UP Heritage WP and MP telah hadir…

Setelah menunggu hingga 2 bulan….. UP seri Heritage Western Pacific dan Messouri Pacific yang pada acara reuni bulan Oktober 2012 lalu tidak dapat hadir…akhirnya kini telah hadir di mini LO MbT…

5612

Kedua UP seri Heritage yang merupakan anggauta keluarga pelengkap keluarga besar UP seri Heritage tersebut dengan susah payan dicari keseluruh antero Amrik oleh saudara tuanya UP SD70ACe dengan nomor #8622….perhatikan saja loko n0m0r #8622 berwajah dekil alias full weathered.

Memang benar loko #8622 si pencari tersebut merupakan seri Signature yang sangat menghebohkan lantaran jumlah produksinya yang sangat terbatas………MTH memang dengan bangga telah melansir seri ini dengan nomor urut yang berbeda……dan sekali muncul langsung disikat habis oleh para penggemar diseluruh dunia…dan tentunya salah satunya telah berjalan di catwalk MbT.

UP seri SD70 dengan road number #8622 ini kalau diperhatikan detail bagian depanya terlihat perbedaan dari penempatan headlamp nya yaitu ditempatkan pada moncong hidungnya…sedangkan seri SD70 nya WP dan MOPAC double headlamp terpasang tepat di dahi loko tersebut.

381831

Kembali kita lihat UP Heritage series…..dengan hadirnya Western Pacific (selanjutnya disebut WP) dan Missouri Pacific (selanjutnya dipanggil MOPAC) maka keluarga yang hilang sudah mulai ketemu…..dan tentunya reuni ini sangat menggembirakan keluarga besar UP karena memang sudah cukup lama ditunggu kesempatan ini.

Sosok WP dengan warna bagian depan Hijau tua gelap dan bagian belakang separuh body dilabur dengan warna silver serta dibatasi dengan warna bulu orange yang sangat indah dan kontras. Loko WP dilengkapi dengan road number #UP1983 nomor ini merupakan tahun saat WP diakuisisi oleh perusahaan raksasa UNION PACIFIC.

Sedangkan untuk loko SD70ACe yang memiliki warna kombinasi Biru tua dan biru Muda dengan logo grafis burung berwarna putih merupakan warna dari loko MOPAC dengan road number #UP1982 yang juga menunjukkan tahun bergabungnya MOPAC kedalam jajaran UNION PACIFIC

11913Western Pacific

Sedikit menyinggung sejarah bahwa Union Pacific Railroad (dengan reporting mark UP), dimulai di kantor pusat di Omaha, Nebraska, yang merupakan jaringan kereta api terbesar di Amrik dengan rute peta perjalanan meliputi daerah Amrik bagian Utara dan Barat, didaerah Chicago, New Orleans  telah membeli dan mengakuisisi beberapa perusahaan kereta api besar seperti Missouri Pacific, Chicago and North Western, Western Pacific, Missouri-Kansas-Texas, and the Rio Grande including the Southern Pacific dan UP telah beroperasi dijalur  sepanjang 32,426 miles (52,185 km) dan yang merupakan jalur milik sendiri adalah 26,949 miles (43,370 km), hal ini menunjukkan jumlah atau angka tertinggi di negeri paman Obama ini. Dan jangan lupa saat ini UP juga telah memiliki saham sebesar 26% dari  Ferromex dari Grupo Mexico yang tinggal memegang saham sisa 74%.

Versi loko yang tampil di mini LO MbT ini adalah  SD70ACe, mirip dengan SD70MAC; yang telah diproduksi sejak th 2004. Loko Diesel ini dilengkapi dengan penggerak Diesel Engine EMD’s 16-710G3C-T2 yang menghasilkan tenaga hingga 4,300 horsepower.
Jenis loko Diesel  EMD SD70 merupakan seri diesel-electric locomotives yang diproduksi pabrikan raksasa Electro-Motive Division of General Motors….dan sejak 1992 sd saat ini EMD telah memproduksi hingga 4000 unit.

17 461416

Nah! bicara soal kereta modelnya pasti akan lebih menarik lagi…..dapat kita bayangkan bahwa kamod ini telah dibuat sangat mirip dengan prototype nya dengan ukuran skala HO yang sangat akurat, lengkap dengan detail yang tidak terlewatkan.

Ini adalah produk dari pabrikan Kamod kondang MTH, untuk kesekian kalinya MbT mencoba untuk mengenalkan kamod yang dengan sempurna dibuat oleh pabrikan MTH ini. Apa sih istimewanya….kita urut dari sosok tubuhnya yang kokoh terbuat dari bahan ABS yang sangat sempurna pembuatannya dengan menggunakan new tooling sistim ekstrusi bertekanan tinggi, hal ini menghasilkan detail yang sangat akurat.

Warna yang diaplikasikan pun merupakan adonan warna yang terlihat sangat percis dengan warna aslinya…hal inilah yang memikat hati para penggemarnya. Sehingga saat keenam keluarga UP Heritage series tampil bersama terlihat warna warni cerah mempesona.

12212223

Loko WP yang bagian depannya berwarna Hijau tua tersebut terlihat diarsir safety line berwarna Orange yang sangat tegas dan hurus WP tergambar tepat ditengah hidungnya….terlihat gagah! Warna Orange terlihat sangat kontras diatas warna Hijau Tua…dan warna Orange juga terlihat dilambung samping merupakan warna sebuah bulu yang melintang dari bawah keatas kebelakang dengan sangat hidup…..Bulu Orange tersebut menerus hingga atap loko bagian belakang.

Sesuai denga semboyan WP Feather River road yang merupakan logo WP yang terpampang tegas disamping lambung kiri-kanan loko ini. Dengan menggunakan lensa macro logo ini dapat terlihat dengan jelas….menandakan bahwa MTH sangat serius mengerjakan detail dari luarnya.

2627a5255

Kita ketahui bahwa Feather River Route merupakan jalur kereta api yang dibangun dan dioperasikan oleh Western Pacific Railroad. Jalur ini dibangun sejak tahun 1906 hingga tahun 1909, yang menghubungkan beberapa kota Oakland, California, dan Salt Lake City, Utah.

Jalur ini memang dibangun untuk menyaingi jalurnya Central Pacific Railroad yang belakangan disebut Southern Pacific Railroad, yang pada waktu itu memonopoli layanan kereta api di wilayah Northern California . Jalur ini melintang daerah panas Sierra Nevada Mountains, jalur ini menyusuri alur sungai yang terkenal dengan nama Feather River. Jalur ini sangat terkenal dengan teknologi yang mengagumkan sehingga pengguna jalur dapat menikmati panorama ….dan kalau kita pernah membaca cerita tanah Amrik maka daerah ini pada abad 19 masih banyak suku asli Indian…yang sangat menghalangi pembangunan pembuatan jalur kereta api.

Jalur tersebut akhirnya dimiliki dan dioperasikan oleh  Union Pacific Railroad; namun Union Pacific sudah memberikan beberapa bagian penggal jalur tersebut ke perusahaan lain, bagian jalur yang dikenal dengan Feather River Route yang masih dioperasikan oleh Union Pacific beroperasi mulai dari California Central Valley ke Winnemucca, Nevada.

47103937

Seperti seri SD70 buatan MTH lainya, loko ini memiliki detail eksterior yang sangat mengagumkan diawali dari detail lampu atas dan ditchlaight yang menjadi pusat perhatian utama, railing dan grap yang terbuat dari metal wire , jendela cabin yang memiliki frame aluminium, figur yang menjadi standar MTH, detail klakson dan lobang ventilasi…semua ini dibuat dengan sangat detail mempesona.

Apalagi detail yang terlihat dibawah geladak meliputi boogie roda lengkap dengan suspensi dan hydraulic brake system juga tanki bahan bakar yang sangat panjang untuk mencukupi keperluan operasi jarak jauh.

Lain halnya dengan keluarga yang satu ini…..warna bagian depan cerah dan warna loko bagian belakang sedikit gelap, warna Biru Langit pada bagian depan setengah badan merupakan pilihan warna biru yang sangat sejuk dengan dibagian hidung terdapat logo sayap elang putih dan lingkaran MP berwarna merah.

Dibagian setengah belakang loko Diesel ini dipilah warna Navy Blue yang terlihat gelap namun terkesan gagah dan diantara warna biru muda dan biru tua terpasang grafis burung elang khas Anrik berwarna putih yang membatasi kedua warna tersebut….sepintas grafis burung elang ini mirip logo USPS…..ah gak juga.

1192524

Bukan saja kedua loko seri SD70ACe ini memiliki bagian eksterior yang mempesona…tapi jeroanya pun sangat mumpuni dengan dicangkokkannya electronic system board produksi dengan label PROTO SOUND 3.0 yang sangat spektakuler. Sederet fitur dimiliki oleh loko ini mulai mengontrol lampu Directionally Controlled Rule 17 Headlight yang akan meredup saat loko berhenti.

Juga mengotrol laju loko yang menggunakan sistim Powerfull balanced 12 volt 5-poles precission skew-wound yang membuktikan bahwa loko dapat melaju dengan skala MPH yang mantab. Kelengkapan system lighting meliputi lighted cab interior, Illuminated number board, Lighted marker light, Flashing ditchlight.

Ditambah lagi keunggulan Proto system yang mengontrol remote uncoupler yang sangat diunggulkan oleh pihak MTH ini, sehingga para Kamod dengan mudah dapat mengoperasikan uncopler secara digital.

43414842

Missouri Pacific merupakan jajaran keluarga UP Heritage yang laburan wajahnya mengandung warna Biru….memang kalau dijejerkan dengan seri Heritage yang lain tampak beda sendiri nuansa warnanya..

Keluarga UP Heritage memiliki kesamaan warna antar road name yaitu warna “Silver” yang melabur bagian dibawah geladak termasuk warna boogie roda, perlengkapan brake dan suspensi juga warna tanki bahan bakarnya

Ada satu sosok UP yang lain berwarna nuansa biru yaitu UP Georbe Bush dengan road number #UP 4141 sebagai kenangan kepada presiden Amrik yang ke 41 George Bush…….yang satu ini memang MbT tidak mengkoleksinya.

5319a5456

Loko Diesel seri SD70ACe ini memiliki ukuran panjang lebih dari 26cm namun dapat beroperasi di track dengan curve 18″ dengan sangat mulus…inilah kelebihan MTH membuat jenis loko konfigurasi roda CC namun dapat mudah bernegosiasi di curve 18″…beda dengan buatan pabrik lain pada umumnya bila roda konfigurasi CC maka sulit untuk manuver di 18″ curve.

Selain cukup panjang sosoknya loko ini memiliki bobot yang lumayan berat sehingga kalau digunakan untuk menarik puluhan rangkaian gerbong terlihat sangat mantab….apalagi kalau mereka berjalan secara consist lengkap dengan 6 keluarga UP Heritagenya….namun karena loko seri UP Heritage ini sudah diproduksi sejak 2009 secara bertahap dan banyak beredar lengkap baru 2010 maka tidak heran kalau saat ini sudah cukup sulit mencari kumpulan keluarga UP Heritage secara lengkap.

36283257

Lengkap sudah seri UP Heritage yang rolling di mini LO MbT, memang tidak disangkal lagi bahwa pabrikan Kamod jempolan seperti MTH ini sangat tepat membidik pasar. Produk MTH SD70 ini memang perlu dijadikan koleksi bagi penggemar armada Amrik Union Pacific…..dijamin tidak akan nyesal mengkoleksinya.

2 Responses to UP Heritage WP and MP telah hadir…

  1. Ferry says:

    Di weathering pak… kurang afdol rasanya melihat loko kalo tidak di weather… bahkan loko yang baru keluar dari pabriknya aja udah kelihatan dekil walau hanya di area filter dan exhaust…

    Btw speedmatch-nya MTH susah ga?? Aku pake Genesis agak susah speed macth. walau sudah pake JMRI masih belum pas…

    • muktiwibowo9 says:

      Ya ya ya…..saya sangat setuju dengan gaya weathering ….memang koleksi saya belum sempat saya berikan nuansa weather kecuali yang memang out of the box sdh weathered spt SD70Ace #8622 diatas.
      Soal speed matching saya percaya bahwa MTH bekerja keras untuk ini secara visual ok terutama saat consist beberapa loko speed dapat match sesame MTH loko….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: