Paragon2 UP + Flag…tidak mau kalah

Melihat beberapa loko berbaris pasti merupakan pemandangan yang menarik, apalagi kalau beberapa loko tersebut adalah milik armada Union Pacific yang melegenda tersebut….tuuuut…..tuuuut…tuuuutt

Sebetulnya yang menjadi pusat perhatian lantaran loko yang berbaris tersebut disetiap sisi lambungnya terlihat berkibar bendera Amrik yang terkenal dengan 50 bintang dan stripnya nya tersebut, UP Flag Building America….demikian semboyan yang dikobarkan oleh armada warna kuning kombinasi abu2 dengan strip merah berbentuk garis petir.

Pada kesempatan ini memang sengaja MbT menampilkan 4 unit loko UP bergambar bendera Amrik dari pebrikan kereta model yang berbeda dan sengaja MbT ingin membandingkan ketiga loko dengan sebuah loko baru keluaran pabrikan kondang BLI dengan seri Paragon2.

Dengan bangga BLI Paragon2 tampil saat pabrikan lain belum ada yang menelorkan produk model dari loko seri AC6000……memang sudah sejak lama dan berkali-kali BLI Paragon 2 series memproduksi loko seri AC6000 ini, namun kali ini yang membedakan adalah Amrik flag yang berkibar dilambung samping pada loko dengan road number #7391.

Alhasil terjadilah pertarungan seru dari keempat loko UP tersebut diatas lintasan mini track MbT, dan lebih seru lagi bahwa keempat loko tersebut akhirnya berjalan kompak dengan menggunakan kontroler Digitrax Super Chief dengan mode MU alias Multi Unit yang sangat terkenal itu.

Yang menarik adalah sound dari keempat loko tersebut sangat berbeda, sehingga apabila kita mengaktipkan hornya maka keempat hornya memiliki suara yang berbeda kecuali sound milik Tower 55 hampir serupa dengan yang tercangkok pada KATO…karena sound board yang terpasang sama buatan Digitrax.

Peserta dari kontes ini adalah terdiri dari 4 unit loko kondang yang sangat beroto keluaran dari empat pabrikan kereta model ternama mulai dari pabrikan TOWER55 dengan menampilkan loko AC44ES road number #5471, kemudian produk KATO AC4400 dengan road number #5799, disusul oleh loko UP #8321 produk MTH dengan SD70 nya dan anggauta baru produk BLI Paragon2 series dengan AC6000 melenggang dengan road number #7391.

Keempat loko ini memiliki ciri masing2 yang berbeda walaupun kalau kita saksikan saat bersama dalam posisi consist terlihat kembar. MbT melihat pertama dari bendera Amrik yang berkibar disamping….ternyata bendera2 yang berkibar dimasing-masing loko tersebut memiliki ukuran, warna, kontras yang tidak sama.

Union Pacific yang merupakan perusahaan kereta api raksasa di Amrik sana memang tidak tanggung-tanggung membanggakan negaranya….terbukti dengan menampilkan motto BUILDING AMERICA diikuti kibaran bendera 50 bintang yangsangat terkenal…..kalau kita perhatikan kibaran bendera tersebut mirip dengan kibaran bendera Amrik di Iwo Jima saat Amerika telah memenangkan perang dengan Jepun di WW2.

Kibaran bendera yang diprint sempurna disetiap loko Diesel UP tersebut diatas memang merupakan daya tarik tersendiri diloko prototype ataupun pada loko modelnya……loko2 asli disana malang melintang hilir mudik dijalur UP didaerah utara Amerika dan tentu juga tak ketinggalan wira-wiri di mini LO MbT.

Loko dengan #5471 merupakan loko terdepan buatan TOWER55 yang saat ini sudah tidak diproduksi lagi, disusul dengan loko buatan MTH #8321 dan diposisi akhir bertengger loko buatan KATO Japan dengan #5799 yang diproduksi sekitar tahun2005 yang merupakan loko pertama milik MbT yang didapat dari hobby shop di Jakarta dikawasan Dharmawangsa….loko ini belakangan dikonversi dengan mencangkokkan DCC sound keluaran Digitrax yang didapat dari hobby shop yang sama…..

Secara simulasi rangkaian 3 loko tersebut akan bergabung consist dengan loko pendatang baru buatan BLI Paragon2 type AC6000, loko ini memiliki DCC sound yang sudah tidak diagukan lagi kualitasnya….dan MbT mendapatkan loko ini dari hobby shop lokal yang selalu menawarkan stocknya dengan gencar melalui milis dan websitenya…siapa lagi kalau bukan dari PTH…..

Kalau para pehobby kereta model pernah mengkoleksi jenis loko AC6000 baik produk BLI Blue Line ataupun Paragon2 series maka loko yang satu ini tidak ada perbedaan kecuali  hanya ditambah logo Building America lengkap dengan bendera berkibar….pada kesempatan lain MbT ingin menampilkan loko2 AC6000 keluaran BLI tersebut secara bersamaan. Hal ini terlihat BLI mempunyai strategi bisnis yang mantab untuk mengisi kekosongan produknya dengan tanpa menginvest tooling baru…cukup hanya menambah proses printingnya saja.

Loko AC6000 dengan #7391 ini menarik rangkaian covered hopper type Trinity 5161 cu ft milik Union Pacific warna abu-abu. Pada gerbong2 pembawa muatan curah ini juga mengusung motto building America sehingga kelihatan mecing kalau MbT merangkaikan dengan para lokO Building America flags.

Gerbong jenis covered hopper ini merupakan produk pabrikan kereta model Athearn,  pabrikan kamod ini yang selalu memproduksi gerbong milik armada UP dengan beberapa road number yang berbeda hingga 6 unit…bahkan pernah disalah satu seri memproduksi hingga 12 unit yang memiliki road number berbeda.

Soal kualitas produk Athearn ini tidak perlu diragukan lagi, warna dan printingnya sangat prima…dan tentu saja memiliki detail yang dikerjakan sangat serius. Roda metal dan couplernyapun dibuat sangat baik sehingga tidak akan salah kalau para kamod mengkoleksi produk ini.

Rangkaian hopper Trinity buatan Athearn ini memang cocok ditarik oleh Loko Diesel AC6000 buatan pabrikan BLI seri Paragon 2 dengan road number #7391 , power yang dimiliki loko ini sangat mantab ditambah dengan DCC sound yang handal, MbT mencoba melarikan loko ini dengan beberapa kecepatan dan hasilnya tidak mengecewakan.

Bunyi horn yang dapat menghasilkan efek doppler, bunyi bell dan decit rem merupakan sound yang sangat enak terdengar…sehingga MbT selalu berkali-kali mengaktifkan bunyi fitur tersebut.

Lighting atau lampu utama atau head lamp pada Loko Diesel AC6000 buatan pabrikan BLI seri Paragon 2 dengan road number #7391 terletak tepat dibagian hidung terlihat nyala sengat terang walau bukan warna putih namun memang sesuai dengan prototype.

Number board dari loko ini juga dilengkapi dengan iluminai lampu sehingga sangat terbaca jelas road number dari loko ini #7391. Selain itu dibagian depan bawah sesuai regulasi life saver…loko ini dilengkapi dengan active Ditchlight yang dapat difungsikan on/off, dan saat horn diaktifkan maka ditch light akan menyala berkedip bergantian kiri-kanan, fitur ini merupakan fitur yang menarik sehingga sekali lagi MbT selalu mengaktifkan berulang kali memperhatikan kedipan ini.

Nah….kita telah melihat detail dari rangkaian gerbong covered hopper type Trinity 5161 cuft yang sangat melegenda tersebut, jenis ini juga sempat nongol di rangkaian kereta dalam film “Unstopable”

Detailnya sangat menarik apabila dilihat dengan menggunakan kaca pembesar atau diabadikan dengan lensa Macro, mulai dari leter/placard/simbol hingga detail tangga dan running board, juga kualitas bahan serta warna yang berkualitas tinggi sebetulnya produk ini layan kalau dimasukkan dalam jajaran kelas Genesis. Entah kenapa belakangan pabrikan Athearn sudah mulai jarang memproduksi kelas Genesis….apa mungkin sudah tersaing dengan produk Exactrail yang menggebrak sejak 2 tahun lalu.

MbT dengan mengacu pada referensi prototype untuk jenis caboose tersebut yang terlihat diatas, memang terbukti bahwa pabrikan Kamod Athearn yang telah memproduksi model caboose ini memilih road number sesuai dengan prototype yaitu road number #400 dan #401, (dapat dilihat/di browsing sesuai petunjuk mBah Google)

Yang menjadi pertanyaan adalah Union Pacific membubuhkan tambahan leter “P” setelah UP sehingga menjadi UPP….ternyata huruh P terakhir berarti Passanger artinya caboose tersebut dimiliki oleh komunitas penumpang Union Pacific (?) …wah menarik juga ya….dan tentunya disewakan kepada pemilik rangkaian gerbong barang yang perlu pengawalan.

MbT sengaja menempatkan posisi Caboose #400 ditengah diantara rangkaian gerbong …dan ini memang sesuai prototype nya…dan dibelakang ditempatkan lagi caboose yang kediua dengan road number #401

Terlihat rangkaian triple loko Diesel consist yang terdiri dari loko buatan Tower 55, MTH dan Kato berpapasan dengan rangkaian gerbong hopper seri Trinity buatan Athearn yang ditarik oleh loko baru Loko Diesel AC6000 buatan pabrikan BLI seri Paragon 2 dengan road number #7391 .

Rangkaian consist 3 unit loko ini disimulasikan akan membantu menambah tenaga bersama Loko Diesel AC6000 buatan pabrikan BLI seri Paragon 2 dengan road number #7391 untuk menarik rangkaian hopper menuju jalur cepat dengan jarak lebih jauh.

Secara simulasi di mini LO MbT terlihat bahwa rangkaian hopper Union Pacific yang membawa gandum lengkap dengan rangkaian caboose #400 dan caboose #401 yang ditarik oleh Loko Diesel AC6000 buatan pabrikan BLI seri Paragon 2 dengan road number #7391 dengan gagahnya.

Diarea pabrik tepung disimulasikan Loko Diesel AC6000 buatan pabrikan BLI seri Paragon 2 dengan road number #7391 melepas rangkaiannya dan masuk kejalur lain bergabung dengan 3 unit loko Diesel yang lain sehingga terjadilah consist 4 unit loko Diesel top dan semuanya memiliki grafis bendera Amrik disetiap lambungnya. Loko Diesel AC6000 buatan pabrikan BLI seri Paragon 2 dengan road number #7391 merupakan anggauta terakhir yang menggunakan bendera Amrik di lambungnya…hal inimerupakan taktik bisnis dari BLI Paragon2…

Loko Diesel AC6000 buatan pabrikan BLI seri Paragon 2 dengan road number #7391 terlihat gagah sebagai lead consist dan tentunya tetap terlihat garang walau ditempatkan pada posisi terakhir dari consist 4 unit loko Diesel ini.

Saat dioperasikan secara bersamaan ternyata gaung dari Loko Diesel AC6000 buatan pabrikan BLI seri Paragon 2 dengan road number #7391 terdengar yang paling nyaring…..mmm ya iyalah karena direkam dari auman mesin Diesel 6000hp yang cukup menggelegarrr..

Caboose bay vision tersebut merupakan caboose generasi terakhir, karena gerbong sudang mulai memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih tinggi maka caboose type sebelumnya seperti Cupola caboose sudah tidak sesuai lagi untuk digunakan. Untuk caboose wide bay vision ini memiliki ody yang diperlebar dibagian samping karena jendela dapat berfungsi untuk melihat kedepan dengan tidak terhalang.

Bay vision caboose ini terbuat dari konstruksi baja walaupun masih ditemukan sistim penyambunganya dengan sistim keling. Caboose ini dibuat cukup lengkap termasuk memiliki generator set sendiri, office dan cabin untuk beberapa person.

Detail caboose telah disuguhkan oleh Athearn dengan lumayan detail….padahal produk ini bukan dari kelas Genesis, selain Athearn ada beberpa pabrikan kamod lain yang memproduksi caboose seperti type ini antara lain dari pabrikan Walthers dan Intermountain…..namun yang memproduksi #400 dan #401 cuma Athearn….nah kejarlah produk ini sebagai item koleksi…pasti cukup menarik.

Terlihat rangkaian consist 4 unit Diesel yang sudah berbalik arah…dan terlihat bendera yang terkenal dengan sebutan “Stars and Stripes” berkibar disetiap loko dan semboyan Building Amerika juga terpampang pada gerbong jenis hopper…pada caboose pun terpampang “Stars and Stripes” yang hampir semua orang telah mengenalnya.

Kesimpulan akhir adalah dengan cuma merobah desain sedikit yaitu menambahkan bendera “Stars and Stripes” pada loko AC6000 buatan Paragon2 hal ini sudah menarik perhatian para pehobby Kamod…termasuk MbT.

Produk Paragon2 sudah terkenal dan tidak perlu diragukan lagi, dengan telah dilengkapi DCC sound yang memiliki fitur segudang termasuk fitur macro yang dapat direkam maka item ini layak untuk dijadikan koleksi.

4 Responses to Paragon2 UP + Flag…tidak mau kalah

  1. N1kx says:

    Wah om, kalau BLI AC6000 Paragon2 yg release 2012, kalau menurut saya bukan hanya printingnnya doank, tapi sound-nya, cuba deh bandingkan yg releae 2010 dgn release 2012, sound-nya yg 2012 suara diesel (ini yg mmg saya harapkan dari mesin GE ngak kayak jet, jadinya gahaar) lebih berasa, kalau yg 2010 kalau lgh jalan lebih keras suara turbo-nya jadi hampir nyamain EMD hehehehee………….

  2. maba says:

    Wah koleksi “Stars and Stripes” nya om MbT lg keluar Dipo semua, mantab… two thumbs up 🙂 btw KA No.8321 kyknya paling menarik dgn bentuk ekor ‘drum’ tanpa atap… hehe

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks Maba sudah sempat lagi mengunjungi blog MbT, btw congrat sudah dapat S2 nya ya, lanjut and tetap semangat demi NKRI

      Sent from my iPad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: