Gerbong panjang…beer car

Kalau kita mendengar kampanye hemat air….yang bunyinya “Hematlah air minumlah Beer” maka kereta atau gerbong pembawa beer akan banyak berseliweran di track…..ah itu hanya guyon..

Gerbong pembawa beer yang tampil saat ini merupakan rangkaian gerbong yang ditarik oleh loko handal keluaran EMD type SD60 dari armada raksasa UNION PACIFIC. Loko yang berjalan tandem head to head multi unit berjalan sangat kompak alias sinkron karena kedua loko tersebut memiliki spesifikasi yang sama.

MbT tidak mengulas lagi prototypenya (silakan melihat pada posting khusus SD60 sebelumnya). Lebih focus terhadap kereta modelnya…..mmm loko ini ini memang terbukti sangat menarik untuk dipelihara atau dikoleksi.

Type SD60 ini keluaran pabrikan ternama Athearn dengan kelas Genesisnya….artinya tidak perlu diragukan lagi detail yang dimilikinya, mulai dari warna kuning armour Yellow dan warna abu2 harbour mist grey ditambah strip/tulisan dan angka berwarna merah yang sangat menawan.

Makin kita perhatikan detailnya, makin terlihat kehebatan kereta model ini……bagian depan loko menyuguhkan aneka detail jendela lengkap dengan wiper, hand rail dan hand grap yang sangat halus, grill ventilasi samping serta tangga naik yang sangat detail.

Detail dibagian bawah geladak yaitu perlengkapan truck/boogi dan roda terlihat berwarna abu2 original…lengkap dengan pipa hydraulic untuk brake system.

Detail tersebut memang sangat sepadan dengan detail yang dimiliki oleh gerbong beer yng ditariknya…..detail gerbong bagian depan seperti tangga, platform dan hand brake wheel terlihat sangat halus dibuat oleh pabrikan kereta model Exactrail

Mengenai performance kedua loko buatan Athearn kelas Genesis ini sudah tidak diragukan lagi, can motor yang halus hanya tersaingi oleh produk MTH….kedua loko yang dalam posisi multiple unit head to head berjalan sinkron tanpa ada masalah disetiap kecepatan.

Loko Athearn telah dilengkapi dengan sistim board yang mengkontrol seluruh fungsi motor mulai putaran maju, mundur serta kecepatan dan akselerasi….sehingga modelrailroader dapat menyesuaikan kecepatan dan akselerasi yang diinginkan…..contohnya paling populer adalah mengatur start delay dan break/stop delay dari loko.

Decoder board juga mengatur fungsi lighting untuk on dan off serta menyesuaikan dengan arah laju loko…..sesuai dengan prototype loko ini belum dilengkapi dengan ditchlight. Lighting didalam cabin pun belum tersedia…beda dengan produk MTH yang sudah melengkapi loko SD70ACe nya dengan ditchlight dan lampu cabin. Pada produk Genesis ini number board juga belum dilengkapi dengan lampu.

Salah satu hal yang menarik dari loko keluaran Athearn Genesis ini adalah sound systemnya cukup bagus dan volumenya cukup terdengar dalam ruangan……raungan Diesel engine nya benar2 direkam dari suara asli loko tersebut.

Bunyi bell, klakson dan decit rem merupakan suara yang menarik untuk selalu dimainkan…….jujur hobby kereta model saat ini kalau tidak dilengkapi dengan sound yang mumpuni maka terasa hambar dan masih ada yang kurang…..sehingga MbT selalu berusaha hunting dan mengkoleksi loko yang sudah dilengkapi dengan DCC Sound, karena apabila kita pasang sound belakangan maka harga akan lebih mahal.

Rangkaian loko tandem SD60 beserta belasan gerbong pembawa Beer terlihat meliuk di mini Lay out MbT dengan curve pas pasan 22″, mulai dari kecepatan rendah hingga throttle dibuka 70 persen untuk mendapatkan skala kecepatan 70mile/jam……hasilnya rangkaian tersebut meliuk membuat gerakan dan warna yang menarik….layak kereta barang cepat yang wirw wiri di negeri paman Obama.

Gerbong beer buatan Exactrail memang merupakan gerbong panjang yang telah dibuat sempurna dan memiliki kestabilan yang baik. Roda metal polish yang dimiliki dengan truck kapasitas 100 ton merupakan paduan yang sangat mantap. Gerbong meluncur dengan halus tidak menimbulkan suara yang menggangu….

Coupler yang terpasang merupakan coipler keluaran Kadee #58 merupakan coupler yang memiliki panjang sedang sudah cukup untuk bermanuver di curve 22″ tanpa masalah. MbT suka Coupler Kadee yang dibuat sangat akurat dan kekuatannya cukup baik jika dibandingkan dengan coupler EZ buatan Bachman. Tinggi coupler pada gerbong buatan Exactrail ini merupakan standar yang sangat dijaga presisinya….sehingga para modeler tidak perlu lagi menyiapkan coupler type over ataupun lower shank.

Gerbong panjang…..beer car dengan nama lain yang tercetak pada box buatan Exactrail adalah “PC&F 62ft Insulated Box car” merupakan gerbong yang dilengkapi dengan insulasi pada seluruh panel dinding dan atapnya serta pada bagian bawahnya memiliki peredam untuk menahan goncangan, gerbong ini prototypenya mempunyai panjang 62feet dibuat oleh pabrik industri baja Pacific Car and Foundry yang merupakan industri raksasa pembuat gerbong kereta api pada era tersebut.

Exactrail yang merupakan pabrik kereta model generasi baru menyuguhkan detail yang belum ada tandingannya dan Exactrail setelah MbT lebih memperhatikan ternyata juga memilih material yang sangat bagus dan terlihat lebih kuat.

Warna yang merupakan bagian terpenting untuk dipandang mata terlihat dengan jelas bahwa Exactrail tidak main-main membuatnya, UNION PACIFIC merupakan salah satu armada yang hurufnya tertulis dengan sangat jelas berwarna merah crispy diatas warna dasar UP kuning armour Yellow…..sangat keren.

Selain Union Pacific juga terlihat warna2 Rio Grande yang orange serta Southern Pacific dengan khas coklatnya…..ketiga armada ini menghiasi nuansa jalur mini  Layout MbT dengan indahnya.

Hal lain yang dapat kita lihat  pada detail gerbong jenis pengangkut beer ini yaitu konstruksi penguat pada setiap dinding gerbong tersebut, semua penguat terlihat ditempatkan dibagian luar dinding gerbong, sehingga bagian dalam dari gerbong ini memiliki permukaan yang rata.

Penguat luar tersebut atau bisa disebut stiffener terpasang dengan menggunakan sistim keling…dan detail paku keling nya pun  terlihat dengan baik, ini menandakan produk Exactrail sangat serius.

Seluruh placard, tulisan peringatan dan huruf nama perusahaan tercetak sangat jelas bahkan bagian yang terkecil saat dilihat dengan menggunakan kaca pembesar atau dengan lensa kamera makro masih dapat dibaca.

Salah satu perusahaan/armada kereta api Amrik ini telah diakuisisi oleh UP yaitu Rio Grande merupakan anggauta dari Rangkaian gerbong memiliki warna yang sangat indah Orange….lengkap dengan motto the Action road yang tertulis secara jelas dengan grafis yang sangat berkesan.

Bagian depan dan belakang gerbong ini memilik warna yang berbeda dengan gerbong milik armada yang lainnya yaitu berwarna hitam kelam namun ini sangat baik dari segi pemeliharaan ….alias idak cepat kotor

Peserta lainnya yaitu gerbong milik armada Southern Pacific, gerbong ini berwarna coklat layak sebuah permen….sedikit berbeda penampilan Southern Pacific ini …..placardnya pun beragam serta tertulis jelas Cushion Car yang berarti gerbong ini kalau membawa botol beer dijamin tahan goncangan..

Pada bagian depan dan belakang gerbong ini sangat jelas terlihat dibuat dengan menggunakan currugated plate dan yang terpenting Exactrail dapat menampilkan dengan lengkap dan detail.

Platform dibagian depan gerbong yang berfungsi untuk bordes atau pijakan crew saat mengoperasikan hand brake, dibuat oleh exacrail dengan menggunakan sistim laser sehingga didapat lobang perforasi yang teratur dan detail, bagian ini terbuat dari membran plat…..kenapa MbT menyebut membran karena bagian ini dibuat sangat tipis.

Dengan mengkoleksi serangkaian gerbong jenis Beer car produk dari Exactrail …..antara 9 sampai 18 unit gerbong dengan berbagai armada seperti Union Pacific, Southern Pacific dan Denfer Rio Grande sudah cukup membuat ramai dan rangkaian panjang di mini LO MbT…….gerbong produksi Exactrail ini layak untuk dijadikan koleksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: