California Zephyr BLI ditarik Alco PA-PB DRGW MTH

Legenda memang merupakan hal yang sulit dilupakan, sama dengan rangkaian kereta api Penumpang berwarna Silver  yang sangat melegenda dengan sebutan California Zephyr (selanjutnya bisa disebut CZ). Para penggemar Kereta Model (KAMOD) saat ini merasa dimanjakan dengan telah munculnya Kloter kedua dari model California Zephyr ……kita masih ingat beberapa tahun lalu Kamod CZ ini pernah menghebohkan lantaran muncul dengan paras cantik menggoda.

Kenapa MbT mengulas kembali produk ini……yah masih banyak penggemar CZ yang belum bosan tentunya dengan penampakkan sosok CZ berwarna full Silver dengan nama setiap gerbong yang berbeda dan selalu diawali dengan kata “Silver”…..plus rangkaian ini disuguhkan dengan ditarik oleh produk anyar loko ALCO PA dan PB yang juga mempunyai kelebihan dibanding loko lain yang sejenis.

MbT sengaja memulai suguhan wajah CZ ini dari belakang alias buntut….memang si wanita cantik ini yang sering diberi julukan “Silver Lady” memiliki bagian tersexy yaitu bagian gerbong belakang kalau dilihat dari belakang……kalau para penggemar Kamod tidak percaya…coba pandang lebih serius pasti anda semua tergiur dengan melihat bagian belakang ini terlebih dahulu…..seperti apa sih tampak depannya…dan tentu bagian dalamnya!

Keindahan silver Lady…demikian sebutan yang diberikan oleh orang Amrik terhadap California Zephyr memang nyata, mulai dari warna yang mencolok dan lain dari lain yaitu “silver” hingga jalur yang dilalui membuat CZ sangat melekat dibenak para penumpang era 50an

California Zephyr merupakan kereta penumpang yang memiliki rute terpanjang hingga  2,438-mile (3,924 km) yang membentang dari Timur mulai dari kota Chicago, Illinois hingga ke Barat di kota Emeryville, California …perjalanan terpanjang ini menembus daerah IllinoisIowaNebraska,ColoradoUtahNevada, dan California. CZ ini memang merupakan kereta penumpang dengan menyuguhkan pemandangan indah dan khas bagi penumpangnya…..termasuk melintas didaerah sungai Colorado, pegunungan Rocky Mountain yang sangat menakjubkan (bisa ketemu suku Apache dan Chirokee nich) dan juga melintas padang tandus didaerah Nevada.

Rangkaian kreta penumpang CZ ini dioperasikan dengan kerjasama antara tiga perusahaan kereta api raksasa waktu itu…..dan siapa yang tidak kenal dengan Chicago, Burlington and Quincy Railroad (CB&Q), Denver and Rio Grande Western Railroad(D&RGW) dan Western Pacific Railroad (WP).

MbT sengaja mengkoleksi gerbong dengan label D&RGW sebanyak 9 unit dan yang berlabel WP milik armada Western Pacific sebanyak 2 unit gerbong….kedua perusahaan raksasa ini belakangan diakuisisi oleh UNION PACIFIC…

Begitu hebatnya dukungan dari masyarakat pengguna KA…maka CZ dioperasikan hingga tahun 1970…namun akhirnya habis karena kemajuan jaman dan sisa rangkaian asli masih dioperasikan oleh D&RGW dengan rue pendek antara Salt Lake City dan Denver hingga tahun 1983…rangkaian ini sering dinamakan Rio Grande Zephyr.

Rangkaian California Zephyr sangat terkenal dengan hadirnya beberapa gerbong bertingkat yang memiliki balkon Panoramic….gerbong ini dikenal dengan nama Vista Dome…dan yang dibagian buritan lebih menarik lagi yaitu Observation wagon lengkap dengan Vista Dome

Vista dome wagon memang sangat cocok untuk berpergian dengan menikmati panorama dahsyat mempesona Amerika…..sejauh mata memandang kita dapat menikmati bebukitan dan karang terjal serta hamparan serupa padang pasir daerah Nevada. Rute CZ memang sudah diatur saat siang hari para penumpang dapat menikmati panorama indah dan menakjubkan.

Silver Holly …begitu nama gerbong CZ jenis observation wagon lengkap dengan vista dome nya, dibagian gerbong buritan ini para penumpang dapat melihat jejak CZ yang ditinggalkan dibelakang….dan saat malam hari bservation vista dome wagon ini menyala terang dibagian belakang termasuk terdapatnya marker light warna merah.

Rangkaian California Zephyr yang tampil di mini LO MbT ini khusus menegahkan rangkaian dari armada Denver  & &Rio Grande Western….dan tentu saja yang menarik didepan rangkaian ini adalah loko jenis Alco PA dan Alco PB juga dari armada Denver &  Rio Grande Western yang berwarna kuning dan hadir dengan strip ditengah yang membatasi warna Kuning dibagian atas dan Silver dibagian bawah.

Loko Diesel Alco PA-PB tampil dengan sangat elegan….tenaga loko sangat mumpuni untuk menarik rngkaian gerbong yang berjumlah hingga 11 unit. Bicara soal pembuatnya….siapa lagi kalau bukan pabrikan yang sedang naik daun yaitu MTH.

MTH telah melahirkan Alco PA-PB dengan memulai iklan sejak beberapa bulan sebelumnya, hasilnya memang tidak mengecewakan….mulai dari eksterior yang perfek sesuai dengan Prototype nya…warna kuning kombinasi silver sangat menarik bagi para penggemar Kamod.

Model loko Alco PA-PB telah dibuat dengan dahsyat oleh pabrikan kereta Model terkenal yaitu MTH, tentu saja loko ini telah dilengkapi piranti DCC Proto sound 3.0 dan hebatnya lagi dilengkapi dengan smoke juga dari ProtoSmoke. Suara gemuruh yang dihasilkan dari kedua Diesel Engine yang terletak di PA dan PB sangat menggetarkan jantung saat volume maksimum dari ProtoSound diaktifkan.

Bagi penggemar MTH tentunya sudah terbiasa dengan selalu mengaktifkan terlebih dahulu seluruh kelebihan perangkat electronicnya…yaitu dengan menekan tombol F3 terlebih dahulu…dilanjutkan dengan mengaktifkan seluruh fungsi mulai dari sound – lighting – smoke – remote uncoupler system dan power……nah inilah kelebihan MTH yang belum dimiliki oleh pabrikan lain.

Sebelum loko bergerak dan melaju MbT masih dapat menikmati sekian nada sound termasuk percakapan antara masinis dengan pihak tower selama 15 detik….setelah itu loko bergerak maju denga deruman Diesel yang makin mengeras volumenya sincron dengan laju loko.

Moncong loko Alco PA dan buntut gerbong jenis Observation Vista dome California Zephyr memang merupakan pasangan yangat cocok…….rangkaian gerbong California Zephyr yang indah dan sexy tersebut dibuat oleh pabrikan Broadway Limited International secara detail dan akurat. Produk CZ ini telah diproduksi dua kali dan tahun 2012 ini merupakan produk yang kedua (batch II) hadir dengan full type dengan total rangkaian yang terdiri dari 11 gerbong.

MbT sengaja mengkoleksi rangkaian gerbong CZ ini yang berbendera D&RGW dan juga dari WP……pada saat produk ini diluncurkan kembali diawal tahun ini….membuktikan bahwa BLI telah mengincar pasar yang sempit dengan sangat cerdik…perhitunganya sangat matang karena banyak sekali pesaing yang ingin mencoba menembus pasar khusus penggemar kereta/gerbong penumpang. Walthers, Rapido dan MTH merupakan pabrikan yang selalu meluncurkan gerbong2 penumpang kelas premium…..dan setelah dicermati setiap pabrikan memang memiliki ciri2 tersendiri.

BLI dengan rangkaian CZ nya mengunggulkan bahwa produknya sudah dilengkapi dengan interior lighting sedangkan Walthers masih belum. BLI dengan rangkaian CZ nya mengunggulkan bahwa produknya dapat dioperasikan di track curve 22″ sedangkan produk lain harus dengan curve 24″.  BLI dengan rangkaian CZ nya mengunggulkan bahwa produknya dilapisi warna Nickle dengan detail jendela kaca warna hijau RayBen…sedangkan produk yang lain masih belum.

Rangkaian loko dan gerbong CZ ini dengan gagah melewati station kecil model/gaya Meksiko yang keren PORTALES….disana terlihat beberapa calon penumpang masih kagum memandang keindahan Silver Lady dan Alco PA…stasiun Portales merupakan produk Cornerstone yang sangat mudah merakitnya……MbT sengaja memilih jenis station ini lantaran modelnya yang unik khas Amerika latin…..

Dengah menambah dan menempatkan beberapa figur produk dari Woodland Scenics juga beberapa dari Preiser maka lokasi ini sudah terlihat hidup……tak lupa sebuah Chevy pick up produk Mini Metal parkir disamping stasiun.

Khusus untuk bangunan nuansa Amrik MbT menggemari produk Walther Cornerstone lantaran ragamnya banyak dan lebih ekonomis….merakitnyapun tidak terlalu sulit…..dan produk ini sebagian besar sudah berwarna.

Kembali ke loko produk MTH ini…kalau kita teliti detail dari Alco PA-PB memang bukan main….MTH ternyata sudah siap dengan new tooling untuk menghasilkan produk yang memiliki kualitas yang tinggi dengan harga yang imbang.

Dengan material body ABS loko yang berkelir kuning kombinasi silver yang merupakan warna khas D&RGD dibuat dengan akurat oleh MTH dan tentunya dilengkapi grafis dan huruf yang crispy dan tegas. Bagian boogie yang berwarna silver juga membuat tampilan loko ini lebih mewah….jujur sebenarnya loko seri Alco PA ini bentuk dan perniknya sangat sederhana…namun MTH berhasil mengangkat detailnya sehingga penggemar Kamod dapat terpincut termasuk MbT tentunya.

Dengan mengaktifkan dan menambah bagian lighting yaitu marker light disisi kiri dan kanan depan yang menyala warna hijau serta number board yang menyala plus number board ukuran besar yang khas dipasang di badan Alco disamping kiri dan kanan menyala cukup terang sehingga #6011 terlihat dengan jelas;

Selainn lampu utama double atas bawah yang menyala secara osilasi terlihat berkedip dari kejauhan …cabin pun juga sudah dilengkapi dengan cabin light.

Begitu pula dengan gerbong CZ produk BLI ini….unggulannya  adalah gerbong ini sejak out of the box sudah dilengkapi interior LED lighting yang  sangat istimewa yang dihasilkan melalui electrical power pick up dari semua rodanya, sehingga akan terjaga selalu menyala….dari sebelas rangkaian gerbong hanya gerbong bagasi yang tidak dilengkapi interior lighting. Bahkan pada observation vista dome yang merupakan gerbong buntut dilengkapi dengan marker light yang membuat orang penasaran untuk memiliki dan melihatnya….lighting di gerbong buntut ini terlihat ada 4 lampu yaitu tengah atas, ki dan ka serta signing board di tengah nyala bertuliskan CZ.

Unggulan lain bahwa memang tidak bisa dipungkiri bahwa detailnya sungguh luar biasa….bahkan pernah kita mendengar produk Rapido merupakan gerbong penumpang top pun mulai tersaingi dengan produk BLI ini….hal lain yang sangat berarti bagi MbT yaitu dengan dapat dioperasikanya di code 70, 83 dan 100 dan di track dengan curve 22″ tanpa harus mengganti couplernya yang sudah type magnetic coupler.

Detail dari rangkaiangerbong CZ ini memang sangat mengagumkan para penggemar Kamod, mulai dari atap kereta yang sangat detail hingga unit antenna Radio, bagian samping yang merupakan dinding Stainless steel warna silver berprofil memanjang, kaca jendela anti silau warna hijau , bagian bawah gerbong yang sangat detail dengan pipa dan peralatan mekanisme gerbong….dan yang paling diunggulkan adalah interior yang sudah dilengkapi dengan lampu.

Rasanya produk BLI ini sudah sangat kumplit…sulit mencari kekurangan produk ini, bahkan harganyapun termasuk sesuai karena kita sudah mendapatkan lighting…yang kalau kita harus tambahkan sendiri seperti produk Walthers harga gerbong jadi mahal plus tidak mudah mencari lghting kitnya serta perlu waktu ekstra untuk memasangnya.

Gerbong CZ ini memiliki nama dimasing – masing gerbongnya….dan nama gerbong tersebut selalu diawali dengan kata “Silver”…..rangkaian yang melaju dan meliuk di mini LO MbT merupakan armada yang dimiliki oleh DRGW dan nama gerbong antara lain adalah Silver Hostel, Silver Rifle, Silver Colt, Silver Aspen dan lain sebagainya

Foto makro pada CZ dan Alco PA-PB memperlihatkan keindahan detail dari produksi dua pabrik Kamod raksasa, dan memang kedua produk ini sangat layak kalau dijadikan primadona koleksi….bahkan pabrikan Jerman Marklin dan Trix pernah memproduksi pada beberapa tahun lalu yang merupakan One time series nya Marklin tahun itu.

Karena jumlah gerbong hingga 11 unit maka apabila meliuk diatas mini LO Mbt terlihat seperti ular yang selalu meliuk, rangkaian ini sangat diincar oleh penggemar Kamod diseluruh dunia terutama bagi penggemar armada Amrik….MbT pun setuju kalau produk ini merupakan mata pelajaran wajib untuk dijadikan koleksi…lantaran Legenda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: