Gelegar TSUNAMI loko Diesel UP DDA40X

Mendengar judulnya saja sudah terdengar suaranya….ya benar Gelegar TSUNAMI dari loko UP DDA40X memang tidak tanggung-tanggung….Tsunami sound decoder yang beken tersebut telah dipakai dan dipercaya oleh pabrikan kereta model ATHEARN beberapa tahun belakangan ini.

Sebelum reputasi TSUNAMI mulai merebak dikalangan para penggemar kereta model, hanya ada Quantum sound system yang diandalkan untuk seluruh kereta model DCC Sound….selain ESU LOKSOUND tentuya. Kedua pabrikan elektronik Quantum dan Tsunami yang mengkhususkan untuk memasok DCC Sound Kereta Model tersebut berebut mengimprove kualitas dan kecanggihan masing-masing.

Sebetulnya TSUNAMI sudah sering kita dengar nempel pada beberapa loko keluaran ATHEARN GENESIS antara lain loko steam raksasa Big Boy generasi baru dan juga loko Diesel seri SD70….namun untuk seri Diesel belum terlalu sukses karena pesaingnya PROTO Sound 3.0 lebih mengena ditelinga para penggemar KAMOD.

Pada kesempatan ini MbT ingin menampilkan produk teranyar dari TSUNAMI yang dicangkokkan kedalam loko gress DDA40X……..dimulai dengan dikejutkan hadirnya paket berisi loko Diesel DDA40AX yang dilengkapi dengan DCC Sound Tsunami……dan sebetulnya apa yang aneh….yaitu adanya Duo TSUNAMI yang dicangkokkan pada sebuah loko Diesel……hasilnya? …..itulah yang MbT jadikan judul posting kali ini “Gelegar TSUNAMI milik UP DDA40AX”

Lebih jelasnya yang menjadikan “sesuatu” adalah….pertama, loko seri Diesel DDA40AX milik armada UP ini memang sudah lama ditunggu-tunggu para penggemar kereta model, lantaran produk ini dilansir untuk kesekian kalinya oleh ATHEARN dengan sekian gudang peningkatan khususnya detail yang tidak perlu diragukan lagi…..kedua, ya itulah…loko DDA40AX ini telah dilengkapi dengan DCC SOUND out of the box, yang merupakan sejarah untuk pertama kalinya didunia perkereta apian model, tentu saja ATHEARN mengemas dengan seri GENESIS nya yang setara BIG BOY ataupu CHALLENGER.

Saat box warna BIRU dibuka memang sudah kelihatan aroma eksklusif  GENESIS yang harum…..setelah loko diletakkan ditrack….wooow tanpa ada aba2…tiba2 GELEGAR Duo TSUNAMI menggetarkan suasana tenang malam itu….suara dahsyat dari dua unit TSUNAMI yang dicangkokkan pada sebuah loko dan dibuat sinkron untuk menjalankan dua buah motor bukan suatu hal yang harus dilewatkan begitu saja.

Suara raungan Diesel 5000HP konon hasil rekaman asli dari prototype Diesel DDA40AX yang kondang tersebut keluar dari dua speakers yang terpasang dibagian depan dan belakan loko DDA40AX…suara yang ibarat keluar berkat amplifier NAKAMICHI era tahun 70an berhasil memukau MbT…Bravo! TSUNAMI.

Kita ketahui sedikit sejarah DDA40X sekitar tahun 1969 dimana para engineer UP dituntut untuk mendapatkan loko Diesel yang mempunyai kemampuan tarik hingga 5000HP….maka lahirlah type Diesel DDA40X yang dibuat oleh pabrikan Lokomotive raksasa EMD.

Kenapa dinamakan DDA40X….yang jelas dua huruf didepan “DD” adalah merupakan ciri dari konfigurasi roda yang memang terdiri dari D-D artinya si boogie mengusung 4 as roda dan loko ini memiliki dua boogie yang terdiri dari masing2 4 as roda sehingga disebut D-D yang selanjutnya dijadikan type dari EMD. Kemudian “A” adalah merupakan indikasi sebuah Cabin dan angka “40” adalah menunjukkan mesin Diesel yang dipakai merupakan mesin 16 cylinder yang biasa digunakan pada loko seri GP40 dan SD40, terakhir “X” adalah merupakan simbol eksperimental.

Loko Diesel seri DDA40X ini konon dapat lari kencang hingga 90 MPH setelah ada modifikasi pada gear box nya….bujubuneng! sebelumnya cuma lari 74MPH….dan UP telah memesan beberapa unit loko seri DDA40X ini antara lain yang sempat diabadikan memiliki nomor lambung #6913, #6915, #6924, #6936 dan yang melaju di mini LO MbT adalah dengan nomor lambung #6939.

Seperti apa sosok SD40 yang mesin Dieselnya dicangkokkan kedalam loko panjang DDA40X itu……..wuiiss memang SD40 juga merupakan loko Diesel kawakan yang sering digunakan untuk road switcher….dan bahkan loko seri SD40 ini pernah diajak main Film daan membintangi film judul “Unstopable”… terbukti loko SD40 merupakan loko kuda kerja dengan mesin Diesel 16 cylinder yang sangat tangguh.

Model dari SD40 ini banyak dibuat oleh pabrikan kereta model terkenal, antara lain oleh KATO juga BLI, pada kesempatan ini tampil SD40 buatan BLI seri Blue Line dengan kualitas mekanis handal serta DCC Sound yang belum tertandingi. Sedangkan KATO melansir seri ini hanya dengan seri DCC ready sehingga para penggemar kereta model masih harus menyiapkan DECODER dan Sound system….

Sengaja MbT menampilkan SD40 yang merupakan sosok 50% dari loko DDA40X atau kata lain loko panjang DDA40X ini merupakan 2 kali loko type SD40…..mantab man!

Namun secara fisik kedua loko tersebut tidak memiliki kesamaan sama sekali kecuali laburan warna armada yang kondang The Union Pacific. Loko DDA40X memiliki bagian depan lebih mirip dengan SD90 yang juga buatan pabrik raksasa EMD.

Ciri khas loko DDA40X yang paling terlihat adalah pada bagian atap cabin dilengkapi sebuah lampu osilasi berwarna kuning atau disebut juga Beacon light…..soal lighting TSUNAMI juga mengatur dengan perfek, termasuk Beacon light nyala mati atau on/off dapat diatur dengan F5, sehingga para penggemar Kamod dapat leluasa mengaturnya…..umumnya saat menarik rangkaian Beacon light menyala…..tapi kalau MbT memiliki rules tersendiri yaitu selama DDA40X rolling maka lampu Beacon tetap menyala lantaran loko ini sangat panjaaaaang.

SD40 disini yang merupakan road switcher akan bergabung dengan DDA40X untuk berjalan tandem alias consist, SD40 dengan menarik beberapa gerbong reefer warna putih melaju mengejar DDA40X dan bergabung mendekati dari arah belakangnya.

Rangkaian gerbong yang ditarik juga lain dari biasanya, gerbong reefer warna Putih buatan pabrik Intermountain ini tampil dengan sisi gerbong sudah penuh dengan corat-coret Grafitty perbuatan remaja Bronk iseng Amrik….mereka mencurahkan sesuatu menggunakan corat-coret seni gaya Archigraphia……corat-coret keren ini sekarang juga banyak dijumpai dibeberapa dinding kosong di ibu Kota.

Sebetulnya corat-coret ini bukan merupakan produk dari Intermountainya, namun MbT iseng sengaja mencorat-coret gerbong2 tersebut supaya terlihat sedikit artistik diatas warna putih yang terlalu sepi….

Lihat saja dinding putih gerbong reefer tersebut merupakan papan tulis yang menggoda untuk diberi corat-coret…..MbT sengaja mencari produk ini seantero Amrik dan akhirnya menemukan dari produknya “Blair”….

Grafitty ini memiliki seri yang bermacam-macam mula grafis yang berupa tulisan hingga gambar grafis dengan wajah kental orang kulit hitam yang menarik lantaran bibir tebalnya..

Grafis2 tersebut dibuat memang sudah disesuaikan ukuranya dengan “gerbong” atau dapat juga diterapkan pada dinding bangunan atau jembatan. Bentuknya berupa micro transfer stiker yang sangat mudah mengaplikasikannya….yaitu cukup dengan direndam air langsung tempelkan….hasilnya cukup keren dan gerbong koleksi lama terlihat fresh kembali.

Rangkaian gerbong Reefer warna putih buatan Intermountain yang sudah dicorat-coret oleh MbT ini meliuk bagaikan ular belang putih dengan kepala ganas SD40 yang akan tandem alias consist dengan loko New DDA40X.

Setelah bergabung/consist……..wuuiii!h… terbukti bahwa DCC milik TSUNAMI yang terpasang pada  loko DDA40X tersebut benar-benar hebat karena dapat bekerja sinkron dengan DCC Proto  milik SD40…sinkron sistim power diatur dengan fasilitas MU (multiple unit) dari controller Digitrax Super Chief.

Sekarang kita dapat menyaksikan dua loko yang consist namun terdiri dari 3 unit Diesel Engine 3 x SD40 ….tenaganya mantab dan suaranya sangat menggelegar!….nada TSUNAMI yang terpasang pada DDA40X ini memiliki kualitas yang jauh berbeda dibanding dengan TSUNAMI2 sebelumnya……MbT bandingkan dengan suara TSUNAMI milik SD70 sangat beda…..yang ini dilengkapi dengan duo speaker pula yang membahana.

Saat beriringan…SD40 merasa bangga lantaran seolah dibimbing oleh loko super…seolah anak yang berjalan bersama Tarzan …tidak takut kekurangan tenaga. DDA40X memang sangat powerfull….konfigurasi rodanya yang terdiri dari 4 axle tersebut seolah lengket dengan track yang dilaluinya.

Karena konfigurasi roda D-D dan juga sosok loko yang panjang maka loko ini hanya dapat bermanuver di curve minimum 22″…..dengan berjalan consist bersama SD40 loko panjang ini tidak ada kendala untuk berlari hingga 45% throttle Digitrax. MbT menilai mekanisme motor dan roda sangat bagus dan suara halus…tentunya Athearn telah memperbaiki sistim gigi ulir dengan lebih baik.

Hanya saja kalau sedang melalui track dengan curve 22″ terlihat body sedikit kaku untuk dijepret camera…MbT lebih setuju kalau loko jenis DDA40X ini beroperasi di track dengan cureve 26″…pasti terlihat lebih menarik.

Mengamati laju loko baru DDA40X sangat menarik…..selain barisan roda yang berjejer 4 – 4 juga kita disihir oleh osilasi lampu beacon warna kuning yang terletak diatas cabin.

Loko DDA40X yang memang beroperasi pada kisaran tahun 69, maka head lamp loko ini masih menggunakan jenis lampu bohlam dengan warna sedikit kemerah-merahan…hal ini sengaja dibuat oleh Athearn untuk mendapatkan kesan yang orisinal, sehingga para penggemar harus bersiap seandainya lampu mati/putus harus mengganti dengan lampu yang lain lagi. Head lamp depan dan lampu belakang memiliki jenis yang sama.

Head lamp terpasang pada hidung loko dan menyala sangat terang, sayang loko ini belum dilengkapi dengan dithlight yang menyala, dibawah deck terlihat dithlight walau hanya dummy saja.

Terlihat saat rolling pada mini LO MbT bahwa loko DDA40X ini memiliki kompartemen mesin Diesel yang terbagi dua bagian depan dan bagian belakang. Kompartemen ini dipisahkan dengan lorong melintang tepat ditengah loko…terlihat jelas saat loko ini diambil gambarnya dari samping…….bentuk seperti ini merupakan hal unik yang tidak dijumpai di loko jenis lain, sama halnya dengan type Veranda yang mempunyai gangway disisi kiri-kanan loko untuk lalu lalang masinis seolah seperti beranda (veranda) lengkap dengan pagar samping.

Loko DDA40X buatan Athearn ini setelah berjalan bersama SD40 buatan BLI ternyata memiliki warna kuning Armour Yellow khas UP dan warna abu2 Harbour mist grey yang tidak berbeda antara keduanya, terbukti bahwa kedua pabrikan Athearn dan BLI sudah memiliki warna standard Union Pacific yang pas mantab.

Huruf UNION PACIFIC pada lambung sisi kiri dan kanan juga sangat berbeda dengan yang terpampang pada jenis loko lain……pada loko yang satu ini huruf dibuat raksasa mungkin untuk mengimbangi ukuran loko yang pajang tersebut. Juga lambang UP shield terlihat dengan jelas karena dibuat sebesr mungkin…..sehingga dari kejauhan UNION PACIFIC beserta UP Shield terlihat dengan jelas.

Loko Diesel DDA40X keluaran Athearn seri Genesis ini sejak out of the box sudah lengkap siap rolling, seluruh detail sudah terpasang sehingga para penggemar Kamod tidak perlu lagi bersusah payah untuk memasang detail (KATO dan ATLAS masih selalu menyisakan detail untuk dipasang oleh penggemarnya).

Lihat dibagian depan mulai dari atap sudah terpasang antenna radio, wiper kaca, hand grap ataupun anak tangga, railing/pagar depan, rubber hose dekat coupler….kalau pada produk lain bagian2 detail ini masih belum terpasang.

Detail loko yang disuguhkan Athearn seri GENESIS memang harus diacungi dua jempol, semuanya dibuat sangat detail dan sesuai dengan prototype. Sangat lengkap sehingga kalau dijadikan object foto makro memang menarik, termasuk juga bagian embossed pada body juga dibuat detail, body ABS merupakan pilihan yang tepat untuk menghasilkan kelas Genesis.

Warna hijau didepan kaca merupakan permintaan para masinis untuk mengurangi silau saat kena matahari. Boogi dan truck berwarna silver disesuaikan dengan prototype.

Seluruh huruf dan symbol tercetak sangat crispy dengan ukuran huruf yang akurat merupakan kerja serius team GENESIS….yang tujuanya untuk memanjakan para penggemarnya.

Detail lain yang mengundang kagum dan decak yaitu mulai dari bagian atas seperti fan dan fan grill yang berjejer sepanjang loko berjumlah 8 unit tersebut tidak dapat dijumpai pada loko jenis lain, horn yang bertumpuk memang penting supaya menunjukkan bahwa loko ini besar. Radiator grill yang terletak disamping dan running board dibuat tembus pandang merupakan hasil cetakan laser.

Bagian lain seperti tanki BBM, railing samping yang cukup panjang dan gang diantara ruang mesin depan belakang merupakan detail yang khas DDA40X.

Gabungan antara power, DCC sound TSUNAMI, sistim lampu, warna UP yang pas dan detail yang sangat lengkap merupakan bukti bahwa Athearn Genesis telah membuktikan siap untuk bersaing denga pabrikan lain yang juga terus berpacu. MbT sangat merekomendasikan DDA40X untuk dijadikan item koleksi.

One Response to Gelegar TSUNAMI loko Diesel UP DDA40X

  1. scaleproject says:

    Hello Bos… layout model railroad yang menarik. Saya baru mahu belajar model railroad ini. Apa bagaimana saya mahu contact bapak? Ada email? Thanks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: