UP Alco C-630 BOWSER hadir memukau!

Jenis loko Diesel yang sudah lama dinanti akhirnya muncul juga, sebuah loko ukuran sedang buatan pabrik Alco ini lahir dengan seri C-630…. dengan body yang tidak tergolong pendek..loko ini memiliki sudut sudut yang indah sehingga salah satu pabrikan Kamod terkenal Dari USA sana yaitu BOWSER dengan bangga memproduksinya ……

1 10 12 13

Sedikit kita mundur melihat sejarahnya, Alco (American Locomotive Company) memang merupakan pabrik lokomotif terkenal di Amrik sana….kita mulai saja dari produk legendaris yang tidak pernah usang yaitu loko steam seri 4-6-4 Hudson, seri 4-8-4 Niagara, seri 4-6-6-4 Challenger  dan steam raksasa seri 4-8-8-4 Big Boy…loko2 ini mencuat lantaran pabrik Alco membuat loko sejak awal hingga steam raksasa ini mendapat pesanan dan tantangan dari armada Union Pacific meraih sukses dilapangan.

Untuk sejarah selanjutnya ALCO memproduksi loko seri Diesel ……pabrikan ini bersaing dengan pabrik EMD maupun GE yang memang belakangan menguasai pasar lokomotif Diesel.

2 3 4 6

ALCO dengan seri Century 630 yang akhirnya terkenal dengan sebutan ALCO C-630 merupakan loko Diesel yang dilengkapi konfigurasi roda / six-axle, 3,000 hp (2.2 MW) Diesel-electric locomotive dan dibuat sejak tahun 1965 hingga tahun 1967. Kalau kita perhatikan sepintas….terlihat loko ALCO C-630 ini mirip dengan generasi lebih muda buatan pabrik GE yaitu C30-7 yang memiliki bentuk bagian depan yang tidak jauh berbeda….

Sesuai info yang diberikan pihak wikipedia diketahui seri ALCO C-630 ini telah dibuat sebanyak 77 unit yang diperuntukkan atas pesanan beberapa perusahaan perkereta apian Amrik : 3 untuk Atlantic Coast Line Railroad, 4 untuk Chesapeake and Ohio Railway, 8 untuk Louisville and Nashville Railroad, 10 (dengan high noses) pesanan Norfolk and Western Railway, 15 untuk Pennsylvania Railroad, 12 untuk Reading Railroad, 15 untuk Southern Pacific Railroad dan 10 unit pesanan Union Pacific Railroad.

5 7 8 9

…dan tentunya jenis loko ini populer termasuk dikalangan model railroader di era ’70-’80 an…MbT belum mendapat literatur kapan pertama kalinya model loko seri ini dibuat modelnya…namun kalau kita tilik dalam beberapa terbitan majalah MR selalu terlihat loko serie ini terpampang sangat menarik…timbul bermacam pertanyaan loko jenis apakah ini dan pabrikan mana yang memproduksinya.

Nah…ternyata sebulan lalu sebuah hobby shop menawarkan kepada MbT sebuah produk baru….sebuah loko Diesel dengan bentuk unik yang mengingatkan MbT pada sebuah foto di terbitan MR…dan lebih menariknya lagi loko ini dilabur dengan warna milik armada terkenal Union Pacific.

Sebelum melihat detail dari loko kondang ini lebih banyak…..sebuah video clip menunjukkan keperkasaan ALCO C-630 dengan menarik beberapa belas gerbong hopper pembawa tepung dan gandum didaerah flour mill indusri ADM….rangkaian ini memang menunjukkan bahwa loko ALCO C-630 sering menarik beberapa jenis gerbong barang ataupun gondola dan flat car.

ALCO C-630 memiliki tubuh kekar walau pada era itu tidak merupakan loko yang bodynya panjang, secara spesifikasi Alco C-630 memiliki panjang 69’6″ sedikit lebih pendek dibanding loko kelas GE U30C yang memiliki panjang 71’4″…..setelah diamati dari beberapa sudut pandang memang benar bahwa ALCO C-630 mempunyai detail pernik yang sangat indah untuk ditampilkan sebagai objek foto, mulai dari pandangan samping terlihat bentuk hidung yang tidak panjang, jendela kaca samping yang dilengkapi dengan sun visor warna kuning. Anak tangga ke cabin menuju pinto pilot dibagian terlihat detail lengkap dengan hand rail.

Bagian depan hidung setengah pesek ini kalau dilihat dari sudut atas maka bagian permukaan warna hijau merupakan warna anti silau untuk pandangan masinis dari dalam kabin, warna hijau dof ini tidak memantulkan cahaya matahari.

Bagian atas mulai dari depan hingga belakang terlihat bermacam pernik yang dibuat dan ditampilkan oleh BOWSER EXECUTIVE LINE dengan lengkap yang menunjukkan keseriusannya memproduksi jenis ini.

14 15 17 18

ALCO C-630 ternyata diproduksi kembali modelnya oleh pabrikan kereta model Amrik BOWSER kelas EXECUTIVE LINE…siapa yang tidak ingin memilikinya? dengan body yang aduhai…bak miss universe pasti memikat seluruh penggemar Kamod.
Jujur bahwa MbT belum pernah memiliki loko buatan pabrik Bowser ini…diawal mula masih ragu namun dengan reputasi Bowser yang sudah lama serta melihat referensi dari beberapa tulisan yang menunjukkan beberapa peningkatan….maka MbT mencoba menghadirkan loko ALCO C-630 ini keatas catwalk mini LO MbT…dan hasilnya sangat memukau.

16 5427 28

Siapa yang tidak terpukau melihat bagian belakang loko ALCO C-630 yang memiliki lekukan pinggang yang aduhai….dan para modelrailroader yang jeli dan peduli dengan ditail pasti memperhatikan bagian yang satu ini, karena hanya produk dari ALCO lah yang memiliki desain unuik tersebut.

BOWSER Executive Line ini ternyata setelah MbT perhatikan lebih teliti memiliki beberapa keunggulan yang dapat dibanggakan untuk pembuatan body loko, mulai dari warna UP yang sangat pas walau UP pada loko jenis ini disayangkan tidak memesang logo UP Shield yang populer, padahal kalau prototypenya menggunakan logo. pasti BOWSER akan membuat dengan sangat crispy….ok pada bagian samping di cabin UP menyuguhkan motto DEPENDABLE TRANSPORTATION yang tertulis diatas road number #2905…. disalah satu museum Cotton Belt, Amrik masih tersimpan sebuah loko jenis ALCO C-630 ini hasil retrofit yang hebat dengan road number #2907.

pictures_59920_UP_2907b55

Perbandingan foto asli jepretan fotographer Amrik menunjukan bahwa BOWSER membuat produk ini berbekal blue print yang original….hasil yang maksimal detailnya membuat para modelrailroader mulai memburu produk ini, bahkan MbT hampir saja tidak kebagian….karena hari tersebut launching disalah satu Hobby shop langsung hari itu juga sold out khususnya yang road name UNION PACIFIC.

Berhubung loko ini merupakan loko buatan tahun 1968 maka membuktikan bahwa loko ini bentuknya merupakan inspirasi pada loko2 keluaran tahun berikutnya seperti seri butan pabrik terkenal GE yaitu untuk model GE C30-7 dan juga GE U30C dan beberapa jenis lain……dan pada pemotretan saat ini MbT menyandingkan ketiga jenis loko tersebut sebagai komparasi.

20 21 22 23

Kita lihat modelnya yang menganut sudut2 yang berbentuk lengkung dan beberapa bagian terlihat lekukan yang menunjukkan ke sexyannya…setuju atau tidak setuju bahwa memang loko ini menarik perhatian MbT.

ALCO C-630 memiliki atap cabin yang full kurva artinya atapnya tidak terdapat patahan sama sekali, sedangkan model penerusnya seperti GE C30-7 dan GE U30C  sudah memiliki kombinasi atap antara lengkung yang sebagian diberi sudut patahan. Bagian atap lengkung inilah yang sangat menarik dari loko ALCO ini. Namun saat kita sandingkan bertiga perbedaan tersebut tidak terlalu kentara…..juga bagian hidung tiga serangkai ini hampir mirip peseknya…yang membedakan adalah lobang pengisian air pada hidung ALCO C-630 terlihat jelas berwarna kuning ditengah. Warna anti glare dari loko penerus juga sudah berubah menggunakan warna UP abu-abu.

25 29 30 31

Di mini LO MbT terlihat simulasi langsir untuk ALCO C-630, loko ini pindah jalur kepaling kiri untuk segera menjemput rangkaian gerbong jenis hopper yang akan mengangkut gandum untuk kebutuhan pabrik tepung ADM, saat bersanding dengan jenis loko yang lain terlihat bahwa ALCO C-630 sangat mudah dibedakan dari samping antara lain memiliki warna sun visor Kuning, loko lain sudah berwarna abu2.

Tidak diragukan lagi bahwa ALCO C-630 ini dengan power 3,000hp sangat mudah menarik rangkaian yang hanya berjumlah belasan unit ini, MbT mencoba untuk menarik di track datar hingga 25 unit telah berhasil dengan baik mencapai speed scale 80 mile/hr dengan menggunakan Digitrax controller.

3532 33 34

Memang detail Alco C-630 sangat mempesona ….beberapa kali kita teliti diawali dari bagian depan yang terlihat desain hidung yang tidak terlalu panjang merupakan daya tarik tersendiri lengkap dengan head lamp tumpuk dibagian kepalanya…jendala depan juga dibuat tidak terlalu besar sebanyak dua buah ditengah dan 2 buah jendela kecil yang juga dilengkapi wiper, lengkap dengan sun visor sampin warna kuning…..ya dari jauh pun sudah terlihat ciri khas ini.

Brass MU Hoses, brass air hoses, etched windshield wipers, steel grab irons, steel coupler lift bars, operating headlight, window glass, can motor with flywheels, nickel silver wheels, knuckle couplers merupakan segudang improvement yang diberikan Bowser dari produk sebelumnya, termasuk berat frame yang disesuaikan dengan menambah bobot nya.

38 39 40 42

Dengan tanpa Snow plow terlihat untaian Brass MU hose , front railing yang terputus dibagian tengah, horn dan bagian deck tanpa ditchlight merupakan detail bagian depan yang merupakan daya tarik tersendiri, Bowser telah mempersiapkan dengan baik untuk kelas EXECUTIVE LINE  ini.

Ciri khas  bentuk atap yang melengkung ke bagian kiri dan kanannya…ya ini memang ciri produk ALCO… kita juga jumpai pada loko seri RSD-135 dan yang lainnya…..ini suatu nilai plus dari model loko ALCO C-630 yang sangat tinggi harganya.

Setelah dibandingkan antara model buatan BOWSER dan foto real diatas koleksi Robert Duncan Sr. yang merupakan loko asli buatan ALCO …ternyata memang ALCO C-630 sangat memikat.

45 49 56 62

Warna kuning armour yellow kombinasi dengan harbour mist grey serta stripe merah merupakan warna khas UNION PACIFIC yang sudah dikenal oleh seluruh penggemar Kamod, warna ini memang terlihat sangat cocok untuk sebuah kereta model lantaran cukup mencolok kalau sedang rolling diatas mini LO MbT..

Diketahui bahwa ALCO C-630 produk Bowser ini merupakan seri EXECUTIVE LINE  yang artinya  telah dilengkapi dengan DCC sound….dan SoundTraxxTsunami telah diberi kepercayaan untuk mengisi sistim sound dari loko Diesel era tahun 70an ini. Tsunami saat ini memang sedang naik daun laris manis dengan dibuktikannya digunakan oleh beberapa pabrikan kereta model termasuk Bowser.

46 43 4147

Sistim DCC yang dikontrol oleh piranti keluaran SoundTraxx Tsunami ini meliputi sistim kontrol untuk power sehingga pengaturan throttle dari loko ini dapat dioperasikan secara mulus dengan speed step 124 sehingga loko dapat digerakkan dengan sangat halus perlahan, termasuk saat start dan berhenti dapat diatur secara akurat dengan sistim delay.

Motor dari produk Bowser ini menurut MbT sekelas dengan produk Atlas…yang kehalusanya masih dibawah motor produk KATO…namun sudah sangat halus putarannya berkat motor yang telah ditingkatkan kualitasnya…

Simulasi dengan menarik belasan gerbong hopper type EVANS 4780 Cu.Ft HOPPER dari produk pabrikan kondang EXACTRAIL yang diwakili road name ADM dan UP reporting name MKT terlihat sangat cocok dan terlihat ringan bagi tenaga motor ALCO C-630 EXECUTIVE LINE tersebut.

51 57 58 59

Rangkaian gerbong Hopper tersebut berkeliaran disekitar pabrik tepung gandum ADM yang terlihat gagah berdiri disamping jalur track yang dilalui ALCO C-630, bangunan pabrik ADM merupakan koleksi lawas produk Walthers Cornerstone yang matching dengan rangkaian ini.

Jalur track disekitar daerah industri ini banyak memiliki track curve yang maximum cuma radius 22″…namun loko ALCO C-630 dengan konfigurasi roda CC 6 axle dapat melibas curve tanpa ada masalah….dan ini lantaran loko keluaran BOWSER sudah dilengkapi coupler long terbuat dari metal, ketinggian coupler pun sangat tepat dengan ketinggian dari coupler milik gerbong jenis EVANS 4780 Cu.Ft HOPPER buatan Exactrail.

36 50 60 76

Pada mulanya MbT ingin melaksanakan consist dengan loko jenis yang lain, tapi ternyata single loko ALCO C-630 Bowser sudah sangat kuat untuk menarik rangkaian belasan gerbong hopper tersebut.

Bicara soal sound system nya, Tsunami telah merekam suara Diesel kedalam piranti 16 bits dengan sangat bersih, nada deruman mesin Diesel 3,000hp terdengar sangat indah sesuai permainan throttle , tidak lupa bunyi horn khas dari loko ini terdengar bulat. Saat langsir pun MbT mencoba bunyi kloneng bell dengan nada yang realistis. Ini semua membuktikan bahwa Tsunami sudah memperbaiki kualitasnya.

Saat loko mengurangi kecepatan dan berhenti terdengar bunyi brake yang sangat menarik perhatian, begitu pula saat rangkaian berjalan mundur dan berhenti bunyi brake pun terdengar dan dapat diatur secara manual atau automatic sesuai selera masinis tentunya.

65 66 67 69

Kesimpulan terakhir bahwa produk BOWSER saat ini layak untuk diperhatikan setelah cukup lama menghilang untuk bertapa, dan produk yang disuguhkan pun merupakan produk loko era 70an yang merupakan era kejayaan loko Diesel.

Hampir terlupakan…..DCC board Tsunami juga mengkontrol lighting system dari loko ini, dengan dilengkapi lampu bebas pemeliharaan berwarna terang sedikit kemerahan merupakan nyala sesuai dengan nyala head lamp Diesel era tersebut. Perhatikan juga diatas number board yang juga menyala, terdapat tiga buah marker light berwarna hijau-merah dan kuning, merupakan lampu yang juga sesuai dengan prototypenya.

64 75 77 78

MbT sangat merekomendasikan produk ini, dengan harga sekelas harga produk Atlas atau Athearn namun Bowser memberikan sesuatu yang berbeda. Terlihat klasik namun tidak terlalu kuno. Detail yang diberikan Bowser pun ternyata masih diatas Atlas…..dan untuk road name Union Pacific warna kuning, abu2 dan strip merahnya sangat menyenangkan untuk dipandang.

Pada tampilan terakhir MbT melampirkan sebuah video klip saat ALCO C-630 ini berlari cukup kencang……wess eywess eweesss babalas anginee….

70 71 72 73

Selamat berburu Alco dan mencoba…

6 Responses to UP Alco C-630 BOWSER hadir memukau!

  1. maba says:

    Congrats Om MbT,

    Tambah Menarik ulasan dr Om MbT Dengan Hadirnya Streaming Video. Tambah Sexy Saja seperti Alco…

    Sukses Terus Om…y

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks Maba atas komen nya…next akan ditingkatkan kualitas Video nya, jangan lupa posting2 berikutnya lebih menarik

  2. Ferry says:

    Pulling powernya bagus ga Om… Soalnya selepas berhenti pakai produk ajin, beberapa bowser jadi parah….

    BTW loconya mulus2 om… Ga maenan weathering?? biar menambah realistik….🙂

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks bung Ferry, sesuai dengan yang saya coba, power buatan Bowser cukup bagus dapat dikelaskan sama dengan buatan Atlas

  3. Ferry says:

    Berarti cukup halus yaa…
    pengen juga nih main2 ke Bintaro… kayaknya koleksinya serem2…

    Btw om MBT di ABS ato HubLa om??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: