E6 ini terlihat road number #985B, #987A dan juga #987B.

Loko UP buatan EMD seri E6 ini memiliki tenaga yang luar biasa …..mesin Dieselnya mempunyai tenaga 2,000HP disetiap loko yang terdiri dari 2 Diesel  @1,000HP  yang terhubung ke motor untuk traksi….dan bayangkan kalau konfigurasi yang ada terdiri dari seri E6ABB maka total tenaga yang dihasilkan untuk traksi total hingga 6,000HP.

Dan memang sangat cocok untuk digunakan menarik rangkaian gerbong penumpang seri Streamliner yang dimiliki armada Union Pacific…..jumlah yang dimilikinya pun tidak banyak untuk E6A berjumlah 6 unit dan seri E6B hanya 4 unit.

26 27 30 25

Kembali ke model yang dibuat dengan ciamik oleh BLI Paragon2…..dengan body terbuat dari bahan ABS berkualitas, detail bagian atas loko seri E6 ini dibuat serius dengan menampilka kisi-kisi udara ventilasi udara dan juga exhAust gas pipe selain sepasang klakson yang terpasang di seri E6A nya.

Pada bagian samping body terlihat grill ruang mesin memanjang…bagian atap dan sebagian bagian samping ini dilabur warna Abu2…selanjutnya turun kebawah sedikit terlihat ciri khas seri E6 yaitu jendela kaca model persegi yang berjumlah 5 buah yang merupakan pencahayaan untuk ruang mesin…untuk ruang cabin juga terdapat 2 jendela samping 1 diantaranya terletak pada pintu cabin.

Body seri E6 ini memang jauh lebih panjang apabila dibandingkan dengan seri penerusnya seri “F” hal ini lantaran jumlah unit mesin yang terpasang 2 unit tiap lokonya…..pada bagian cabin yang memiliki hidung miring tersebut pada bagian atasnya diberi warna Hijau sebagai anti glare sehingga para Masinis tidak terganggu silau karena pantulan Matahari.

29 303121

…untuk bagian bawah geladak BLI Paragon2 E6ABB juga menyuguhkan detail yang tidak sembarangan…pipa hydraulic untuk brake termasuk cylindernya terlihat menjadi bagian yang menarik diantara boogie roda konfigurasi CC. Bagian dibawah geladak ini juga dilabur warna Grey sehingga terlihat senada dengan warna bagian atap loko.

Satu hal yang istimewa adalah penempatan coupler dan ukuran panjang coupler yang sangat presisi, sehingga saat digabung antara loko seri E6A dengan E6B terlihatcukup rapat namun tetap tidak menyulitkan saat operasi di mini LO MbT.

Kita ketahui bahwa setiap loko yang memiliki konfigurasi roda CC pasti akan lebih sulit bermanuver di TO kecil atau pada curve kecil…apalagi kalau menarik rangkaian gerbong penumpang…nah! seri E6 ini memang beda…rangkaian E6ABB ternyata sangat lincah beroperasi pada mini LO MbT dengan curve hanya 22″

36 35 34 32

Kenapa MbT mengkonfigurasikan seri E6 dengan susunan ABB…hal ini saat MbT mengorder set unit yang terdiri dari unit E6AB set yang ditawarkan hanya terdiri dari E6A powered sedangkan yang E6B unitnya merupakan loko unpowered….dengan satu unit loko powered ternyata tidak terlalu bertenaga kalau menarik 9 unit gerbong penumpang, maksimum hanya 5 gerbong…terpaksa MbT mengorder kembali 1 unit E6B powered untuk segera dipasangkan  menjadi konfigurasi E6ABB.

Selian power yang didapatkan telah mencukupi, komposisi E6ABB terlihat jauh lebih keren dan lebih panjang tentunya. Dalam hal ini BLI cukup cerdik mengemas unitnya sehingga para modeller tergerak akan membeli lagi 1 unit E6B powered…karena mungkin kalau paket set yang ditawarkan E6AB sudah double powered maka sudah cukup tenaga untuk menarik rangkaian gerbong penumpang tersebut…itulah trik marketi

Pada  belasan tahun lalu BLI dengan belum menggunakan kelas Paragon telah mengeluarkan produk seri E6ABB didalam 1 set terdiri dari 2 powered dan 1 unpowered…E6 yang dilansir sudah dihiasi dengan atribut Union Pacific City of Los Angeles…

37 38 39 40

Performance E6ABB memang sangat perkasa, terlihat seolah merajai jalanan di mini LO MbT…dan saat E6ABB beroperasi loko2 lain seperti seri F7 dan F3 lebih baik berhenti untuk menyaksikan running dari E6ABB yang memang memukau. Hal ini juga ditunjang dengan DCC Sound yang sangat hebat…dua buah loko tersebut masing2 dilengkapi sepasang speaker sehingga suara dari 4 speaker tersebut dapat terdengar keras dalam ruangan.

Semua loko lain berhenti, semua kendaraan stop termasuk seluruh figur di mini LO juga tercengang melihat laju E6ABB liwat, dan klakson yang dikumandangkannya pun bernada bersautan dari kedua loko AB nya dan dengan mengatur pengoperasian on off horn maka suara klakson pun dapat menghasilkan nada doppler menggema.

Ditambah nada Passenger announcement saat berhenti distasiun juga menarik perhatian tersendiri yang dilanjutkan dengan nada komunikasi antara masinis dengan stasiun tower. Hal ini mengundang keinginan untuk merekam operasi dari seri E6ABB.

41 42 43 44

Sekali lagi BLI Paragon2 memang patut diacungkan 2 jempol…kenapa…ya BLI telah menambahkan pada fitur electroniknya yaitu fasilitas Macro, artinya terdapat fasilitas untuk merekam beberapa gerakan atau fitur didalam satu rangkaian dan setelah itu dapat di play secara otomatis dan hasilnya…uf sama persis dengan gerakan ataupun suara yang telah direkam dengan fasilitas Macro.

Cara mengaktifkan fasilitas ini adalah denga terlebih dulu menekan tombol F27 untuk start dilanjutkan dengan gerakan operasi yang diinginkan kemudian stop record juga dengan menekan F27 kembali, artinya seluruh aktifitas antara F27 dan F27 telah direkam dalam sistim. Tentu saja controller harus yang memiliki fungsi hingga F28…kalau tidak ada ya lumayan ribet lah.

Mengaktifkan rekaman tadi cukup dengan menekan fungsi F26…maka loko akan otomatis bergerak sendiri…hal ini harus cukup hati2 karena saat Play Macro seluruh fungsi termasuk Throttle tidak berfungsi, sehingga apabila terjadi sesuatu modeller harus segera mematikan power track atau tombol Emergency.

45 46 47 48

Diatas sudah disebutkan bahwa loko buatan EMD era ’40-’50 an ini sengaja dibuat untuk menarik rangkaian gerbong penumpang yang melayani jalur dari SanFrancisco ke Chicago atau dari Omaha Portland ke Chicago…MbT mencoba memvisualisasikan dengan menarik gerbong penumpang Union Pacific produk pabrikan Kamod RAPIDO.

bukan dengan maksud memuji sendiri…tapi memang Rapido ditarik BLI wuih cocok banget…seperti ular meliuk diatas mini LO MbT, RAPIDO merupakan pabrikan yang termasuk cerdik dan mendengar kebutuhan para Model Railroader alias para penggemar Kamod. Artinya Rapido memproduksi gerbong penumpang yang dapat dioperasikan pada LO yang memiliki track curve besar ataupun curve yang sempit hingga 22″

Selain gerak boogie yang memiliki sudut yang leluasa, pihak Rapido juga menyiapkan sepasang coupler dengan ukuran Long yang dapat dengan segera menggantikan coupler short yang sudah terpasang….dan hasilnya seluruh gerbong Rapido tersebut dapat bermanuver pada curve 22″ secara lancar.

51 52 50 49

Sangat beragam jenis gerbong produk Rapido ini, terlihat dari depan sebuah gerbong bagasi, gerbong penumpang beraneka kapasitas, gerbong yang dilengkapi dengan fasilitas cabin..sehingga para penumpang jarak jauh dapat beristirahat dengan memilih gerbong cabin…

Hal ini mengingatkan era ’60-’70 an dinegeri kita dimana PT DKA waktu itu memiliki dua rangkaian gerbong penumpang dengan fasilitas cabin untuk tidur…namanya “BIMA” ( Biru Malam)…karena gerbong keretanya berwarna Biru dan berjalannya malam hari. Rangkaian Bima melayani jalur Jakarta-Surabaya dan Surabaya-Jakarta dengan menggunakan jalu Selatan melalui kota Jogyakarta.

MbT kalau tidak salah ingat waktu itu Bima menawarkan gerbong kelas 1 dan kelas 2, kelas 1 terdiri dari 3 penumpang tiap kamar dan kelas 2 menampung 3 penumpang tiap kamar nya….Bima tidak menyediakan kelas yang hanya dilengkapi kursi penumpang saja…..kelas ini ditempati KA Mutiara yang mengambil jalur Utara dengan melalui Semarang.

Berbeda dengan kelas Stremliner Union Pacific yang menawarkan beberapa jenis gerbong didalam rangkaiannya, termasuk ada salah satu gerbong kombinasi antara cabin dan tempat duduk…..juga ada 1 gerbong restorasi yang disediakan untuk makan para penumpang.

53 54 55 56

Gerbong penumpang buatan Rapido yang ditarik oleh loko seri E6ABB ini juga dilengkapi dengan lighting yang menyala dengan power batteray sebesar tablet kecil, dua buah batt cukup buat power lampu untuk menerangi gerbong. Uniknya lampu tersebut on off  nya dengan sebuah magic stick..dengan menggunakan magnet diujungnya…dengan menempelkan ujung stick pada bagian atap gerbong maka lampu akan on dan off.

Jenis gerbong penumpang lain untuk Union Pacific juga diproduksi oleh pabrikan ternama Walthers…bahkan seri City Streamliner buatan Walthers ini memiliki jenis gerbong yang dilengkapi dome, tempat duduk yang memiliki atap kaca sehingga penumpang dapat menikmati Panorama selama perjalanan…juga produk Walthers dilengkapi jenis end car/gerbong yang memiliki bentuk khusus dibagian belakang.

Gerbong buatan Rapido ini memang diakui memiliki detail yang sangat kumplit pakai telor…mulai dari eksterior, interiornya dan yang paling bukan main adalah bagian bawah gerbong…Rapido membuat instalasi pipanya juga sangat lengkap termasuk pipa dari buangan WC…

59 58 57 62

Tidak bosan memang memandang dan mengoperasikan rangkaian kereta  penumpang UNION PACIFIC..loko seri E6ABB sangat powerfull dengan DCC sound yang mumpuni sangat sesuai raungannya untuk menarik rangkaian gerbong penumpang buatan Rapido tersebut.

Untuk mengimbangi kelebihan dari loko buatan BLI Paragon2 ini tentunya para Model Railroader juga harus menyiapkan beberapa fasilitas atau peralatan penunjang…mulai dari Controller System harus sudah yang memiliki kemampuan hingga 28 Fungsi lebih untuk mengoperasikan seluruh fitur, juga perlu difikirkan dan didesain jalur/track pada Lay out karena BLI menyuguhkan fasilitas Macro, sehingga kalau LO siap maka Loko dapat dioperasikan untuk langsir dll secara lancar dan aman.

6260 63 64

Secara keseluruhan loko Diesel seri E6 ABB buatan pabrikan BLI Paragon2 ditinjau dari segi detailnya, electronic/DCC sound dan kemampuan tenaganya sangat memuaskan. MbT sangat merekomendasikan loko2 seri “F” dan “E” produk BLI Paragon2 yang saat ini mulai beredar kembali dengan DC/DCC sound yang mutakhir.

Seri E merupakan loko yang digunakan untuk menarik gerbong penumpang dan seri penerusnya F terkadang juga menarik rangkaian gerbong barang….keduanya jempolan.

Tambahan tips yaitu sebaiknya para modeller menyiapkan perangkat camera yang dilengkapi dengan lensa Macro untuk mengabadikan koleksinya secara dekat….

67 666165

Sebagai contoh MbT melampirkan rekaman operasional E6ABB…

Obsesi selanjutnya adalah mengulas loko seri E9 yang memiliki jendela khas circle/bulat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: