Union Pacific U-50 diantara Maintenance on Way team

Primadona kali ini adalah loko unik type U-50 dan  rangkaian set UP MoW yang terdiri dari beberapa gerbong dan uniknya adalah warna yang melabur tubuhnya adalah silver!

Dimulai dengan ulasan untuk MoW team…..Sesuai dengan istilah yang tercantum diatas yaitu Maintenance of Way, maka rangkaian set ini mempunyai tugas khusus yaitu memelihara  jalur kereta api milik armada Union Pacific yang membentang ribuan kilometer di area negara paman Obama.


Kalau kita ingat beberapa waktu lalu…..mungkin para pengunjung blog MbT pernah melihat beberapa rangkaian gerbong UP yang juga dilabur dengan warna silver,….rangkaian gerbong yang terdiri dari 2 unit box car dan 1 unit Caboose merupakan armada yang juga bertugas untuk melakukan perawatan dijalur kereta api.

MoW team era tersebut telah dipatent kan dengan rangkaian boxcar dan caboose buatan pabrikan Kamod kondang dari Germany…..yaitu dibuat oleh Marklin dan juga oleh TRix. Kalau kita saksikan sosoknya gerbong tersebut jauh lebih kecil dibandingkan MoW team yang kita bahas diatas.

Set menu UP MoW era jadul yang ditawarkan oleh Trix/Marklin tersebut tidak dilengkapi tampilnya crane car atau flat car. Memang saat produk ini baru dilansir……..wah laris manis langsung sold out dari Marklin, mujur pada tahun 2007 lalu MbT sempat mengkoleksinya hingga sekarang……….dan ternyata tanpa disangka UP masih memiliki “set menu” versi lebih baru yang patent nya dipegang oleh pabrik kamod Walthers tersebut.

Untuk kebutuhan MoW tersebut teknisi UP dengan cerdik telah memanfaatkan rangkaian gerbong lawas eks gerbong penumpang era jadul yang kondisainya masih baik, tentu saja dengan memodifikasi gerbong penumpang jenis bagagge, coach dan cabin maka jadilah rangkaian gerbong khusus untuk MoW yang tampil baru dengan warna silver tersebut.

Tetapi sebetulnya yang lebih cerdik dan jeli adalah pabrikan kamodnya Walthers yang sanggup membidik pasar yang sedang mencari set menu seperti MoW tersebut…………..alhasil set menu yang keluar tidak tanggung-tanggung alias terdiri dari enam macam item yang ditawarkan oleh Walthers tersebut………ini suatu bukti

Selain gerbong penumpang yang difungsikan untuk cabin, workshop dan store juga dibarengi gerbong khusus mobile crane dan gerbong khusus flat car yang digunakan untuk mengangkut material seperti rel KA.

Rangkaian gerbong MoW ini beroprasi hingga tahun 1970 dan   wira-wirinya ditarik oleh loko Diesel jenis road switcher.

Pemeliharaan jalur KA milik Union Pacific…….merupakan hal yang wajib demi untuk menjaga supply chain sistim transportasi yang sangat dandalkan di benua raksasa ini, bahkan suatu saat perlu membersihkan jalur yang terganggu dengan adanya gerbong/kereta yang tergelincir/anjlog oleh karena itu rangkaian ini sebagai pelengkap dilengkapi pula gerbong khusus jenis mobile crane.

Kita ketahui bersama bahwa untuk memelihara jalur kereta api ataupun melaksanakan emergency job/salvage terhadap armada UP tentunya harus dilakukan oleh tenaga berpengalaman yang jumlahnya tidak sedikit…..dan terkadang lokasinya jauh dari pangkalan depo atau stasiun…..alhasil para pekerja harus bermalam  dan juga harus memiliki office ataupun workshop yang berfungsi untuk pekerjaan insitu.

Warna silver seluruh rangkaian MoW tersebut memang sangat cocok jika dipadu padankan dengan warna patent Union Pacific armour yellow dan harbour mist grey.

Soal detail……mmmm… MoW set yang dibuat oleh pabrikan Kamod terkenal Walthers dengan kelas Platinum sudah tidak diragukan lagi. Walthers telah mengumumkan produk ini sejak hampir setahun sebelum set lengkapnya diluncurkan. MbT pun telah preorder beberapa bulan sebelumnya secara bertahap karena Walthers melansir produk ini secara bertahap……..jenis yang paling terakhir keluar dilansir adalah gerbong mobile crane yang sangat khas Amrik tersebut.

Jenis gerbong penumpang, gerbong cabin dan gerbong bagasi merupakan sasaran creator Walthers untuk dituangkan dalam bentuk kereta modelnya, ……dan skala HO merupakan ukuran yang sangat pas untuk menampilkan detail yang aduhai

Masih bicara soal detail………Walthers secara unik memproduksi jenis gerbong crane “American crane” lengkap dengan detail mulai dari hook, wire rope, boom dengan rangka cremona serta cabin yang dapat berputar 360 derajat. Walthers menempatkan dalam kelas Platinum Line.

Hebatnya lagi gerbong jenis crane ini dilengkapi motor DC, sehingga gerbong ini dapat mondar mandir tanpa perlu ditarik sebuah loko, bahkan Walthers telah mempersiapkan secara DCC ready sehingga saat ditancapkan decoder ketubuhnya ….crane car ini layak seperti loko yang mampu menarik tim MoW yang terdiri dari 3 gerbong penumpang dan 1 jenis flat car…….benar2 unik!! bro!

Huh……sekelebat terlihat loko yang juga unik, dengan wajah yang cenderung rata yang mengingatkan wajah sebuah trem listrik…..siapa lagi kalau bukan si UP Diesel type U-50 buatan pabrik GE……warna kuning sengaja untuk menggugah monoton warna silver dari rangkaian MoW team.

Loko UP U-50 ini konon menggunakan chasis eks gas turbine yang tidak lagi diteruskan produksinya, U-50 sangat menarik perhatian karena juga sudah lama ditunggu-tunggu  oleh pehobby kamod. Sebelumnya loko type ini memang pernah diproduksi namun dengan material brass dengan harga yang tidak murah. Selanjutnya dengan mengejutkan pabrikan kamod raksasa Athearn dengan berani memproduksi jenis loko U-50 dengan material ABS mutu tinggi.

Produk Walthers kelas Platinum ini memiliki label pada box masing2 gerbongnya mulai dari Maintenance of Way HWT 12-1 Sleeper Classic Heavyweights, artinya merupakan gerbong untuk tidur dengan kapasitas sebanyak 12 penumpang dari jenis gerbong Heavyweight yang memiliki gardan 6 buah.

Kemudian gerbong berlabel MoW HWT Baggage car, merupakan gerbong eks gerbong bagasi yang digunakan untuk menyimpan segala macam perkakas untuk pekerjaan MoW. Selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu MoW HWT 36 Seat Dinner yaitu eks gerbong penumpang jenis Heavyweights yang disulap untuk kereta penumpang para pekerjanya yang berfungsi juga sebagai kereta makan saat pekerja rehat dan satu lagi kereta jenis 53’6″ AAR 50 tons flat car yang berfungsi membawa potongan rel KA.

Gerbong2 tersebut sebelumnya berwarna abu2 dan kemudian disulap menjadi warna silver…..keren! Soal detailnya Walthers juga sangat memperhatikan mulai dari paku keling hingga pegangan tangan atau grab yang terbuat dari metal.

Nah sekarang kita sudah mengenal Maintenace of Way dari armada UP era jadul dan era tahun 70an…..serta sempat nongol pula loko unik U-50 buatan Athearn………..semua jenis gerbong dan loko tersebut merupakan item yang patut dikoleksi oleh penggemar kamod yang serius.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: