UP EMD F3 yang menjelma jadi F7

Para penggemar “model Railroading” pasti mengkoleksi model loko Diesel berhidung khas  keluaran EMD seri F yang sangat legendaris di era ’50 an hingga ’60 an……dan EMD F3 Union Pacific merupakan salah satu loko Diesel yang tidak pernah terlupakan…yang dalam perjalannya menjelma menjadi seri F7.

4 10 11 13

Cukup panjang sejarah seri “F” ini dan seluruhnya menyimpan kenangan tersendiri bagi para Model Railroader yang pernah mengalami era emas loko ini…….namun bagi para penggemar Kamod/ para Model Railroader masa kinipun tetap berminat mengkoleksi loko seri “F” ini.

Namun sejarah yang unik adalah hampir seluruh loko seri F7 merupakan jelmaan dari seri sebelumnya F3……memang kalau diperhatikan kedua seri tersebut hampir sama….tentu saja karena body dari F7 diambil dari body F3, hanya saja jeroan dari loko F3 yang mempunyai mesin Diesel bertenaga 1400HP diganti dengan mesin lebih berotot Diesel 1500HP…cerita menariknya bahkan F7 juga dibuat dari rongsokkan F3.

1 2 3 6

Selanjutnya diketahui Loko Diesel seri F7 ini memiliki jenis A yang dilengkapi dengan cabin dan seri B tanpa cabin, loko F7  dengan Diesel buatan   Diesel-electric locomotive 1,500 horsepower (1,100 kW) dibuat oleh pabrik raksasa Electro-Motive Division of General Motors (EMD) dan kolaborasi dengan  General Motors Diesel (GMD) pada kurun waktu antara February 1949 dan December 1953

Jenis loko F7 ini pada mulanya memang dibuat untuk kebutuhan menarik rangkaian gerbong barang ….hal ini memang sudah disiapkan oleh pabrikannya EMD, namun ada juga digunakan untuk menarik rangkaian gerbong penumpang…bahkan sangat legendaris yaitu milik armada Santa Fe dengan brand  Super Chief dan El Capitan

16 17 18 19

Ternyata jenis seri F7 ini sebenarnya dari pihak pabrikan EMD tidak memberikan identifikasi khusus terhadap seri keluarannya secara phisik, namun ternyata para penggemar kereta api atau terkenal dengan sebutan Railfans justru dengan teliti dan cermat serta sangat kritis memperhatikan seri F7 ini secara detail, sehingga dapat membedakan seri F7 yang diproduksi pabrikan EMD.

….memang secara resmi pihak pabrikan tidak merobah setiap phase keluaranya…pabrik hanya merobah secara kosmetik seperti antara lain hanya pada roof fans, body panels, grilles selebihnya tidak ada perobahan pada seri F7 ini dan itupun hanya terjadi pada F7A…dan perbedaan yang ada oleh para Railfans dibedakan dengan istilah Phase antara lain :

Phase I (awal)

Built from February 1949. Upper grille with horizontal openings. Four horizontal louvred openings on center body panel. 36-inch dynamic brake fan, if dynamic brakes fitted. Flush windshield gasket changed to raised in July 1949. Square cab door corners with kick plates on the steps beneath. Wing window short with square corners. Single drip strip over cab windows and door. Square end door window. Round sand filler cover. Rear overhang.

Phase I (akhir)

Built from March 1950. Upper grille started out horizontal, as in early Phase I; from March 1951, some locomotives were built with vertical-slotted “Farr-Air” grilles, and by October 1951, all had them. Cab doors became round-cornered, and the kick plates were deleted. The wing windows became larger, with round corners. Two drip strips; one over cab windows, second over door. The end door window became round after November 1950.

Phase II

Built from February 1952. All upper grilles vertical “Farr-Air” type. Center car body louvres became vertical-slotted. Sand filler now with a horizontal, rectangular pull handle. From June 1952, 48-inch dynamic brake fans began to be introduced; from October 1952, all dynamic-brake equipped locomotives had them. At that latter date, locomotives no longer had a rear overhang.

20 21 22 25

Memang diketahui bahwa loko dengan armada warna kuning (armour yellow)  kombinasi abu2 (harbour mist grey) milik Union Pacific yang memiliki jumlah armada seri F7A sejumlah 18 unit dan seri F7B sejumlah 36 unit….dan Union Pacific memberikan road number mulai #1464 hingga #1487 mempunyai daya tarik tersendiri.

Diskusi soal Kereta Model (Kamod)….para pabrikan Kamod sejak belasan tahun lalu sudah memproduksi jenis loko Diesel seri “F” ini, seperti yang terlihat loko Diesel seri F3A dan B dari armada UP ini dibuat oleh pabrik Kamod populer ATHEARN pada tahun 2001 dengan kelas Genesisnya. Seri loko ini menjadi koleksi MbT sejak tahun 2005 yang didapat dari hobby shop di Jakarta….mutunya tidak perlu diragukan…dengan warna kuning khas memiliki daya tarik tersendiri.

26 27 29 30

Athearn Genesis memproduksi dengan kondisi DCC ready…dan modeler harus mencangkokkan sepasang decoder pada loko A dan B nya….hasilnya seri F3A-B berjalan secara consist dengan baik…..motor yang dimiliki lumayan halus dengan akurasi yang baik, loko dilengkapi sepasang head lamp atas bawah yang menyala osilasi….memang masih sangat minim lighting yang dimiliki produk Athearn ini, tidak ada cab light ataupun lampu pada number board.

Detail yang disuguhkan seri F3A-B ini lumayan berkualitas dengan grill samping yang sangat halus serta fan grill pada top yang juga terbuat dengan detail bagus. Loko seri F ini memiliki ciri pada jendela samping yang berbentuk bulat berjumlah 2 buah ditiap sisi FA nya dan 3 unit jendela bulat pada unit FB nya.

47 48 49 53

Nah….sangat beda dengan generasi penerusnya yaitu EMD seri F7 buatan pabrikan tersohor BLI dengan klas Blue Line yang mengeluarkan beberapa pilihan set yang terdiri dari F7AB, F7A dan F7B DC Sound. Seperti seri Blue Line yang lain untuk membuat loko menjadi DCC maka para model railroader harus mencangkokkan masing2 sebuah decoder disetiap unitnya…..dan hasilnya sangat hebat! Tuuuut tuuut tuuut!

Untuk Set F7AB pihak pabrikan hanya menawarkan F7A powered dan F7B unpowered ( MbT menyebutnya bukan dummy karena berat F7B pun diperhatikan oleh pihak pabrikan ). Sedangkan set single F7A dan F7B keduanya merupakan powered DC sound.

34 38 40 42

Detail F7A dan F7B mulai dari bagian atas memiliki detail yang lengkap horn yang terpasang dibagian depan…fan dan juga exhaust gas pipe terlihat detailnya sangat serius.Konfigurasi yang MbT koleksi adalaha set F7A powered dan F7B unpowered, digabung dengan single set F7A powered dan F7B powered ….dan hasilnya cukup mengesankan yaitu F7ABBA dengan tiga (3) loko yang powered…..siap menarik hingga seratus gerbong…(harus memperhatikan pula coupler gerbongnya)

Sound yang dihasilkannyapun…seperti surround karena dari ketiga powered loko keluar sound yang tidak bersamaan…sangat unik…apalagi saat horn diakifkan MbT juga heran padahal secara consist power nya sinkron tapi kenapa soundnya tidak menyatu…stereo surround hasilnya.

39 41 43 44

Dengan konfigurasi maksimum F7 A-B-B-A yang terdiri 3 unit F7 powered dan 1 unit F7 unpowered…..lumayan dapat ngirit decoder (cukup 3 decoder digitrax)…hehehe. Konfigurasi F7 A-B-B-A  terlihat di mini LO MbT beriring secara consist dengan urutan road number yang berbeda dimulai dibagian depan # 1469A yang merupakan lead loko dalam adegan consist ini……dengan menggunakan system control Digitrax consist dioperasikan dengan fitur Multiple Unit….dan memang hebat ketiga powered F7 tersebut bergerak dengan sangat kompak.

Bayangkan saja 3 unit F7 yang prototypenya mempunyai power 1500Hp berjalan secara consist tentu saja tenaga total yang dihasilkan lumayan besar……..kesempatan ini MbT tidak sia2 kan dengan mensimulasi menarik hingga 30unit gerbong barang ukuran 40’…hasilnya terlihat masih terdapat power lebih dan MbT yakin untuk menarik hingga 50 unit gerbong pun masih dapat melaju hingga 50mile/hr skala.

20 35 36 37

Rangkaian consist loko F7ABBA ini tidak lain adalah produksi pabrikan kondang BLI seri Blue Line yang dikatagorikan sukses, seri ini hanya beredar 1 tahun sekitar tahun 2007 dan  laris manis di pasaran….hal ini lantaran kualitas detail yang jempolan dilengkapi dengan perangkat electronic decoder sound yang mumpuni….bayngkan disetiap loko A atau yang B dilengkapi dengan masing2 2 speaker.

MbT sengaja meng consist loko dibelakang menggunakan unit F7A yang berjalan mundur…..hehehe supaya mirip prototype …hasilnya sangat presisi…artinya decoder power buatan Proto sangat mantav….jangan dilupakan bahwa consist ini menggunakan perangkat controler dari Digitrax….loko paling belakang pada CV29 diberi nilai 7 sehingga berbalik arah, bravo!

27 28 29 32

Secara simulasi rangkaian F7ABBA produksi BLI ini menarik puluhan gerbong barang 40′ buatan Athearn….yang akan digabung dengan rangkaian gerbong tanki yang ditarik oleh consist loko F3AB buatan Athearn.

Gerbong barang yang ditarik loko2 seri F tersebut sangat cocok dengan ukuran panjang gerbong 40’….tentu saja gerbong tersebut memang beredar di era tahun ’50-’60……gerbong buatan Athearn tahun 2002 tersebut tentunya secara simulasi perlu berjalan cepat karena membawa aneka komoditi makanan seperti buah, daging dan makanan lainya…dan sangat cocok kalau ditarik loko express sekelas F7ABBA….ngaciir…

55 45 46 54 62

Loko seri F3 dan F7 kalau kita perhatikan keduanya menggunakan road number dengan awalan 14…yang merupakan nomor khusus untuk armada UP yang diberikan kepada ser F. Kita ketahui bahwa UP selalu membedakan nomor/road number disetiap seri jenis lokonya.

…dan perhatikan gerbong tanki yang ditari oleh loko F3AB pun berukuran panjang 40′ dan juga buatan dari pabrikan Athearn pada tahun2008 (single dome) dengan road name Union Pacific, gerbong tanki ini berkapasitas 12,515 gallons  dan untuk yang triple dome yang merupakan tanki pembawa Chemical adalah buatan pabrikan senior Bachman.

31 58 59 61

Gerbong tanki yang ditarik F3AB tersebut tersambung juga dibelakangnya jenis gerbong hopper jadul…..gerbong hopper dengan road name Union Pacific tersebut merupakan buatan pabrik kamod yang sudah cukup lama  Con Cor….dan pada bagian buntut terlihat Wide vision cabose Union Pacific yang sudah tidak asing lagi…buatan Athearn.

Buatan Athearn, Bachman dan ConCor sampai saat ini masih eksis dalam memproduksi segala jenis “kamod”…dan mereka menempatkan dalam kelas tersendiri….secara kualitas patut diacungkan jempol (disini kita tidak bicara detailnya)

60 63 64 65

Selain aneka gerbong yang ditarik seri “F” tersebut termasuk refer box car dengan label Pacific Fruit Express milik gabungan Union Pacific dan Southern Pacific…yang juga buatan pabrikan kamod Athearn …dan terlihat tampil pula penghias jalan daerah crossing gate yaitu sebuah suberban Ford tahun ’53 yang merupakan Sedan Delivery dari US Mail…buatan Classic Metal Works – Mini Metals….yang merupakan koleksi terbaru lansiran tahun 2012.

Untuk menambah aroma blog…MbT melampirkan video clip singkat sebagai referensi.

Loko Diesel EMD seri F7 buatan BLI Blue Line memang jempolan, tenaganya berlebihan , sound nya memukau dan tentu saja detail yang disuguhkan jauh melebihi buatan Athearn dan jenis ini sangat cocok untuk dijadikan koleksi penggemar “F” series.

5 Responses to UP EMD F3 yang menjelma jadi F7

  1. apriynug says:

    Mantaab om MBT.. Like this.. kebetulan saya jg punya F7 ABB UP…🙂

    • muktiwibowo9 says:

      Oh ok oom Apri, thanks atas komennya…F7ABB artinya 3x1500hp…kuat tarik 50 gerbong lebih tuh…bravo F7!

      • apriynug says:

        Yg power cm AB-nya Paragon, yg B terakhir unpowered/dummy-nya blue line, jd gak kuat om klo 50. Dah coba cm kuat pulling 30an wagon…🙂

  2. Ferry says:

    Wah sama nih idenya…. tapi kalo saya unit SP menjelma menjadi UP (karena merger banyak unit SP yang dimodif ke UP)

    Kalo Om Minat, saya kasi fotonya…
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: