Amtrak Superliner tampil kembali…..

Hampir semua penggemar kereta model pernah mendengar Kereta api penumpang legendaris “Amtrak”…di negara paman Obama , Amtrak merupakan kereta api penumpang yang sangat populer sejak setelah era California Zephyr. Rangkaian Amtrak merupakan kereta favorite yang menghubungkan jalur di zona California pantai timur Amrik dengan dimulai dari kota Chicago dan berakhir dikota Seattle  California v.v.

MbT mengulas kereta legendaris Amtrak ini karena setelah 6 tahun lebih Kamod nya diproduksi oleh pabrikan KATO ….ternyata tampil kembali dengan kepercayaan diri yang luar biasa….bahkan iklan dari produk KATO yang berskala HO ini mengisi satu halaman penuh dibelakang dari majalah populer Kamod Model Railroader.

11-DSC_15485-DSC_150612-DSC_15499-DSC_1546

Sebelum membahas Kamodnya yang memang sudah tidak asing lagi…tidak ada salahnya sedikit menengok kebelakang sejarah Amtrak yang merupakan rangkaian kereta api penumpang bagaikan mutiara yang tak terlupakan….

Amtrak sejak berdirinya tahun 1970 hingga kini telah mengalami perubahan Phase, maka Amttrak juga populer dengan menyebutkan phase….contohnya Phase I atau II….dengan perbedaan phase maka terlihat pula perbedaan jenis wagon dan loko penariknya…tentu phase terakhir merupakan phase kereta makin modern.

Salah satu seri Amtrak yang terkenal yaitu Amtrak Superliner phase II dan III yang beroperasi pada era sejak tahun 1979 an, Amtrak phase III ini merupakan rangkaian terpopuler dengan tampil eksklusif menggunakan gerbong penumpang be-level (double decker), terutama paint scheme dari gerbong dan loko Dieselnya sangat cantik dengan warna Silver dilengkapi stripe warna Merah dan Biru sepanjang rangkaian kereta.

1-DSC_15024-DSC_150532-DSC_15437-DSC_1508

Amtrak Superliner  ini karena sangat terkenalnya maka warnanya menjadi brand dari Amtrak, yang sampai sekarang beberapa perlengkapannya masih dipergunakan ……desain warna yang digunakan Amtrak ini beberapa ada yang berbeda seperti pada Locomotive nya pada bagian atas ada yang berwarna hitam …..juga pada strip merah – putih – biru ada perubahan pada merah dan birunya diperlebar …..kalau kita perhatikan besar strip pada lokomotif dan gerbong barang memiliki ukuran sama lebar namun pada gerbong penumpangnya memiliki ukuran lebih lebar sedikit.

Gerbong penumpang dengan double deckernya dipasang strip yang sangat menarik….dan pada gerbong Lounge nya karena terdapat jendela pada ketinggian strip maka posisi strip agak naik namun tetap menyambung dengan strip pada gerbong penumpang yang lain. Pada gerbong penumpang terdapat tulisan ditengah “Superliner” yang merupakan ciri khas dari Amtrak Phase  II dan III ini…..sangat indah!

3-DSC_150413-DSC_155114-DSC_155215-DSC_1553

Tentu saja karena rangkaian kereta ini juga membawa beberapa bagasi / small cargo maka Material Handling Cars disiapkan untuk menampungnya…yang juga merupakan bagian rangkaian untuk Superliner  ini….memang gerbong ini tidak tertulis Superliner namun tetap dilengkapi dengan i “tri-stripe” paint scheme serta tulisan Amtrak yang cukup tegas.

Sekarang kita bicara mengenai kereta modelnya yang juga sangat tersohor……Amtrak Superliner  ini  secara exclusive dibuat oleh pabrik Kamod kondang dari negeri Jepun…siapa lagi kalau bukan “KATO”. KATO telah melansir  Superliner series ini  sejak enam tahun lebih yang lalu dengan jumlah yang sangat terbatas. Seri yang dikeluarkan adalah mulai dari Loko Diesel seri F40PH, gerbong penumpang Coach, Coach Baggage, Dinner car, Lounge, Sleeper dan juga Material handling car.

8-DSC_154533-DSC_154430-DSC_154131-DSC_1542

Loko Diesel seri F40PH yang merupakan loko dengan memiliki bentuk phisik yang sederhana tidak banyak lekukan ataupun pernik serta memiliki dimensi yang tidak terlampau panjang merupakan jenis yang sangat cocok berkeliaran wira wiri dari kota ke kota.

Loko Diesel yang wira wiri di mini LO MbT memiliki road number #391 yang terpampang jelas dan tegas tepat ditengah dari lambung kiri dan kanan loko Dieel tersebut….pabrikan KATO telah memproduksi beberapa loko Diesel F40PH dengan beberapa road number.

Kita ketahui bersama bahwa KATO selalu membuat produknya out of the box belum memiliki detail lengkap terpasang…..alhasil MbT dan para modeler harus meluangkan sedikit waktu untuk memasang atau melengkapi detail pada loko seri F40PH ini termasuk hand rail, seluruh hand grib, wiper, road number board, antenna dan juga bebrapa pernik lainnya……uh lumayan kecil2 detailnya perlu cahaya lampu penerangan yang cukup untuk pemasangan detail serta hobby tools yang memadai.

Loko Diesel buatan pabrik EMD jenis F40PH ini memiliki konfigurasi ruda 4-axle dengan mengusung mesin Diesel  3,000 hp (2.2 MW) Loko yang memiliki konfigurasi B-B Diesel Electric  dibuat General Motors Electro-Motive Division dengan beberapa varian mulai tahun 1975 hingga tahun 1992 yang sengaja dibuat untuk pasarnya AMTRAK  yang akan dipergunakan menarik rangkaian gerbong penumpang….dan masih terlihat hingga tahun 2000 an.

47-DSC_152946-DSC_152845-DSC_152744-DSC_1526

Rangkaian Amtrak Superliner yang terdiri dari gerbong penumpang jenis double-decker merupakan gerbong buatan pabrik Pullman-Standard yang diproduksi sejak tahun 1970 dan berlanjut hingga tahun 90 an yang dibuat oleh pabrik penerusnya Bombardiers di Amrik.

Gerbong dibuat dengan sangat detail serta memiliki interor yang membuat nyaman para penumpangnya….pada era tahun 80an rangkaian Superliner termasuk rangkaian gerbong penumpang yang tergolong mewah dan rangkaian yang terdiri dari lima gerbong penumpang tersebut juga diberi nama California Zephyr sama seperti rangkaian kereta penumpang era sebelumnya yang juga melegenda…..the real California Zephyr.

Terlihat pada photo dengan jelas bahwa gerbong dilengkapi dengan coupler yang mampu bermanuver pada curve 22″ dan Turn out yang pendek.

42-DSC_151941-DSC_151734-DSC_150943-DSC_1521

Hebatnya pabrikan KATO ini telah membuat mekanisme boogie pada gerbong yang memiliki sosok cukup panjang ini tetap mampu beroperasi pada curve 22″ dengan lancarnya, sistim coupler yang sempurna serta lengan coupler yang cukup panjang telah disiapkan bagi para modeler yang memiliki LO yang tidak terlalu besar. Seperti contohnya rangkaian Amtrak superliner series ini dapat meliuk di mini LO MbT.

Termasuk pada saat berpindah jalur melalui Turn out pendek….ternyata dengan gaya boogie yang akurat rangkaian Superliner ini memang super dapat berpindah jalur tanpa ada gangguan….inilah salah satu kelebihan produk KATO.

21-DSC_155922-DSC_156019-DSC_155720-DSC_1558

Detail dari gerbong Superliner series ini walau tidak terlalu banyak namun tetap mempesona, dimulai dari warna silver yang menunjukan bahwa gerbong ini dikonstruksi dengan dinding aluminium anti karat, strip merah putih biru merupakan grafis yang belum dapat dikalahkan merupakan ciri Amerika, dan tentunya huruf tegas Amtrak dan logo Superliner yang merupakan tulisan khas.

Juga jendela dari gerbong ini merupakan ciri khas tertentu lantaran gerbong merupakan double decker maka sebagian besar jendela terletak pada deck atas dibuat panjang dengan round pada bagian sudut jendela…beberapa jenis gerbong dibagian lantai bawah juga dilengkapi dengan jendela panjang.

Khusus untuk gerbong jenis lounge jendela dibuat berbeda yaitu dengan melanjutkan barisan jendela pada bagian atap gerbong yang merupakan jendela panoramic sehingga para penumpang dapat menikmati pemandangan lebih luas serta dapat mandi cahaya dengan puasnya.

17-DSC_155526-DSC_153427-DSC_153528-DSC_1537

Rangkaian gerbong Amtrak Superliner ini memang tidak terlalu panjang…..hanya terdiri dari lima rangkaian gerbong jenis Double decker dan ada pula yang hanya terdiri dari tiga gerbong…..masing2 rangkaian selalu dilengkapi dengan gerbong jenis Material Handling car yang terletak tepat dibelakang Loko F40PH.

Susunan rangkaian pada umumnya dibagian tengah merupakan gerbong Lounge yang dilengkapi jendela panoramic dan gerbong ini diapit oleh satu atau dua gerbong penumpang jenis Coach, Dinner, Sleeper dan Coach Baggage.

Gerbong jenis coach merupakan gerbong yang dilengkapi sederet kursi penumpang mewah yang siap memanjakan para penumpangnya, juga gerbong sleeping car merupakan gerbong yang dilengkapi dengan cabin yang ada bednya untuk penumpang dapat tidur dalam perjalanan.

6-DSC_150739-DSC_15142-DSC_150341-DSC_1517

Seperti diketahui bahwa KATO hanya menawarkan kondisi loko masih DCC ready, sehingga MbT harus mencangkokkan sebuah sound decoder didalamnya. Sound decoder merupakan prodek DIGITRAX yang dibuat khusus untuk jenis Diesel F40PH, decoder board ini dilengkapi dengan kemampuan DCC sound yang mengeluarkan sound asli dari loko ini.

Selain itu decoder juga mengontrol gerak motor dan laju dari loko, diketahui bahwa KATO memiliki motor yang sangat halus…pada kesempatan ini MbT mencoba menarik 6 unit gerbong penumpang Superliner dan 1 unit material handling car…..rangkaian dapat melaju mantab pada jalan datar, namun saat MbT menambah jumlah rangkaian….uh terlihat satu loko tidak kuat menarik lebih dari 6 unit gerbong.

Lighting system pada Loko tidak terlalu rumit, hanya terdiri dari head lamp dan lampu pada number board, untuk produk KATO teranyar akan dilansir seri F40PH yang dilengkapi dengan ditchlight yang dapat menyala.

35-DSC_151040-DSC_151536-DSC_151138-DSC_1513

Superliner series secara keseluruhan sangat lah layak untuk dijadikan koleksi, apalagi rangkaian kereta penumpang ini merupakan produk dari KATO yang menjadikan jaminan produk. Para penggemar Kamod saat ini dapat memburu serie Superliner terbaru yang baru dirilis bulan ini.

Selamat berburu  Superliner….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: