loko UP signature series…Bravo!

Para penggemar Kereta model yang serius akan selalu mencari koleksi yang memiliki keunikan tertentu, dan detail dari kereta model merupakan hal yang paling dicari.

Tentu saja untuk mendapatkan item koleksi yang istimewa harus dicari produk yang dibuat oleh pabrikan Kereta model (Kamod) yang sudah mempunyai reputasi dimata para Modelrailroader dunia.

Selain keunikan dan detail yang istimewa,para model railroader selalu mencari produk yang paling sesuai atau mendekati original, artinya prototype Kamod tersebut memang ada dan pernah beroperasi.

Salah satu yang membuktikan hal ini adalah telah diproduksinya Kamod dengan kondisi weathered sejak box dibuka dari toko.

Produk Kamod weathered yang saat ini beredar terbatas karena jumlahnya tidak banyak adalah jenis Lokomotif Diesel type SD70AC yang tampil seolah loko Diesel ini telah beroperasi beberapa tahun dengan wajah yang sedikit kusam dan kotor.

Dengan sangat yakin pabrikan Kamod terkenal MTH telah melansir produk tersebut dengan diberi label “Signature Series”……Bravo! hanya kata itu yang menurut MbT cocok untuk produk cantik tersebut.

MTH mengeluarkan type loko Diesel SD70 AC dengan weathered style merupakan lanjutan dari sukses sebelumnya saat mengeluarkan produknya dengan deretan lengkap dari bendera Armada terkenal Amrik.

MTH yang saat ini selalu mengeluarkan produk jenis loko yang dilengkapi dengan digital remote coupler merupakan satu2nya pabrikan Kamod yang belum terandingi untuk hal ini…..jenis SD70ACe ini juga mengusung segudang kelebihan dari DCC sound keluaran Proto sound 3.0 yang sudah tidak  diragukan lagi keampuhanya.

Wajah depan, belakang, samping kiri dan samping kanan serta bagian atas dari loko ini telah disentuh dengan finishing weathered yang perfect.

Sehingga saat MbT mengoperasikan di mini LO Bintaro…..terceletuk satu pertanyaan…wah sudah berapa lama nih umur koleksinya sampai terlihat kotor?…..nah inilah salah satu bukti keberhasilan Signature series yang dapat menarik perhatian para pengagumnya…..terlihat original!

…dan yang terpenting bahwa loko Diesel langsiran MTH dengan Signature seriesnya merupakan loko milik armada favorite MbT yaitu siapa lagi kalau bukan armada UNION PACIFIC yang telah melegenda itu.

Loko signature series type Diesel SD70ACe ini secara detail tidak ada yang terlewat dari sentuhan weathering termasuk bagian bawah geladak truck dan wheel nya, bagian tanki serta instalasi perpipaan untuk hydraulic brake pipe, bagian depan meliputi railing, snowplow dan juga couplernya.

Untuk bagian atas mulai dari grill yang terlihat agak kelam lantaran merupakan jalur keluar masuk udara panas, exhaust pipe dibagian atas atap dan sekian banyak bagian dari loko ini yang tidak luput dari perhatian sang pembuat weathering…..juga bendera Amrik yang sedang berkibar sebagai motto Building America pun terlihat sudah mulai tertutup kotoran dari hasil semprotan air brush yang merata dan halus.

Yang disisakan tidak terkena semprotan airbrush hanya kaca jendela tetap bersih dan daerah lampu, sehingga headlamp depan dan belakang serta ditchlight masih terlihat menyala terang. Lighting system produk MTH ini mantab sekali diseluaikan dengan rules yang ada yaitu saat loko berhenti lampu akan meredup sesuai prototype. Demikian juga untuk ditchlight nya yang akan automatic menyala bergantian kiri-kanan saat horn diaktifkan.

Weathering yang sangat halus tersebut juga terlihat pada rangkaian gerbong yang ditariknya yang merupakan gerbong jenis box car dengan panjang 60′ buatan Pullman PS Auto Box car juga jenis 60′ Berwick…….dan merupakan produksi pabrikan Kamod Athearn seri Genesis…dan saat ini produk tersebut sudah discontinue…alias sudah tidak diproduksi lagi, mujur MbT sdh mengkoleksi 10 unit yang didapat tidak dari satu hobby shop di Amrik sana.

MbT sengaja memadu padankan antara loko “kusam” dengan gerbong “kusam” supaya terlihat selaras alias matching ….dan hasilnya tidak mengecewakan MbT. Jujur sebelum ada lansiran Signature series dari MTH ini terasa agak sulit memadu padankan gerbong weathered dengan era IV loko lainnya……karena belum ada yang weathered condition…..

Untuk membuat weathering sendiri memang perlu waktu dan keahlian…belum lagi harus menyiapkan beberapa peralatan yang mumpuni untuk menghasilkan weathered sesuai keinginan.

Rangkaian gerbong yang terdiri dari gerbong milik beberapa armada antara lain dari Union Pacific, Western Pacific ataupun dari Frisco terlihat meliuk di mini LO MbT dengan mantabnya. Baik loko SD70ACe dan gerbong Pullman double door memiliki mekanisme boogie yang akurat sehingga tidak ada masalah bernegosiasi pad curve 22″ walau dengan kecepatan 70 mile/hr.

Detail dari gerbong seri Genesis ini sangat menarik perhatian, mulai dari running board diatas atap, tangga panjat hingga detail pintunya merupakan detail yang dibuat sangat akurat.

Gerbong tersebut juga telah dilabur warna kotor dengan menggunakan air brush sehingga nuansa weathering nya merata mulai dari bagian atap gerbong hingga boogie dan rodanya.

UNION PACIFIC SD70ACe dengan nomor badan #8622 Signature series memang terlihat gagah dan lebih realistis karena sentuhan weathering yang perfect.

Prototype loko seri SD70 ini dibuat oleh pabrikan ternama dan raksasa EMD di negri paman Obama, SD70 telah dibangun dengan berbagai  lansiran seri antara lain SD70M, SD70ACe juga SD70I dll…….

Seri SD70ACes mirip dengan seri SD70MAC; namun model terakhir ini telah diadakan peningkatan dan perbaikan khususnya pada mesin Dieselnya yang telah menyesuaikan dengan aturan emisi gas buang hingga Tier-2 EPA .  Produksi loko seri SD70Ace ini dimulai pada tahun 1995. SD70ACe telah dilenpasang dengan mesin Diesel seri  EMD’s 16-710G3C-T2 yang merupakan penggerak berotot dengan tenaga hingga 4,300 horsepower (3,200 kW).

Mesin Diesel tersebut konon menghasilkan daya tarik 157,000 lbf (700 kN) secara terus menerus hingga menghasilkan traksi pada roda  (191,000 lbf (850 kN)  yang artinya mampu menarik hingga puluhan gerbong bahkan lebih dari seratus gerbong.

Selain performa mesin Diesel dan emisi gas buang yang lebih baik, loko seri SD70ACe ini mengalami sedikit perubahan pada cabin lebih lega dan radiator memiliki sayap lebih lebar……secara model kelihatan lebih keren…..dan terlihat lebih mirip dengan radiator yang dimiliki seri loko sebelumnya pada SD80ACe dan seri SD90MAC.

Pada tahun 2005 loko jenis SD70ACe ini telah diproduksi hingga 191 unit yang dimiliki oleh beberapa perusahaan perkereta apian raksasa di Amrik seperti BNSF, CSX, Ferromex, Kansas City Southern Railway dan tentu saja tak ketinggalan si kuning UNION PACIFIC…..yang saat ini telah memiliki hingga 369 units….busyet banyak amat ya.

Tentunya masih ingat beberapa nomor yang dimulai dengan #19xx dari Union Pacific…….loko dengan nomor tersebut dijadikan Union Pacific’s “Heritage Fleet”…….contohnya Unit 1982  “Missouri Pacific Proud Heritage” ,  Unit 1983 “Western Pacific Proud Heritage” ,  Unit 1988 “Missouri-Kansas-Texas Proud Heritage” ,  Unit 1989  “Denver & Rio Grande Western Proud Heritage” yang terkenal dengan gambar gunungnya,  Unit 1995   “Chicago & North Western Proud Heritage” ,  Unit 1996   Black Widow  “Southern Pacific Proud Heritage”  dan  Unit 4141 jadi “George Bush 41st President” ……beberapa loko tersebut pernah tampil pada posting yang lalu.

Tidak bosan mengoperasikan rangkaian loko weathering ini, selain produk MTH  yang belum tertandingi ternyata harga produk Signature series yang sedikit lebih mahal dibanding dengan MTH yang non weathering masih relatif lebih murah jika dibandingkan kita membuat weathering sendiri. MbT mencoba mengkalkulasi kalau loko non weathering dibuat weathered disalah satu hobby shop ternyata harganya jadi lebih mahal dan belum tentu hasilnya sesuai dengan keinginan.

Memang teori weathering ini antara lain harus pernah melihat kondisi loko sebenarnya atau minimal foto yang jelas dari lokonya supaya aura nya dapat muncul….selain pengerjaanya harus bertahap dan loko harus dalam keadaan dismantled supaya saat air brushing tidak saling mengganggu bagian yang lain. Kita sadari memang ini semua merupakan pekerjaan seni dan hobby….bak seperti melukis diatas canvas, sekali kwas tidak dapat dihapus…..sama juga airbrushing harus dilakukan dengan sekali semprot tidak boleh salah…..karena kalau salah maka hilang satu body loko….hiks 

Baik dilihat dari jarak dekat dengan menggunakan lensa mikro ataupun dilihat dari jarak agak jauh dari berbagai sudut yang berbeda…selalu tampak mantab dan meyakinkan. Seperti halnya prototype loko ini….yang diceritakan diatas….loko2 tersebut menarik bermacam-macam jenis gerbong, antara lain gerbong jenis double box car, well car untuk bawa containers, rangkaian gerbong batu bara ataupun menarik bulkhead car atau flat car….

Tentunya SD70ACe ini pada rangkaian tertentu juga menjalankan operasi secara tandem atau mulyi units hingga 4 loko bersamaan baik searah ataupun head to head position…..kelak kalau MTH melansir jenis/seri loko SD70ACe dengan road number yang berbeda dari #8622…MbT ingin rasanya mengkoleksinya untuk berjalan secara Multi unit…he he he.

Satu hal yang tidak dapat kita lupakan adalah dengan dilengkapinya remote digital uncoupler pada produk MTH Signature series ini, fasilitas future ini sangat praktis pengoperasiannya, sehingga saat simulasi untuk menarik rangkaian gerbong yang lain maka dengan mudah digital uncoupler akan mengambil alih tugas ini.

MTH telah membuat remote digital uncoupler ini dengan sangat teliti termasuk posisi tinggi yang standard dengan posisi tinggi coupler pada gerbong seperti dengan gerbong produk Genesis ini. MTH juga tidak lupa melabur coupler ini dengan nuansa weathered yang realistis.

Dua acungan jompol terpaksa MbT lakukan karena selain weathering pada SD70ACe ini akurat, ternyata detail dari loko ini lebih terlihat hidup seperti pada setiap grill yang tembus pandang, MTH selalu memberikan warna weathered  yang sesuai didaerah grill ini.

Ada satu hal yang menarik pada Signature series ini mengenai weatheringya…yaitu weathering yang dilakukan MTH disisi kiri dan kanan tidak sama levelnya, untuk bagian sebelah kanan terlihat weatheringnya lebih heavy dan pada bagian sebelah kiri terlihat lebih light.

Sehingga kalau loko kita operasikan kearah kiri maka yang terlihat adalah bagian light weatheringnya…dan saat berbalik arah dalam arti loko ini sudah menempuh jarak yang jauh maka yang terlihat adalah heavy weathering…..ini suatu kecerdikan sang airbrusher yang sangat memperhatikan kondisi realistisnya….bravo man!

Gerbong langsiran Genesis skala panjang 60′ tersebut  juga memiliki weathering yang berbeda dari setiap gerbong, sehingga kesimpulannya  adalah memang benar bahwa weathering job masih dilakukan secara manual dan langsung dilakukan oleh para ahlinya secara satu unit demi satu unit……huh pantas saja harga lebih mahal dan jumlahnya tidak banyak.

Cepat cari produk ini melalui dunia maya siapa tau masih ada hobby shop yang akan menawarkan dagangannya jenis MTH Signature series UP SD70ACe….sekali lagi tidak akan nyesal deh mengkoleksi produk ini.

5 Responses to loko UP signature series…Bravo!

  1. Do'i says:

    Alo Oom Mukti,

    Mantap nih, sudah di-rolling serangkaian dg gerbong2 all weathered.
    Kapan nih LO MbT ikut di-weathering?

    Oom, dari semua loko MTH yg Oom punya, apakah proto coupler-nya (digital) mempunyai ketinggian yg sdh mengikuti standar? (selain seri signature ini)
    Krn pernah ada kritikan soal ini utk seri Heritage & seri awal SD70Ace yg tidak sesuai standar, baik tinggi maupun panjang proto coupler tsb.

    Thx.

    Yudo

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks bung Yudo, selama ini digital remote uncoupler MTH mempunyai tinggi yang pas dengan gerbong produk Genesis, Intermountain dan Exactrail

      Namun untuk produk loko MTH Gas Turbine justru tidak tepat tingginya dengan tank car gandenganya

      Salam

  2. selo says:

    sungguh realistis, ini mah harta karun, koleksi langka… beruntung sekali Mbt bisa mengoleksi.
    begus banget…

    • muktiwibowo9 says:

      Thanks bung Selo sempat mampir, benar saya beruntung dapat loko ini….smg bisa dijadikan dekorasi “mug” ya bung Selo…hiks!

      Salam

  3. maba says:

    wah wah.. pas lihat fotonya saya kira benar-benar kusam karena usia yang sudah tua, ternyata di ‘weathered’ sedetail itu….
    hebat…kelihatan sangat real.
    Maju terus koleksinya Om MbT…
    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: