…puaskan dengan UP Heritage sebelum NS Heritage nongol…

Loko Diesel SD70ACe buatan pabrik Electro Motive Diesel memang merupakan pabrik/industri lokomotive Diesel raksasa yang sangat terkenal dan tahun 2011-2012 ini saja sudah memproduksi ratusan unit dengan beberapa type loko Diesel.

Heritage series dari Union Pacific terdiri dari Southern Pacific, Missouri Pacific, Western Pacific, Denver Rio Grande, Chicago North Western, Mexico Kansas Texas,Western Pacific merupakan perusahaan Kereta Api raksasa di Amrik yang diakuisisi oleh Union Pacific …….dan yang menarik bagi penggemar Kamod sebetulnya adalah warna Heritage pada loko2 tersebut yang diaplikasikan khusus kepada loko Diesel seri SD70 buatan EMD.

Warna-warni grafis yang disuguhkan memang sangat mempesona, hampir semua warna telah diwakili pada jajaran armada UP Heritage series ini, sehingga armada ini menjadi tontonan dan ditunggu para rail fan apabila melintas dijalur Union Pacific.

Kesempatan pertama bagi penggemar Kamod untuk menikmati UP heritage series ini ternyata tidak dilewatkan oleh pabrikan kondang MTH. Secara serempak loko UP heritage series ini diproduksi dengan kualitas prima khas MTH, lengkap dengan Proto sound 3.0 dan digital remote uncoupler yang mengundang decak kagum.

Pabrikan kondang kedua yang juga memproduksi UP heritage series ini adalah Athearn dengan seri Genesis yang terkenal hebat dengan suguhan detailnya plus menggandeng perusahaan elektronik beken untuk urusan decoder dan sound system nya….siapa lagi kalau bukan pabrik Tsunami.

…..nah sebelum tampilan UP Heritage terganggu dengan akan munculnya NS (Norfolk Southern)…MbT mengajak untuk memuaskan diri dengan memandang kehebatan MTH dengan produksi UP Heritage series yang sangat kondang tersebut….dan sekarang ini setelah penggemar Kamod seluruh dunia mengetahui NS heritage series akan nongol ……maka penggemar UP berusaha memburu koleksi UP Heritage series….hasilnya??….uughh ternyata tidak mudah

Apa sebetulnya yang menarik dari armada Norfolk Southern Heritage jika dibandingkan dengan Union Pacific Heritage….yang pasti NS Heritage memiliki keluarga yang lebih besar…..terdiri dari 20 keluarga dan ditambah NS  jadinya 21…antara lain disana kita temukan ex perusahaan raksasa PRR (Pennsylvania Railroad), Conrail dan NYC (New York Central)…….hal inilah yang akan menarik perhatian para penggemar Kamod…….

….kita berlanjut dengan debut UP Heritage…….pernah kejadian pada saat baru pertama kali UP Heritage tersebut mulai rolling di track Union Pacific sekitar tahun 2007….maka pada saat itu digelarlah sesi pemotretan secara bersama keluarga UP Heritage di daerah Cheyenne yang merupakan markas UP didaerah Wyoming Amrik…dan berhamburlah para penggemar UP untuk mengejar kesempatan ini….bahkan ada yang rela terbang hingga 2 jam hanya untuk mengejar sesi ini……pertanda sangat hebat.

Beda dengan MbT….dengan bermodal membaca majalah serta mencari melalui internet ternyata sudah cukup untu melihat keindahan warna-warni loko UP seri Heritage tersebut…..disusul kemudian munculah modelnya yang dikeluarkan oleh pabrikan MTH lengkap dengan fitur Protosound 3.0 nya.

UP Heritage series yang terdiri dari Southern Pacific, Missouri Pacific, Western Pacific, Denver Rio Grande, Chicago North Western, Mexico Kansas Texas,Western Pacific telah tampil dengan warna yang sangat memukau, namun hanya empat unit yang MbT koleksi yaitu tanpa hadirnya Missouri Pacific dan Western Pacific…..mungkin tidak menutup kemungkinan posting ini akan diedit dengan tambahnya 2 keluarga UP Heritage tersebut.

….keluarga pertama Southern Pacific menurut MbT merupakan loko keluarga Heritage yang dilabur dengan warna garang yaitu dengan hadirnya warna Hitam kombinasi Orange…tampil dengan road number #1996.

Southern Pacific Heritage series tampil gagah di mini Layout MbT dengan mengambil jalur kiri luar yang dilengkapi curve 22″…..berpapasan dengan keluarga lainya UP Heritage Missouri-Kansas-Texas dikenal dengan MKT dan CNW.

…kita perhatikan UP Heritage keluarga CNW Chicago North Western yang lewat berpapasan tersebut…wana hijau tua kombinasi dengan kuning lemon terlihat segar menghilangkan rasa dahaga bagi penggemar Kamod. Warna yang dipilih sangat kontras merupakan hasil karya grafis tingkat dunia….MbT benar2 memuji pemilihan warna ini…dengan sedikit merobah warna kuning aslinya yang memiliki warna kuning tidak segar….plus logo CNW terpampang besar pada lambung kiri dan kanan juga dibagian hidungnya.

MbT belum sempat puas memandang CNW….sudah nongol loko dibelakang Southern Pacific tadi yaitu dari keluarga Denver and Rio Grande…..yang ini bener2 unik karena grafis yang dipilih yaitu sesuai dengan histori perusahaan ini yang pernah malang melintang didaerah pegunungan ….alhasil gambar gununglah yang dipilih menghias body loko ini.

Rio Grande memang keren…kombinasi warna grey,Hitam dan Kuning sangat menarik perhatian, loko ini menggunakan road number #1989 yang merupakan tahun bergabungnya dengan keluarga Union Pacific.

Southern Pacific dan Rio Grande yang menempati jalur luar sengaja berjalan pelan menunggu keluarga CNW dan MKT untuk bergabung dang berjalan secara consist. Keempat loko akan consist di jalur luar mini LO MbT dan akan menarik rangkaian gerbong Gunderson IV membawa double stack container 48′ yang akan dioper dari saingan beratnya NS…

Kita ketahui bahwa keluarga UP Heritage yang lain masih ada yang absen yaitu Western Pacific berwarna hijau tua kombinasi silver dibagian belakang dan Missouri Pacific berwarna biru muda dan strip biru tua dengan grafis elang…..dan MbT masih kesulitan saat ini untuk menghadirkan keluarga tersebut.

Seluruh keluarga UP Heritage yang diceritakan diatas telah diproduksi modelnya oleh pabrikan MTH, dengan mengunggulkan digital remote uncoupler selain Protosound 3.0 maka produk ini laris manis……sound yang dihasilkan dari 4 unit loko keluarga UP Heritage tersebut membahana stereo dalam ruangan.

…dan soal detail seluruh penggemar Kamod telah mengakui kehebatan MTH yang telah menyuguhkan dengan sempurna dan istimewanya warna warni dari keluarga UP Heritage ini tampil cemerlan di body yang terbuat dari ABS bermutu tinggi

Kalau kita perhatikan detail bagian bawah geladak/deck mulai dengan warna silver anti karat merupakan daya terik tersendiri dan warna silver ini sangat mecing dengan seluruh warna UP Heritage series tersebut. Bagian boogie merupakan bagian detail yang menjadi daya tarik khusus dibawah geladak. Terlihat pipa hydraulic dan sistim rem yang lengkap.

Dibagian tengah terlihat konstruksi tanki bahan bakar yang sengaja dibuat lebih panjang dari ukuran standard untuk menampung jumlah BBM yang lebih sehingga daya jelajah lebih jauh. Tanki dilengkapi perangkat inlet dan gauge untuk mengetahui isi BBM.

Dibagian depan dan belakang dibawah geladak terlihat coupler jenis digital remote uncoupler yang merupakan paten produk MTH dengan elektronik yang dibuat dengan label Proto. Memang sangat unik dalam pengoperasian…artinya loko ini dapat melepas gandengannya hanya dengan menekan kenop F7 atau F8.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki MTH ProtoSound 3.0….loko ini melaju dengan full sound yang tidak diragukan lagi. Apalagi setelah keempat loko tersebut berjalan secara consist 4 loko maka suara gemuruh terdengar stereo surround…hal ini ditambah suara komunikasi antara masinis dan tower dengan khas dialek Amrik.

Lighting menggunakan warna putih terang dan loko dilengkapi dengan ditchlight yang dapat diaktifkan dengan menekan F5, selain ditch light lampu number board dan lampu kabin yang menyala secara bersamaan …ditchlight akan berkedip bergantian saat horn F2 diaktifkan. Pada simulasi consist 4 loko seharusnya memang hanya loko terdepan saja yang perlu lampunya dinyalakan.

Akhirnya terlihat loko Hitam NS (Norfolk Southern) yang ditunggu-tunggu lengkap dengan menarik rangkaian gerbong countainer double stack seri Gunderson. Rangkaian gerbong ini dalam simulasi akan pindah ditarik oleh rangkaian UP Heritage. Kita ketahui belakangan ini NS ramai dibicarakan orang karena telah mengeluarkan NS Heritage series yang tidak tanggung2 berjumlah 20 perusahaan kereta api.

Loko NS yang hadir disini merupakan koleksi lawas produk KATO dengan Diesel type SD80MAc….loko ini karena populer telah dilansir kembali oleh KATO setahun lalu bersamaan dengan type SD90MAc yang juga melegenda….dan memang laris manis bahkan sekarang karena mulai beredar NS Heritage series maka Kamod (kereta model) NS ini mulai diburu gesit.

 

NS Heritage series memang produk Kamodnya belum beredar masih diiklankan oleh pabrikan kamod Athearn….namun kelihatannya akan dilansir dikelas “Ready to roll” saja…artinya hanya dcc ready belum dilengkapi dengan Sound…..terlihat bahwa Athearn masih coba2 dengan popularitas NS Heritage series dikalangan Model railroader.

Sebetulnya siapa saja sosok  yang menjadi anggauta keluarga NS Heritage tersebut…bisa diurut Norfolk & Western, Nickle Plate, Virginian, Wabash, Illinois Terminal, Pennsylvania, New York Central, Penn Central, Erie, Lackawanna, Central of New Jersey, Reading, Lehigh Valley, Monongahela, Conrail, Norfolk Southern Railway, Interstate, Central of Georgia, Savannah & Atlanta, Southern Railway dan tentunya Norfolk Southern……beberapa merupakan nama yang jarang didengan oleh telinga MbT.

Kembali ke mini Layout MbT…..terlihat loko SD80Mac Norfolk Southern berjalan gagah sambil menarik 15 unit well car yang membawa susunan container ….loko Diesel yang modelnya dibuat oleh  pabrikan Jepun KATO ini memang memiliki kualitas jempolan, mulai dari motornya yang halus…dengan dicangkokannya decoder produk Digitrax maka sistim kontrol dapat dilakukan dengan halus apalagi diprogram delay….

Lightingnya kalau kita perhatikan sudah menggunakan type white maintenance free LED, lampu ditchligt sayang belum dapat dicontrol terpisah.  Detail body nyapun tergolong istimewa dengan kombinasi warna hitam serta logo NS warna putih terlihat sangat kontras apalagi warna railing depan dan belakan berwarna kuning.

Rangkaian gerbong well car seri Gunderson buatan KATO tersebut pada rangkaian buntutnya terlihat 3 boxcar kuning buatan Exactrail….seluruh rangkaian tersebut melaju dengan membawa bendera TTX…merupakan perusahaan angkutan kereta api yang sangat terkenal di Amrik. TTX menyediakan berbagai jenis gerbong sesuai dengan cargo yang akan dibawa. Hebatnya lagiTTX mempunyai motto “bisa ditarik oleh siapa saja” artinya TTX sering ditarik oleh NS maupun oleh armada UP sah sah saja.

Setelah NS melepas rangkaian gerbong well car yang membawa penuh container maka rangkaian ini berpindah ditarik oleh 4 serangkai dari armada UP Heritage yang terdiri dari Southern Pacific, CNW, DRGW dan MKT si Katy

Dengan 4 loko Diesel seri SD70 tersebut rangkaian gerbong container armada TTX buatan KATO langsung dibawa ngacir…terlihat sangat serasi UP Heritage menarik rangkaian TTX tersebut, namun 3 gerbong box car ditinggalkan untuk ditarik kembali oleh NS menuju tujuan.

Rangkaina box car yang merupakan produk pabrikan EXACTRAIL tersebut memiliki detail yang lengkap, gerbong merupakan jenis hi cube sehingga tingginya lebih sedikit dibanding gerbong standard. MbT kepincut dengan jenis gerbong ini lantaran TTX merupakan perusahaan neutral sehingga rangkaiannya dapat ditarik cocok oleh armada siapapun termasuk Union Pacific tentunya. (kelak akan diulas tersendiri mengenai box car TTX ini)

Setelah rangkaian gerbong well car TTX yang dapat mengangkut container hingga panjang 53 feet berpindah ditarik oleh UP Heritage…..MbT mencoba melarikan kencang dengan throttle hingga 50%…hasilnya wuuiih hebat wessewess ewess bablas angine.

KATO telah menciptakan gerbong ini dengan sangat akurat, sistim articulated yang terdiri dari 3 unit gerbong sangat akurat mekanismenya. Dengan metal wheel polished  dan sistim coupler khas KATO yang mantav gerbong tersebut meliuk di mini LO MbT yang dilengkapi dengan curve 22″ tanpa ada masalah…..coba saja buktikan pasti tidak menyesal mengkoleksi produk KATO ini.

Saat ini UP Heritage fleet masih sangat memuaskan para penggemar kereta model termasuk MbT tentunya, koleksi armada UP Heritage series ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan koleksi penggemar loko Diesel umumnya dan kolektor UP khususnya. Ditambah produk tersebut dibuat oleh pabrikan ternama MTH ataupun Athearn Genesis.

2 Responses to …puaskan dengan UP Heritage sebelum NS Heritage nongol…

  1. maba says:

    ditunggu lanjutannya Om MbT,

    Selamat hari raya Idul Adha,🙂

    Sukses terus…

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks Maba….lanjutanya…UP Heritage akan tarik Automobile parts box car juga well car Gunderson IV KATO…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: