SP Daylight….berwarna JINGGA merona

Kereta Api penumpang pada era tahun 1940-1950 an sangat terkenal …dan beberapa merupakan rangkaian kereta api yang legendaris…..seperti California Zephir, UP streamliner dan juga SP Daylight……masing-masing perusahaan railroad ini menyuguhkan jasa layanan yang prima yang merupakan bagian yang akan dinilai oleh para penumpang sebagai customer.

Saat ini rangkaian kereta penumpang yang terdiri dari loko Uap GS4 buatan BLI class Paragon yang diimport dari negeri Oom Obama sudah beroperasi di LO MbT,  jalannya mulus dan ternyata dapat melibas tikungan curve R 22″ tanpa anjlok.

Loko produk BLI seri Paragon ini mempunyai sound yang gak diragukan lagi alias gemuruh…..karena tender unit  dilengkapi speaker yang mantab….dan jangan lupa loko ini sudah dilengkapi smoke sejak out  of the box

Rangkaian ini menggunakan Road # 4449  yang merupakan versi Southern Pacific Daylight yang hilir mudik jalur San Francisco dan Los Angles Amrik belahan Barat pada era tahun ’40 an dengan menggandeng 8 unit gerbong penumpang beraneka ragam type ……….sekali lagi produk ini merupakan modeltrain penumpang seri Steam locomotive yang sangat menarik lantaran body loko dilabur strip grafis warna Orange yang mencolok dan tertulis nama armada yang sangat populer tersebut.

Rangkaian gerbong SP Daylight merupakan gerbong penumpang mewah dan cantik saat itu, dengan fasilitas yang lengkap termasuk tempat duduk sofa yang nyaman, restoran yang menjadi favorit, seluruh ruangan yang menyajikan interior yang sejuk serta fasilitas radio komunikasi dan radio antenna untuk fasilitas radio…dan pada rangkaian bagian buntut terdapat gerbong observasi yang mempunyai jendela untuk memandang keindahan gersang didaerah Amrik Barat sana.

…Dan memang setelah kita perhatikan detail dan warnanya maka  benar bahwa rangkaian SP Daylight ini merupakan  rangkaian gerbong penumpang lain dari yang lain….dengan body corrugated plate, warna orange sepanjang rangkaian kereta mulai dari loko – gerbong penumpang – observation car  merupakan daya tarik tersediri.

Rangkaian ini disebut Daylight karena beroperasi disiang hari menyusur sepanjang pantai menempuh ratusan mile sehingga SP tidak perlu menyiapkan gerbong khusus cabin….rangkaian ini ditarik oleh loko steam GS (Golden State) nya….juga merupakan loko steam terindah era itu.

Kembali ke model train yang sangat menawan ini,  sudah beberapa pabrikan kereta model yang melansir gerbong SP Daylight tersebut namun yang menurut MbT merupakan produk yang memiliki detail yang baik adalah produk dari pabrikan MTH.

MTH telah mengeluarkan beberapa jenis gerbong SP Daylight ini hingga 13 jenis gerbong……dan yang memikat hati mbT adalah paket gerbong set yang terdiri dari 8 unit gerbong….dan rangkaian tersebut terlihat meluncur di mini LO MbT…bahkan salah satu jenis gerbongnya yang terdiri dari gerbong cafe dan restoran merupakan articulated 3 unit gerbong.

Gerbong2 ini sudah dilengkapi lighting system sejak dari pabrik sehingga para modelrailroader tidak perlu memikirkan lagi untuk menambah sistim lampu pada gerbong2…..lampu yang terpasang memiliki cahaya sedikit kemerahan sehingga sesuai dengan cahaya gerbong era tersebut. Khusus untuk observation car dibagian belakan dilengkapi dengan marker light yang menerangi bagian belakang rangkaian.

MTH menyuguhkan kualitas detail yang tidak tanggung-tanggung….dengan jepretan lensa micro maka terlihat lebih jelas bahwa detail serta placard telah dibuat sesuai proptotype…hal ini tidak lebih untuk memanjakan penggemar kereta model diseluruh planet ini.

Factory installed interior lighting system merupakan hal yang diunggulkan dari pabrikan MTH ini yang ternyata mendapat saingan gencar dari pabrikan BLI yang juga gembar gembor dengan hal yang sama.

Selain faktor detai dan lighting …ternyata rangkaian gerbong ini disiapkan untuk dapat dioperasikan pada jalur curve 22″ tanpa masalah..ini merupakan hal yang terpenting bagi MbT yang memiliki mini LO dengan curve 22″.

Untuk steam loko SP Daylight menggunakan jenis terbaru saat itu yaitu GS4 (Golden State) yang merupakan loko tercantik dengan model yang aero dinamis, loko ini dibuat pada tahun 40an oleh pabrik industri Lima Locomotive Work,Lima di Ohio…dan mulai beroperasi tahun 1941.

Model loko ini ternyata menjadi primadona beberapa pabrikan kereta model seperti   BLI Paragon dan juga MTH,  kedua mengeluarkan produk dengan body full metal lengkap dengan DCC Sound dan smoke…….MbT sengaja memilih dan mengkombinasikan loko buatan BLI Paragon series dengan 8 set PassCar buatan MTH …dan ternyata sangat cocok tanpa ada perbedaan desain warnanya.

Detail loko buatan BLI memang cukup sempurna..sekali lagi dengan jepretan lensa micro semua tampak jelas mulai dari detail baut/keling, perpipaan, placard dan lainnya merupakan bagian detail yang ditonjolkan oleh pabrikan kamod BLI ini. Body metal merupakan hal yang sangat penting karena dengan berat bodynya dapat menarik rangkaian gerbong tanpa masalah.

Bentuk loko jenis GS ini terlihat lebih modern jika dibandingkan dengan loko lain saat itu, dengan badan yang tidak terlalu besar mengusung konfigurasi roda 4-8-4 dengan total bobot 215,000kg terlihat cantik dengan kesan bersih seolah bukan loko steam.

Strip Jingga Merah pada loko bukan hal yang biasa, arsitek grafis exterior terlihat berani menempatkan warna tersebut pada loko steam ini…namun hasilnya suatu goresan sejarah perkereta apian di Amrik yang tidak akan dilupakan orang.

BLI telah membuat loko ini hingga detail yang sulit termasuk placard pada loko yang hanya dapat terbaca dengan kaca pembesar…..juga tulisan dan logo Daylight telah dibuat sempurna menyerupai prototype. BLI berhasil memikat hati MbT….yang dengan melalui preorder setahun lalu loko ini telah sampe di area Jaksel dengan selamat.

Produk loko BLI dan Passcar MTH terlihat sangat dominan di warna dan lighting system, pada loko  type GS ini memiliki double head light yang terpasang atas bawah dan tepat ditengah moncong steam silinder, lampu menyala cukup terang dan pada bagian kabin masinis juga dilengkapi lighting yang dapat dikontrol on-off secara digital.

Lampu kabin pada loko cukup terang yang sebenarnya bertolak belakang karena loko ini berjalan disiang hari tanpa lampu pun masinis dapat bekerja.

Figur masinis dan engineer juga sudah siap ditempat dengan wajah happy …karena mereka mendapat kesempatan berjalan-jalan hingga Jaksel Indo…

Loko dengan nomor 4449 ini tentunya layak untuk dijadikan koleksi bagi penggemar Kamod, dengan body full metal detail yang melimpah, DCC Sound dan smoke ditambah lighting system head lamp, cabin light dan number board light kiranya cukup lengkap fitur yang dimilikinya.

Demikian juga PassCar keluaran MTH yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, detail dan interior lighting system serta dapat bernegosiasi pada curve 22″  merupakan unggulan produk ini dengan memilih set 8 unit sudah cukup untuk mengisi jalur di mini LO…pasangan ini merupakan kolektor item yang perlu dimasukan dalam shoping list….tanya soal harga?….masih sesuai dengan produknya!

Sampai jumpa pada next posting dan salam “Daylight”

5 Responses to SP Daylight….berwarna JINGGA merona

  1. selo says:

    Wuih, kenyang!
    lengkap, berisi…. Bravo!

  2. andre says:

    nice pass car… om Mukti sebulan sekali updatenya ya..🙂

  3. maba says:

    moncong steam-nya mantabb Om… seperti telah diutarakan pst suaranya tak kalah mantabb…

    ini ada posting dr lapak sebelah,
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8782060
    kayaknya kapan2 Om MbT wajib tuh main kesitu😀 ajak2 Om kalau maen ke situ…😀

    Sukses terus koleksinya Om MbT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: