Oh, so steamy!….steam generator UP

So steamy! ….demikian kalimat yang tertulis dalam box Steam generator car keluaran Rapido…dan tentu saja MbT kepincut lantaran road name nya adalah UNION PACIFIC

2 34 1

Pada musim dingin dibelahan bumi yang mengalami 4 musim…..suasana musim dingin merupakan hal yang memerlukan perhatian khusus untuk mengatasi suhu cuaca yang sampai minus dibawah 0 derajat.

Khusus untuk kereta api penumpang salah satu caranya dengan menempatkan heater di setiap gerbong penumpang..dan sebelum menggunakan sistim heater electric maka yang digunakan adalah uap panas yang dialirkan kesetiap unit gerbong.

Memang tidak sederhana karena uap panas berasal dari boiler yang terletak lokomotif yang dialirkan menggunakan sistim pipa ke belakang….ternyata para engineer terus berpikir dan akhirnya muncul idea yaitu apabila Locomotif tidak dilengkapi dengan Boiler maka harus dibuat khusus steam generator yang berbasis boiler yang ditempatkan dalam gerbong khusus dan ditarik bersama rangkaian gerbong penumpang…..gerbong ini dinamakan Steam generator car.

5 6 7 8

Seperti contohnya rangkaian kereta penumpang yang ditarik oleh loko Diesel EMD seri E7 A-B tidak memiliki boiler maka dengan menggandeng Steam generator car didapatlah aliran uap panas untuk gerbong penumpang nya.

Di Era berikutnya steam boiler sebagai pemanas telah digantikan dengan electric heater yang terpasang disetiap gerbong, sumber tenaga menggunakan generator yang terletak di rangkaian lokomotif nya. Sistim pemanas yang menggunakan listrik ini lebih sederhana tidak membutuhkan perpipaan yang rumit…hanya instalasi kabel yang dibutuhkan….dan sistim ini masih digunakan hingga kini tentunya dengan ditambah kontrol otomatis yang dapat mengkontrol suhu udara ruangan sesuai dengan yang diinginkan.

10 11 12 14

Yang menarik saat ini adalah sebuah pabrikan kereta model di Canada memproduksi sebuah gerbong uap atau “steam generator car”…..pada kesempatan ini MbT mencoba menampilkan gerbong khusus buatan pabrikan kondang RAPIDO yang dibuat detail dan secara life dapat mengeluarkan “steam”…dan tentu saja milik armada beken UNION PACIFIC.

Rapido dengan sangat yakinya mempromosikan produknya yaitu Steam generator car bahkan pada box nya menggunakan bahasa France……FOURGON GENERATEUR DE VAPOUR…..A PLEINE VAPEUR! AVEC L’EFFET DE LA VRAIE VAPEUR

Steam generator car yang digunakan pada rangkaian kereta yang membutuhkan steam pemanas ruangan ini, dibuat oleh RAPIDO dengan sangat detail termasuk pada bagian bawah gerbong yang penuh dengan instalasi perpipaan dan perlistrikan.

13 15 16

Sebuah video clip singkat dapat berbicara bahwa RAPIDO memang sangat serius setiap memproduksi kereta model yang mengkhususkan memproduksi gerbong dari beberapa road number….dan UP tentu hadir disana.

Sebagai contoh RAPIDO telah memproduksi gerbong penumpang dengan sistim interior lighting yang unik yaitu dengan melengkapi batt ukuran tablet…sehingga dapat diaktifkan terpisah dari sistim kontrol KAMOD nya…dengan cara bim sala bim lampu dapat dinyala-matikan hanya dengan sebuah tongkat kecil seperti tukang sulap.

Selanjutnya sekitar 2 tahun lalu RAPIDO memproduksi sebuah gerbong jenis Caboose yang dilengkapi dengan sistim lighting…hal ini juga mengejutkan para penggemar KAMOD….disusul kemudian dengan memproduksi “Steam generator car” yang dilengkapi dengan steam secara  life!

18 19 20 22

Rapido juga berhasil untuk menampilkan gerbong ini memproduksi uap alias dengan simulasi smoke yang dihasilkan oleh heater dan fan dalam gerbong. Smoke nya sendiri diproduksi dengan meneteskan hingga 12 drop….saat DCC di on kan dan smoke diaktifkan…..kita tunggu 1 menit maka buusss keluarlah smoke dari bagian bawah layak seperti sungguhan ketika steam bekerja banyak steam yang keluar dibawah gerbong.

Smoke tidak perlu diaktifkan terus menerus karena dapat mengakibatkan panas….dengan memposisikan switch off sudah cukup untuk menonaktifkan smoke alias steam.

Hal yang agak mengganggu adalah bunyi heater fan smoke yang lumayan bising…namun apabila loko yang digunakan untuk menarik dilengkapi dengan DCC sound …bunyi sound loko tersebut sudah cukup menutupi bunyi bising fan.

23 24 34 36

Rapido Steam generator car sangat matching saat ditarik loko Diesel EMD E7 AB UNION PACIFIC warna kuning armour yellow khas kombinasi abu2 harbour mist grey yang dilengkapi strip merah. Dibelakang steam generator car terlihat berendeng kereta / gerbong penumpang yang juga merupakan produksi pabrikan RAPIDO.

Loko EMD seri E7 AB UNION PACIFIC memang sangat powerfull lantaran kedua unit AB tersebut memiliki power yang mumpuni dan tentu saja keduanya dilengkapi fasilitas DCC Sound yang sangat ampuh…..sound menggelegar  keluar dari masing2 dua unit speaker di setiap unit A dan B.

Loko perkasa ini buatan dari BLI kelas Blue Line yang saat ini sudah sulit untuk dicari, kedua unit tersebut ditambah dengan DCC decoder produk DIGITRAX yang memang cocok untuk unit ini.

25 26 35 44

Rangkaian kereta / gerbong penumpang buatan Rapido dari seri Super Continental terlihat meliuk dengan lincahnya melalui track dengan curve hanya 22″……disinilah kelebihan dari produk RAPIDO yang menawarkan dapat beroperasi pada curve minimum 22″…sementara produk lain masih memerlukan curve 24″ untuk bermanuver.

Saat berputar sekali saja aroma ruangan MbT sudah seperti station lantaran steam yang dikeluarkan Steam Generator car, dan terlihat seluruh gerbong penumpang dibelakangnya merasakan kehangatan dari aliran steamnya.

Gerbong buatan Rapido seperti yang sudah kita ketahui dilengkapi dengan interior lighting terlihat cukup indah menunjukkan rangkaian kereta berjalan dimalam hari.

31 32 33 59

Rapido The Super Continental Line wagon terdiri dari beberapa jenis gerbong dimulai dari gerbong bagasi yang tepat dibelakang Steam generator car, kemudian kita dapat melihat ada gerbong penumpang Coach yang dilengkapi kursi yang sangat nyaman sehingga penumpang tidak akan merasa lelah.

Gerbong 6-4-6 sleeper yang merupakan gerbong favorite, merupakan salah satu gerbong penumpang yang ditampilkan Super Continental Line,gerbong ini memiliki pembagian kompartemen yang dapat menampung penumpang 6-4-6 orang. Selain dilengkapi interior lighting yang cukup terang, jendela dari gerbong ini juga terlihat terpasang tirai. Uniknya gerbong seri 6-4-6 ini diberi nama yang berbeda setiap gerbongnya seperti NATIONAL BORDER, NATIONAL EMBASSY ATAU NATIONAL FRONTIER.

Rapido dari dereten seri Super Continental Line selain detail interior yang dimiliki setiap jenis gerbong…Rapido juga memberikan nuansa detail yang luar biasa di bagian bawah gerbong…segala pernak pernik lengkap dapat kita lihat, juga pada bagian boogie roda terlihat detail yang lengkap. Hebatnya lagi boogie dapat bermain free hingga sudut maksimal yang tidak terganggu saat bernegosiasi di curve 22″ hebat!

38 39 4041

Rapido pada gerbong bagasi memang merupakan gerbong yang paling sederhana interiornya, dengan dilengkapi dua buah pintu geser berjendela kaca dikiri dan kanan terlihat sangat khas…dan dibagian bawah dekat pintu terlihat tanda garis warna merah menyala supaya petugas lebih berhati-hati saat melangkah…..walaupun tanpa  ada tempat duduk namun dibagian dalam tengah terdapat 1 set meja dan lemari untuk kepentingan pak POS, lengkap dengan sistim ventilasi udara keatas atap.

Gerbong bagasi ini satu-satunya yang tidak dilengkapi interior lighting…dan Rapido sangat fair karena menjual dengan harga lebih murah USD 15.00 dibanding gerbong jenis yang lainnya.

Selain gerbong bagasi masih ada sederet jenis gerbong lainya  seperti daynighter yang merupakan gerbong penumpang yang dilengkapi sofa apabila malam hari dapat berfungsi dan dirobah menjadi bed…..ah mengingatkan kita jaman jayanya KA Bima milik PJKA.

Adapula kereta makan/longe yang dilengkapi set meja makan dan dapur, juga ada jenis kereta sleeper yang terdiri dari beberapa kabin yang semuanya dilengkapi dengan interior lighting dengan power batteray.

43 47 4846
Sedikit kita memperhatikan loko EMD seri E7 AB yang menarik rangkaian Rapido ini, loko memiliki power cukup besar dengan road number #990 juga dikenal dengan julukan Streamliner. Loko buatan BLI seri Blue Line ini merupakan produk yang populer dengan dilengkapi sound decoder DC, tenaga yang dihasilkan dari Powerful 5-pole can motor withdual  flywheels menghasilkan traksi yang mantab

Dibagian hidung terlihat dua headlight tandem yang sangat terang, number board juga dilengkapi lighting sehingga #990 terlihat dengan jelas. Body ABS yang kokoh dilabur warna khas UP dan pada bagian hidung terlihat  UP shiled and wing yang membentang lebar berwarna biru.

Dibagian depan kaca yang dilengkapi wiper merupakan detail yang menarik termasuk sudah dilengkapi sepasang figure masinis. Untuk menghindarkan silau maka dibagian hidung depan jendela kaca di cat warna hijau doff supaya tidak silau kena pantulan matahari.

49 50 60 61

Pasangan EMD seri E7 AB kalau dipandang dari samping terlihat sangat panjan , konfigurasi roda CC dibagian A dan B memiliki power pickup seluruhnya. Khususnya tampak samping terlihat jendela khas bentuk persegi yang menandakan seri E7, karena untuk seri lain seperti E8 dan E9 juga seri F3 dan F7 memiliki jendela berbentuk bulat.

Lantaran bentuk persegi inilah MbT memadu padankan dengan Gerbong penumpang Rapido ……..termasuk sangat nyambung dengan gerbong bagasi yang memang diproduksi untuk menampilkan detail yang aduhai…lihat saja detail pada baggage wagon ini….mantab.

55 58 62 63

Detail lain yang diperhatikan oleh Rapido adalah dipasangnya pagar pengaman disetian pinti depan belakang gerbong penghubung antar gerbong, dan didalam box nya diikut sertakan sepasang coupler seri long serta marker light untuk end car.

Rapido train sangat cocok ditarik  dengan loko EMD E7 UP buatan pabrik kesohor BLI…dan saat dicoba rolling di mini layout MbT….terlihat bagai ular kuning meliuk…baik produk BLI dan tentu saja Rapido sangat diminati para penggemar Kamod dan layak dijadikan koleksi…

Video clip singkat dibawah ini semoga dapat menceritakan sendiri penampulan E7, Steam generator car dan Rapido pass car.

6 Responses to Oh, so steamy!….steam generator UP

  1. hdkarim@gmail.com says:

    Thx good info…..
    Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  2. apriynug says:

    TOP BGT om MBT… sangat realistis suara dan detail leseluruhannya..

  3. maba says:

    Mantap Om MbT🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: